silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Video “PAUD11 Anak Tidak Percaya Diri” membahas cara pendidik PAUD membantu anak usia dini yang kurang percaya diri, terutama dalam kegiatan belajar. Kepercayaan diri penting untuk mendorong kreativitas anak, dan pendidik disarankan untuk memberikan kebebasan kepada anak dalam mengekspresikan diri, misalnya dengan menggambar hal yang mereka sukai. Pendidik juga perlu memotivasi anak dengan pujian dan pertanyaan agar anak lebih percaya diri, terutama jika motorik halus mereka belum berkembang dengan baik. Aktivitas di luar kelas juga dianjurkan untuk merangsang kreativitas anak.

  2. NAMA : NOVIESI
    NIM : 859871618
    Video tersebut membahas cara pendidik PAUD membantu anak usia dini yang kurang percaya diri, terutama dalam kegiatan belajar. Kepercayaan diri penting untuk mendorong kreativitas anak, dan pendidik disarankan untuk memberikan kebebasan kepada anak dalam mengekspresikan diri, misalnya dengan menggambar hal yang mereka sukai. Pendidik juga perlu memotivasi anak dengan pujian dan pertanyaan agar anak lebih percaya diri, terutama jika motorik halus mereka belum berkembang dengan baik. Aktivitas di luar kelas juga dianjurkan untuk merangsang kreativitas anak.

  3. Dari Video di atas, disebutkan berbagai macam cara agar guru dapat membantu anak dalam mengembangkan bahasa mereka dan juga rasa percaya diri mereka.
    1. dengan cara menanyakan kepada anak mengenai tugas yang diberikan, anak diberikan kesempatan untuk mengemukakan pikiran mereka dengan menyebutkan apakah mereka mengerti tugas yang diberikan dan juga meningkatkan kemampuan berbahasa mereka
    2. memberi saran menggambar hal yang disukai, dengan cara tersebut, anak terstimulus untuk juga menceritakan hal yang dia sukai dan menuangkannya di dalam gambar dan menjadi percaya diri karena dia menggambar sesuatu atau bercerita sesuatu yang dia mengerti atau dipahami
    3. memotivasi kreativitas dengan menggambar yang anak sukai, hal tersebut memicu anak untuk lebih kreatif dan bebasmengemukakan ekspresinya baik dalam bahasa ataupun visual art.
    4. setiap anak memiliki karakter yang berbeda,maka dari itu mereka tidak dibatasi untuk mengeksplor hal lain selain menggambar, sehingga mereka tahu bahwa dukungan ada untuk mereka walau apa yang mereka lakukan tidak sama dengan hal yang ditugaskan.
    Hal haldiatas sangat mempengaruhi perkembangan karakter mereka, baik dalam hal percaya diri ataupun segi bahasa mereka

  4. Ijin menjawab :
    Nama : Juliana Hia
    Nim : 859885275

    Dalam video tersebut telah di jelaskan bagaiman menangani anak yang kurang percaya diri, dalam hal ini faktor utama yang bisa di lakukan oleh guru untuk meningkatkan kepercayaan diri anak yaitu dengan cara memberikan penghargaan, dan pujian terhadap anak, baik itu secara umum maupun secara spesifik sehingga tumbuh rasa bangga dalam diri anak yang berpengaruh terhadap kepercayaan dirinya sehingga munculnya keberanian anak dalam menunjukan hasil karya nya atau bahkan bereksplorasi terhadap hal baru yang belum di coba nya.
    Terimakasih.

  5. Dari vidio di atas , menurut saya guru tersebut sangatlah hebat bisa meyakinkan anak yang kurang percaya diri dengan memberi arahan . dan juga yang paling penting membebaskan anak menggambar sesuai keinginannya sehingga memunculkan kreatifitas / berekspolorasi terhadap karya ataupun guru memberikan ide menggambar sesuai keinginan/ kesukaan anak . Selain itu, guru wajib memberikan motivasi agar anak bisa lebih percaya diri terhadap hasil nya dan memberi reward berupa pujian agar anak makin semangat dan menyelesaikan tugas nya dengan gembira dan menyenangkan.

  6. vidio pembelajaran di atas sangat bermanfaat untuk menjadikan panduan sebagai guru ketika menghadapi anak yang tidak percaya diri.
    ada beberapa kegiatan yang diberikan guru kepada muridnya seperti menggambar dan mewarnai. guru dengan sabar memberikan motivasi kepada anak agar anak menggambar/ mewarnai gambar sesuai warna yang disukainya. ketika ada anak yang tidak bisa menggambar, ibu guru sangat antusias dan semangat penuh kesabaran membimbing anak tersebut. hal ini membuat anak anak percaya diri dan semangat untuk belajar. ibu guru juga mengarahkan anak agar menggambar apa yang mereka sukai.

  7. NAMA: Angelina Matilde Sue
    nim: 859288239
    vidio: anak tidak percaya diri
    dari vidio di atas, sangat menarik. dan bisa menjadi panduan untuk saya sebagai guru TK.dalam vidio di atas guru memiliki banyak ide dan guru sangat sabar dalam menghadapi anak anak yang masih mempunyai kekurangan. disaat ada anak yang tidak tau menggambar, guru muilai mengarahkan anak tersebut untuk menggambar gambar apa yangh ia sukai. begitupun dengan anak yang belum bisa mewarnai sendiri, ibu guru membantu anak dan mengarahkan untuk mewarnai gambar tersebut. guru terus memberi motivasi kepada anaknya agar terus mencoba dan bisa

  8. dari vidio di atas saya bisa lebih menambah pengetahuan saya terkait menghadapi anak yang masih kurang percaya diri di kelas saya, kita sebagai pendidik memang di tuntut untuk lebih kreatif supaya tujuan pembelajaran bisa tercapai. menganalisis apa yang menjadi kesukaan mereka, dan apa yang sedang mereka minati/ sukai waktu itu,untuk media memberi saran anak terkait tugas yang di berikan, dari vidio diatas juga saya bisa mengambil tujuan lain yaitu dalam pengembangan bahasanya, yaitu dengan mengajak komunikasi anak terkait hal yang ia gambar, hal itu akan menimbulkan rasa nyaman anak kepada kita sebagai pendidik dan kemudian ketika anak sudah merasa nyaman dan percaya pada kita selaku pendidik yang mendampinginya di kelas kemungkinan besar rasa percaya dirinyapun akan berkembang.

  9. Nama: Sipti utamah
    Prodi:PG.PAUD
    Semester: 8
    Setelah menonton tayangan tersebut.mengenai anak kurang percaya diri sekali gus bisa mengembangkan kemampuan bahasa mereka, diantara nya yaitu menanyakan pada anak atas tugas yang diberikan (menanyakan apakah dia mampu untuk mengerjakan nya atau tidak,apakah dia menyukai tugas yang diberikan atau tidak ) lalu memberikan saran untuk sesuatu yang disukai anak walaupun tidak sesuai dengan tema pada saat itu.guru dapat memotivasi kreativitas anak Dengan meminta anak menggambar sesuatu yang paling mereka sukai .dan juga mengekspresikan kemampuan anak dengan cara meminta untuk melakukan sesuatu yang dia sukai ketika anak yang bermasalah, berikut beberapa solusi yang dapat mengurangi ketidakpercayaan diri anak, sekaligus dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

  10. Nama : Ai Jamilah
    Nim : 857501666
    Video: Anak Tidak Percaya Diri

    Setelah melihat tayangan video tersebut, saya mendapatkan ilmu ketika menghadapi anak yang tidak percaya diri. Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan guru kepada anak yang tidak percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya. Teknik yang dapat dilakukan oleh guru antara lain:
    1. Guru menanyakan hasil belajar yang dibuat anak jika anak merasa ragu.
    2. Guru dapat mengeksplorasi potensi anak.
    3. Guru dapat melakukan pendekatan agar memotivasi pada anak yang kurang percaya diri.
    4. Guru mengajak anak untuk menampilkan hasil belajar yang dibuatnya di depan kelas.
    5. Guru juga dapat mengajak anak belajar di luar kelas seperti halaman sekolah atau sekitar sekolah agar anak tidak bosan dan lebih mengembangkan kreativitas anak.

Leave a Reply