silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Menegakkan disiplin bagi anak sejak usia dini.

Kelemahan: Membuka, pembelajaran kurang begitu tampak.

Kekuatan: Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran sudah baik..

Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.

Kesan Umum

Deskripsi: Anak X (gemuk) sudah mau antri saat berbaris,  setelah diberi penguatan guru, dengan senyuman dan tangan ditepukkan pada tangan anak (tos). Sebelumnya dia berada pada barisan terakhir, kemudia pindah ke barisan paling depan tanpa sepengetahuan guru. Perilaku antecedent, semua guru pada saat yang bersamaan disibukkan menata anak-anak lain untuk berbaris. Perilaku target semua anak berbaris sesuai dengan urutannya. Perilaku yang diharapkan salah satu guru berada di depan menghadap barisan, sehingga semua anak terpantau.

Dra. Titik Setyowati, M.Pd.

Secara umum tayangan video ini sudah menunjukkan keadaan asli yang
terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik
dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun
solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah
dilakukan.

Seorang guru bisa dengan cepat membujuk murid yang tidak mau antri jika penyebabnya diketahui.

Meskipun penyebab permasalahan kurang disinggung, penonton masih bisa mendapatkan manfaat dari tayangan video ini.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

1,901 Comments

  1. Nama : wulan ambar witari
    Nim   : 857755486
    Judul : tidak mau antri saat berbaris

    Setelah saya menonton video ini, memberikan solusi untuk saya, sebagai seorang guru dalam mengendalikan emosi dan mengajarkan anak-anak AUD dengan penuh kasih sayang.
    Selain itu penanganan bagi anak tidak mau antri saat berbaris.yaitu dengan berikan penjelasan sederhana,jika masih belum mau,butlah kesepakatan dengan anak jadwal baris untuk esok hari.
    mengajarkan anak2 dalam bentuk tahapan demi
    tahapan sampai anak tersebut menerima gurunya
    dan mengikuti perintah gurunya

  2. Video ini membantu saya dalam menghadapi anak yang sulit disiplin dengan mendekatinya dan berbicara dengan perlahan, selain itu juga bisa membuat kesempatan dengan anak tersebut supaya anak tersebut menjadi lebih disiplin.

  3. Nama: Tiara Siti Aminah
    NIM: 857527787
    UPBJJ: Bandung

    Video ini membantu saya belajar cara mengatasi anak-anak yang tidak mau antri dalam barisan di kelas PAUD. Guru dalam video menunjukkan kesabaran dan pengertian dalam menghadapi masalah ini. Mereka memberikan pengertian pada anak-anak dengan lembut agar mau antri dengan baik. Guru juga mendekati anak-anak yang enggan antri, memberikan dukungan dengan memegang pundak dan mengelus kepala mereka. Jika anak masih enggan, guru membuat kesepakatan jadwal posisi barisan dengan mereka. Selain itu, pujian diberikan sebagai penghargaan kepada anak-anak yang mau antri dengan baik. Terima kasih atas tips yang bermanfaat ini! Semoga membantu guru-guru PAUD lainnya dalam mengatasi masalah yang serupa di kelas mereka. Terima kasih banyak!

  4. Nama : Irmawati

    Nim : 858613501

    Dari video diatas dapat digunakan guru dalam mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Selalu anak anak yang tidak bisa mengikuti aturan, selalu mau jadi yang pertama dalam melakukan segala hal dengan adanya ini dapat membantu guru mengatasi hal tersebut dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.

  5. Nama : Gandis Fine Maredia
    NIM : 857758277
    UPBJJ: Semarang
    Video diatas dengan judul “Anak tidak mau antri saat berbaris ” sangat bermanfaat untuk saya sebab kondisi tersebut sering saya hadapi setiap pagi . Untuk mengajarkan kedisiplinan anak – anak dalam berbaris tidak dianjurkan menggunakan kekerasan maka ada beberapa solusi yang dapat dilakukan seperti video tersebut yaitu dengan melakukan pendekatan terhadap anak yang tidak mau bergantian baris didepan lalu berikan penjelasan kepada anak tersebut dengan penjelasan yang sederhana . Jika anak tersebut masih tidak mau guru bisa melakukan kesepakatan dengan membuat jadwal barisan untuk esok hari . Jangan lupa selalu memberikan pujian untuk anak – anak yang yang sudah tertib dalam barisan .

  6. Judul Video: Anak Tidak Mau Antri Saat Berbaris
    Menghadapi anak TK yang tidak mau antri saat berbaris memerlukan pendekatan yang sabar dan kreatif. Berikut beberapa masukan dan saran yang dapat dilakukan guru selain upaya dalam video:
    1. Berikan Contoh: Tunjukkan cara antri yang benar.
    2. Gunakan Penguatan Positif: Beri pujian atau stiker kepada anak yang antri dengan baik.
    3. Buat Aturan Jelas: Tetapkan aturan antri dan jelaskan dengan sederhana.
    4. Gunakan Visual Aids: Buat garis di lantai sebagai panduan antri.
    5. Ajarkan Melalui Permainan: Libatkan anak dalam permainan yang membutuhkan antri.

  7. Judul Video : Anak tidak Mau Antri Saat Berbaris

    Seringkali anak-anak ingin berada dibarisan paling depan ketika berbaris dan tidak mau mengikuti aturan yang telah dibuat oleh guru. Dari video diatas dapat kita lihat bagaimana cara guru untuk memberikan pengertian kepada anak agar berbaris sesuai barisannya dengan cara yang baik dan membuat kesepakatan kepada anak jika anak masih tidak mau untuk kembali kebarisannya.

  8. Siti Nurlaela, NIM: 857369246, sesi 5 diskusi 6.
    Anak Tidak Mau Antri.
    Vidio tersebut dapat dipahami dengan baik, penjelasan yang diberikan juga memberikan ilmu baru bagi para penonton. Pemcahan masalah pada kasus anak yang tidak mau antri dijelaskan dengan sangat mudah, yakni dengan mendekati anak & memberikan penjelasan, membuat kesepakatan dengan anak, serta memberian pujian atau tepuk tangan bagi anak yang dapat mengikuti aturan dengan baik.

  9. Nama : Shinta Putri Nurazizah
    NIM : 877320527
    Prodi : S1 PGPAUD

    Upaya guru dalam mengatasi permasalahan anak yang tidak mau antri dalam barisan menunjukkan kesabaran, kebijaksanaan, dan empati yang luar biasa. Pendekatan yang digunakan mencakup memberikan pengertian, memberikan arahan dengan lembut, mendekati secara fisik dengan penuh perhatian, dan bahkan membuat kesepakatan yang adil dengan anak-anak. Pujian yang diberikan sebagai bentuk apresiasi juga penting untuk memperkuat perilaku positif anak-anak. Ini adalah contoh bagaimana interaksi guru dapat membentuk sikap dan perilaku anak-anak secara positif.

  10. nama : nadia rianda
    nim : 855889114
    upbjj : banda aceh
    judul: anak tidak mau antri saat berbaris

    dari vidio diatas dapat mengajarkan guru dalam membentuk kepribadian anak agar lebih disiplin terutama kegiatan baris berbaris . yaitu dengan cara buat suasana menjadi ceria baik itu variasi baris berbaris atau yang lainnya yang. dan bagi anak yang tidak mau disiplin guru dapat melakukan pendekatan kepada anak, memberikan penjelasan serta pengarahan yang baik agar anak mau mendengarkan apa yang diperintahkan oleh gurunya.

Leave a Reply