silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : Demrita Siregar
    NIM : 878359281
    Anak Tidak Percaya Diri itu adalah hal yang disayangkan, karena kepercayaan diri sangat penting bagi perkembangan anak. Jika anak tidak percaya diri, ia mungkin akan kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain, menghadapi tantangan, dan mencapai potensinya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk memberikan dukungan dan dorongan kepada anak untuk membangun kepercayaan diri mereka. Selain itu, juga penting bagi anak untuk memiliki pengalaman positif dan mendapat kesempatan untuk merasa berhasil dalam berbagai hal agar mereka dapat membangun kepercayaan diri yang kuat.
    Trimakasih

  2. Anama : siti masitoh
    NIM : 857988381
    nak Tidak percaya Diri

    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?

    Berdasarkan video di atas,guru mengeksplorasi tugas yan diberikan anak melakukan kegiatan menggambar, anak asik dengan kegiatannya masing-masing. Tapi masih ada anak yang masih bingung apa yang akan dia gambar dan adapula anak yang masih belum bisa memegang alat tulis atau krayon.

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Guru tidak memotivasi anak dan memberikan kepercayaan pada anak dengan memegangi tangan anak dalam menggambar, guru juga tidak memberi reward pada anak yang sudah bisa menggambar
    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Guru sangat sabar mendampingi dan memotivasi anak, menanyakan setiap gambar yang dibuat anak
    4.Hal-hal unik apa saja yang Anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Guru selalu mendampingi setiap anak dengan sabar dan telaten. Guru juga menempel hasil karya semua anak di papan hasil karya. Ketika anak jenuh di dalam kelas, guru pun mengajak anak untuk belajar atau menggambar di luar kelas

    5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    -Guru menanyakan kepada anak jika masih ragu dengan tugas yang diberikan serta memberikan penjelasan secara jelas tentang pembelajaran yang akan dilakukan.
    -Guru memberikan saran untuk menggambar yang disukai anak meskipun tidak sesuai dengan
    tema
    -Guru memotivasi kreativitas anak dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik
    -Guru mencoba mengeksplorasi potensi anak
    -Lakukan pendekatan kepada anak dengan memotivasi, pasti anak bisa mengerjakan
    -Bagi anak yang bermaslaah, guru meminta anak untuk menggambar yang paling disukai
    -Guru meminta anak menceritakan hasil gambarnya
    -Guru memberi judul pada gambar anak karena anak belum bisa menulis
    -Berikan kesempatan anak untuk menggambar bebas

  3. Setelah melihat vidio tersebut dapat kita simpulkan, bahwa peran penting guru adalah langkah awal untuk dapat , menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Terus memberikan semangat dan memberikan kepercayaan kepada anak. Membiarkan anak berkreasi dan terus menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Adalah hal yg paling utama dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak .

  4. Nama: sianik Rianti indah Dwi saputri
    Nim : 858968948
    Pada vidio yang telah saya lihat maka dapat kami simpulkan bahwa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak sangatlah penting dan cukup membantu pada tumbuh kembang anak yang akan terus mereka ingat dan tanamkan pada jati diri mereka. Maka dari itu berikan rasa percaya diri dan komunikasi yang baik dengan anak didik sehingga Meraka akan belajar dengan senang dan gembira.

  5. Nama Mahasiswa : SANTI
    NIM : 821682702
    Video ini tentang bagaimana mengatasi anak yang tidak percaya diri. Guru mendekati dan memberikan motivasi kepada anak. Apa yang membuat anak merasa tidak percaya diri. Guru dapat meminta anak untuk memilih aktivitas lain yang sesuai dengan keinginannya, kemudian secara perlahan-lahan mengajak anak agar mau dan percaya diri untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan

  6. Dalam program ini menunjukkan pendekatan yang sangat baik dalam menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Dengan memberikan dukungan emosional, memastikan pemahaman, memberikan pilihan aktivitas, dan mendorong eksplorasi, guru dapat membantu anak mengembangkan kepercayaan diri dan kreativitas mereka. Saran tambahan seperti tugas-tugas bertahap, melibatkan teman sebaya, pemantauan berkelanjutan, komunikasi dengan orang tua, dan penggunaan alat yang menarik dapat lebih memperkuat pendekatan ini.

  7. Video ini menampilkan anak-anak yang mengalami masalah rasa percaya diri. Video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD untuk menambah pengalaman dan wawasan bagaimana cara mengembangkan rasa percaya diri pada anak usia dini. Membangun rasa percaya diri pada anak usia dini merupakan investasi penting bagi masa depan anak. Kerja sama guru dan orang tua serta pemahaman mendalam terhadap anak menjadi kunci anak memperoleh rasa percaya diri.

  8. Sri Lestari_859015243

    Dalam tayangan video Seri Pembelajaran PAUD,dengan judul Anak Tidak Percaya Diri,dapat kita simak bersama bahwa rasa percaya diri anak terutama terhadap hasil karnyanya mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan kemampuan anak.Terutama perkembangan kemampuan sosial emosional anak.
    Peran guru paud sangat penting,selain dengan memberikan dukungan dan motivasi pada anak,seorang guru paud juga diharapkan untuk dapat menstimulasi kemampuan anak untuk dapat mengeksplorasi kemampuan baik dengan cara bertanya,mencontohkan,atau dengan melakukan kegiatan di tempat yang berbeda untuk mencegah kebosanan anak.
    Kegiatan pembelajaran juga tentunya harus dirancang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.Media yang digunakan juga harus ramah pada anak,serta aman dan mudah digunakan.
    Demikian pendapat saya,tentang video ini,terima kasih,semoga bermanfaat.

  9. Nama : Putu Surya Cahyanti
    NIM : 859041034
    Anak Tidak Percaya Diri itu adalah hal yang disayangkan, karena kepercayaan diri sangat penting bagi perkembangan anak. Jika anak tidak percaya diri, ia mungkin akan kesulitan dalam berinteraksi dengan orang lain, menghadapi tantangan, dan mencapai potensinya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk memberikan dukungan dan dorongan kepada anak untuk membangun kepercayaan diri anak. Selain itu, juga penting bagi anak untuk memiliki pengalaman positif dan mendapat kesempatan untuk merasa berhasil dalam berbagai hal agar anak dapat membangun kepercayaan diri yang kuat.
    Terimkasih

  10. Wananda Abdi Pertiwi
    859040831

    Menghadapi anak yang tidak percaya diri dengan karyanya dapat dilakukan dengan cara menciptakan suasana yang aman dan mendukung, seperti:
    1. Memberikan pujian dan penghargaan atas usaha mereka, bukan hanya hasil akhirnya. Hal ini menunjukkan kepada anak bahwa Anda menghargai proses kreatif mereka dan bukan hanya hasil akhir.
    2. Guru menggunakan kata-kata yang positif dan membangun. Hindari kritik yang negatif dan fokuslah pada aspek positif dari karya mereka.
    3. Beri tahu anak bahwa mereka bahwa tidak apa-apa untuk membuat kesalahan dan bahwa belajar dari kesalahan adalah bagian dari proses kreatif.
    4. Buatlah ruang di mana mereka merasa nyaman untuk mengekspresikan diri mereka tanpa rasa takut dihakimi. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan ruang kerja yang tenang dan bebas gangguan, atau dengan mengadakan sesi seni keluarga di mana semua orang dapat berkreasi bersama.
    5. Guru membantu anak untuk melihat nilai dalam karya mereka. Hal ini dapat membantu mereka untuk melihat nilai dalam karya mereka sendiri.

Leave a Reply