silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama: Monika Maya Nanda Wiranthi
    NIM: 859941628
    UPBJJ: Jakarta
    Pada video seri Pengembangan Sosial Emosional PAUD, dengan judul Anak Tidak Percaya Diri atas hasil belajar yang dikerjakannya. Pada anak usia dini masalah kepercayaan diri kerap muncul, anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif. Kondisi ini perlu diperbaiki karena pada masa usia dini merupakan periode penting pada masa penanaman kepercayaan diri. Pada video tersebut disampaikan beberapa Teknik yang dapat dilakukan oleh guru untuk dapat mnnumbuhkan rasa percaya diri dan kreatifitas anak, sebagai berikut:
    1. Guru menanyakan kepada anak jika masih ragu atas tugas yang diberikan.
    2. Guru memberikan saran kepada anak didik untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu.
    3. Guru memotivasi kreatifitas anak dengna cara menggambar sesuatu yang paling mereka sukai.
    4. Guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan guru
    5. Lakukan pendekatan kepada anak dengan cara memotivasi bahwa anak pasti bisa menggambar sendiri.
    6. Pada anak yang bermasalah guru meminta anak untuk menggambar hal yang paling mereka sukai dan bisa dilakukan oleh anak.
    7. Pada beberapa kasus, terutama pada anak yang baru masuk sekolah, anak belum dapat menggambar dengan baik karena motoric halus belum berkembang dengan sempurna maka gambar anak hanya berupa coretan atau berupa garis, dlam hal ini guru dapat meminta anak untuk menceritakan apa yang mereka gambar dan guru dapat menuliskan judul dibawah gambar anak tersebut.
    8. Jika memungkinkan ajak anak untuk menggambar diluar kelas atau di dalam lingkungan sekolah, dan biarkakn anak menggambar apapun yang mereka sukai. Hal ini sangat baik, karena dapat meningkatkan kreatifitas anak dan menghindari kebosanan.

  2. Nama : Sri Rahayu
    Nim : 856489082
    UT : Pekanbaru
    Berdasarkan tayangan video di atas tentang anak dengan gangguan emosional “Tidak Percaya Diri “. Sebagai pendidik sangat perlu memberikan empati terhadap peserta didik kita dengan berbagai pendekatan untuk memberikan dukungan secara emosional sehingga dapat membangun kepercayaan diri anak. penguatan guru untuk memberikan motivasi bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengakui usaha mereka serta dengan memberikan apresiasi yang positif.

  3. Pada video di atas mengenai anak tidak percaya diri yaitu:
    kita sebagai tenaga pendidik harus melakukan pendekatan terhadap anak tersebut, dengan seringnya mengajak anak untuk berkomunikasi dan memberikan motivasi kepada anak agar tingkat percaya diri anak meningkat. anak cenderung senang di berikan pujian dan dukungan untuk membangkitkan tingkat percaya diri anak,biasanya anak akan merasa dihargai dan akan memulai beradaptasi dengan teman sebayanya . Anak yang cenderung tidak percaya diri harus lebih diperhatikan dengan seringnya diperhatikan dan di ajak berkomunikasi anak akan sedikit berani untuk beradaptasi di kelas.

  4. video “Anak tidak percaya Diri” pada platform Guru Pintar Online menampilkan strategi dan metode yang efektif digunakan oleh seorang guru TK untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak-anak. Berikut adalah beberapa analisis utama dari konten video tersebut:
    Strategi Pembelajaran
    Memotivasi Anak:
    Guru menggunakan motivasi sebagai alat utama untuk meningkatkan percaya diri anak-anak. Motivasinya didapatkan dengan meminta anak melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, seperti menggambar sesuatu yang disukai anak tanpa harus sesuai tema awal.
    Menanyakan Ragu-Ragu:
    Guru menanyakan kepada anak apakah masih ragu-ragu tentang tugas yang diberikan. Hal ini membantu guru memahami perspektif anak dan memberikan dukungan yang tepat.
    Memberikan Saran dan Pendekatan:
    Guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak, meski tidak sesuai tema. Selain itu, guru melakukan pendekatan terlebih dahulu hingga anak merasa nyaman, kemudian melakukan evaluasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak.
    Mengeksplorasi Potensi Anak:
    Guru mencoba mengeksplorasi potensi anak dengan tema menggambar yang ditugaskan. Hal ini bertujuan agar anak merasa usaha mereka telah diapresiasi dan dapat mengembangkan imajinasinya.
    Kelemahan dan Kelebihan Strategi Pembelajaran
    Kelemahan:
    Salah satu kelemahan yang disampaikan adalah kurangnya diversifikasi media yang digunakan dalam pembelajaran. Namun, strategi dan metode yang digunakan sudah cukup baik bagi meningkatkan percaya diri anak.
    Kelebihan:
    Kelebihan utama adalah guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak. Strategi yang baik digunakan untuk membuat anak percaya diri, seperti menggunakan teknik-teknik yang efektif dalam mengatasi anak yang kurang percaya diri

  5. Strategi Pembelajaran
    Memotivasi Anak:
    Guru menggunakan motivasi sebagai alat utama untuk meningkatkan percaya diri anak-anak. Motivasinya didapatkan dengan meminta anak melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, seperti menggambar sesuatu yang disukai anak tanpa harus sesuai tema awal.
    Menanyakan Ragu-Ragu:
    Guru menanyakan kepada anak apakah masih ragu-ragu tentang tugas yang diberikan. Hal ini membantu guru memahami perspektif anak dan memberikan dukungan yang tepat.
    Memberikan Saran dan Pendekatan:
    Guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak, meski tidak sesuai tema. Selain itu, guru melakukan pendekatan terlebih dahulu hingga anak merasa nyaman, kemudian melakukan evaluasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak.
    Mengeksplorasi Potensi Anak:
    Guru mencoba mengeksplorasi potensi anak dengan tema menggambar yang ditugaskan. Hal ini bertujuan agar anak merasa usaha mereka telah diapresiasi dan dapat mengembangkan imajinasinya.
    Kelemahan dan Kelebihan Strategi Pembelajaran
    Kelemahan:
    Salah satu kelemahan yang disampaikan adalah kurangnya diversifikasi media yang digunakan dalam pembelajaran. Namun, strategi dan metode yang digunakan sudah cukup baik bagi meningkatkan percaya diri anak.
    Kelebihan:
    Kelebihan utama adalah guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak. Strategi yang baik digunakan untuk membuat anak percaya diri, seperti menggunakan teknik-teknik yang efektif dalam mengatasi anak yang kurang percaya diri

  6. video “Anak tidak percaya Diri” pada platform Guru Pintar Online menampilkan strategi dan metode yang efektif digunakan oleh seorang guru TK untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak-anak. Berikut adalah beberapa analisis utama dari konten video tersebut:
    Strategi Pembelajaran
    Memotivasi Anak:
    Guru menggunakan motivasi sebagai alat utama untuk meningkatkan percaya diri anak-anak. Motivasinya didapatkan dengan meminta anak melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, seperti menggambar sesuatu yang disukai anak tanpa harus sesuai tema awal.
    Menanyakan Ragu-Ragu:
    Guru menanyakan kepada anak apakah masih ragu-ragu tentang tugas yang diberikan. Hal ini membantu guru memahami perspektif anak dan memberikan dukungan yang tepat.
    Memberikan Saran dan Pendekatan:
    Guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak, meski tidak sesuai tema. Selain itu, guru melakukan pendekatan terlebih dahulu hingga anak merasa nyaman, kemudian melakukan evaluasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak.
    Mengeksplorasi Potensi Anak:
    Guru mencoba mengeksplorasi potensi anak dengan tema menggambar yang ditugaskan. Hal ini bertujuan agar anak merasa usaha mereka telah diapresiasi dan dapat mengembangkan imajinasinya.

  7. Dengan video tersebut saya bisa lebih memahami strategi yang perlu dilakukan ketika anak kurang percaya diri.
    Kelemahan:
    Salah satu kelemahan yang disampaikan adalah kurangnya diversifikasi media yang digunakan dalam pembelajaran. Namun, strategi dan metode yang digunakan sudah cukup baik bagi meningkatkan percaya diri anak.
    Kelebihan:
    Kelebihan utama adalah guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak. Strategi yang baik digunakan untuk membuat anak percaya diri, seperti menggunakan teknik-teknik yang efektif dalam mengatasi anak yang kurang percaya diri.

  8. Nama : Ni Made Dinda Siska Rani
    NIM : 855796074
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Izin menanggapi video diatas
    1. Bagaimana reaksi anak terhadap proses pengembangan yang dilakukan pada video tersebut ?
    Jawab :

    1.Anak merasa terbantu ketika guru memberi saran dan memotivasi anak agar percaya diri

    2. Kelemahan dalam kegiatan pengembangan dalam video tersebut
    Jawab :
    Anak tidak percaya diri saat diberi kebebasan untuk menggambar karena kebingungan tidak tahu akan menggambar apa sehingga perlu srtategi agar anak mampu percaya diri.

    3. Kelebihan dalam kegiatan pengembangan tersebut
    Jawab :
    Banyak menerapkan strategi agar memudahkan anak untuk berimajinasi saat kegiatan menggambar, strategi tersebut bisa menjadi referensi kepada guru lain ketika menemui anak yang sulit berimajinasi dan anak tidak percaya diri.

    4. Hal unik yang ditemui dalam kegiatan pembelajaran tersebut
    Jawab :

    Anak asyik mencoret-coret kertas.

    5. Hal yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan tersebut
    Jawab :
    Ketika menemui anak yang sulit berimajinasi saat menggambar dan anak tidak percaya diri sebagai guru harus memilih pembelajaran yang menarik dan memiliki strategi pembelajaran yang dapat membangun kepercayaan diri dan imajinasi pada anak.

    Demikian tanggapan saya pada video di atas . Terima kasih

  9. Nama :Dolvin W.Pokiro
    Nim :859695189
    UPBJJ :PALU
    Dalam video ini seoarang guru taman kanak-kanak sedang menangani anak yang todak percaya diri atas hasil belajarnya.pada anak usiah dini masalah kepercayaan diri kerap muncul,anak yang tidak percaya diri cenderung tidak kreatif kondisi ini tentunya perlu diperbaiki menggingat anak usiah dini adalah periode penting untuk penanaman rasa percaya diri.
    ada beberapa cara untuk men7mbuhkan rasa percaya diri pada anak usiah dini.
    1.guru mendekati anak bertanya kepada anak jika masi ragu atas tugas yang diberikan
    2guru memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai meskipun tidak sesuai dengan tema saat itu
    3.guru memotivasi kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk menggambar sesuatu yang paling disukai anak
    4.guru mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak..Demikian tanggapan saya tentang video diatas terima kasih

  10. Nama : Santri Hayani
    Nim. : 855898177
    Upbjj. : Banda Aceh

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Izin mengomentari tentang Vidio ” Anak Tidak Percaya Diri ”

    Di sekolah-sekolah terutama TK sering kita Temui anak yang pemalu atau kurang percaya diri tentang apa yang dia lakukan , di vidio ini mengajarkan kita bagaimana cara mengasah kemauan anak supaya anak percaya diri dan mau mengemukakan pendapat atau idenya.

    Menurut saya cara guru di vidio tersebut sangat-sangat perlu di tetapkan di sekolah TK.
    Di sini gurunya
    1.memegang tangan anak dan membantu menulis
    2.Membiarkan anak menggambar sesuka hati atau menggambar apa yang paling disukai anak walau diluar tema. Hal ini sangat baik buat anak tidak bosan
    3.guru nya selalu memotivasi anak , walau Gambar nya cuma garis- garis namun ketika guru menanya anak menggambar apa , anak bilang dia gambar ikan .wau bagus sekali gambarnya nak,Anak akan senang dan besok akan lebih percaya diri mengemukakan idenya .

    Vidio ini sangat bermanfaat untuk saya,,Terimakasih

Leave a Reply