Similar Posts
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Nama : AYU SAFITRI
NIM : 855717093
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah menonton video pembelajaran di atas, Pada awal video, Guru mengawali proses pembelajaran menyimak, pada waktu menyimak guru tersebut tidak berhenti sebentar akibatnya peserta didik sulit memahami cerita yang di sampaikan guru, tidak konsentrasi dan perhatian siswa lebih asik mengobrol dengan teman-teman nya.
Seperti contoh video kedua, Seharusnya guru mengawali proses pembelajaran menyimak yaitu mulai dari persiapan awal mempelajari kompetensi yang akan dicapai siswa, lalu mempersiapkan media baru, dan barulah melaksanakan pembelajaran. dalam mengatasi kendala siswa pada waktu menyimak guru dapat berhenti sebentar sampai situasi mendukung, jangan melanjutkan membaca Ketika situasi masih ribut.
Nama : Santa Elisabet Sihotang
UPBJJ : UT Medan
Pendapat saya setelah melihat video pembelajaran “Bagaimana Cara Menyimak Efektif” diatas adalah sebagai berikut :
1.Di awal video pembelajaran,terlihat kondisi kelas yang kurang kondusif dan juga guru menyampaikan pembelajaran tanpa memperhatikan kondisi peserta didik.Selain itu guru juga membacakan cerita kepada siswa dengan tempo yang cepat,dan mengabaikan tanda baca yang ada. Siswa kurang berminat untuk menyimak cerita yang dibacakan oleg guru.
Hal ini dapat membuat peserta didik tidak dapat menyimak dan memahami materi yang disampaikan.
2. Di video ke dua ,guru tersebut terlihat telah mempersiapkan materi dengan baik dan mengkondisikan peserta didik untuk fokus menyimak. Sehingga apa yang disampaikan oleh guru dapat diterima oleh siswa dan mampu mengerti isi bacaan,sehingga dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tersebut. Juga siswa tertarik pada bacaan guru bahkan sampai membuat catatan untuk memudahkan mengingat.
Izin memberikan tanggapan bapak ibu…
Menurut saya proses pembelajaran sudah baik hanya saja masih belum efektif. dikarenakan guru tidak menjelaskan apa tujuan pembelajarannya, langkah-langkah yang akan dilaksanakan siswa dalam membuat kesimpulan cerita anak. Demikian juga dengan pada akhir proses pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dan juga refleksi terhadap pembelajaran terebut.
Nama : Yetty Permata
Nim : 878212036
UPBJJ : Palembang
Assalamualaikum Wr. Wb
Setelah saya memperhatikan video mengajar tersebut, ada beberapa hal yang kurang saat berjalannya pembelajaran, contohnya seperti tidak adanya membaca doa bersama sebelum memulai peajaran, idak adanya absensi untuk mengetahui kehadiran siswa.
Tapi ada yg menarik saat pembelajaran yaitu adanya alat peraga yaitu bakiak sehingga siswa sangat bersemangat dan aktif dalam belajar. Guru juga mengajak siswa belajar diluar sehingga siswa tidak bosan, dan respon gurunya juga baik saat menanggapi siswa bertanya.
Nama : Eva Nurlaela
NIM : 857348805
UPBJJ : BOGOR
Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Selamat siang Bapak Ibu tutor serta rekan-rekan sekalian
Setelah mengamati video mengenai pentingnya menyimak secara efektif dalam pembelajaran, terutama dalam konteks kelas. Dalam sesi pertama, guru terlihat membaca materi dengan cepat tanpa memperhatikan reaksi siswa, yang menyebabkan kebingungan dan kurangnya konsentrasi di antara mereka. Banyak siswa tidak dapat menyimak dengan baik karena kecepatan bacaan yang tinggi dan kurangnya perhatian dari guru terhadap kondisi kelas.
Sebagai perbaikan dalam pembelajaran alangkah baiknya guru melakukan
1. Mempersiapkan Kelas: Sebelum memulai pembelajaran, guru harus mengkondisikan kelas agar siswa siap dan fokus. Ini bisa dilakukan dengan teknik apersepsi yang menarik perhatian siswa
2. Variasi Metode Pembelajaran: Menggunakan metode yang bervariasi dapat membantu menarik minat siswa dan menjaga perhatian mereka selama proses pembelajaran.
3. Penggunaan Intonasi dan Penekanan: Guru perlu memperhatikan intonasi saat membacakan materi agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh sisw
4. Memberikan Kesimpulan: Di akhir sesi, penting bagi guru untuk memberikan ringkasan atau kesimpulan dari materi yang telah diajarkan untuk memperkuat pemahaman siswa
Terimakasih
Nama : Yayuti Iwa Sistri wanti
NIM : 858448985
UPBJJ : Samarinda
Setelah menonton video pembelajaran di atas, Pada awal video, Guru mengawali proses pembelajaran menyimak, tetapi guru tidak mengkondisikan peserta didik terdahulu sehingga pembelajaran dimulai dengan kondisi ruang kelas ribut, lalu tidak berdoa memulai pembelajaran dan tidak ada penyampaian tujuan pembelajaran karena langsung ke inti pembelajaran menyimak.
video kedua, guru sudah bagus mengkondisikan siswa untuk konsentrasi dan memperhatikan, tetapi kegiatan pembelajaran tidak diawali dengan doa dan tidak penyampaian tujuan pembelajaran.
Nama : Tata Apriana
NIM : 857505498
UPBJJ : Bandung
Assalamu’alaikum wr.wb
Berdasarkan pengamatan saya pada video ke 1 ( Siklus 1), guru tidak melaksanakan kegiatan awal untuk memulai pelajaran yaitu kegiatan berdoa dan mengabsen siswa. menurut saya berdoa dan mengabsen siswa dapat menaikan konsentrasi siswa sebelum kepada inti pembelajaran.
Pada siklus 1, guru tidak mempersiapkan dengan baik kompetensi yang akan dicapai oleh siswa, seperti penekanan pada bagian-bagian yang penting dan tidak memperhatikan intonasi saat menyampaikan materi kepada siswa. Dalam Kondisi kelas kurang kondusif ( Ribut ), guru tetap membacakan materi sehingga siswa yang memperhatikan materi dapat terganggu oleh siswa yang ribut.
Pada siklus 2, guru mempersiapkan kompetensi dengan baik yaitu dengan memperhatikan penekanan dan Intonasi saat menyampaikan materi, guru mengatasi kendala siswa ribut dengan cara berhenti sejenak lalu menunggu sampai kondisi mendukung. Dengan demikian siswa dapat menyimak dalam keadaan sudah siap.