silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.
Dwi Astuti
–
–
Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.
Harimurti
Bedasarkan dari hasil pengamatan saya setelah menonton video anak tidak percaya diri, hal ini bisa dijadikan sebagai cara/solusi jika di kelas ada menemui anak seperti itu. Langkah/teknik yang diberikan mudah dilaksanakan /diterapkan sehingga hal tersebut memudahkan para guru untuk melaksanakannya. Dari video tersebut dapat diambil hikmah bahwa untuk menumbuhkan percaya diri anak adalah dengan memberikan motivasi, melakukan pendekatan kepada anak dan mengajak anak berkomunikasi.l
Dari video diatas dapat membantu saya dalam mengatasi anak didik saya yang kurang percaya diri, yang mana peran guru sangat penting untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri anak dengan beberapa tips yang telah dijabarkan dalam video diatas.
dalam video ini yang dapat saya ambil kesimpulan adalah tindakan guru dalam menghadapi anak yang kurang percaya diri sangatlah bagus. karena seorang guru harus tau karakter peserta didiknya satu persatu agar kita bisa mengetahui apa yang dibutuhkan anak didik kita dalam perkembangannya,yang saya lihat dalam video ini terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan oleh pendidik PAUD agar dapat menumbuh kan rasa percaya diri dan kreativitas anak yaitu :
1. menanyakan kepada anak atau siswa atas yang telah ia berikan
2. memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang peserta didik sukai
3. memotivasi peserta didik
Dari hasil tayangan di atas tentang rasa anak tidak percaya diri atas hasil kerja yang dilakukannya, maka sebagai guru harus mampu menggunakan pendekatan-pendekatan dengan teknik untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak. banyak cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan saran menggambar sesuai dengan perasan hari itu, memberikan anak motivasi bahwa ia anak yang hebat dan mampu melakukan pekerjaannya dengan baik, serta mengeksplorasi potensi anak. kurangnya rasa tidak percaya diri akan hasilnya karena anak masih dalam tahap perkembangan. maka seiringnya waktu kita memberikan pendekatan maka diharapkan akan dapat membantu anak lebih meningkat rasa percaya dirinya.
Nama : Winda Widayanti
NIM : 857342227
dari video tersebut saya mendapatkan ilmu bahwa peran guru sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya diri, anak membutuhkan saran dan motivasi dari guru. Dan yang dapat saya terapkan dilembaga saya dari video tersebut diantaranya:
1. guru meminta anak untuk menerangkan hasil coretannya
2. mengajak anak menggambar diluar kelas untuk mengembangkan daya kreatif anak dan menghindari rasa bosan pada anak
3. guru memberikan saran untuk menggambar dengan tema hari itu sesuai dengan kreativitasnnya
Nama : Setiyorini
NIM : 857826394
Dari video diatas menunjukkan peran penting guru dalam membangun rasa percaya diri anak melalui pendekatan yang empatik dan suportif. Guru tidak hanya memberi tugas, tetapi juga berperan aktif dalam mendampingi proses belajar anak, khususnya ketika anak mengalami keraguan atau ketidakpercayaan diri terhadap hasil karyanya. Melalui komunikasi yang hangat, pemberian motivasi, serta fleksibilitas dalam pilihan aktivitas, guru berhasil menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan memfasilitasi eksplorasi kreativitas anak. Hal ini sejalan dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yang mengedepankan dukungan emosional, kebebasan berekspresi, dan pemberian kesempatan untuk memilih sesuai minat anak.
cara menumbuhkan rasa percaya diri atau kreativitas pada anak adalah
1. Guru dapat menanyakan kepada anak jika ragu atas tugas yang diberikan guru dan dapat memberi saran
2. Guru memberikan motivasi kreativitas kepada anak
3. Guru mengeksplorasi potensi anak
Nama : Setiyorini
NIM : 857826394
Dari video diatas menggambarkan peran guru Taman Kanak-Kanak dalam membantu anak yang merasa tidak yakin terhadap hasil belajarnya, melalui pendekatan yang penuh empati dan dukungan. Guru memberikan dorongan positif, mengajak anak untuk mencoba kembali, menggali kesulitan yang dialami, serta menawarkan pilihan kegiatan lain yang masih berkaitan dengan tema pembelajaran. Selain itu, guru juga menganjurkan anak untuk menggambar hal-hal yang disukainya guna meningkatkan rasa percaya diri dan mengembangkan kreativitasnya.
Video yang ditayangkan sangat menarik dan dapat menjadi sumber inspirasi atau referensi bagi guru dalam mengatasi anak yang kurang percaya diri akan hasil belajarnya. Dalam video tersebut kegiatan yang dilakukan anak adalah menggambar. Langkah-langkah yang dapat dilakukan guru dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak akan hasil balajarnya antara lain:
1. Menanyakan pada anak permasalahan yang dihadapi anak
2. Memberi saran pada anak untuk menggambar hal-hal yang disukainya meskipun tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas
3. Memotivasi kreativitas anak
4. Mengeksplorasi potensi anak
5. Melakukan pendekatan pada anak dengan meyakinkan bahwa anak pasti bisa mengerjakan tugas yang diberikan guru
6. Meminta pada anak untuk menceritakan apa yang digambarnya
7. Pada anak bermasalah guru meminta anak untuk menggambar hal-hak yang paling disukai dan dapat dilakukan anak
8. Mengajak anak melakukan kegiatan menggambar bebas di luar ruangan untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak
Dengan cara tersebut pada video guru dapat membantu anak menumbuhkan rasa percaya dirinya akan hasil bealjarnya.
Dalam video tersebut terdapat salah satu anak yang tidak percaya diri terhadap apa yang akan digambarnya, dalam upaya meningkatkan kepercayaan dirinya guru terus mendekatinya kemudian memberikan motivasi terus agar kepercayaan diri anak tersebut dapat berkembang. Apa yang telah dilakukan guru sudah benar, melakukan pendekatan dan pemberian motivasi merupakan salah satu cara mengembangkan aspek perkembangan yang mengalami hambatan.