silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik
Muchtar M Noor
Memanfaatkan lingkungan untuk mengajarkan konsep pecahan yang dilakukan oleh guru sudah baik, namun akan lebih baik jika guru memerintahkan kepada murid untuk membawa buah-buahan satu atau dua hari sebelum pelajaran materi pecahan dimulai. Menggambar persegi untuk mendeskripsikan pecahan sebaiknya dilakukan setelah murid praktek memotong buah-buahan. Murid hendaknya dibawa dari konkrit ke abstrak.
Guru juga tidak harus meminta murid membawa buah-buahan pisau dari rumah. Sebagai gantinya guru bisa meminta murid membeli roti atau kue yang mudah dipotong tanpa menggunakan pisau, disekitar sekolah.
Guru perlu berusaha agar murid tertarik untuk belajar bilangan pecahan; misalnya sebelum pelajaran dimulai didahului dengan cerita-cerita yang membuat murid tertib dan menyimak semua informasi dari guru.
Drs. Tarhadi, M.Si.
- Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
- Media sudah tepat.
- Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Siti nyzmah aji putri
Nim : 860197536
Prodi : PGSD semester 6
Dari analisis video pembelajaran tersebut menurut pengamatan saya sebagai berikut:
Pada awal memulai pembelajaran guru tidak menyapa dan menanakan kabar terkini siswa, masuk ke penerangan materi matematika siswa tidak kondusif dalam
belajar , ada yang masih bercanda dengan temannya , dan ada juga beberapa siswa yang tidak paham tentang penyampaian materi yang sedang disampaikan . Tapi guru sudah baik dalam menerangkan dan menjelaskan dari segi materi yang disampaikan. Agar saat pembelajaran kondusif guru harus bersikap tegas kepada siswa dan harus memikirkan agar materi yang disampaikan itu menarik perhatian siswa. Guru sudah bagus dan kreatif dalam menggunakan buah2an akan tetapi jangan memerintah siswa membawa alat / media yang tajam karena bisa membahayakan siswa dan bisa menggantinya dengan opsi yang lain dan lebih menarik.
Assalamu’alaikum, selamat malam. Nama : Nurazizah siagian, Nim : 859883153, semester : 6, program studi : PGSD pokjar: Asahan, UPBJJ : medan . 1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Jawab : hari pertama anak-anak tidak fokus, ribut dan asik bermain ketika guru tersebut menjelaskan materi pecahan, ini disebabkankan karena guru tersebut menggunakan metode ceramah saja saat mengajar yang notabennya membuat siswa menjadi bosan, hari kedua anak-anak lebih fokus dan asik belajar karena pembelajaran nya dilakukan dengan menggunakan media konkret yang membuat siswa terjun langsung untuk menemukan hasilnya. 2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran? Jawab : guru tersebut tidak melakukan kegiatan awal seperti mengecek kesiapan belajar siswa, media pembelajaran, tidak menyapa kabar siswa, bahkan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini tidak disampaikan- penggunaan pisau(senjata tajam) dapat membahayakan siswa. 3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Jawab : guru dapat melakukan pembelajaran menggunakan media konkret. Sehingga siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pelajaran. 4. Hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ? Jawab: guru tersebut berinisiatif untuk siswa yang membawa buah buahan dari rumah untuk media pembelajaran matematika pada materi pecahan. 5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Jawab : meningkatkan keaktifan siswa dengan cara melibatkan siswa dalam berdiskusi l, mencari jawaban soal menggunakan media agar siswa dapat belajar sambil bereksperimen-sebaiknya penggunaan benda konkret dapat berupa roti, daun, kertas atau buah buahan yang bisa dipotong menggunakan rol agar menghindari penggunaan benda tajam, melakukan ice Breaking agar siswa senang setelah belajar.
Assalamualaikum selamat malam : Nama : Nurazizah Siagian
Nim : 859883153
semester :6
Pokjar : Asahan
UPBJJ : Medan
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab : hari pertama anak-anak tidak fokus,ribu dan asik bermain ketika guru tersebut menjelaskan materi pecahan ,ini disebabkan karena guru tersebut menggunakan metode ceramah saja saat mengajar yang notabennya membuat siswa menjadi bosan . Hari kedua, anak anak lebih fokus dan asik belajar karena pembelajarannya dilakukan dengan menggunakan media konkret yang membuat siswa terjun langsung untuk menemukan hasilnya.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran?
Jawab : guru tersebut tidak melakukan kegiatan awal seperti mengecek kesiapan belajar siswa, media pembelajaran, tidak menyapa kabar siswa, bahkan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini tidak disampaikan dan penggunaan pisau( senjata tajam) dapat membahayakan siswa.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Jawab : guru dapat melakukan pembelajaran menggunakan media konkret. Sehingga siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pelajaran.
4. Hal hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab : guru tersebut berinisiatif untuk siswa yang membawa buah buahan daru rumah untuk media belajar matematika pada materi pecahan .
5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya .
Jawab : meningkatkan keaktifan dalam berdiskusi, mencari jawaban soal menggunakan media agar siswa dapat belajar sambil bereksperimen, sebaiknya penggunaan benda konkret dapat berupa roti, daun ,kertas dan buah buahan yang bisa dipotong menggunakan rol agar menghindari penggunaan benda tajam dan melakukan ice breaking agar siswa senang setelah belajar.
Nama : Siti Nurhafiza Utami
NIM : 856470401
Prodi : S1 PGSD semester 8
Izin menanggapi , dari video pembelajaran diatas saya menemukan beberapa kelamahan dan juga kekuatan pada proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut.
Adapun kelemahan-kelemahan yang ditemukan di dalam video adalah sebagai berikut :
1. Pada saat memulai pembelajaran guru tidak menyapa peserta didik
2. Guru tidak memberikan apersepsi pada peserta didik. padahal apersepsi akan menarik minat dan konsentrasi siswa untuk mengikuti pembelajaran.
2. Guru tidak ada menyampaikan tujuan pembelajaran. Dilakukannya tujuan pembelajaran supaya siswa dapat mengembangkan daya ingat dan pembentukan konsep.
3. Guru kurang menguasai kondisi kelas, dimana ketika guru sedang menjelaskan materi, masih banyak siswa yang sibuk dengan aktivitasnya sendiri. seperti mengobrol, bermain, dan mengganggu temannya.
4. Guru tidak melakukan tanya jawab. untuk memastikan siswa benar-benar memahami materi pelajaran
5. Guru tidak memberikan tantangan yang menarik agar siswa terpacu untuk belajar dan memahami materi
6. Guru tidak menyimpulkan materi pelajaran yang disampaikan.
7. Guru tidak melakukan refleksi pembelajaran
Adapun kelebihan – kelebihan yang ditemukan adalah sebagai berikut :
1. Guru cukup kreatif karena menggunakan media buah-buahan yang mudah didapat dan dikenal siswa dilingkungannya
2. Pada saat hari kedua siswa mulai antusias mengikuti pelajaran karena menggunakan media yang menarik minat belajar mereka.
3. Materi dan proses pembelajaran sesuai dan relevan berdasarkan kurikulum.
4. peserta didik dapat memahami materi dengan baik karena adanya pengalaman langsung
5. Guru memberikan interaksi tanya jawab pada siswa dengan mengidentifikasi buah-buahan yang berbentuk bulat dan panjang
Nama : Siti Nurhafiza Utami
NIM : 856470401
Prodi : S1 PGSD semester 8
Izin menanggapi , dari video pembelajaran diatas saya menemukan beberapa kelamahan dan juga kekuatan pada proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut.
Adapun kelemahan-kelemahan yang ditemukan di dalam video adalah sebagai berikut :
1. Pada saat memulai pembelajaran guru tidak menyapa peserta didik
2. Guru tidak memberikan apersepsi pada peserta didik. padahal apersepsi akan menarik minat dan konsentrasi siswa untuk mengikuti pembelajaran.
3. Guru tidak ada menyampaikan tujuan pembelajaran. Dilakukannya tujuan pembelajaran supaya siswa dapat mengembangkan daya ingat dan pembentukan konsep.
4. Guru kurang menguasai kondisi kelas, dimana ketika guru sedang menjelaskan materi, masih banyak siswa yang sibuk dengan aktivitasnya sendiri. seperti mengobrol, bermain, dan mengganggu temannya.
5. Guru tidak melakukan tanya jawab. untuk memastikan siswa benar-benar memahami materi pelajaran
6. Guru tidak memberikan tantangan yang menarik agar siswa terpacu untuk belajar dan memahami materi
7. Guru tidak menyimpulkan materi pelajaran yang disampaikan.
8. Guru tidak melakukan refleksi pembelajaran
Adapun kelebihan – kelebihan yang ditemukan adalah sebagai berikut :
1. Guru cukup kreatif karena menggunakan media buah-buahan yang mudah didapat dan dikenal siswa dilingkungannya
2. Pada saat hari kedua siswa mulai antusias mengikuti pelajaran karena menggunakan media yang menarik minat belajar mereka.
3. Materi dan proses pembelajaran sesuai dan relevan berdasarkan kurikulum.
4. peserta didik dapat memahami materi dengan baik karena adanya pengalaman langsung
5. Guru memberikan interaksi tanya jawab pada siswa dengan mengidentifikasi buah-buahan yang berbentuk bulat dan panjang
Nama : Tsania Clara Budairi
NIM : 878197915
Pada awal video, pada saat guru membuka pelajaran siswa terlihat kondusif namun pada detik berikutnya siswa terlihat tidak tertarik dengan materi yang disampaikan, pada menit 0.27 saat guru mulai menuliskan materi di papan tulis, ada beberapa anak yang mengobrol dengan teman2 yang lain, serta mulai asyik dengan kegiatannya sendiri, menurut saya ini karena guru yang mengajar dengan fokus hanya pada papan tulis dan tidak mengalihkan perhatian siswa terlebih dahulu, ketika guru melemparkan pertanyaan tentang bentuk bangun apa yang digambar, tidak terlihat ada siswa yang menanggapi pertanyaan tersebut, yang pada akhirnya guru sendirilah yang menjawab pertanyaan yang diajukan oleh beliau.
Pada menit 4.27 guru mulai menarik perhatian siswa dengan meminta sisea untuk membawa buah sebagai media pembelajaran di esok hari. Keesokan harinya suasana kelas berubah dari suasana sebelumnya, suasa menjadi lebih kondusif karena siswa melakukan pelajaran pecahan dengan media yang mendatangkan perhatian siswa dan merasa tertarik dengan kegiatan membagi buah.
Jadi agar siswa paham dan tertarik dengan penyampaian yang disampaikan oleh guru, maka guru harus berinovasi dengan memberikan kegiatan atau contoh-contoh yang nyata dengan kehidupan sehari-hari.
Nama : Siti Nurhafiza Utami
NIM : 856470401
Prodi : S1 PGSD semester 8
Izin menanggapi , dari video pembelajaran diatas saya menemukan beberapa kelamahan dan juga kekuatan pada proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut. Adapun kelemahan-kelemahan yang ditemukan di dalam video adalah sebagai berikut :
1. Pada saat memulai pembelajaran guru tidak menyapa peserta didik
2. Guru tidak memberikan apersepsi pada peserta didik. padahal apersepsi akan menarik minat dan konsentrasi siswa untuk mengikuti pembelajaran.
3. Guru tidak ada menyampaikan tujuan pembelajaran. Dilakukannya tujuan pembelajaran supaya siswa dapat mengembangkan daya ingat dan pembentukan konsep.
4. Guru kurang menguasai kondisi kelas, dimana ketika guru sedang menjelaskan materi, masih banyak siswa yang sibuk dengan aktivitasnya sendiri. seperti mengobrol, bermain, dan mengganggu temannya.
5. Guru tidak melakukan tanya jawab. untuk memastikan siswa benar-benar memahami materi pelajaran
6. Guru tidak memberikan tantangan yang menarik agar siswa terpacu untuk belajar dan memahami materi
7. Guru tidak menyimpulkan materi pelajaran yang disampaikan.
8. Guru tidak melakukan refleksi pembelajaran.
Adapun kelebihan – kelebihan yang ditemukan adalah sebagai berikut :
1. Guru cukup kreatif karena menggunakan media buah-buahan yang mudah didapat dan dikenal siswa dilingkungannya
2. Pada saat hari kedua siswa mulai antusias mengikuti pelajaran karena menggunakan media yang menarik minat belajar mereka.
3. Materi dan proses pembelajaran sesuai dan relevan berdasarkan kurikulum.
4. peserta didik dapat memahami materi dengan baik karena adanya pengalaman langsung
5. Guru memberikan interaksi tanya jawab pada siswa dengan mengidentifikasi buah-buahan yang berbentuk bulat dan panjang
NAMA : NONI DWI POETRI
NIM : 859870609
PRODI: S1 PGSD Semester 6
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, pada awal pembelajaran guru tidak menyapa peserta didik. Guru tidak melakukan apersepsi untuk menarik perhatian siswa terlebih dahulu. Kemudian guru langsung memberikan soal tanya jawab kepada siswa. Padahal banyak siswa yang mengabaikan dan tidak memperhatikan saat guru menjelaskan materi.
Namun setelah memahami kekurangan dan kelemahan guru, akhirnya guru menggunakan media pembelajaran berupa buah-buahan untuk materi pecahan. Pembelajaran yang kreatif dan inovatif ini dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar. Kesimpulan nya guru harus memahami suasana kelas terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran. Dan guru harus lebih kreatif dalam mengajarkan materi agar tidak monoton.
NAMA : SUNITA
NIM : 856791085
Izin menangapi video tersebut
Menurut saya, pada kegiatan pembelajaran saat diawal sangat kurang efektif banyak siswa sibuk dengan kegaiatan atau asyik dengan teman sebangkunya, sehingga materi kurang dipahami oleh siswa dengan baik, metode yang digunakan guru masih monoton dan media pembelajaran masih menggunakan papan tulis sehingga ketertarikan siswa pada materi sangat kurang.
pada kegiatan pembelajaran selanjutnya guru membuat keputusan yang tepat dengan menggunakan media real yaitu menggunakan media buat sehingga siswa lebih aktif dalam mencari pemahaman dalam materi pembagian yang mereka pahami melalui buah, sehingga proses pembelajaran ini sangat efektif dan menyenagkan buat siswa serta materi pun tersampaikan dengan baik.
Nama : Dewi Rohayati Ningsih
Nim : 855746467
Prodi : S1 PGSD Semester 8
UPBJJ : Bandar Lampung
Dari tayangan video tersebut menunjukkan bahwa :
a. Pada kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan media pembelajaran yang kontekstual
sehingga siswa kurang tertarik untuk mempelajarai pecahan
b. Guru memiliki peran yang lebih dominan atau teacher centured
c. Guru belum melibatkan siswa pada proses pembelajaran
d. Guru belum mengelola kelas dengan baik
Perbaikan pada video
a. Guru meminta siswa untuk membawa buah atau media pembelajaran kontekstual untuk
mengkonkretkan materi ajar
b. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran
c. Guru meminta siswa untuk mempraktikkan pembagian dengan memotong buah yang mereka bawa
d. Dengan menggunakan buah maka siswa akan mendapat pengalaman belajar yang menyenangkan
dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari.