silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

3,626 Comments

  1. Nama : Alisawati
    Nim. :818198296
    Pokjar : Sindang – Indramayu
    Assalamualaikum…
    ijin menanggapi dalam video ini guru
    Dapat memberikan motivasi ke anak Didik yang belum percaya diri dalam hal menggambar
    Atau dengan cara memberikan kebebasan untuk menggambar sesuai imajinasi anak

  2. Nama : Alisawati
    Nim : 818198296
    Pokjar Sindang – Indramayu
    Dengan adanya video ini saya akan belajar lagi untuk mengatasi anak kurang percaya diri dalam hal menggambar

  3. Nama : Rahayu Indriani Khasanah
    NIM 857992177

    Ijin menanggapi video tersebut, menyarankan agar media pembelajaran lebih diperkaya dan di akhir pembelajaran diberikan evaluasi, misalnya dengan memberi kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuat. Hal ini penting untuk semakin menumbuhkan rasa percaya diri anak melalui apresiasi dan refleksi atas proses belajar yang telah dijalani. Tetapi video ini sangat inspiratif dan layak menjadi contoh bagi pendidik PAUD maupun orang tua. Pendekatan yang digunakan guru sangat child-friendly, penuh empati, dan efektif untuk membangun kepercayaan diri anak usia dini. Strategi yang ditampilkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif, inklusif, dan ramah anak, serta membantu anak mengembangkan potensi dan kreativitasnya secara optimal. Terimakasih

  4. nama : novi lailatul zanah
    nim : 858827177

    vidio ini sangat bermanfaat karena memberikan pemahaman tentang pentingnya membangun rasa percaya diri pada anak usia dini . saya menyadari bahwa lingkungan yang suportif , komunikasi positif , serta memberikan kesempatan anak untuk mencoba sendiri sangat berperan dalam meningkatkan rasa percaya dirinya. materi ini sangat relevan dengan kondisi di lapangan dan bisa langsung di terapkan dalam kegiatan pembelajaran sehar-hari

  5. Nama : IFLAHA ZULIA RAHAYU
    NIM : 858169294

    Video ini sangat inspiratif untuk guru dan orangtua yang ingin menumbuhkan sikap percaya diri terhadap anak, banyak sekali hal- hal yang perlu diperhatikan dalam membangkitkan sikap percaya diri pada anak, seperti di video tersebut cara memotivasi anak agar mau menggambar apa yang mereka sukai, meskipun itu diluar tema, guru memberikan anak motivasi untuk mau menceritakan hasil karyanya, Pendekatan yang digunakan guru sangat ramah kepada anak dan efektif untuk membangun sikap percaya diri pada anak.

  6. Nama: Amalia Purwanty
    NIM: 858193762

    Terkait tentang rasa tidak percaya diri pada anak sangat relevan dalam konteks pendidikan anak usia dini. Saya setuju bahwa masalah kepercayaan diri sering muncul dan perlu ditangani dengan tepat karena periode ini penting untuk penanaman self-esteem.

    Cara-cara yang digunakan juga mudah untuk diterapkan, seperti menanyakan langsung kepada anak jika mereka ragu, memberikan kebebasan menggambar sesuatu yang disukai meski tidak sesuai tema, dan memotivasi kreativitas anak.

    Aktivitas seperti coretan sederhana dari anak yang motorik halusnya belum berkembang sempurna dan menulis judul karya mereka. Ide mengajak anak menggambar di luar kelas juga sangat baik untuk mengembangkan kreativitas dan mengurangi kebosanan.

  7. Apabila anak tidak percaya diri atas hasil yang dikerjakan, guru dapat melakukan hal berikut:
    1. guru menanyakan kepada anak tentang apa yang ingin dia kerjakan
    2. Guru memberikan saran dengan apa yang anak sukai.
    3. Guru memotivasi anak agar melakukan apa yang paling di sukai anak
    4. Guru mengeksplorasi anak terkait gambar yang dilakukan anak
    Lakukan pendekatan pada anak yang memiliki permasalahan, bebaskan anak dalam berkreasi sesuai dengan apa yang anak inginkan.

  8. Nama: Khabibatul Muniroh
    NIM: 857819604

    Kepercayaan adalah mslah yg sangat urgent dan perlu untuk segera dibangun. Masa AUD adalah masa yg penting untuk menanamkan rasa percaya diri, dan hal ini akan memberikan dampak yg sngt positif bagi anak kedepannya. Dalam mendampingi anak dan mmbangun pondasi self-esteem, perlu cara yang tepat. Saya sngat setuju untuk memberikan kebebasan kepada anak dlam mengembangkan diri mereka dan mengeksplorasi kegemaran masing2. Hal itu akan melatih kreatifitas anak. Seorang guru juga harus selalu memberikan dorongan dan motivasi kepada anak didik agar dapat berkembang dan lebih percaya diri.
    Saya telah mencoba mempraktekkan upaya penanaman kepercayaan diri anak dengan cara meminta anak menggambar sesuai imajinasi mereka, serta bercerita bebas tentang hal2 yang disukai, baik itu aktivitas sehari2, makanan kesukaan, buah kesukaan, atau cita2 mereka.

  9. Sebagai guru, penting untuk terus memberi dukungan positif, memuji usaha mereka, dan menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan, agar anak merasa dihargai dan berani mencoba. Kepercayaan diri tumbuh seiring pengalaman positif yang mereka alami setiap hari seperti:
    1. Libatkan anak dalam kegiatan kelompok kecil agar mereka merasa lebih nyaman dan mudah berinteraksi.
    2. ⁠Jadilah pendengar yang baik, tunjukkan bahwa pendapat dan perasaan anak dihargai.
    3. Hindari membandingkan anak dengan teman-temannya, karena setiap anak memiliki perkembangan yang unik.

  10. Nama : Imroathul Janah
    NIM : 877955094

    Dalam Video diatas menjelaskan tentang Anak yang tidak percaya diri atas hasil belajar yang telah dikerjakannya.
    Anak tersebut cenderung tidak kreatif, sebagai guru perlu memperbaiki hal tersebut. Diantaranya dengan berbagai teknik seperti ;
    1. Guru bertanya kepada Anak apakah masih ada keraguan atas tugas yang diberikan.
    2. Guru memberikan kelonggaran untuk Anak menggambar sesuai kesukaan.
    3. Guru memberikan motivasi kepada Anak.
    4. Guru memberikan eksplor lain kepada Anak yang menggambar kesukaannya.
    5. Guru melakukan pendekatan dan memberikan keyakinan pada anak bahwa semua anak bisa menggambar sendiri.

    Bagi Anak yang baru belajar tentunya belum bisa menggambar, tidak masalah walaupun sekedar coret mencoret. Hal tersebut Anak untuk diminta mengemukakan gambar apa yang telah mereka gambar.

    Menggambar termasuk kegiatan baik yang bisa mengembangkan daya kreastivitas Anak dan mengurangi kebosanan.

    Terimakasih 😊🙏

Leave a Reply