silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : ESTER WINDA SEMBUNG
    NIM : 858461028

    menumbuhkan kepercaya diri anak pada usia dini adalah hal yang penting untuk dilakukan dan menjadi perhatian orangtua ataupun guru disekolah, karena anak yang tidak percaya diri akan cenderung tidak kreatif, sehingga hal ini harus segera ditumbuhkan, hal-hal yang dapat dilakukan yaitu :
    1. memberikan kesempatan pada anak untuk mengekplor dirinya dan menemukan hal-hal yang dia sukai
    2. melakukan pendekatan kepada anak biarkan anak merasa nyaman dan mau terbuka
    3. senangtiasa memberikan motivasi-motivasi dalam melakukan sesuatu
    4. melatih anak untuk dapat tampil didepan agar anak terlatih dan rasa percaya diri anak akan tumbuh.

  2. Judul: anak tidak percaya diri
    Atas hasil karyanya.
    Yang dapat saya pelajari dari vidio tersebut.
    Ada beberapa teknik untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang dapat saya lakukan bila mendapati anak yang kurang percaya diri.
    1. Guru dapat menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan.
    2. Guru memberikan saran menggambar yang disukai anak walau tidak sesuai dengan tema.
    3. Guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar yang disukai anak.
    4. Guru mencoba mengeksplor hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar.
    5. Lakukan pendekatan dengan cara memotivasi dan menggali potensi anak.

  3. pendapat dari video tersebut
    1.guru dapat menanyakan pada anak jika masih ragu dengan tugas yang diberikan
    2.guru memberikan saran untuk menggambar yang disukai meskipun tidak sesuai tema
    3.guru dapat memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai anak
    4 . guru mencoba mengeksplorasi
    5 . melakukan pendekatan anak
    6.pada anak baru masuk sekolah maka menggambar berupa coret coretan atau garis atay dengan mengajak anak menggambar bebas diluar kelas untuk meningkatkan kebosanan

  4. Nama : sriwati
    Nim :855890348

    Rasa kurang percaya diri pada peserta didik muncul karena adanya ketakutan, keresahan, khawatir, rasa yang tak yakin akan kemampuan diri sendiri yang diiringi dengan dada berdebar-debar kencang dan tubuh gemetar yang bersifat masalah kejiwaan peserta didik yang disebabkan rangsangan dari luar.Rasa percaya diri anak juga dipengaruhi oleh dukungan yang ia dapatkan dari kedua orang tuanya. Ketika orang tua terlalu sibuk dan kurang memperhatikan anak, hal ini dapat membuat anak merasa dilupakan, tidak diinginkan, atau kehadirannya tidak penting, sehingga berdampak pada rendahnya rasa percaya diri anak.

  5. NAMA : RABIATUL
    NIM : 858317029
    JUDUL VIDEO : ANAK TIDAK PERCAYA DIRI

    Didalam video Guru tampak berupaya mendekati anak secara personal dengan tujuan memahami kondisi dan kebutuhan anak. Hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan dan kenyamanan anak. Guru memberikan penguatan positif dengan memotivasi anak, menanyakan pemahaman anak, dan memberi saran kreativitas. Ini membantu meningkatkan kepercayaan diri anak. Guru memberikan kesempatan anak untuk memilih aktivitas lain yang masih terkait dengan tema. Ini mendorong anak untuk bereksplorasi dan mengembangkan kreativitasnya. Guru mendorong anak untuk mengeksplorasi hal-hal lain yang terkait dengan tema tugas. Hal ini membuka wawasan anak dan memicu rasa ingin tahun.

    Secara keseluruhan, praktik yang ditampilkan dalam video ini menunjukkan kepekaan dan keterampilan guru dalam menangani anak yang kurang percaya diri. Pendekatan yang dilakukan dapat membantu anak meningkatkan kemampuan sosial-emosionalnya, termasuk rasa percaya diri, kreativitas, dan kemampuan bereksplorasi.

  6. NAMA SELA APRILA ARDILA
    NIM 856565032
    ANAK TIDAK PERCAYA DIRI
    Pada anak usia dini masalah kepercayaan diri sering terjadi atau sering muncul,anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif. kondisi ini perlu diperbaiki mengingat anak usia dini periode penting untuk penanaman rasa percaya diri.
    upaya guru utuk mengatasi anak yang kurang percaya diri
    * Berrupaya mendekati anak.
    * memberi peguatan kepada anak dengan cara memotivasi anak
    * menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tidak mengerti tugas nya
    * memberiksn motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan aktivitas pilihan lain yang dapat dilalukan
    *memberi saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang berhubungan dengan tema.

  7. Terima kasih untuk video ini,dalam upaya guru menangani anak yang tidak percaya diri. Pendekatan Guru sangat memotivasi memberi solusi menangani anak kurang percaya diri.

  8. NAMA : KARMILA
    NIM : 859412669
    UPBJJ : MAKASSAR

    Mengidentifikasi apa penyebabnya, mungkin materi pelajaran tidak menarik atau terlalu sulit bagi anak, Anak mungkin mengalami stres, kecemasan atau masalah sosial yang mempengaruhi semangat belajarnya. Maka dari itu sebagai guru kita harus membuat pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dan kreatif seperti permainan edukatif, eksperimen atau penggunaan teknologi. Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman.

  9. Nama : Nur Lailatul Hasanah
    NIM: 857992231
    Judul Video : Anak tidak percaya diri

    Dari video di atas menunjukkan bahwa anak usia dini memiliki berbagai karakter yang berbeda-beda antara anak yang satu dengan yang lainnya. Keinginan anak usia dini sering tidak dapat diprediksi termasuk saat mengikuti pembelajaran. Dalam video ini langkah yang dilakukan oleh guru dalam menyikapi anak yang merasa tidak percaya diri terhadap hasil kegiatan yang dilakukan di sekolah sangat tepat, yaitu guru menanyakan kepada anak yang masih ragu dengan tugas yang diberikan, guru memberikan saran pada anak untuk melakukan sesuatu yang disukai anak, guru memotivasi kreativitas anak, mengeksplorasi potensi anak, dan melakukan pendekatan dengan cara memberi motivasi bahwa anak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan.

    Terimakasih

  10. Setelah menonton video diatas, saya jadi terinspirasi bagaimana cara kita untuk membangkitka rasa percaya diri anak yang baru memulai bersosialisasi dengan teman sebaya di sekolah, bahwa mereka juga mampu melakukan apa yang dilakukan teman-temannya dengan cara memotivasi mereka bahwa mereka juga bisa melakukannya, dan kita harus mengeksplorasi potensi serta kemampuan yang ada pada mereka, degan cara kita memperhatikan apa yang disukai mereka dalam kegiatan sekolah.

Leave a Reply