silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik
Muchtar M Noor
Memanfaatkan lingkungan untuk mengajarkan konsep pecahan yang dilakukan oleh guru sudah baik, namun akan lebih baik jika guru memerintahkan kepada murid untuk membawa buah-buahan satu atau dua hari sebelum pelajaran materi pecahan dimulai. Menggambar persegi untuk mendeskripsikan pecahan sebaiknya dilakukan setelah murid praktek memotong buah-buahan. Murid hendaknya dibawa dari konkrit ke abstrak.
Guru juga tidak harus meminta murid membawa buah-buahan pisau dari rumah. Sebagai gantinya guru bisa meminta murid membeli roti atau kue yang mudah dipotong tanpa menggunakan pisau, disekitar sekolah.
Guru perlu berusaha agar murid tertarik untuk belajar bilangan pecahan; misalnya sebelum pelajaran dimulai didahului dengan cerita-cerita yang membuat murid tertib dan menyimak semua informasi dari guru.
Drs. Tarhadi, M.Si.
- Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
- Media sudah tepat.
- Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama: Fitriana
Nim : 858071722
Setelah saya menganalisis memlalui menonton video tersebut yang bertema “belajar matematika dengan lingkungan sebagai media”
Pada awal mula pembelajaran guru sudah menjelaskan materi dengan baik. namun, anak-anak tidak dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru. Dari video tersebut saya menemukan kelebihan serta kekurangan pada video di atas.
Pertama kekurangan yaitu : pada awal kegiatan guru tidak menyapa anak-anak, tidak berdoa terlebih dahulu sebelum belajar, tidak melakukan ice breaking, ice breaking sebelum memulai pembelajaran itu menurut saya penting karena akan membuat anak bersemangat dan fokus, pada video di guru hanya menjelaskan materi menggunakan media papan tulis, sehingga membuat anak-anak merasa bosan, gaduh dan ada yang sibuk mengobrol dengan teman sebangkunya.
Sedangkan kelebihannya yakni dari guru yang sedang mengajar, misalnya kita bisa mencontoh bagaimana kita bisa menjadikan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran yang akan sangat mudah dipahami oleh peserta didik, dan mampu menjadikan minat tersendiri bagi peserta didik dalam pembelajaran.
Nama : Nur grahayul
Nim : 859762534
Menurut pendapat saya,pada awal video seorang guru mengalami kesulitan mengajarkan materi pembagian/pecahan kepada siswanya saat ia hanya menggunakan papan tulis.Lalu kemudian,guru menggunakan metode dengan lingkungan sebagai media,seperti buah-buahan untuk mengajarkan pembagian/ pecahan kepada peserta didiknya terbukti cara ini lebih efisien mampu membantu siswa dalam memahami pembagian/ pecahan dalam matematika.
Saran/ pendapat saya :
1. ) Sebaiknya pada awal pembelajaran guru lebih aktif dalam memberi motivasi kepada siswanya agar lebih bersemngat dalam mengikuti pembelajaran seperti menyanyikan lagu tentang matematika.
2.) Setiap siswa yang berhasil menjawab dengan benar. guru akan meminta siswa lain untuk memberikan applause agar siswa tersebut lebih percaya diri untuk berusaha lagi memberi jawaban yang benar kedepannya.
3.) Guru tidak harus meminta siswa membawa buah-buahan dan pisau yang menurut saya itu akan berbahaya bagi mereka.tetapi guru bisa menganti alatnya dengan menggunakan jari tangan,sapu lidi yang di potong kecil-kecil,batu kecil-kecil dan sebagainya.
4.) Sebaiknya pada akhir pembelajaran guru memberikan tugas kepada siswanya dan memberikan salam terakhir sebelum pulang ke rumah.
Nama : suci wati
NIM :859763457
Pokjar :kendari
Dari video di atas, dapat kita lihat kelemahan dari video dia atas bahawasannya kurangnya media yang konkret atau nyata agar siswa dapat jelas memahami materi yang guru bawakan dan membantu guru untuk menjelaskan materi yang ia bawah. Kemudian dapat kita lihat pulah adanya benda tajam, sebaiknya gurulahh yang menyediakan alat tersebut.
nama:leni lesmina
nim:859763339
Setelah saya menganalisis video tersebut,pembelajaran tersebut Pada awal mula pembelajaran guru sudah menjelaskan materi dengan baik. namun, anak-anak tidak dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru karena kurang perhatianya siswa terhadap pembelajaran.kekurangan pembelajaran pada vidio tersebut yaitu pada awal kegiatan guru tidak menyapa anak-anak, tidak berdoa terlebih dahulu sebelum belajar, tidak melakukan ice breaking, ice breaking sebelum memulai pembelajaran itu menurut saya penting karena akan membuat anak bersemangat dan fokus, pada video di guru hanya menjelaskan materi menggunakan media papan tulis, sehingga membuat anak-anak merasa bosan, gaduh dan ada yang sibuk mengobrol dengan teman sebangkunya.
Nama : Zushinka Damayanti
NIM : 858568477
Setelah menganalisis video tersebut, saya menemukan hal-hal sebagai berikut:
1. kelebihan
Menggunakan benda sekitar sebagai media pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
Memberikan pengetahuan kepada peserta didik mengenai pecahan.
2. Kelemahan
Pada awal kegiatan, guru kurang aktif dalam memberi motivasi dan sapaan pada peserta didik agar lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.
Pada saat siswa gaduh, guru tidak mempersiapkan peserta didik agar lebih tenang dan fokus pada pembelajaran.
Sebelum menggunakan media pembelajaran, hanya menggunakan papan tulis, peserta didik menjsdi tidsk tertarik dan mudah bosan
Guru tidak melakukan evaluasi, kesimpulan, refleksi serta penguatan terhadap peserta didik.
Dalam pembelajaran, peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran.
3. Hal unik
Menggunakan metode dengan lingkungan sebagai media yaitu, dengan menggunakan buah-buahan sebagai media pembelajaran dalam materi pecahan.
Nama : Dolvyanti
Nim : 859764513
Pokjar : Kendari
Setelah saya menganalisis vidio tersebut yang berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika, banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret atau buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik.
Nama : Listiani
Nim : 859762448
Dari video diatas pada awal pembelajaran siswa tidak memperhatikan dengan baik ada yang bercerita dan bermain tanpa memperdulikan guru yang menerangkan akan tetapi dengan menyediakan media pembelajaran siswa lebih semangat untuk belajar tetapi saran saya media yang digunakan tidak harus membawa pisau karena itu bisa berbahaya untuk siswa akan lebih baik guru menyediakan media yang lain agar lebih aman saat digunakan.
Guru seharus nya melaksanakan kegiatan awal atau pendahuluan termasuk apersepsi guna untuk mengaitkan materi pembelajaran terhadap materi yang akan di pelajari, kemudian pembelajaran seharus nya dilaksanakan berpusat pada siswa. Bukan berpusat pada guru dan metode yang di gunakan harus disesuaikan dengan materi pelajaran yaitu perkalian dan kemudian guru memberikan latihan latihan awal agar siswa lebih paham dan aktiv dalam pembelajaran
Nama : NOVITA SRI DEWI SINAGA
NIM : 877530124
UPBJJ : MEDAN
POJKAR: HUMBAHAS
Baiklah, saya akan mencoba menjawab hasil analisis dari Video yang ditampilkan di atas yang berjudul “Belajar matematika dengan lingkungan sebagai media”.
1. Reaksi siswa pada awal video adalah tidak tertarik atau berminat terhadap pembelajaran yang berlangsung, siswa sibuk dengan kegiatan masing -masing tanpa memperhatikan ibu guru yang sedang mengajar di depan kelas. akan tetapi di hari berikutnya, anak-anak sudah antusias dalam mengikuti pelajaran karena media pembelajaran yang harus digunakan dibawa sendiri oleh siswa, dan mereka terlibat aktif selama kegiatan pembelajaran.
2. Kelemahan guru pada awal video , dimana ibu guru tersebut menerangkan pelajaran tanpa lebih dahulu menjelaskan apa maksud dari pelajaran tersebut, dan langsung menugaskan anak-anak untuk mengerjakan tugas.
3. kelebihan guru dalam mengajar terlihat setelah hari berikutnya, anak-anak membawa media pembelajaran yang sebelumnya sudah disuruh oleh guru.
4. Hal-hal unik yang terjadi dikelas selama pembelajaran adalah, anak-anak membawa media pembelajaran dari rumah masing-masing dan melakukan sendiri kegiatan pembelajaran, setelah dicontohkan oleh guru tersebut.
5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan adalah, kedepannya dalam melakukan kegiatan pembelajaran, ada baiknya menjelaskan lebih dulu pelajarannya baru kemudian mempraktekkannya dan menambah media pembelajarannya.
demikian yang bisa saya sampaikan, terimakasih.
Nama : Nurjannah
NIM : 857002391
Pokjar : Way Tuba
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dalam video, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tidak diperlihatkan secara spesifik. Namun, dapat disimpulkan bahwa mereka tidak memahami apa yang disampaikan oleh guru karena kurang perhatian mereka terhadap pembelajaran. Guru tidak melakukan ice breaking, tidak berdoa sebelum belajar, dan hanya menggunakan papan tulis sebagai media, sehingga membuat anak-anak merasa bosan, gaduh, dan ada yang sibuk mengobrol dengan teman sebangkunya.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yang ditemukan dalam video adalah:
a. Guru tidak menyapa anak-anak pada awal kegiatan.
b. Guru tidak berdoa sebelum memulai pembelajaran.
c. Guru tidak melakukan ice breaking sebelum memulai pembelajaran.
d. Guru hanya menggunakan papan tulis sebagai media, sehingga membuat anak-anak merasa bosan.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yang ditemukan dalam video adalah:
Guru menggunakan metode dengan lingkungan sebagai media, seperti buah-buahan untuk mengajarkan pembagian/pecahan kepada siswa.Cara ini terbukti lebih efisien dalam membantu siswa memahami pembagian/pecahan dalam matematika.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal unik yang ditemukan dalam video adalah guru menggunakan buah-buahan sebagai media untuk mengajarkan pembagian/pecahan. Guru juga tidak meminta siswa membawa buah-buahan pisau dari rumah, sebaliknya guru meminta siswa membawa buah-buahan untuk praktek memotong buah-buahan.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
a. Guru harus menyapa anak-anak pada awal kegiatan dan melakukan ice breaking untuk membuat anak-anak bersemangat dan fokus.
b. Guru harus berdoa sebelum memulai pembelajaran untuk menciptakan suasana yang lebih religius dan santai.
c. Guru harus menggunakan berbagai media, seperti buah-buahan, untuk mengajarkan materi, sehingga siswa dapat memahami dengan lebih baik.
d. Guru harus meminta siswa membawa buah-buahan untuk praktek memotong buah-buahan, sehingga siswa dapat memahami konsep pembagian/pecahan secara lebih efektif.