silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Assalalualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Nama: Nia Gustini
NIM: 859153256
Berikut jawaban dari saya tentang video diatas..
Anak yang tidak percaya diri sangat memerlukan dorongan positif dan pengakuan atas prestasi mereka, serta lingkungan yang mendukung dan memahami untuk membangun rasa percaya diri mereka. Mendengarkan mereka dengan empati dan memberikan kesempatan untuk berkembang juga sangat penting.
Guru memberikan pengutan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tidak mengerti atas tugas yang siberikan, dan memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema.
Nama : Tirta Ria Sari
NIM : 859522214
Anak memerlukan dorongan positif dan akan berkembang lebih baik jika dibimbing dengan baik, sebagai guru kita harus menghargai hasil karya anak dan memperhatikan kemajuannya, diberi arahan dan masukan agar lebih baik.
Terima kasih atas videonya yang sangat menginspiratif.
Nama : Pipit Novita
NIM : 857340398
Ijin memberikan tanggapan pada video diatas, Anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif, kondisi tersebut perlu diperbaiki karena anak usia dini merupakan periode penting untuk menanamkan rasa kepercayaan diri.
Tehnik yang dapat dilakukan :
■ Guru menanyakan kembali kepada anak apabila anak masih ragu dengan tugas yang diberikan.
● guru memberi saran walau tidak sesuai dengan tema yang sedang berjalan
● guru memotivasi kreativitas anak dengan sesuatu yang disukai anak
● guru mengeksplorasi potensi anak dengan sesuatu yang sudah dilakukan oleh anak
Lakukan pendekatan dan juga memberikan semangat kepada anak bahwa anak dapat melakukannya sendiri.
Guru dapat meminta anak bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya.
Melakukan kegiatan di tempat yang berbeda agar ada suasana baru untuk anak dan juga guru, sehingga anak lebih termotivasi lagi.
video ini sangat menginspirasi untuk guru dan juga mahasiswa
Terimakasih
NAma : Henny Surya
NIM : 859527206
Sebagai guru, kita harus terus berusaha membantu anak untuk meningkatkan rasa percaya dirinya supaya anak bisa mengembangkan bakat atau kemampuan terpendamnya. Ini sering saya temui juga di kelas, anak diam saja tapi begitu digali lebih dalam ternyata anak berbakat dalam hal spelling bee, dan kami ikutsertakan si anak dalam lomba.
Walaupun lom dapat predikat juara, tapi itu sudah jadi pengalaman berharga buat sang anak.
Nama : Siti Raudah
Nim : 855895623
Dari vidio diatas sebagai seorang guru harus selalu memberikan semangat serta motivasi kepada anak agar anak dapat menjadi lebih percaya diri pada dirinya sendiri, Sehingga anak dapat memperlihatkan bakat yang terpendam yang ada pada dirinya dan anak dapat mengekspresikan hal-hal yang positif yang dapat membuat dirinya menjadi anak yang percaya diri terhadap apa yang ada pada dirinya.
Nama : Herlina Gambe
Nim : 858298885
Vidui diatas mengjarkan kepada saya sebagai pendidik paud perkembangan sosial anak terus dirangsang atau distimulasi untuk meningkatakan ketrampilan sosialnya dalam berinteraksi dengan sesama temannay dan orang lain yang dijumpai anak.
Terimakasih
Nama : Misna
NIM : 858412587
Dari video tersebut terlihat cara guru melakukan pendekatan dan pembelajaran sangat bagus dengan melakukan banyak motivasi, apresiasi dan memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan hal yang ia sukai dari kegiatan menggambar. hal ini sangat mendorong anak untuk lebih percaya diri akan hasil karyanya sendiri, akan tetapi guru dapat menggunakan media yang lebih bervariasi lagi serta menambah kegiatan bercerita dengan anak menceritakan hasil karyanya sediri untuk meningkatkan rasa percaya diri dan bahasa anak.
dari video di atas Tanggapan kita sebagai guru terhadap situasi ini tentu haruslah sangat empatik dan peduli terhadap perkembangan anak tersebut. Berikut adalah beberapa tanggapan yang bisa dipertimbangkan:
1. Empati: Penting bagi kita sebagai guru untuk memahami bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan kepercayaan diri yang berbeda-beda. Menunjukkan empati terhadap ketidakpercayaan diri anak adalah langkah pertama yang penting untuk membangun hubungan yang positif.
2. Motivasi: Memotivasi anak dengan cara yang positif dan membangun, seperti memberikan pujian atas usaha mereka, dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka. Memberikan dorongan dan dukungan tanpa membuat mereka merasa terbebani akan membantu mereka melangkah maju.
3. Komunikasi Terbuka: Bertanya kepada anak jika mereka masih ragu atau tidak mengerti akan tugas yang diberikan adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa mereka merasa didengar dan dipahami. Membuka saluran komunikasi yang terbuka membantu anak merasa nyaman untuk berbicara tentang perasaan dan kekhawatiran mereka.
4. Fleksibilitas: Mengizinkan anak untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam cara yang berbeda-beda, termasuk dengan memilih aktivitas yang mereka sukai, dapat membantu mereka merasa lebih termotivasi dan percaya diri. Sebagai guru, kita harus bersedia untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat individu anak.
5. Mendorong Eksplorasi: Mengajak anak untuk mengeksplorasi berbagai ide dan konsep terkait dengan tugas yang diberikan dapat membantu mereka merasa lebih terlibat dan bersemangat dalam pembelajaran. Memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka dapat membantu memperkuat kepercayaan diri mereka.
Dengan pendekatan yang empatik, peduli, dan mendukung, kita sebagai guru dapat membantu anak mengatasi ketidakpercayaan diri mereka dan meraih potensi mereka yang sebenarnya.
Tanggapan kita sebagai guru terhadap situasi ini tentu haruslah sangat empatik dan peduli terhadap perkembangan anak tersebut. Berikut adalah beberapa tanggapan yang bisa dipertimbangkan:
1. Empati: Penting bagi kita sebagai guru untuk memahami bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan kepercayaan diri yang berbeda-beda. Menunjukkan empati terhadap ketidakpercayaan diri anak adalah langkah pertama yang penting untuk membangun hubungan yang positif.
2. Motivasi: Memotivasi anak dengan cara yang positif dan membangun, seperti memberikan pujian atas usaha mereka, dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka. Memberikan dorongan dan dukungan tanpa membuat mereka merasa terbebani akan membantu mereka melangkah maju.
3. Komunikasi Terbuka: Bertanya kepada anak jika mereka masih ragu atau tidak mengerti akan tugas yang diberikan adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa mereka merasa didengar dan dipahami. Membuka saluran komunikasi yang terbuka membantu anak merasa nyaman untuk berbicara tentang perasaan dan kekhawatiran mereka.
4. Fleksibilitas: Mengizinkan anak untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam cara yang berbeda-beda, termasuk dengan memilih aktivitas yang mereka sukai, dapat membantu mereka merasa lebih termotivasi dan percaya diri. Sebagai guru, kita harus bersedia untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat individu anak.
5. Mendorong Eksplorasi: Mengajak anak untuk mengeksplorasi berbagai ide dan konsep terkait dengan tugas yang diberikan dapat membantu mereka merasa lebih terlibat dan bersemangat dalam pembelajaran. Memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka dapat membantu memperkuat kepercayaan diri mereka.
Dengan pendekatan yang empatik, peduli, dan mendukung, kita sebagai guru dapat membantu anak mengatasi ketidakpercayaan diri mereka dan meraih potensi mereka yang sebenarnya.
nama Rina Fatmawati
Nim 858741703
Sebagai seorang guru kita harus selalu memberikan semangat serta motivasi kepada anak agar anak dapat menjadi lebih percaya diri pada dirinya sendiri, Anak butuh dukungan dari kita sebagai guru untuk menumbuhkan semangat percaya diri,Sehingga anak dapat memperlihatkan bakat yang terpendam yang ada pada dirinya
Melalui kegiatan kegiatan yang lebih menonjolkan kreatifitas anak sehingga bakat anak bisa terlatih