silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Setelah saya tonton video yang di atas, anak yang takut tidak bisa berpisah dengan orang tua, jadi solusi guru, guru berbagi cara agar anak tersebut bisa beradaptasi dengan teman teman sebayanya, dan guru selalu memberikan perhatian khusus kepada anak tersebut, sehingga anak tersebut makin lama bisa bersosialisasi dgn teman teman nya.

  2. Melalui video ini, banyak hal yang dapat dipelajari oleh saya sebagai pendidik dalam meningkatkan kepercayaan diri anak tersebut. Seorang pendidik harus banyak ide, dan memotivasi anak didik agar anak tersebut merasa dia mampu melakukan apa yang diperintahkan gurunya. Trimakasih

  3. Nama : Ayu Melani Kartika
    Nim : 856855772
    Judul video : Anak tidak Percaya Diri

    setelah saya menyimak vidio di atas,dapat saya lihat usaha dari seorang guru anak usia dini ketika ia di hadapkan dengan kondisi anak yg tidak percaya diri. Pada saat seperti ini pendekatan seorang guru kepada anak didiknya sangat di perlukan. Selain itu, kreativitas guru harus berjalan seiringan dengan langkah langkah yg perlu dilakukan agar bisa menumbuhkan rasa percaya diri sang anak seperti dengan cara melatih percaya dirinya dengan bersosialisasi dan bermain bersama teman temannya. Selain itu dengan memotivasi anak serta memberinya pujian atau reward anak akan merasa lebih baik dan mulai mengembangkan rasa percaya dirinya. Guru harus senantiasa mendampingi dan meyakinkan bahwa tugas atau sesuatu yg akan anak lakukan pasti akan berhasil.

    Hal hal yg perlu dilakukan saat menghadapi anak didik yg kurang percaya diri menurut saya bisa dilakukan dengan beberapa cara di antaranya :
    1. Menjauhkan anak dari omongan negatif atau ejekan dari teman
    2. Jangan pernah bandingkan hasil dari setiap anak.
    3. Terus ajak anak untuk bersosialisasi bersama teman
    4. Sabar dan terus dampingi anak untuk mengasah keterampilannya.

    sekian terimakasih 🙏

  4. Nama : Ayu Melani Kartika
    Nim :856855772
    Judul Vidio : Anak tidak percaya diri

    setelah saya amati video di atas, ada banyak cara yang dapat dilakukan seorang pendidik anak usia dini saat menghadapi anak didiknya yang kurang percaya diri. video tersebut sangat membantu karena banyak hal yang dapat dicontoh atau dilaksanakan saat bertemu dengan anak didik yang cenderung malu atau tidak percaya pada dirinya sendiri. teknik yang dilakukan pendidik dalam video tersebut menurut saya sudah sangat tepat. selain teknik di atas ada beberapa cara yang dapat dilakukan seorang pendidik di lembaganya masing-masing antara lain: memberi dukungan kasih sayang dan dorongan pada peserta didik yang kurang percaya diri saat melakukan tugasnya. selain itu kita sebagai pendidik harus memberi kesempatan kepada anak agar ia mencoba hal baru dan mengajarkan kepada anak untuk mengambil keputusan serta tanggung jawab. hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan membandingkan hasil dari masing-masing anak agar mereka tidak merasa down serta dampingi anak untuk mengasah keterampilan dan bakatnya masing-masing.

  5. Nama : Yonis patrisiya ningrum
    Nim : 858872402
    POKJAR : Karangploso
    UPBJJ : Malang
    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dikakukan guru tersebut adalah anak-anak merasa bahagia karena guru telah memberikan kesempatan dan kebebasan untuk mengekspresikan diri melalui gambar.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ? guru seharusnya tidak mengintervensi secara fisik dengan cara langsung memegang tangan anak, guru seharusnya hanya memberikan motivasi terlebih dahulu, serta meminta ijin kepada anak apakah mau di tolong untuk menggambar atau tidak, menggunakan media yang terbatas yaitu krayon.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? guru sudah melakukan komunikasi dua arah dengan anak dengan bertanya kepada anak secara langsung, dan memberikan saran secara langsung.
    4. Hal unik apa ditemuakan saat melakukan pembelajaran? anak-anak di ajak menggambar di luar ruang kelas sehingga anak-anak mampu menggambar sesuai dengan imajinasinya dan mampu membedakan benda hidup dan tak hidup.
    5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    a. Penggunaan media yang bervariatif seperti pensil warna, spidol, bahan alam (kunyit, arang)
    b. Memberikan motivasi dengan pertanyaan terbuka.

  6. Nama : Anita Friska Manullang
    NIM : 878268966
    UPBJJ Medan
    Judul Video : Anak tidak percaya diri

    Dalam tahap usia dini, anak-anak sedang belajar mengenal dan mengelola perasaannya, serta membangun kepercayaan diri. Ketika anak merasa tidak percaya diri terhadap hasil belajarnya, guru hadir dan memberikan dukungan emosional dengan cara yang lembut dan memotivasi. Ini membantu anak merasa diterima, dimengerti, dan didukung.

    Beberapa hal yang dilakukan guru dalam video tersebut juga sangat bermanfaat untuk pengembangan sosial emosional, seperti:
    1. Memberikan motivasi dan penguatan: Ini membantu anak merasa dihargai, meningkatkan rasa percaya diri, dan membuat anak mau mencoba lagi.
    2. Memberikan pilihan aktivitas: Ini mengajarkan anak untuk mengambil keputusan dan merasa memiliki kendali atas proses belajarnya, yang penting untuk kemandirian emosional.
    3. Mengarahkan tanpa memaksa: Guru memberikan saran, bukan perintah, sehingga anak merasa dihormati dan nyaman untuk bereksplorasi.

    Dengan pendekatan seperti ini, anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri, mampu mengekspresikan diri, serta memiliki hubungan sosial yang baik dengan lingkungan sekitarnya.

  7. Nama: Baiti Jumiyarti
    Nim: 859152745

    Setelah saya melihat video pembelajaran di atas Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak. Strategi yang dilakukan oleh guru tersebut sangat membantu menstimulasi perkembangan anak untuk lebih percaya diri menunjukkan hasil karyanya.

  8. Saliesa Eka Fatmalya Ayu
    877317923
    Melalui video yang sudah saya lihat, apa yang guru lakukan dalam video tersebut guru menunjukkan sikap yang dapat membuat anak merasa nyaman dengan memberikan motivasi dan pendekatan terhadap anak-anak, dengan hal tersebut akan menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam mengembangkan kreativitasnya. Selain itu, guru juga mencari suasana belajar yang baru dengan mengajak anak menggambar di luar, hal tersebut dapat menghindarkan suasana belajar yang sering kali membuat anak bosan berada di dalam kelas. Tidak kalah penting juga guru menempel hasil karya anak di papan, hal yang dilakukan guru tersebut dapat menjadi apresiasi anak dan menumbuhkan rasa bangga ke dalam diri anak atas apa yang telah dikerjakannya.

  9. Melalui fidio ini sya sebagai pendidik mendapatkan bnyak ilmu tentang bagaimana kita menghadapi anak yg kurang rsa percaya diri🙏trimksih atas ilmu yg di bagikan smga mnjadi amal jariyah

  10. Nama: Siti Sahawia Liliweri
    Sekolah: RA Al-Abrar Bareng
    NIM: 859298516
    Program ini menggambarkan praktik pembelajaran yang ideal di Taman Kanak-Kanak, di mana guru menjadi pendamping yang:
    a. Sensitif terhadap kondisi emosi anak
    b. Mendorong rasa percaya diri
    c. Menyediakan pilihan aktivitas kreatif
    d. Tetap menjaga kesesuaian dengan tema pembelajaran

Leave a Reply