silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama: Sulis Diani
Vidio di atas sangat bermanfaat, dari vidio di atas kita sebagai pendidik menjadi mengerti apa yang harus di lakukan apabila ada peserta didik yang kurang percaya diri. sebaiknya kita sebagai tenaga pendidik untuk dapat lebih mengenal anak dan mendekatkan diri pada anak sehingga kita bisa mengetahui karakteristik peserta didik.
beberapa cara yang dapat di lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah:
– guru bertanya kepada anak
– guru memberi saran kepada anak
– guru memotivasi kreatifitas anak
– guru mengeksplorasi potensi anak.
Terima kasih
tanggapan saya terkait video diatas adalah sangat bermafaat untuk pendidik ketika menemui kendala di sekolah ( Anak tidak percaya diri) seperti di video, Guru bisa menerapkan cara-cara mengatasi agar anak tertarik dan tidak malu saat mengeksprekan hasil karyanya. divideo tersebut menerangkan cara-cara yang dilakukan saat anak tidak percaya diri yaitu dengan bertanya kepada anak kegiatan apa yang mereka sukai, guru memberikan saran kegiatan yang mereka sukai, memberikan motivasi, mengeksplorasi bakat anak.
nama : anisa laratita
nim : 856257268
pengembangan bahasa paud
judul :anak tidak percaya diri
Video tersebut sangat menginspirasi bagi saya karena didalam video tersebut disajikan beberapa cara untuk dapat mengatasi anak yang tidak percaya diri. Dalam video tersebut, guru memiliki kemampuan untuk mengatasi anak yang tidak percaya diri pada hasil karya yang dihasilkan dengan melakukan beberapa tehnik, diantaranya adalah :
1. Guru menanyakan kepada anak apabila anak masih ragu atau bingung dengan tugas yang diberikan
2. Memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema pada saat itu
3. Memotivasi kreativitas anak dengan memberikan kesempatan pada anak untuk menggambar apa yang dia sukai dan dapat dia buat
4. Guru mencoba mengeksplotasu potensi anak dengan mengeksplor hal lain yang bisa dibuat terkait dengan gambar yang ditugaskan kepada anak
5. Guru melakukan pendekatan kepada anak dengan memotivasi anak bahwa anak pasti bisa
Selain itu, mengajak anak untuk belajar (menggambar) diluar kelas dan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang dia sukai juga dapat membuat mereka tidak merasa jenuh.
dan dari kesimpulan ini dapat kita singatkan saja bahwa Dari tayangan video tersebut, dapat kita ketahui bahwa peran guru dalam kegiatan belajar mengajar sangatlah penting. Guru memiliki peran sebagai pembimbing, motivator, fasilitator, inspirator dalam kegiatan yang dilakukan anak. Guru memiliki tugas untuk membentuk motivasi dalam diri anak dan membangkitkan rasa percaya diri anak dengan melakukan berbagai cara/teknik seperti yang dijelaskan di atas. Guru juga dapat selalu menciptakan pembelajaran yang dapat membangun rasa percaya diri dalam diri anak. Sehingga dengan begitu anak dapat lebih percaya diri untuk mengekspresikan keinginan dan kreativitasnya. Guru juga dapat memilih strategi, metode, dan pendekatan yang sesuai dengan anak sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Video ini menyoroti pentingnya guru sebagai pemandu, motivator, fasilitator, dan inspirator dalam kegiatan belajar mengajar. Mereka dapat mengatasi rasa tidak percaya diri anak dengan mengajukan pertanyaan, memberikan saran, memotivasi kreativitas, menggali potensi, dan mendorong mereka untuk melakukannya. Guru juga harus mengajak anak untuk belajar di luar kelas dan membiarkan mereka menggambar sesuai dengan minat mereka. Dengan menerapkan teknik-teknik ini, guru dapat membantu anak-anak merasa lebih percaya diri dan termotivasi, yang pada akhirnya mengarah pada hasil belajar yang lebih baik.
Nama : Rahayu Triningsih
NIM : 857990514
Untuk anak yang tidak percaya diri, guru memang perlu memberikan pendekatan untuk mengetahui apa penyebab anak tidak percaya diri. Pentingnya motivsi yng diberikan oleh guru sebagai penyemangat untuk anak
Nama : Shelbyana Kynan L
NIM : 857746914
Judul : Anak Tidak Percaya Diri
Pada video tersebut menampilkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang menghadapi seorang anak yang tidak percaya diri dengan hasil belajarnya. Guru tersebut mendekati anak dan memberikan penguatan dengan cara memotivasi, menanyakan jika anak masih ragu atau tidak mengerti tugasnya, dan mendorong kreativitas dengan meminta anak melakukan aktivitas alternatif. Guru juga memberi saran kepada anak untuk menggambar sesuatu yang disukai yang masih terkait dengan tema tugasnya dan mengeksplorasi opsi lain terkait dengan tema tersebut. Terimakasih
NAMA :NUR AZIZAH
NIM : 859424054
Izin menanggapi video diatas yang berjudul ” Anak tidak percaya diri” . Didalam kasus seperti ini ,peran guru sangat besar bagi anak ,karena sebagai seorang guru mengahadapi anak dengan sifat tidak percaya diri memerlukan pendekatan yang memotivasi ,mendorong kreativitas anak,untuk membangun rasa percaya diri bagi anak.Sehingga ,guru dapat memilih strategi,pendekatan yang sesuai dengan sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik.
Sekian dan terima kasih
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Perkenalkan :
Nama : Zahro
NIM : 857988217
Prodi PGPAUD
Mohon izin menanggapi video yang berjudul “Anak tidak percaya diri”. Berdasarkan video diatas bahwa peran guru sebagai motivator itu sangat penting. Dimana guru mampu menumbuhkan rasa percaya diri anak sehingga anak akan mudah melakukan sesuatu yang diinginkan dan mudah mengutarakan keinginanya. Sikap guru yang ada divideo sudah baik dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak. Berikut cara yang beliau gunakan :
1. Guru menanyakan atas tugas yang diberikan, apakah ada kesulitan? peran guru disini mendampingi dan memberikan arahan yang sabar dan berulang sampai anak memahaminya.
2. Guru memberi saran untuk melakukan sesuatu yang disukai atau guru memberikan kebebasan anak untuk memilih kegiatan yang disukainya.
3. Guru memberikan motivasi kreativitas anak untuk menggambar sesuatu yang disukainya
4. Guru mencoba mengeksplorasi potensi anak dengan menanyakan hasil karya yang telah dibuatnya dan memberikan kesempatan kepada anak untuk bercerita hasil karya yang sudah dibuatnya.
Sekian tanggapan saya.
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
NAMA : GANDIS FINE MAREDIA
NIM: 857758277
Menurut saya tentang video diatas “anak tidak percaya diri ” saya sangat setuju dengan langkah -langkah yang dilakukan dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak . hal – hal tersebut pasti banyak dihadapi oleh para guru .Maka guru juga wajib dan hrus mengetahui cara untuk mengatasi anak yanh tidak memilki percaya diri . seperti halnya tadi guru mennanyakan kepada anak perihal apa yang sedang dikerjakannya masig rau atau tidak . Guru harus selalu memotivasi ana yang tidak memiliki kepercayaan diri agar anak bisa menjad berani . guru juga melakukan pendekatan pada anak agar anak lebih berani dalam melaukan kegiatan .
Ade Mardiana
859516869
.
Video tersebut di atas sangat bermanfaat bagi guru dalam membangun rasa percaya diri dan kreatifitas anak didiknya dengan beberapa teknik, yaitu :
1. Guru menanyakan kepada anak apabila anak masih ragu atau bingung dengan tugas yang diberikan.
2. Memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema pada saat itu.
3. Memotivasi kreativitas anak dengan memberikan kesempatan pada anak untuk menggambar apa yang dia sukai dan dapat dia buat.
4. Guru mencoba mengeksplori hal lain yang bisa dibuat terkait dengan gambar yang ditugaskan kepada anak.
5. Guru melakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi anak bahwa anak pasti bisa melakukan sesuatu sendiri.
jika diperlukan, ajak anak untuk belajar (menggambar) diluar kelas dan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang dia sukai juga dapat membuat merekatidak bosan.
.
Teknik-teknik yang dijelaskan di atas sangat berguna untuk guru dalam menumbuhkan sikap percaya diri pada anak didiknya. terima kasih