silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : Yulita Rosilawati
    NIM : 858151392

    Video ini membahas tentang pentingnya rasa percaya diri pada anak usia dini, serta memberikan tips-tips untuk membantu anak-anak menjadi lebih percaya diri. Berikut adalah beberapa poin penting dari video tersebut:
    Rasa percaya diri adalah salah satu kunci kesuksesan anak di masa depan.
    Anak-anak yang percaya diri lebih berani untuk mencoba hal-hal baru, lebih mudah bergaul dengan orang lain, dan lebih mampu mengatasi kegagalan.
    Orang tua dan guru dapat membantu anak-anak untuk menjadi lebih percaya diri dengan memberikan mereka pujian dan penghargaan, memberikan mereka kesempatan untuk melakukan berbagai hal sendiri, dan menjadi contoh yang baik.

    Manfaat Video:
    Video ini bermanfaat bagi saya sebagai pendidik karena memberikan ide-ide dan tips-tips untuk membantu anak didik saya menjadi lebih percaya diri. Saya juga belajar banyak tentang pentingnya rasa percaya diri bagi anak usia dini.

    Kesimpulan:
    Video “PAUD11 Anak Tidak Percaya Diri” adalah video yang informatif dan bermanfaat bagi orang tua dan guru yang ingin membantu anak-anak mereka menjadi lebih percaya diri.
    Selain itu, video ini juga memberikan beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk membantu anak-anak menjadi lebih percaya diri, seperti:
    Bermain peran
    Bercerita
    Menyanyi
    Menari
    Menggambar

    Orang tua dan guru dapat memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat anak mereka.

  2. Nama : Windah Dewi Muashomah

    dalam vidio ” Anak Tidak Percaya Diri” pendidik perlu memotivasi anak agar dapat meningkatkan rasa percaya diri melalui kreativitas anak. pendidik perlu menanyakan kepada anak apakah hasil karya anak sudah memuaskan.

  3. Nama : Salwa Qabilah
    Nim : 859520955

    Video ini berisi tentang bagaimana cara supaya anak lebih percaya diri yaitu guru memotivasi anak supaya lebih percaya diri dengan cara membebaskan anak bergambar yang ia sukai walaupun berbeda dengan tema yang dipelajari.

  4. Nama : Yessi Nirwana
    NIM : 859810929

    Video ini menjelaskan berbagai cara untuk mendukung anak yang kurang percaya diri. Melalui nasihat, dorongan, dan panduan, kita dapat membantu mereka membangun kepercayaan diri. Ini sangat penting untuk perkembangan kreativitas dan kemampuan berpikir mereka. Seorang guru berperan sebagai motivator dan pengharga atas usaha dan karya anak, memberikan mereka rasa bangga dan dihargai.

  5. Nama: Heni Rosmawati Gea
    NIM: 856036858
    Judul video: Anak Tidak Percaya Diri
    Pada video yang saya saksikan Ini adalah cara menangani anak-anak yang tidak percaya diri di saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
    Untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak guru dapat melakukan kegiatan sebagai berikut:
    1.Guru menanyakan perihal tugas yang dikerjakan anak
    2.guru memberikan saran menggambar yang sesuai dengan minat anak walaupun tidak sesuai dengan tema saat itu.
    3.Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara memberikan kesempatan menggambar sesuatu yang paling disukai anak.
    4 guru mengeksplorasi potensi anak dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pematik terkait tugas yang anak kerjakan.
    5. melakukan pendekatan dan memotivasi anak serta memberi dorongan kepada anak bahwa anak pasti bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik.

  6. Fifi Febriniwita
    856282824
    Pada video ini Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak.
    Saya sebagai pendidik juga akanemberikan dorongan kepada anak supaya anak bisa dan mau menampilkan karya nyadan memberikan reward kepada anak apa bila anak sudah selesai mengerjakan tugas nya.

  7. Nim : 859667158
    Nama : Dwi astutik
    Judul vidio anak tidak percaya diri,
    Disitu menjelaskan jelas tentang anak belum bisa memegang pensil dengan benar. Guru dengan sabar mengajari anak didik.

  8. nama : Qiva Zulaikha
    Nim : 857628293
    video : anak tidak percaya diri

    dalam video tersebut, apa yang dilakukan guru sudah betul. ketika ada anak yang tidak percaya diri dengan hasil kerjanya, maka guru bertugas membuat kepercayaan diri anak muncul dengan cara memotivasinya, membantunya, atau memujinya. hal itu dilakukan agar anak tidak mudah menyerah ketika diberi tugas apapun.

  9. kidung Ardha Marsela
    858000383

    untuk membantu kepercayaan diri anak dengan memberikan pertanyaan terlebih pertanyaan terbuka
    memotivasi anak dengan bentuk dukungan verbal
    mengeksplorasi kreativitas anak dengan menggali pengalaman dan cerita anak
    memberikan kesempatan anak untuk bertanya tentang tugasnya
    saya setuju
    mungkin bisa ditambahkan tentang refleksi anak apakah ada kesulitan atau tidak saat kegiatan gambar tadi sehingga dapat menjadi evaluasi guru dan anak

Leave a Reply