Similar Posts
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
nama : Gusti Randa
nim : 856481207
Berdasarkan vidio yang telah saya tonton mengenai Belajar membaca deskripsi tentang benda yang terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD sebelumnya, kalau menurut saya siswanya cukup aktif dikelas, namun ada juga siswa yang belum mengenal huruf, berarti secara otomatis siswa tersebut belum menguasai calistung sebelum masuk SD. Kemudian, siswa seusia kelas I SD kalau menurut saya disediakan atau diharapkan guru membarikan pelajaran tambahan bagi siswa yang belum bisa membaca bahwan belum mengenal huruf sama sekali, karena disatu sisi setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, namun disatu sisi lagi setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda pula, usia belum menjamin kemampuan siswa. Selanjutnya, pada perkembangan dunia pendidikan saat ini memang menuntut siswa dan guru serba bisa, siswa kelas satu yang mungkin sudah dituntut untuk bisa calistung, namun kenyataannya masih dibawah ekspektasi kita semua. Dan mengenai solusi yang diberikan dalam vidio tersebut saya cukup setuju, akan tetapi belum bisa meningkatkan kemampuan anak secara baik. Karena menghafal belum tentu siswa mengetahui benda, huruf apa yang siswa lafalkan didepan kelas. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kerjasama antara orangtua dan guru baik itu disekolah mauun dirumah. Setia anakyang rajin belajarnya, pasti lebih dominan dibanding kawannya yang lain. Diharapkan kita semua dapat melahirkan dan mencetak generasi penerus yang berakhlak mulia dan cerdas. Mungkin itu sedikit pendapat dari saya.
Nama : Rita Camelia
Nim : 858819692
Selamat pagi
Izin berdiskusi
Terkait vidio yang membahas mengenai Belajar membaca deskripsi tentang benda yang terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD. menurut saya siswan yang terdapat dalam video sudah aktiv dikelas, namun ada beberapa kekurangan yang saya temukan dalam video tersebut antara lain,
– Dalam membuka pelajaran guru tidak memulai pelajarannya
dengan berdoa terlebih dahulu, guru hanya menyapa dan
menanyakan kabar siswa saja.
– Dalam interaksi untuk mengajak keaktifan siswa, guru kurang
menstimulus siswa, karena guru tidak menawarkan kepada
murid-muridnya siapa yang ingin membaca, tetapi
langsung menunjuk, jadi ada anak yang ingin membaca tidak
berkesempatan.
– guru tidak memberikan solusi atas anak yang tidak dapat
melakukan perintah guru untuk membaca. dikarenakan anak
tersebut belum bisa membaca, seharusnya guru memberi arahan
agar anak belajar membaca atau memintanya belajar membaca
lagi dirumah agar anak bisa membaca.
Kerja sama dan komunikasi antara guru dan orang tua dapat menyelesaikan personal dari anak- anak didik, diharapkan persoalan seperti diatas dapat terselesaikan.
Sekian pendapat dari saya
Terimakasih
Nama : Rita Camelia
Nim : 858819692
Selamat pagi
Izin berdiskusi
Terkait vidio yang membahas mengenai Belajar membaca deskripsi tentang benda yang terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD. menurut saya siswan yang terdapat dalam video sudah aktiv dikelas, namun ada beberapa kekurangan yang saya temukan dalam video tersebut antara lain,
– Dalam membuka pelajaran guru tidak memulai pelajarannya
dengan berdoa terlebih dahulu, guru hanya menyapa dan
menanyakan kabar siswa saja.
– Dalam interaksi untuk mengajak keaktifan siswa, guru kurang
menstimulus siswa, karena guru tidak menawarkan kepada
murid-muridnya siapa yang ingin membaca, tetapi
langsung menunjuk, jadi ada anak yang ingin membaca tidak
berkesempatan.
– Guru tidak memberikan solusi atas anak yang tidak dapat
melakukan perintah guru untuk membaca. dikarenakan anak
tersebut belum bisa membaca, seharusnya guru memberi arahan
agar anak belajar membaca atau memintanya belajar membaca
lagi dirumah agar anak bisa membaca.
Kerja sama dan komunikasi antara guru dan orang tua dapat menyelesaikan personal dari anak- anak didik, diharapkan persoalan seperti diatas dapat terselesaikan.
Sekian pendapat dari saya
Terimakasih
Nama : Rita Camelia
Nim : 858819692
Selamat pagi
Izin berdiskusi
Terkait vidio yang membahas mengenai Belajar membaca deskripsi tentang benda yang terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD. menurut saya siswan yang terdapat dalam video sudah aktiv dikelas, namun ada beberapa kekurangan yang saya temukan dalam video tersebut antara lain,
– Dalam membuka pelajaran guru tidak memulai pelajarannya
dengan berdoa terlebih dahulu, guru hanya menyapa dan menanyakan kabar siswa
saja.
– Dalam interaksi untuk mengajak keaktifan siswa, guru kurang menstimulus siswa,
karena guru tidak menawarkan kepada murid-muridnya, siapa yang ingin membaca,
tetapi langsung menunjuk, jadi ada anak yang ingin membaca tidak berkesempatan.
– Guru tidak memberikan solusi atas anak yang tidak dapat melakukan perintah guru
untuk membaca. dikarenakan anak tersebut belum bisa membaca, seharusnya guru
memberi arahan agar anak belajar membaca atau memintanya belajar membaca lagi
dirumah agar anak bisa membaca.
Kerja sama dan komunikasi antara guru dan orang tua dapat menyelesaikan personal dari anak- anak didik, diharapkan persoalan seperti diatas dapat terselesaikan.
Sekian pendapat dari saya
Terimakasih
Nama : Novi Damyanti
NIM: 857503803
Assalamualaikum, Wr, Wb
Ijin Untuk Berdiskusi
Berdasarkan video yang saya amati yang membahas mengenai Belajar membaca deskripsi tentang benda yang terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD. Secara Keseluruhan Guru Sudah Cukup Baik dalam menyampaikan Materi di tandai dengan siswanya yang cukup aktif ketika di dalam kelas, namun ada beberapa kekurangan yang saya temukan yang bisa kita pelajari bersama diantaranya
1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu, tetapi guru hanya menyapa dan menanyakan kabar siswa saja.
2. Pembelajaran masih berpusat pada guru bukan berpusat pada anak, di tandai dengan guru menunjuk siswa untuk membaca padahal guru bisa menawarkan kepada siswa untuk membaca.
3. Ada beberapa anak yang masih pasif ketika di kelas, diakrenakan belum bisa membaca.
sekian pendapat dari saya, dan ini juga bisa menjadi bahan refleksi untuk saya sebagai pengajar juga
wassalam, Wr. Wb
Nama : Petri Mayenis
Nim : 856269033
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh….
Sesuai vidio diatas yang membahas mengenai Belajar membaca deskripsi tentang benda yang terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD. menurut saya siswa yang terdapat dalam video sudah aktif dikelas, namun ada beberapa kekurangan yang saya temukan dalam video tersebut antara lain,
1. Dalam membuka pelajaran guru tidak memulai pelajarannya dengan berdoa terlebih dahulu, guru hanya menyapa dan menanyakan kabar siswa saja.
2. Dalam interaksi untuk mengajak keaktifan siswa, guru kurang menstimulus siswa, karena guru tidak menawarkan kepada murid-muridnya siapa yang ingin membaca, tetapi langsung menunjuk, jadi ada anak yang ingin membaca tidak berkesempatan.
Bagi anak yang belum bisa membaca bisa setelah jam pulang sekolah dilakukan ekskul belajar membaca lebih kurang 30 menit setelah PBM selesai. Dan juga dengan bantuan orang tua dirumah dapat membantu anak anak mereka yang masih belum bisa membaca.
Sekian pendapat dari saya
Terimakasih
nama : siti nur azizah
nim : 858792566
izin menanggapi
Penyebab Masalah :
1. Guru tidak memberikan penjelasan tentang cara membaca deskripsi tentang benda
2. Guru kurang menstimulus siswa karena guru tidak memberi kesempatan untuk siswa membaca
3. Guru tidak memberikan solusi kepada anak yang tidak bisa membaca, melainkan guru langsung melempar pertanyaan
Alternatif Pemecahan Masalah :
1. Seharusnya guru pertama membuka pelajaran dengan salam dan berdoa
2. Seharusnya guru menjelaskan bacaan cara membaca deskripsi tentang benda
3. Guru lebih sering berinteraksi dengan siswa karena dapat membuat siswa menjadi aktif
4. Guru harus memberikan solusi saat siswanya belum mengenal huruf, guru membantu dalam pengejaan kata
5. Guru juga harus memberitahu kepada orang tua agar selalu dilatih membaca saat dirumah
Tujuan Perbaikan :
1. Menjelaskan materi sebelum melakukan pembelajaran
2. Melatih siswa yang belum mengenal huruf
3. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa
4. Memberi solusi bagaimana caranya agar siswa dapat mengenal huruf dan membaca dengan benar
Video diatas membahas tentang Belajar Membaca Deskripsi Tentang Benda, materi tersebut terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD.
Setelah menyaksikan video diatas saya berpendapat bahwa beberapa siswa yang ada dalam video tersebut sudah menunjukan keaktifan belajarnya dikelas, namun dalam jegiatan tersebut saya menemukan beberapa kekurangan terkait tenaga pengajar nya sendiri.
1. Dalam membuka pelajaran gurutersebut tidak memulai proses pembelajarannya dengan mengajak semua siswa berdoa terlebih dahulu, guru tersebut hanya menyapa dan menanyakan kabar siswa saja bahkan tidak bertanya tentang absensi siswa.
2. Guru tersebut juga kurang menstimulus siswa, tidak mengajak siswa untuk belajar membaca, karena bisa saja guru tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami teks bacaan. Dan pada kenyataannya guru hanya mendikte bacaan kemudian dikuti oleh siswa dan kemungkinan terjadi yang mengikuti kata-kata guru itu adalah hanya siswa yang sudah mahir membaca saja.
3. Guru tidak memberikan solusi atas anak yang tidak dapat melakukan perintah guru
untuk membaca. dikarenakan anak tersebut belum bisa membaca, seharusnya guruuntuk solusi yang diberikan juga hanya berpusat pada siswa yang sudah mahir saja, sementara yang blum mahir dalam kondisi ini tooidak terangkul olreh guru tersebut. Mungkin dengan solusi lain dapat lebih meningkatkan semua keaktifan siswa.
dalam hal ini peran orang tua juga sangat penting sebagai stimulus keaktifan siswa, dan guru disini harus pandai berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang tua siswa itu sendiri, dengan melakukan hal tersebut semoga bisa menyelesaikan beberapa masalah yang dihadapi guru di sekolah.
Sekian dari saya, Terimakasih
NI PUTU YUNI ANTARI
859028906
Pendapat saya mengenai vidio yang telah ditonton diatas adalah guru tersebut dalam penyampaian dari segi suara dan gerak sudah baik. Guru menyampaikan pembelajaran dengan sangat ceria dan bergembira, dimana siswa dapat menerima dan mengikuti pembelajaran dengan sangat aktif. Guru juga menggunakan buku pelajaran yang di dapat siswa untuk melihat pelajaran apa yang diberikan. Suasana kelas menjadi hidup dengan berbagai pertanyaan yang diberikan oleh guru kepada siswa dan siswa juga sangat aktif di dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru. Suasana kelas yang bersih dan anak anak duduk dengan rapi dan tertib juga membantu jalannya suasana dalam pembelajaran tersebut. Guru juga menggunakan benda-benda di sekitar kelas dalam proses pembelajaran agar siswa dapat dengan jelas mengetahui apa nama benda yang ada disekitarnya. Tetapi adapun dalam vidio tersebut kekurangan dalam segi kegiatan pembelajaran yaitu :
1. Guru tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu.
2. Guru tidak melakukan absensi sebelum memulai pembelajaran.
3. Guru tidak memberikan latihan membaca terlebih dahulu.
4. Guru tidak menyiapkan alat peraga tambahan untuk memudahkan pembelajaran.
Adapun solusi yang dapat dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran tersebut yaitu :
1. Guru mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa.
2. Guru melakukan absensi siswa.
3. Guru menyiapkan alat peraga untuk memudahkan kegiatan pembelajaran.
4. Guru memberikan latihan membaca kepada siswa dengan memeberikan contoh dan menulisnya di papan tulis.
5. Guru memberikan latihan kembali kepada siswa yang belum bisa membaca.
6. Guru dapat memberitahu kekurangan siswa yang belum bisa membaca kepada orang tua/wali siswa agar juga dapat melatih siswa dirumah. karena waktu dirumah jauh lebih banyak untuk belajar.
Dengan ini diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan siswa menjadi lebih mudah dalam memahami pembelajaran yang diberikan.
Nama : Tria Dzakiyyah
NIM : 858048937
Program Studi : PGDS-S1
UPBJJ Pontianak
Setelah saya menyaksikan video tersebut, saya ingin menyampaikan beberapa hal mengenai video pembeajaran dalam mendiskripsikan tentang benda. Menurut pendapat saya pada kegiatan awal guru tidak melakukan doa bersama. Dalam interaksi kelas guru hanya memberikan pertanyaan kepada beberapa peserta didik seharusnya guru memberikan peserta didik yang berani menjawab pertanyaan agar memberikan pelajaran untuk bersikap berani berpendapat dalam menjawab pertanyaan guru. Dalam video tersebut guru lebih dominan di bandingkan dengan siswa. Dan ketika siswa yang tidak bisa baca guru tidak memberikan solusinya seharusnya sebelum melakukan pemebelajaran guru memberikan arahan agar anak belajar membaca atau memupuk minat baca anak agar anak bisa untuk membaca buku embelajaran dengan baik.