Similar Posts
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Nama: Debora Mendrofa
NIM: 857156217
Video pembelajaran “Bagaimana Menyimak yang Efektif” ini memberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya dan cara meningkatkan keterampilan menyimak. Meskipun memiliki beberapa kekurangan dalam hal visualisasi dan contoh penerapan konkret, informasi yang disampaikan tetap berharga bagi siapa saja yang ingin menjadi pendengar yang lebih baik, terutama dalam konteks pendidikan. Visualisasi dalam video cenderung statis dan didominasi oleh narasumber berbicara. Penggunaan ilustrasi, contoh situasi, atau animasi yang lebih menarik dapat meningkatkan keterlibatan penonton dan memperjelas konsep.
Nama : Etika Auliyasari
NIM : 857501627
Setelah mengamati vidio tersebut, menurut saya kesalahan yng terjadi pada vidio awal yaitu bapa guru tidak memberikan pengarahan terlebih dahulu kepada anak2 dan langsung memberikan teks berita, sedangkan kondisi di dalam kelas belum kondusif.
Namun setelah melakukan pengarahan terlebih dahulu anak2 akan lebih kondusif dalam pembelajaran dan lebih menyimak saat pembelajaran berlangsung. Semuatergantung kepada guru bagaimana seorang guru dapat mengarahkan anak didik nya supaya bisa lebih kondusif dan sistematis dalam belajar. Maka akan tercapailah gujuan pembelajaran tersebut.
Assalammualaikum
Selamat pagi, Perkenalkan nama saya Putri Soraya Nur Anissa. NIM 856085607. Izin menanggapi vídeo Guru Pintar Online mengenai Rencana Pembelajaran Menyimak Berita.
Dari vídeo tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sebagai guru kita harus menerapkan strategi yang baik untuk peserta didik agar peserta didik dapat menyerap materi yang kita sampaikan dengan baik.
Dari vídeo tersebut saya mendapatkan beberapa nilai penting diantara nya :
1. Membuat Rencana Pembelajaran yang Jelas
Guru harus membuat rencana pembelajaran yang jelas dan terstruktur untuk memastikan bahwa materi disampaikan secara efektif. Guru harus mengenal karakteristik siswa sehingga materi yang di bawakan tidak membosankan.
2. Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik
Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik, seperti video atau gambar, untuk meningkatkan fokus siswa dan membuat pembelajaran lebih menarik. Misalnya seperti vídeo di tampilkan untuk melatih fokus siswa, siswa diminta guru untuk menulis bagian berita yang di bacakan guru.
3. Melakukan Kegiatan Ice Breaking
Kegiatan ice breaking dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kesiapan siswa untuk belajar. Diawal vídeo, siswa sangat tidak berkonsentrasi dalam memperhatikan pembelajaran di kelas. Melakukan kegiatan Ice Breaking menjadi salah satu cara Membangkitkan semangat siswa.
4. Menggunakan Strategi Pembelajaran yang Inovatif
Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif, seperti menggunakan teknologi atau melakukan kegiatan proyek, untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan. Misalnya, sebagai guru kita dapat meminta siswa membawa koran dan mencari berita. Lalu, di bacakan secara bergantian untuk berdiskusi bersama teman-teman kelas. Jadi melatih daya simak siswa.
5. Mengelola Waktu yang Baik
Guru harus mengelola waktu yang baik untuk memastikan bahwa materi disampaikan secara efektif dan efisien. Berita yang terlalu panjang dan memakan waktu yang lama Membuat siswa menjadi bosan. Namun, Ketika kita bisa mengelola waktu dengan baik maka siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.