Similar Posts
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Menurut saya dalam kegiatan menyimak seorang guru harus bisa mengondisikan kelas, bagaimana agar siswa dalam menyimak bisa berkonsentrasi penuh. Dalam hal ini seorang guru sebelumnya haruslah sudah membuat rancangan pembelajarannya, yaitu dalam hal menyimak guru sudah harus mencari bahan bacaan yang sesuai dalam artian bacaan tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, guru dalam membacakan harus dengan intonasi yang jelas. Sehingga dengan adanya rancangan pembelajaran terlebih dahulu guru bisa mengondisikan kelas dan siswa bisa fokus serta mudah dalam memahami apa yang disampaikan.
Menurut saya dalam kegiatan menyimak seorang guru harus bisa mengodisikan kelas, bagaimana agar siswa dalam menyimak bisa berkonsentrasi penuh. Dalam hal ini seorang guru sebelumnya haruslah sudah membuat rancangan pembelajarannya, yaitu dalam hal menyimak guru sudah harus mencari bahan bacaan yang sesuai dalam artian bacaan tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, serta yang perlu diperhatikan lagi guru dalam membacakan harus dengan intonasi yang jelas. Sehingga dengan adanya rancangan pembelajaran terlebih dahulu guru bisa mengondisikan kelas dan siswa bisa fokus serta mudah dalam memahami apa yang disampaikan.
NAMA: HENY OKTAVIA
NIM: 858773494
PRODI: S1-PGSD
Menurut saya dalam kegiatan menyimak seorang guru harus bisa mengodisikan kelas, bagaimana agar siswa dalam menyimak bisa berkonsentrasi penuh. Dalam hal ini seorang guru sebelumnya haruslah sudah membuat rancangan pembelajarannya, yaitu dalam hal menyimak guru sudah harus mencari bahan bacaan yang sesuai dalam artian bacaan tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, serta yang perlu diperhatikan lagi guru dalam membacakan harus dengan intonasi yang jelas. Sehingga dengan adanya rancangan pembelajaran terlebih dahulu guru bisa mengondisikan kelas dan siswa bisa fokus serta mudah dalam memahami apa yang disampaikan.
Nama : Neng Tini Sulastri
Nim : 856443941
Program Studi : S1 PGSD
Menurut saya, seorang guru harus dapat mengkondisikan siswa sebelum memulai pembelajaran agar siswa dapat berkonsentrasi selama pembelajaran berlangsung. Dalam hal ini, sebelumnya guru harus menyiapkan bahan bacaan yang menarik untuk siswa dan gunakan intonasi yang tepat saat membacakan nya. Siswa diberi tahu terlebih dahulu bahwa dalam kegiatan menyimak ini siswa diminta untuk berkonsentrasi dan mencatat hal hal penting saat guru membacakan teks bacaan agar kegiatan menyimak dapat berjalan secara efektif.
NAMA : RESTI DWI PANGESTUTI
NIM : 858773161
PRODI : S-1 PGSD
Berikut adalah hasil analisis dari video pembelajaran di atas :
• Kelemahan :
1. Guru tidak mempersiapkan media pembelajaran sebelum melakukan pembelajaran.
2. Guru membacakan berita dengan cepat sehingga isi berita menjadi tidak jelas.
• Kelebihan :
1. Guru melakukan apersepsi.
2. Guru mengungkapkan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan.
• Solusi :
Kondisi dimana siswa tidak menyimak dengan baik dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, seperti pada video tersebut guru membacakan berita dengan sangat cepat sehingga siswa kurang memperhatikan isi berita. Maka, solusinya adalah guru sebaiknya membaca dengan tidak terlalu cepat, guru juga hendaknya memberikan tekanan suara saat membacakan berita, berikan pula waktu senyap, artinya saat membacakan berita apabila dirasa siswa masih ramai, coba untuk diam sejenak. Lalu, lanjutkan cerita saat kondisi kelas sudah baik.
NAMA : IMALIA FIQHINIYAN NISA’
NIM : 858820063
PRODI : S1-PGSD
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa cara guru untuk mengawali proses pembelajaran menyimak yang pertama adalah persiapan awal mempelajari kompetensi yang akan dicapai siswa, menyiapkan media dan baru melaksanakan proses pembelajaran. Guru harus membaca dengan intonasi yang jelas dan guru memberikan penekanan kepada siswa bahwa menyimak membutuhkan konsentrasi dan perhatian. Sebelum memberikan pertanyaan kepada siswa secara lisan guru menyampaikan bahwa mereka harus menyimak dengan seksama dan siswa diminta untuk mencatat informasi penting lalu menuliskannya sehingga ketika guru bertanya siswa dapat menjawab dan siswa dapat memahami apa yang telah disampaikan.
NAMA: AHYAR RASIDI
NIM : 859164614
PRODI : S1- PGSD
Menurut saya dari video di jelaskan di atas menyimak merupakan salah satu keterampilan yang sangat di perlukan dalam semua kegiatan baik kegiatan akademik maupun kegiatan sehari-hari, terlebih dalam kegiatan pembelajaran bahasa pada saat acara formal. Penyimak yang baik apabila individu mampu menggunakan waktu ekstra untuk mengaktifkan pikiran pada saat menyimak. Ketika para siswa menyimak, perhatiannya tertuju pada objek bahan simakan. Pada saat itulah akan didapatkan proses menyimak yang efektif, menyimak yang lemah, dan menyimak yang kuat.
Nama : khabibatus sa’diyah
Nim : 858817936
Prodi : s1-pgsd
Dalam video tersebut guru tidak menerapkan kesiapan belajar siswa karena sebelum materi menyimak cerita akan dibacakan guru, masih ada siswa yang sibuk sendiri dan tidak memperhatikan rencana pembelajaran yang disampaikan oleh guru .
Guru dapat menerapkan ice breaking sebelum pembelajaran dimulai, dengan tujuan agar siswa kondusif dan siap menyimak cerita yang dibacakan oleh guru. Guru juga dapat membuat kesepakatan peraturan yang harus dilakukan siswa selama pembelajaran sedang berlangsung.
Nama : Tri Hartatik
NIM : 856456464
Prodi : S1-PGSD
Menurut video yang telah saya simak Berikut adalah hasil analisis dari video pembelajaran di atas :
• Kelemahan :
1. Guru tidak melakukan salam pembuka saat memulai pembelajaran
2. Guru tidak mengabsen siswa pada awal masuk kelas
3. Guru tidak melakukan pengulangan pembahasa materi di minggu lalu
4. Guru tidak mempersiapkan media pembelajaran sebelum melakukan pembelajaran.
5. Guru membacakan berita dengan cepat sehingga isi berita menjadi tidak jelas.
• Kelebihan :
* Guru melakukan apersepsi.
* Guru mengungkapkan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan.
• Solusi :
Dari video yang saya simak ada beberapa hal yang disebabkan siswa kurang konsentrasi dalam menyimak . Misalnya, seperti pada video tersebut guru membacakan berita dengan sangat cepat sehingga siswa kurang memperhatikan isi berita. Maka, solusinya adalah guru sebaiknya membaca dengan tidak terlalu cepat, guru juga hendaknya memberikan tekanan suara saat membacakan berita, berikan pula waktu senyap, artinya saat membacakan berita apabila dirasa siswa masih ramai, coba untuk diam sejenak. Lalu, lanjutkan cerita saat kondisi kelas sudah baik.
Nama .Nurella Hardiyanti
Nim.858430388
Tema vidio.menyimak
kegiatan menyimak pada vidio yang saya lihat ini,guru tidak mengondisikan kelas sehingga siswa tidak berkonsentrasi penuh .Untuk itu seorang guru sebelum membacakan ,kondisikankelasnya dahulu agar siswa bisa memusatkan perhatiannya ke guru sehingga apa yang guru sampaikan bisa dapat disimak dengan baik oleh siswa.