Similar Posts
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Nama : Putri Rahmayani
NIM : 859775326
Pokjar : Rarowatu Utara
Pada awal pembelajaran di video 1, guru tidak melakukan kegiatan rutin seperti berdoa dan mengabsen siswa. Padahal, kegiatan ini penting untuk meningkatkan konsentrasi siswa sebelum masuk ke materi inti.
Dalam penyampaian materi di video 1, guru kurang menekankan poin-poin penting dan intonasinya datar. Selain itu, guru tetap melanjutkan membacakan materi meskipun kondisi kelas sedang tidak kondusif (ramai), sehingga mengganggu siswa yang mencoba fokus.
Di video 2, guru menunjukkan persiapan yang lebih baik dalam menyampaikan kompetensi. Beliau memberikan penekanan pada bagian penting dan menggunakan intonasi yang lebih variatif.
Guru juga mengatasi siswa yang ribut dengan cara berhenti sejenak dan menunggu hingga kelas kembali tenang. Dengan begitu, siswa dapat menyimak materi dalam kondisi yang lebih siap.
izin menanggapi video di atas
saya Winda Lusi Ramah Yeni
NIM 856305828
Pokjar UT Padang
Membaca untuk Mendapatkan Informasi (menyimak yang efektif)
Kelebihan video Materi Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
Materi yang disampaikan di dalam video sangat relevan untuk mengembangkan keterampilan literasi fungsional siswa, terutama dalam mengidentifikasi, memahami, dan mengevaluasi informasi yang terdapat dalam teks. Keunggulan utama terletak pada pendekatannya yang aplikatif, yaitu dengan menyajikan teks nonfiksi seperti artikel, iklan, atau pengumuman, yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membantu siswa untuk memahami bahwa membaca tidak hanya untuk hiburan, tetapi juga untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam konteks sosial dan akademik. Materi ini juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dalam membedakan fakta dan opini, serta mengasah kemampuan mengambil kesimpulan dari data yang tersedia.
Kekurangan dari video Materi Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
terdapat beberapa kelemahan dalam penyajian materi ini. Materi masih terlalu umum dan belum cukup membahas teknik membaca yang spesifik, seperti skimming, scanning, atau membaca intensif, yang seharusnya dapat mendukung tujuan memperoleh informasi secara efektif. Selain itu, kurangnya variasi teks bacaan juga menjadi kendala dalam memperluas pengalaman siswa dalam menghadapi berbagai jenis teks. Tidak terdapat panduan sistematis bagi guru dalam mengevaluasi pemahaman siswa terhadap isi bacaan, sehingga proses asesmen menjadi kurang optimal.
Solusi untuk video Meningkatkan Materi Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
Agar materi yang ada di video ini lebih efektif, perlu adanya penambahan strategi membaca yang disertai contoh-contoh latihan terstruktur. Misalnya, siswa dapat dilatih menggunakan teknik skimming untuk menemukan ide pokok atau scanning untuk mencari data spesifik dalam waktu singkat. Pengayaan materi dengan berbagai jenis teks seperti infografik, jadwal perjalanan, dan petunjuk penggunaan juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan membaca yang fungsional. Tak kalah penting, guru perlu diberikan rubrik penilaian yang jelas agar dapat mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam mengambil informasi dari teks secara akurat dan efisien.
demikianlah tanggapan saya terima kasih
Nama : Yayuti Iwa Sistri wanti
NIM : 858448985
UPBJJ : Samarinda
Setelah menonton video pembelajaran di atas, Pada awal video, Guru mengawali proses pembelajaran menyimak, tetapi guru tidak mengkondisikan peserta didik terdahulu sehingga pembelajaran dimulai dengan kondisi ruang kelas ribut, lalu tidak berdoa memulai pembelajaran dan tidak ada penyampaian tujuan pembelajaran karena langsung ke inti pembelajaran menyimak.
video kedua, guru sudah bagus mengkondisikan siswa untuk konsentrasi dan memperhatikan, tetapi kegiatan pembelajaran tidak diawali dengan doa dan tidak penyampaian tujuan pembelajaran.
Nama: VIVIN NUR VAUZIAH
NIm:857604563
UPBJJ: Salut Purwokerto Utara
da video pertama
-guru langsung memberikan bacaan untuk disimak siswa, alangkah baiknya diawali dengan tepuk semangat atau ice breaking lainnya agar siswa semangat dan berpusat ke guru
Nama: VIVI NUR VAUZIAH
NIM : 857604563
Pada video pertama
-Guru langsung memberikan bacaan untuk disimak kepada siswa, alangkah baiknya guru mengkondisikan kelas dulu karena di video kondisi awal pembelajaran siswa kurang kondusif, seharusnya guru mengkondisikan siswa terlebih dahulu agar suasana kondusif. Barulah pembelajaran dimulai.
-Tidak ada penyampaian tujuan pembelajaran pada video tersebut langsung ke inti pembelajaran.
-Alangkah baiknya bisa diawali dengan tepuk semangat atau ice breaking lainnya agar siswa semangat dan berpusat kepada guru.
Pada video kedua
-Guru terlihat lebih siap dan sudah bagus mengkondisikan siswa untuk memperhatikan pembelajaran. dalam penyampaian guru juga sudah memberikan penekanan pada bagian penting dan menggunakan intonasi yang lebih variatif sehingga mudah dipahami siswa.
Nama : Dinda chaerunisya
Nim : 857374209
UPBJJ : Bogor Selatan
Assalamualaikum wr wb izin menanggapi video pembelajaran tersebut :
-Menurut saya dalam video tersebut kurangnya Strategi Pembelajaran Menyimak yang Terstruktur
-guru tidak memberikan panduan yang sistematis atau langkah-langkah konkret bagi guru dalam mengajarkan keterampilan menyimak di kelas.
-guru juga dijelaskan berbagai jenis teknik menyimak seperti menyimak ekstensif, intensif, kritis, atau selektif yang sebenarnya penting untuk menunjang pemahaman siswa.
– guru tidak menyertakan cara atau alat evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dalam kegiatan menyimak
-Hanya ada satu contoh teks (berita tentang siswa yang salah naik kapal), sehingga tidak mencukupi untuk menggambarkan keanekaragaman konteks dalam kegiatan menyimak.
– Kurangnya Keterlibatan Aktif Siswa
Video bersifat informatif, namun tidak menekankan pentingnya aktivitas siswa dalam proses menyimak secara aktif dan reflektif.
Nama : Mega Garnita
NIM : 857339401
Pokjar : Salut Edukasi Mandiri Bogor Selatan
Program Studi : 118/PGSD
UPBJJ : UT Bogor
Pada awal video pembelajaran di tayangkan ada beberapa hal yang masih kurang diantaranya :
1. Guru tidak mengawali kegiatan pembelajan dengan kegiatan yang rutin seperti memberi salam, berdo’a sebelum belajar, dan menanyakan kabar para peserta didik, dan mengecek kehadiran peserta didik
2. Guru tidak menggunakan pertanyaan pemantik untuk mengawali pembahasan materi pembelajaran, padahal hal ini akan menumbuhkan rasa keingin tahuan peserta didik
3. Guru kurang bisa mengkondisikan peserta didik pada kegiatan inti pembelajaran, yang dimana guru sedang menjelaskan materi ajaran, tetapi para peserta didik sibuk dengan dunianya masing-masing.
4. Guru kurang memberikan penekanan kata pada poin-poin yang penting, membacanya pun terlalu datar tidak ada intonasi penekanan kata
Adapun dihari berikutnya :
1. Guru sudah mampu mempersiapakan materi dari sebelumnya, guru juga membaca dan mencari kata-kata yang penting untuk disampaikan kepada peserta didik dengan menggunakan penekanan
2. Guru menjelaskan terkait pentingnya dan bagaimana cara menyimak dengan baik
3. Guru juga sudah mencoba untuk menkondisikan anak-anak
Assalamualaikum Wr.Wb.
Izin berkomentar terkait video pembelajaran diatas.
Nama : Gita Istiana Sari
NIM : 859544771
Materi Membaca untuk Mendapatkan Informasi dalam video telah mendukung pengembangan literasi fungsional siswa, terutama dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi informasi dari teks nonfiksi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan aplikatif yang digunakan membantu siswa memahami bahwa membaca juga berfungsi sebagai sarana memperoleh informasi penting.
Namun, materi yang disajikan masih bersifat umum dan belum membahas teknik membaca khusus seperti skimming, scanning, atau membaca intensif. Kurangnya variasi teks bacaan dan panduan evaluasi juga menjadi kelemahan dalam proses pembelajaran dan asesmen.
Agar lebih efektif, materi perlu dilengkapi dengan strategi membaca yang jelas, latihan terstruktur, serta contoh teks beragam. Selain itu, guru sebaiknya diberikan rubrik penilaian untuk mengukur pemahaman siswa secara lebih akurat dan sistematis.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Nama Mahasiswa : Daffa Hilmi Fadli
NIM : 857394597
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran:
1. berita terlalu panjang menggunakan istilah yang belum dipahami siswa.
2. Telalu cepat membacakan beritanya.
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran:
1. menanamkan nilai-nilai seperti diam saat orang lain berbicara, menghargai pembicara, dan mendengarkan hingga tuntas.
2. melatih siswa agar fokus pada informasi lisan, memahami isi, dan menangkap inti berita.
3. berita yang dibacakan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa lebih mudah terlibat dan memahami isi berita.
4. Membangun kosa kata dan pemahaman bahasa.
Nama : Oga Dinni Putra
Nim : 856601755
Assalamualaikum wr, wb.
dari video ini reaksi : Pada video pertama, siswa tampak kurang fokus dan tidak dapat menyimak dengan baik karena kecepatan bacaan guru yang tinggi dan kurangnya perhatian terhadap kondisi kelas yang gaduh. Sebaliknya, pada video kedua, guru berhasil mengkondisikan kelas dengan baik, sehingga siswa dapat menyimak dengan fokus dan menjawab pertanyaan dengan tepat.
Hal unik : Salah satu hal unik yang ditemukan adalah penggunaan metode menyimak yang melibatkan siswa secara aktif, seperti meminta mereka untuk mencatat hal-hal penting dari cerita yang dibacakan. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.
Kelebihan : Persiapan Materi yang Baik, Guru mempersiapkan materi dengan baik dan mengkondisikan siswa untuk fokus menyimak.
Penggunaan Media Pembelajaran yang Menarik, Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi, seperti bakiak, untuk menarik perhatian siswa.
Interaksi Positif dengan Siswa, Guru memberikan penguatan dan respon yang baik terhadap pertanyaan siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Kekurangan : Kondisi Kelas yang Tidak Kondusif, Pada video pertama, guru tidak mengkondisikan kelas dengan baik, sehingga suasana kelas menjadi gaduh dan mengganggu proses pembelajaran.
Kecepatan Bacaan yang Tinggi, Guru membaca materi dengan cepat tanpa memperhatikan reaksi siswa, menyebabkan mereka kesulitan dalam menyimak dan memahami materi.
Kurangnya Kegiatan Awal, Guru tidak melakukan kegiatan rutin seperti berdoa dan mengabsen siswa sebelum memulai pembelajaran, yang penting untuk meningkatkan konsentrasi siswa.
Tindak lanjut : Mempersiapkan Kelas dengan Baik, Guru perlu mengkondisikan kelas agar siswa siap dan fokus sebelum memulai pembelajaran.
Menggunakan Metode yang Bervariasi, Penggunaan metode yang bervariasi dapat membantu menarik minat siswa dan menjaga perhatian mereka selama proses pembelajaran.
Memberikan Kesimpulan di Akhir Pembelajaran, Penting bagi guru untuk memberikan ringkasan atau kesimpulan dari materi yang telah diajarkan untuk memperkuat pemahaman siswa.
Baik demikian dari saya jika terdapat kekhilafan atau pun kesalahan mohon kira nya di maklumi dan dimaafkan. terimakasih