silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : FITRIA RAHMASARI
NIM : 858824046
Pokjar : Kab Kediri
Dari Video tersebut sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Berikut Strategi anak yang dapat guru lakukan ketika anak tidak percaya diri dengan hasil karyanya :
1. Motivasi: Memberikan dorongan dan pujian untuk meningkatkan kepercayaan diri.
2. Pertanyaan terbuka: Mendorong anak berpikir kritis dan memahami materi.
3. Pilihan aktivitas: Mengembangkan kreativitas dan minat anak.
4. Saran dan bimbingan: Membantu anak mengembangkan kemampuan menggambar sesuai imajinasinya
Pendidik juga memberikan stimulasi yang tepat dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak dengan berbagai motivasi agar anak tidak perlu merasa ragu untuk hasil yang dimilikinya, memberikan saran pada anak untuk menggambar apa yang memang mereka sukai karna hal tersebut dapat memancing rasa penasaran anak mengenai apa yang mereka sukai, dan memfasilitasi anak agar dapat bereksplorasi terhadap gambar buatannya
Nama : FITRIA RAHMASARI
NIM : 858824046
Pokjar : Kab.Kediri
Judul Video : Anak Kurang Percaya Diri
Dalam video tersebut, terlihat guru sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya, guru berupaya mendekati agar anak merasa nyaman, memberikan motivasi pada kreativitas anak. mengatasi anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya memerlukan pendekatan yang empatik dan strategis. Penting untuk memahami bahwa rasa percaya diri adalah proses yang berkembang seiring waktu dan melalui pengalaman. Adapun langkah-langkah yang dapat diambil untuk membantu anak sebagai berikut :
1.Memberikan umpan balik yang konstruktif dan jujur.
2. Menjadi teladan bagi anak dengan menunjukan percaya diri dalam situasi belajar.
3. Membantu anak mengembangkan keterampilan emosional seperti pengendalian diri, komunikasi efektif.
4. Mencoba ajak anak bicara terbuka untuk mengetahui apa yang membuatnya merasa tidak percaya diri.
5. Memberikan pujian pada anak walaupun belum berhasil dalam belajar
6.Libatkan anak dalam kegiatan yang disukainya
Jadi kesimpulannya bahwa untuk mengembangkan rasa percaya diri anak perlu adanya dukungan dari orang-orang terdekat. Ketika anak berada di sekolah gurulah yang berperan penting menjadi pembimbing serta pendukung untuk mengembangkan rasa percaya diri anak.
Terimaksih
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PAUD4304)
Tutor : Ibu Siyyella Tika Nasution
Nama Mahasiswa : Nurul Rahmah
NIM : 859788891
Bersadarkan video diatas tentang mengatasi masalah perkembangan sosial emosional anak usia dini (AUD) yang tidak percaya diri menekankan pentingnya membangun motivasi dan kemandirian anak sebagai langkah awal untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Guru berperan aktif dalam video dengan memberikan dukungan positif dan menciptakan lingkungan yang aman dan aman bagi anak untuk berani berbicara dan berbuat tanpa takut salah atau dihukum.
Prinsip psikologi perkembangan anak sejalan dengan pendekatan yang digunakan dalam video Video ini memberikan stimulasi yang sesuai dengan tahap perkembangan sosial emosional anak dan mengutamakan komunikasi yang hangat dan empati. Selain itu, video menggaris bawahi pentingnya pengulangan dan konsistensi dalam pembentukan sikap percaya diri, misalnya dengan melibatkan anak secara langsung dalam kegiatan dan memberikan penghargaan untuk upaya mereka.
Selain itu, video ini memberi tahu guru bahwa rasa percaya diri anak tidak dapat dipaksakan; sebaliknya, itu perlu dibangun secara bertahap melalui pengalaman positif dan interaksi sosial yang mendukung. Hal ini sangat penting karena anak usia dini sedang mengeksplorasi dan membentuk identitas sosial mereka.
Secara keseluruhan, video ini memberikan gambaran praktis dan edukatif yang dapat digunakan oleh pendidik untuk menangani masalah kurangnya rasa percaya diri pada anak usia dini dengan cara yang berbasis pengalaman nyata di lingkungan pembelajaran.
video pembelajaran diatas sangat bermanfaat dan akan saya terapkan di lembaga saya.
Sekian dan terima kasih.
Nama : Husnun Hamidah
NIM : 858848758
Dalam video tersebut guru memberikan saran serta motivasi agar anak percaya diri terhadap karyanya sendiri. Guru juga memberikan kesempatan untuk anak mengeksplorasi hasil gambarnya. Anak-anak juga diajak menggambar di luar kelas agar anak lebih mengasah kemampuannya.
Assalamualaikum
Nama : Dwi Indah Cahyati
Nim : 859788662
Judul vidio : Anak tidak percaya diri
Didalam vidio tersebut tindakan seorang guru dalam menangani anak yang kurang memiliki kepercayaan diri sangat amat membantu anak tersebut karena guru memberikan motivasi agar si anak bisa dengan percaya diri melakukan berbagai macam kegiatan yang ada di kelas. Dan kita sebagai seorang guru juga bisa banyak belajar terkait vidio ini bagaimana cara penanganan dalam memahami karakter anak di sekolah dengan baik
Sekian dan terimakasih🙏
Nama : Alda Nadillah
Nim: 857473259
Judul GPO: Anak tidak percaya diri
Menurut pendapat saya video tersebut cukup baik , pada video tersebut guru telah memberi stimulus serta menumbuhkan rasa percaya antara guru dan murid , akan lebih baik jika guru juga memotivasi murid untuk mencoba menggambar hal yang ia sukai sehingga anak lebih percaya diri, guru cukup mendampingi anak untuk memberikan sedikit saran apabila diperlukan anak,guru juga bisa bertanya tentang perasaan anak , apakah mereka enjoy dalam kegiatan tersebut atau ada yang perlu diperbaiki dalam suasana belajar menggambar tersebut sehingga anak menjadi lebih percaya diri.
Yuyun ramita
Nim: 856858366
Judul video gpo:
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut mengenai atas cara bagaimana mengatasi anak yang tidak percaya diri menurut saya video ini sangat efektif dan sangat bagus untuk menjadi pedoman dan menambah wawasan saya sebagai seorang pendidik anak usia dini karena di dalam video tersebut menjelaskan bagaimana dan apa saja yang dapat mengembangkan rasa percaya diri anak usia dini karena mengembangkan rasa percaya diri anak usia dini menjadi salah satu problem saya selama mengajar tetapi setelah menonton video ini saya akan menerapkan dan akan mencoba dengan apa yang guru atau seorang pendidik di dalam video tersebut mencoba untuk mengembangkan rasa percaya diri anak usia dini dengan cara memberikan arahan dan stimulasi yang tepat dalam menumbuhkan rasa percaya diri guru memberikan berbagai motivasi agar anak tidak merasa ragu untuk hasil yang ia miliki di mana di video tersebut terlihat seorang guru memberikan arahan dan saran kepada anak untuk menggambar apa yang memang mereka sukai dan apa yang memang mereka sering melihat dan ia sangat menyukainya karena hal tersebut dapat merangsang dan memancing rasa penasaran anak mengenai apa yang mereka sukai apa yang mereka sering lihat. Dan isi dari video tersebut dapat dijadikan acuan bagi kita sebagai seorang guru anak usia dini dalam mendukung perkembangan rasa percaya diri anak tersebut guru memulai langkah awal dengan memberikan motivasi agar anak tidak ragu mengungkapkan perasaannya melalui gambar-gambar dan coretan-coretan. Di dalam video tersebut juga guru memberikan arahan kepada anak yang belum percaya diri dan di situ saya dapat melihat bagaimana cara-cara guru untuk mengembangkan rasa percaya diri anak didiknya.
Nama : Purwanti
Nim : 856857619
Dalam video tersebut guru memberi kan motivasi agar anak percaya diri untuk karyanya sendiri. Serta guru memberikan kesempatan untuk anak bereksplorasi dengan hasil gambar nya.
Adapun cara menumbuhkan rasa kurang percaya diri terhadap anak ,guru harus memberikan contoh sebagai berikut
1.kita sebagai guru memberi kan contoh yg baik
2.memberikan kesempatan kepada anak untuk menyelesaikannya
3.mendorong anak untuk mencoba hal baru
4.guru memberi kan pujian atau aplus supaya anak senang
5.menciptakan pembelajaran diluar sekolah
6.memberikan pembelajaran sesuai dengan usia dan kemampuannya.
Sekian dan terimakasih
Nama : EGIDYA SAFITRI
NIM : 856853682
Pada video pembelajaran diatas guru menuangkan beberapa ide untuk membuat anak menjadi percaya diri, yaa saya setuju dan saya suka dengan cara guru tersebut menurut saya cara itu bisa membuat anak jadi percaya diri, senang, dan tidak bosan saat belajar. pembelajaran tersebut benar-benar fokus kepada anak bukan kepada ibu guru.
Nama : Mila Armista Jamilatin
NIM : 877957492
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Lamongan
Terimakasih karna video ini banyak memberikan informasi dalam mendidik anak yang tidak percaya diri. Dalam video dijelaskan secara jelas apa saja yang dapat mengembangkan rasa percaya diri anak usia dini. Salah satunya yaitu kita seorang guru sebagai orang terdekat anak di sekolahan sebagai orang tua kedua bagi anak juga mempunyai peran penting dalam memupuk rasa percaya diri pada anak.