silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,627 Comments

  1. Nama : KARYUMI
    Nim : 858194954

    Dengan video di atas tentang anak yang kurang percaya diri dalam belajarnya guru harus selalu mendampingi anak dan mengarahkan dan memberi motifasi anak.Guru juga memberikan kebebasan belajar apa yang lebih di sukai anak dan memberikan suasana baru mungkin kita ajak keluar kelas biar anak bisa berimajinasi sendiri.

  2. Nama: Miya Yunita
    NIM: 857725981
    Makul: Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional

    Seri: Pengenmbangan Sosial Emosional PAUD
    Judul: Anak Tidak Percaya Diri

    Dalam video tersebut guru terlihat memberikan stimulasi Kepada anak yang Kurang Percaya diri terkait tugas yang diberikan, guru melakukan pendekatan sehingga membuat nyaman anak. Guru terlihat mencoba mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat dan memotivasi bahwa setiap anak Pasti biasa.
    Hal ini dapat kita jadikan teladan jika menemui anak yang Kurang Percaya diri dilembaga kita.
    Terimakasih

  3. Nama: Alivia Agda
    NIM: 877556768
    UPBJJ: Padang
    Anak tidak percaya diri
    Mata Kuliah: Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Menurut pendapat saya, Dalam video tersebut guru telah bagaimana cara supaya anak tersebut percaya diri yang ada di gambar tersebut
    Maka seorang guru ketika seorang anak tidak percaya diri maka guru tersebut memberi motivasi supaya anak tersebut tidak canggung dengan dirinya sendiri dan pede pada gambar yang telah dibuatnya, ketika anak tersebut tidak bisa menggambar maka tugas seorang guru adalah menolongnya supaya anak tersebut bisa menggambar dengan sendirinya

  4. Nama: Alivia Agda
    NIM: 877556768
    UPBJJ: Padang
    Mata Kuliah: Pemantapan Kemampuan mengajar
    Anak tidak percaya diri
    Menurut pendapat saya, Dalam video tersebut guru telah bagaimana cara supaya anak tersebut percaya diri yang ada di gambar tersebut
    Maka seorang guru ketika seorang anak tidak percaya diri maka guru tersebut memberi motivasi supaya anak tersebut tidak canggung dengan dirinya sendiri dan pede pada gambar yang telah dibuatnya, ketika anak tersebut tidak bisa menggambar maka tugas seorang guru adalah menolongnya supaya anak tersebut bisa menggambar dengan sendirinya

  5. Nama: Soffi Nur Roudhoh NIM: 867765835, video : anak tidak percaya diri. Setelah menyaksikan video tersebut, tampak bahwa anak usia dini masih dalam tahap perkembangan motorik halus. Sehingga mereka masih belajar untuk memegang benda-benda dengan baik seperti krayon untuk menggambar. Hal ini menghasilkan gambar atau pewarnaan yang masih belum rapi. Sehingga muncul rasa tidak percaya diri dan kecewa pada anak karena melihat hasil gambar maupun mewarnai mereka yang belum bagus. Pada saat seperti ini peran guru sangat dibutuhkan dalam memotivasi anak untuk tidak berputus asa, memberi semangat dan pujian pada hasil karya nya. Selain memberi semangat guru juga sudah tampak memberi pendekatan dan memngajak anak untuk belajar di luar ruangan agar imajinasi anak dapat muncul dan anak bisa menggambar sesuai dengan yang ia sukai.

  6. Nama : ARDILLA
    Judul : Anak tidak percaya diri

    Menurut saya sebagai guru di TK, video nya sangat menginspirasi saya untuk menerapkan hal tersebut jika hal itu terjadi di anak didik saya nantinya..video nya memiliki dorongan dan semangat untuk belajar dan belajar lagi hal hal baru tentang anak usia dini.

  7. Nama : Chumairoh
    NIM : 858754147
    Matkul : Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional PAUD4501.51

    Seri : Pengembangan Sosial Emosional PAUD
    Judul : Anak Tidak Percaya Diri

    Dalam video tersebut menunjukkan seorang anak yang tidak percaya diri akan kemampuan belajar yang ia miliki. Terlihat seorang guru telah melakukan tindakan yang tepat dengan cara mendekati anak tersebut dan menanyakan tentang permasalahan yang dihadapi dan menawarkan bantuan. Guru tersebut sedang menciptakan suasana belajar yang nyaman antara guru dan siswa. Guru tersebut juga memberikan saran kepada murid untuk membuat gambar yang ia sukai yang berhubungan dengan tema pembelajaran saat itu. Hal tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri anak akan kemampuan belajarnya. Anak yang memiliki kepercayaan diri rendah memang perlu dorongan dan motivasi agar ia berani melangkah maju dan mengeksplorasi kemampuannya.

  8. Nama : Nuria Errin Karlina Sari
    Nim : 858533207
    Makul : Pemantapan Kemampuan Belajar

    Seri : Pengembangan Sosial Emosional PAUD 1
    Judul : Anak Tidak Percaya Diri

    Menurut saya metode yang digunakan dalam video untuk mengatasi anak yang kurang percaya diri sudah sangat tepat, yaitu dengan melakukan pendekatan terhadap anak dengan cara memotivasi anak dimulai dari apa yang disukainya terlebih dahulu, karena dengan pendekatan hal yang disukainya, anak akan mempunyai keyakinan bahwa dia bisa. Sebagai pendidik juga harus memberi pujian atas usaha kecil yang dilakukan anak, mengajak anak terlibat dalam permainan berkelompok secara bertahap. selain itu penting juga menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua agar penguatan juga terjadi dirumah.

  9. Nama : Chumairoh
    NIM : 858754147
    Matkul : Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional PAUD4501.51

    Seri : Pengembangan Sosial Emosional PAUD
    Judul : Anak Tidak Percaya Diri

    Dalam video tersebut menunjukkan seorang anak yang tidak percaya diri akan kemampuan belajar yang ia miliki. Terlihat seorang guru telah melakukan tindakan yang tepat dengan cara mendekati anak tersebut dan menanyakan tentang permasalahan yang dihadapi dan menawarkan bantuan. Guru tersebut sedang menciptakan suasana belajar yang nyaman antara guru dan siswa. Guru tersebut juga memberikan saran kepada murid untuk membuat gambar yang ia sukai yang berhubungan dengan tema pembelajaran saat itu. Hal tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri anak akan kemampuan belajarnya. Anak yang memiliki kepercayaan diri rendah memang perlu dorongan dan motivasi agar ia berani melangkah maju dan mengeksplorasi kemampuannya.

  10. Nama : Chumairoh
    NIM : 858754147
    Matkul : Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional PAUD4501.51

    Seri : Pengembangan Sosial Emosional PAUD
    Judul : Anak Tidak Percaya Diri

    Dalam video tersebut menunjukkan seorang anak yang tidak percaya diri akan kemampuan belajar yang ia miliki. Terlihat seorang guru telah melakukan tindakan yang tepat dengan cara mendekati anak tersebut dan menanyakan tentang permasalahan yang dihadapi dan menawarkan bantuan. Guru tersebut sedang menciptakan suasana belajar yang nyaman antara guru dan siswa. Guru tersebut juga memberikan saran kepada murid untuk membuat gambar yang ia sukai yang berhubungan dengan tema pembelajaran saat itu. Hal tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri anak akan kemampuan belajarnya. Anak yang memiliki kepercayaan diri rendah memang perlu dorongan dan motivasi agar ia berani melangkah maju dan mengeksplorasi kemampuannya.

Leave a Reply