silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Paulina Yunita
Nim : 858097377
Anak tidak percaya Diri
Video diatas mengulas mengenai anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya.
Nama : Nidia Ayu Lanaya
NIM : 858948255
Dari video anak tidak percaya diri, kita harus bisa memberikan penguatan dan motivasi kepada anak bahwa anak bisa melakukan kegiatan belajarnya, membuat anak bangga bahwa hasil karyanya bagus, jika anak merasa kesulitan tanyakan apa yang bisa dibantu, dan jika anak sudah menyelesaikan kegiatan/tugas anak diberikan reward berupa pujian.
Nama :Suti’a sri wulandari
Nim :858927506
Setelah melihat video tersebut menggambarkan bahwa tenaga pendidik mempunyai peranan penting bagi pertumbuhan anak didik, dimana anak banyak memerlukan bimbingan dan motivasi untuk mengatasi ketidak percayaannya, dapat membantu anak untuk dapat mengembangkan keberaniannya.
pada anak usia dinii kerap muncul rasa tidak percaya diri, maka kita harus mengatasinya. terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan oleh guru untuk dapat membuat anak percaya diri ialah
– guru dpat menanyakan kepada anak seprti apa anak masi ragu atas tugas yang diberikan
– guru mmberi saran menggambar apa yang disukai anak walaupun tidak sesuai dengan tema yang dipelajari
– guru memotivasi kreatifitas anak
– guru mencoba mengeksplorasi potensi anak yang lain
– guru melakukan pendekatan kepada anak
– dan jika diperlukan, ajak anak keluar kelas untuk mmbuat anak berimajinasi
Nama : RIDA PRESTI RAHAYU
NIM : 877318703
Menurut saya, anak-anak PAUD yang kurang percaya diri seringkali memerlukan lebih banyak perhatian dan dukungan. Penting bagi pendidik dan orang tua untuk memahami penyebab kurang percaya diri tersebut, apakah karena lingkungan yang tidak mendukung, pengalaman masa lalu, atau faktor internal lainnya. Dengan memahami akar permasalahan, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi anak-anak tersebut untuk tumbuh lebih percaya diri. Melalui pujian yang tulus, memberikan tantangan yang sesuai dengan kemampuan mereka, dan memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas, kita dapat membantu membangun rasa percaya diri anak-anak PAUD sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.
Nama : Isnani
NIM : 858299633
Dari video yang ditayangkan,dapat menjadi referensi bagi guru untuk menyikapi bagaimana cara menghadapi anak yang kurang percaya diri,karena dukungan dan motivasi untuk anak yang kurang percaya diri sangat lah diperlukan agar anak bisa percaya diri,bersemangat dalam melakukan kegiatan,baik disekolah,di rumah atau pun di lingkungan sosial lainnya.
anak tidak percaya diri atas hasil kerjanya merupakan hal yang sering ditemukan di sekolah. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri guru dapat memberikan pertanyaan berupa memotivasi anak dengan menggambar sesuai yang disukai anak meskipun tidak sesuai tema, mencoba mengeksplor kegiatan lain terkait dengan kegiatan menggambar anak. Cara tersebut dapat saya lakukan ketika saat mendapati anak didik saya memiliki rasa tidak percaya diri. terima kasih
Dari video yang saya lihat faktor penyebab anak tidak percaya diri adalah rasa percaya diri muncul karena adanya rasa ketakutan,keresahan,khawatir,rasa yang tak yakin akan kemampuan dirinya sendiri .kita sebagai pendidik kita harus bisa memberikan penguatan, dorongan dan motivasi kepada anak bahwa anak bisa melakukan kegiatan belajar, membuat anak bangga dengan hasil karyanya sendiri, jika anak merasa kesulitan tanyakan apa yang bisa dibantu, dan jika anak sudah menyelesaikan kegiatan/tugas anak diberikan reward berupa pujian dan tepuk tangan
Nama Wenny Rosselini
NIM : 856276963
Judul video : Anak Tidak Percaya Diri
Tayangan ini menunjukkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang membantu seorang anak yang kurang percaya diri terhadap hasil belajarnya. Guru tersebut terlihat berusaha mendekati anak dengan memberikan dukungan, seperti memotivasi anak, menanyakan apakah anak masih ragu atau tidak mengerti tugasnya, mendorong kreativitas anak dengan menyarankan berbagai aktivitas alternatif, serta memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih terkait dengan tema awal. Guru juga mengajak anak untuk mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat berkaitan dengan tugas menggambar yang diberikan.
Bismillah
Assalamualaikum wr wb
Guru PAUD sangat berperan dalam meningkatkan kepercayaan diri anak di sekolah. Stimulasi-stimulasi khusus bagi anak-anak yang kurang percaya diri haruslah dilakukan oleh bu guru di PAUD, motivasi-motivasi baik untuk anak agar terus percaya diri.