Similar Posts
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Nama : Putri Rahmayani
NIM : 859775326
Pokjar : Rarowatu Utara
Pada awal pembelajaran di video 1, guru tidak melakukan kegiatan rutin seperti berdoa dan mengabsen siswa. Padahal, kegiatan ini penting untuk meningkatkan konsentrasi siswa sebelum masuk ke materi inti.
Dalam penyampaian materi di video 1, guru kurang menekankan poin-poin penting dan intonasinya datar. Selain itu, guru tetap melanjutkan membacakan materi meskipun kondisi kelas sedang tidak kondusif (ramai), sehingga mengganggu siswa yang mencoba fokus.
Di video 2, guru menunjukkan persiapan yang lebih baik dalam menyampaikan kompetensi. Beliau memberikan penekanan pada bagian penting dan menggunakan intonasi yang lebih variatif.
Guru juga mengatasi siswa yang ribut dengan cara berhenti sejenak dan menunggu hingga kelas kembali tenang. Dengan begitu, siswa dapat menyimak materi dalam kondisi yang lebih siap.
izin menanggapi video di atas
saya Winda Lusi Ramah Yeni
NIM 856305828
Pokjar UT Padang
Membaca untuk Mendapatkan Informasi (menyimak yang efektif)
Kelebihan video Materi Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
Materi yang disampaikan di dalam video sangat relevan untuk mengembangkan keterampilan literasi fungsional siswa, terutama dalam mengidentifikasi, memahami, dan mengevaluasi informasi yang terdapat dalam teks. Keunggulan utama terletak pada pendekatannya yang aplikatif, yaitu dengan menyajikan teks nonfiksi seperti artikel, iklan, atau pengumuman, yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membantu siswa untuk memahami bahwa membaca tidak hanya untuk hiburan, tetapi juga untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan dalam konteks sosial dan akademik. Materi ini juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dalam membedakan fakta dan opini, serta mengasah kemampuan mengambil kesimpulan dari data yang tersedia.
Kekurangan dari video Materi Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
terdapat beberapa kelemahan dalam penyajian materi ini. Materi masih terlalu umum dan belum cukup membahas teknik membaca yang spesifik, seperti skimming, scanning, atau membaca intensif, yang seharusnya dapat mendukung tujuan memperoleh informasi secara efektif. Selain itu, kurangnya variasi teks bacaan juga menjadi kendala dalam memperluas pengalaman siswa dalam menghadapi berbagai jenis teks. Tidak terdapat panduan sistematis bagi guru dalam mengevaluasi pemahaman siswa terhadap isi bacaan, sehingga proses asesmen menjadi kurang optimal.
Solusi untuk video Meningkatkan Materi Membaca untuk Mendapatkan Informasi:
Agar materi yang ada di video ini lebih efektif, perlu adanya penambahan strategi membaca yang disertai contoh-contoh latihan terstruktur. Misalnya, siswa dapat dilatih menggunakan teknik skimming untuk menemukan ide pokok atau scanning untuk mencari data spesifik dalam waktu singkat. Pengayaan materi dengan berbagai jenis teks seperti infografik, jadwal perjalanan, dan petunjuk penggunaan juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan membaca yang fungsional. Tak kalah penting, guru perlu diberikan rubrik penilaian yang jelas agar dapat mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam mengambil informasi dari teks secara akurat dan efisien.
demikianlah tanggapan saya terima kasih
Nama : Yayuti Iwa Sistri wanti
NIM : 858448985
UPBJJ : Samarinda
Setelah menonton video pembelajaran di atas, Pada awal video, Guru mengawali proses pembelajaran menyimak, tetapi guru tidak mengkondisikan peserta didik terdahulu sehingga pembelajaran dimulai dengan kondisi ruang kelas ribut, lalu tidak berdoa memulai pembelajaran dan tidak ada penyampaian tujuan pembelajaran karena langsung ke inti pembelajaran menyimak.
video kedua, guru sudah bagus mengkondisikan siswa untuk konsentrasi dan memperhatikan, tetapi kegiatan pembelajaran tidak diawali dengan doa dan tidak penyampaian tujuan pembelajaran.