silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
nama : angelaora ferlia johan
nim : 859038272
setelah saya menonton video diatas, video ini sangat bermanfaat untu saya karena dapat mengatasi anak yang tidak percaya diri akan hasil karyanya, dan dalam video diatas guru berusaha sangat efektif dalam membimbing siswa agar percaya diri akan hasil karyanya atau hasil belajarnya, hal yang dapat saya pelajari dalam video tersebut saya dapat menangani anak yang tidak percaya diri dengan memberikan semangat dan motivasi terhadap anak didik saya nantinya dan meminta teman-temannya untuk membantu memberikan semangat agar temannya semakin percaya diri dengan hasil kerjanya.
Nama : Desty Indah Kartikasari
NIM : 857747568
“Anak tidak percaya diri”
Setelah melihat video diatas saya menjadi lebih paham bagaimana menghadapi anak yang tidak percaya diri, dengan cara guru berupaya mendekati anak lalu guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Assalamualaikum wr.wb…
Nama: Lilis Hildayati
Nim: 859670346
UPKBJJ: UT Surabaya
Pokja: Al-Kodijah Mojokerto
Kelas: B / Semester 2
Tahun: 2024
*Dari tayangan video PAUD 9 dengan topik anak belom mandiri.
Dari tayangan vidio tersebut dapat membantu guru dalam menangani permasalahan anak yang belum Mandiri yang sering terjadi saat awal masuk sekolah. Pada masa awal masuk sekolah anak cenderung belum bisa mandiri, Oleh sebab itu seorang guru harus siap dalam menghadapi anak yang belum bisa adaptasi.
Guru harus bekerja sama dengan orang tua, agar anak dapat menjadi lebih Mandiri dan percaya diri. Guru juga harus mampu akrab dan selalu berkomunikasi dengan anak sehingga anak akan lebih bisa nyaman dan aman apabila kiti dekati.
Nama : Arni Putri Niat Hati Hulu
NIM : 859879605
Setelah saya melihat dan mengamati video ini , banyak hal yg sangat membantu para pendidik dalam mengenai strategi dan menangani anak yang kurang percaya diri.pada video ini ibu guru berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak. Terima kasih.
Assalamualaikum wr.wb…
Nama: Lilis Hildayati
Nim: 859670346
UPKBJJ: UT Surabaya
Pokja: Al-Kodijah Mojokerto
Kelas: B / Semester 2
Tahun: 2024
*Setelah mengamati video dari PAUD 11 dengan topik anak tidak percaya diri. Guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam proses perkembangan anak didiknya di sekolah dalam tayangan video tersebut Apa yang dilakukan oleh guru menurut saya sudah tepat. Guru memberikan perhatian kepada anak yang kurang percaya diri dengan memberikan motivasi dan bimbingan, guru guru juga membangun kepercayaan diri anak dengan mengeksplorasi potensi anak, menanyakan kepada anak tentang hasil karya dibuat dan memberikan apresiasi berupa pujian agar anak bisa lebih percaya diri dalam berkreasi.
Nama: Sugiharti
NIM: 859666339
Setelah melihat video di atas dapat saya simpulkan bahwa setiap anak mamiliki kemampuan yang berbeda dalam hal pengembangan sosial emosional mereka diantaranya tentang kepercayaan diri.
Kita sebagai pendidik berperan penting untuk dapat mengatasinya. Selain beberapa hal di atas yang sudah disampaikan dalam video sedikit tambahan yaitu perlunya memberikan rasa aman dan nyaman pada anak agar mereka lebih bisa mengeksplor kemampuan mereka. Motivasi dan dukungan juga akan sangat membantu mereka.
Demikian tanggapan dari saya terimakasih.
NAMA : UMUL MUARIFAH NIM : 859663286
anak tidak percaya diri pada anak usia ini sering terjadi dan biasanya membuat anak menjadi kurang kreatif. tugas seorang guru adalah meningkatkan rasa percaya diri pada anak. guru memberikan saran kepada anak mengenai apa yang dia sukai meskipun tidak sesuai dengan tema. agar anak merasa percaya diri dengan karyanya. memotivasi kepada anak bahwa karyanya bagus dan memberi pendekatan dengan lembut. mengajarkan pada anak untuk mensyukuri hasil karyanya agar anak merasa percaya diri. video di atas dapat memotivasi kami sebagai guru untuk dapat mengatasi anak yang kurang percaya diri di sekolah
Dalam video ini saya mendapatkan ilmu untuk mengatasi banyaknya anak yang sering ngobrol saat pembelajaran sedang berlangsung di kelas. Seperti dengan melakukan variasi dalam pembelajaran agar dapat menarik perhatian dan fokus sang anak. Tak lupa selalu memberikan reward kepada sang anak agar mereka senang dan dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka.
Nama : Pramidtya Khoirun Nisa
NIM : 859029109
Judul : Anak tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya
Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif dan kreativitasnya tidak berkembang.
Hal yang dapat dilakukan guru saat anak tidak percaya diri adalah
1. Guru bertanya kepada anak tentang tugas yang diberikan. Hal ini akan membuat anak merasa diperhatikan sehingga tumbuh rasa percaya diri dalam dirinya.
2. Memberikan saran kepada anak untuk melakukan tugasnya. Dengan membeli saran kepada anak hal ini juga dapat menimbulkan rasa nyaman kepada anak.
3. Memotivasi kreativitas anak dengan menanyakan apa yang disukainya lalu meminta ia untuk menggambarkan atau mewarnai hal yang disukainya.
4. Mengeksplorasi potensi anak.
5. Berikan motivasi anak dengan apresiasi apa yang dihasilkan oleh anak. Hal ini membuat anak merasa dihargai dan timbul rasa bangga dan percaya diri dalam diri anak.
6. Minta anak bercerita tentang apa yang di gambarnya.
Video pembelajaran ini sangat membantu saya sebagai seorang guru paud dalam menghadapi anak yang tidak percaya diri. Anak yang kurang percaya diri dapat menghambat kemampuan bersosialisasinya dan dapat mengakibatkan anak kesulitan dalam berteman. Sebagai seorang guru penting untuk meningkatkan kepercayaan diri anak untuk mengembangkan aspek sosial-emosional anak sehingga hasil belajar anak tidak terganggu dan dapat memberikan hasil yang maksimal.