silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Nama : Nanik Tri Ismawati
NIM : 857987594
Setelah melihat vidio tentang anak tidak percaya diri, Video diatas memperlihatkan praktik pembelajaran yang sangat baik dan menyentuh hati, khususnya dalam menangani anak yang mengalami kesulitan percaya diri terhadap hasil belajarnya. Pendekatan guru yang sabar, empatik, dan suportif patut diapresiasi, karena sangat sesuai dengan prinsip pembelajaran di PAUD yang berpusat pada anak dan menghargai perbedaan setiap individu. Semoga saya dapat menerapkan strategi-strategi yang ada tersebut di tempat saya mengajar.
Nama : Rila
nim :
Nama : Lusiana Munthe
Nim : 877525122
UPBJJ : Medan
Menurut saya kegaiatan kegiatan yang dilakukan atau ditetapkan sangat bermanfaat untuk dilakukan ,dan melalui vidio tersebut juga saya banyak belajar tentang tindakan apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi kendala pembelajaran yang diakibatkan oleh anak anak yang tidak percaya diri terhapad dirinya sndiri
Nama : Rila
Nim : 856472523
Upbjj : 16 Pekanbaru
Izin menanggapi …..Setelah saya amati dan cermati didalam vidio ini anak tidak percaya diri memang ada disetiap lembaga paud, guru yang ada dalam vidio tersebut sangat telaten menangani anak yang tidak percaya diri, dengan hasil belajarnya. Masalah tidak percaya diri kerap muncul pada diri anak paud, sehingga anak tersebut tidak begitu kreatif dalam setiap kegaiatan. didalam vidio diatas guru dengan sabar memberikan contoh kepada anak didiknya, mendorong semangat dan memberikan motivasi yang baik, menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.
vidio ”Dra, Siti Aisyah, M.Pd” sangat bermanfaat bagi kami seorang pendidik, karena peranan guru sangat penting dan utama dalam kegiatan belajar anak didik disekolah.
Komentar
Nama : Zulfa Nafisah
Nim : 856593515
Dalam video tersebut cara yang dilakukan seorang pendidik terhadap anak muridnya yang tidak percaya diri terhadap karyanya sendiri atau hasil kerja kerasnya sendiri. Guru tersebut mendekatinya dengan cara yang sabar, penuh rasa empati, memberikan motivasi secara halus, dan membiarkan kegiatan yang disukainya, namun tetap relevan dengan materi pembelajaran. Pendekatan ini membantu anak merasa lebih nyama dan termotivasi. penting untuk memberikan dukungan dan solusi. Anak yang tidak percaya diri mungkin mengalami kesulitan dalam meraih potensi penuhnya. Video ini bisa menjadi pemicu untuk membahas pentingnya kepercayaan diri, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi, dan memberikan saran praktis bagi orang tua dan anak untuk meningkatkan kepercayaan diri.
Dan saya sebagai seorang pendidik mendapat pelajaran penting bagaimana cara-cara yang dilakukan agar anak bisa mempunyai kepercayaan terhadap dirinya sendiri
Nama : Aulia Ramadhaniyanti
Nim: 858317788
UPBJJ : Banjarmasin
Setelah menonton video “aku tidak percya diri”
Cterdapat beberapa cara Mengatasi Anak yang Tidak Percaya Diri yag harus dilakukan guru yaitu
– Ciptakan Suasana Aman dan Mendukung
– Berikan Pujian yang Spesifik dan Tulus
– Libatkan Anak dalam Aktivitas yang Disuksi
– Latih Kemampuan Sosial Secara Bertahap
– Guru Menjadi Contoh Positif (Tunjukkan sikap percaya diri saat berbicara di depan anak)
– Gunakan kata-kata yang membangun seperti “Tidak apa-apa kalau salah, yang penting berani mencoba.”
– Ajak Orang Tua Terlibat (misalnya komunikasikan perkembangan anak dengan orang tua)
– Berikan saran kegiatan di rumah yang mendukung rasa percaya diri, misalnya membacakan cerita dan mengajak anak bercerita ulang.
Membangun rasa percaya diri anak terutama di PAUD adalah proses bertahap yang membutuhkan kesabaran, pendekatan hangat, dan dukungan dari guru serta orang tua. Memberikan ruang bagi anak untuk berekspresi, memotivasi dengan pujian yang tepat, serta melibatkan anak dalam aktivitas yang disukai sangat efektif untuk menumbuhkan kepercayaan diri mereka.
Nama : Annisa Sri lestari
Nim : 857466181
Mata Kuliah : Metode Pengembangan Sosial Emosional
Nama Tuor : Nur Dini Fauziah, S.Pd., M.Pd
Assalamualaikum wr.wb
Ijin menanggapi
Menurut saya pada video tersebut kepercayaan diri anak sangatlah penting. Karena rasa percaya diri pada anak adalah keyakinan bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu. Percaya diri juga penting untuk membantu anak belajar dan berkembang dengan baik. Untuk membangun rasa percaya diri anak juga guru perlu melakukan pendekatan dengan anak supaya anak bisa nyaman dan aman dalam kegiatan belajar atau melakukan sesuatu. Guru juga sebaiknya bisa menjadi teman yang baik buat anak supaya anak bisa lebih dekat dengan kita dan kita juga bisa mengarahkan anak bersosialiasasi dengan teman lainnya.
Terimakasih
Wassalamu’alaikum wr.wb
Nama : Aulia Ramadhaniyanti
Nim : 858317788
UPBJJ : Banjarmasin
Setelah menonton video “anak tidak percaya diri ”
Terdapat cara Mengatasi Anak yang Tidak Percaya Diri
– Ciptakan Suasana Aman dan Mendukung
– Berikan Pujian yang Spesifik dan Tulus
– Libatkan Anak dalam Aktivitas yang Disukai
– Latih Kemampuan Sosial Secara Bertahap
– Guru Menjadi Contoh Positif (tunjukkan sikap percaya diri saat berbicara di depan anak.)
– Gunakan kata-kata yang membangun seperti “Tidak apa-apa kalau salah, yang penting berani mencoba.”
– Ajak Orang Tua Terlibat (Komunikasikan perkembangan anak dengan orang tua)
Berikan saran kegiatan di rumah yang mendukung rasa percaya diri, misalnya membacakan cerita dan mengajak anak bercerita ulang.
Membangun rasa percaya diri anak terutama di PAUD adalah proses bertahap yang membutuhkan kesabaran, pendekatan hangat, dan dukungan dari guru serta orang tua. Memberikan ruang bagi anak untuk berekspresi, memotivasi dengan pujian yang tepat, serta melibatkan anak dalam aktivitas yang disukai sangat efektif untuk menumbuhkan kepercayaan diri mereka.
Mengatasi anak yang tidak percaya diri di kelas perlu pendekatan yang lembut, konsisten, dan membangun rasa aman.
Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan, apalagi kalau bekerja di bidang PAUD:
*Memberikan pujian atas usaha yang dilakukannya.
*Mendorongnya untuk mencoba hal baru.
*Membantu anak menemukan minat dan bakatnya.
*Membantu anak membuat tujuan
*Mengajarkannya cara menyelesaikan masalah
*Memberikan kesempatan anak untuk mengambil keputusan sendiri
Mengajarkannya disiplin dan tanggung jawab
*Memberikan apresiasi atas setiap kegiatan positif yang dilakukannya
*Mengajarkannya bahwa yang terpenting dari sebuah kesalahan adalah proses evaluasinya.
Sekian dan terimakasih 🙏
Nama: Sri lestari
Nim : 857992303
Setelah saya meliat vidio yang berjudul “anak tidak percaya diri ”
Dari vidio ini saya bisa belajar bagai mana cara menanggulangi anak yang kurang jadi kurang percaya diri ,karena kurang percaya diri akan sulit mengikuti kegiatan.di vidio ini ada beberapa cara antara lain dengan cara ,menciptakan rasa aman pada anak,beri pujian pada anak yang spesifik dan tulus,melibatkan anak dalam kegiatan,latihan kemampuan sosial,motivasi anak jadi contoh yang baik untuk anak,libatkan orang tua.Terimakasih vidio ini sangat bermanfaat