silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Salaysa Amany Fateha
NIM : 877600062
Saya sudah membuka web guru pintar online (UT) saya sudah memilih dua video yang ingin saya cermati dan pelajari. Yaitu yang pertama seri pembelajaran PAUD.
– Pengembangan sosial emosional, dengan judul anak tidak percaya diri.
Video yang ditampilkan benar-benar menambah pengetahuan saya tentang bagaimana cara mengatasi anak yang tidak percaya diri. Saya ingin menjelaskan terlebih dahulu, kalau anak tidak percaya diri disebabkan oleh munculnya rasa takut, resah, khawair dan rasa tidak yakin akan kemampuan diri sendiri. Oleh karena itu, anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif dan kita sebagai guru kita memiliki peran untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak tersebut dengan kita harus memiliki strategi keterampilan yang optimal.
Kemudian ada beberapa teknik atau cara yang dijelaskan di dalam video, bagaimana mengatasi anak yang kurang percaya pada dirinya sendiri, adalah sebagai berikut.
– guru bertanya kepada anak, jika anak terlihat ragu atau bingung sama tugas yang diberikan.
– guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang anak sukai meskipun tidak sesuai dengan tema yang dilakukan pada saat itu
– guru harus memotivasi anak dengan memberikan kesempatan pada anak untuk menjelaskan apa yang ia gambar, yang ia sukai dan yang ia gambar.
– Guru harus mengekplorasi potensi anak dengan berperan sebagai pembimbing, motivator dan juga Inspirator bagi anak.
– mungkin di poin terakhir juga bisa ditambahin dengan guru harus memberikan apresiasi kepada anak.
Dari video itu, kita sama-sama tau kalau guru itu berperan penting dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus bisa menjadi pembimbing, motivator, fasilitator, inspirator untuk apapun kegiatan yang dilakukan oleh anak. Terdapat beberapa cara dan penjelasan, benar benar membantu saya.
Assalamu’alaikum wr wb
Nama : Afi Zakiyatul Fikriyah
NIM : 857607433
pada video tersebut menampilkan guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dari video tersebut dapat kita lihat bahwa jika anak tidak percaya diri dengan hasil karyanya sendiri, guru bisa melakukan beberapa teknik untuk dapat mengumpulkan rasa percaya diri pada anak yaitu dengan cara :
1. Bertanya kepada anak mengenai tugas yang diberikan,
2. Guru dapat memberikan saran untuk anak, gambar apa yang mau dibuat meskipun tidak sesuai dengan tema,
3. Guru dapat memberi motivasi kepada anak mengenai apa yang ingin dia buat,
4. Guru dapat menggali potensi anak terkait dengan tugas yang ia berikan, dan memberi motivasi agar anak bisa membuat tugas yang telah diberikan oleh guru.
Nama : Serni Yanti Aluhu
NIM : 859957447
Vidio ini sangat membantu saya sebagai guru paud dalam menangani anak yang tidak percaya diri.vidio ini menjelaskan apa yang harus di lakukan guru dalam mengatasi anak yang tidak percaya diri seperti memberikan motivasi dan stimulasi kepada anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu
Nama : Siti Nurlaela
NIM :857369346
Judul Vidio : Anak Tidak Percaya Diri
Anak yang kurang percaya diri cenderung tidak kreatif,hal tersebut perlu diperbaiki mengingat anak usia dini perlu menanamkan rasa percaya diri/self esteem.
Seperti yang sudah dijlaskan video tersebut, Teknik untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas pada anak :
1. Guru menanyakan kepada anak apakah anak masih ragu dengan hasil karyanya
2. Memberi saran kepada anak untuk melakukan kegiatan yang disukainya, meskipun tidak sesuai dengan tema yang sedang dijelaskan.
3. Memotivasi kreativitas anak denga cara melakukan kegiatan yang disukainya.
4. Mengeksplorasi potensi anak, mencoba untuk bereksplorasi akan hal lain yang bisa dibuat, terkait dengan tema yag sedang dilaksanakan.
5. Melakukan pendekatan pada anak dan memotivasi anak bahwa dia pasti bisa menyelesaikan tugasnya sendiri.
Nama : Aulia
Nim : 859424538
Video tersebut berisikan tips dan trik dalam menangani anak yang tidak percaya diri. Saya yang sering mendapatkan anak-anak yang demikian pun kini menjadi tahu tentang langkah-langkah yang harus saya lakukan dalam menghadapi dan mengembalikan atau menumbuhkan kepercayaan dirinya anak.
Video tersebut menambah pengetahuan saya bagaimana mengatasi anak yang tidak percaya diri. Guru tidak hanya memberikan motivasi tetapi juga memberikan saran , memberikan stimulus anak walaupun tidak sesuai dengan tema pembelajaran saat itu.
Dan video ini sangat bermanfaat untuk saya bahwa pembelajaran bahasa bukan hanya mengungkapkan perasaan saja tetapi juga tentang kepercayaan diri anak .
Nama : Fierdina Putri Oktavia
NIM : 858675342
dalam vidio di atas membuat saya mengerti bagaimana cara untuk mengatasi anak yang tidak percaya diri, dimana dalam vidio tersebut guru mengajak berbicara agar anak mau berinteraksi dengan guru baik melalui media menggambar, sehingga anak ketika di ajak berbicara atau ngobrol anak terpancing menjawab dan cara seperti di atas membuat anak tambah berkreastivitas.
Nama : Salwati
Nim : 858315254
UPBJJ : Banjarmasin
Tema : Anak tidak percaya diri
Video ini memberikan pelajaran bagi saaya bagaimana cara meningkatkan dan menumbuhkan kepercayaan diri anak
Nama : Ayomi Mamentiwalo
Nim :859956287
Semester : 2
Judul vidio : Anak Tidak Percaya Diri
Dari vidio tersebut kita sebagai guru dalam menghadapi karakter anak didik yang berbeda-beda dengan upaya-upaya dalam memotivasi,mendukung kreativitas atau minat anak didik. Karena dengan dukungan guru anak didik dapat melakukan kegiatan-kegiatan dengan percaya diri. Dukungan dari orng tua dan guru sangat penting untuk kemajuan perkembangan anak. Guru dapat memberi anak didik beberapa pertanyaan mengenai apa yang membuat anak didik tidak mau untuk tampil di depan kelas atau tidak mau berkerjasama maupun kegiatan yang lainnya. Disini guru tetap harus memberi ruang bagi anak didik,dukungan serta pilihan dan memberi pujian kepada anak didiknya. Agar anak didik dapat menjadi percaya diri pada dirinya sendiri maupun denk temannya serta dengan guru 😇