silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Similar Posts

163 Comments

  1. Berdasarkan video dapat saya simpulkan..
    1. Pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak mengecek absensi siswa.
    2. Guru tidak menawarkan kepada siswa siapa yang ingin membaca tetapi langsung menunjuk siswa.padahal ada siswa yang belum bisa membaca.
    3.Guru tidak memberikan arahan kepada siswa yang belum bisa baca.
    4. Guru memberikan pujian kepada peserta didik, Sehingga peserta didik jadi bersemangat.

  2. Nama: Dian naila shofwa
    Nim: 858533411

    Berdasarkan video dapat saya simpulkan..
    1. Pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak mengecek absensi siswa.
    2. Guru tidak menawarkan kepada siswa siapa yang ingin membaca tetapi langsung menunjuk siswa.padahal ada siswa yang belum bisa membaca.
    3.Guru tidak memberikan arahan kepada siswa yang belum bisa baca.
    4. Guru memberikan pujian kepada peserta didik, Sehingga peserta didik jadi bersemangat.

  3. Nama : Suwaibatulislamiyah
    Nim : 856642632
    UPBJJ: JAMBI
    Pokjar: Kota Jambi
    Izin memberikan tanggapan..
    Setelah saya menonton video pembelajaran “Belajar membaca tentang Benda”.Dalam video awal terlihat kelemahan guru yaitu guru langsung meminta siswa untuk membaca tanpa melatih siswa kelas 1 terlebih dahulu,karena siswa kelas 1 adalah peralihan dari TK/Paud yang tidak semua dari mereka lancar dalam membaca,terbukti keyika guru meminta salah satu siswa membaca dan siswa hanya diam dan terlihat bingung,namun setelah adanya video solusi nya tampak siswa bersemangat untuk belajar dan lancar membacanya. Ada kelamahan dan kelebihan yang saya amati.
    Kelemahan nya:
    1.Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdo’a,absen,apersepsi dan tidak menyebutkan tujuan pembelajaran.
    2.Guru lansung menunjuk 1 siswa untuk membaca tanpa melatih siswa terkebih dahulu karena tidak semua siswa kelas q dapat membaca lancar,sehingga tanpak siswa hanya diam dan terlihat bingung.
    3.Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang lancar dalam membaca.
    4.Guru tidak menampilkan media yang dapat menunjang pembelajaran sehingga siswa tertarik dan memahami pelajaran.
    5.Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pelajaran, refleksi.
    Kelebihan nya:
    1.Tampak guru bersemangat dalam membangkitkan semangat siswa dengan menggali informasi sehingga siswa antusias menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar mereka.
    2.Guru mengajak siswa untuk melihat benda di dalam buku,kemudian guru membimbing siswa dengan latohan membaca yang dimulai ddngan guru yang membaca terlebih dahulu dan diikuti ulang oleh siswa.
    3.Setelah guru melatih siswa,guru meminta salah satu siswa untuk membaca,terlihat siswa sudah lancar membaca.
    Solusi yang dapat saya kemukakan:
    1.Sebaiknya guru menawarkan atau meminta salah satu siswa yang telah lancar membaca untuk membacakan materi yang dipelajari.
    2.Seharusnya guru memberikan motivasi dan semangat kepada siswa yang belum/tidak lancar membaca.
    3.sebaiknya guru mengapresiasi siswa yg sdh lancar membaca.
    4.sebaiknya guru menyiapkan media pembelajaran sehingga daoat memotivasi siswa untuk lebih semangat dalam membaca.
    Sekian dan terima kasih

  4. Nama : Rika Agustina
    Nim : 856640581
    Pokjar : Jambi
    Dari video di atas yang berjudul ( belajar membaca deskripsi tentang benda)

    Menurut pendapat saya terdapat kelemahan dan kelebihan yang disampaikan oleh guru pada video di atas
    Kelebihan nya yaitu
    1. Guru menggunakan volume yang cukup lantang, sehingga siswa dapat mendengar dengan jelas.
    2. Guru menyapa siswa ketika masuk kedalam kelas.
    3. Guru memberikan kalimat pujian kepada siswa yang aktif

    Kelemahan nya yaitu:
    1. Guru tidak melakukan berdoa bersama sama pada awal pembelajaran
    2. Tidak ada nya refleksi pada pelajaran sebelum nya.
    Solusi yang seharusnya dilakukan yaitu guru harus melatih siswa membaca terlebih dahulu, karena siswa kelas 1 seharusnya sebagian sudah bisa mengeja suku kata. Jika guru langsung memberikan kepada siswa untuk membaca sedangkan siswa tidak bisa membaca maka pembelajaran tidak efektif, seharusnya guru menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa tertarik untuk belajar, siswa kelas 1 biasanya memiliki imajinasi yang unik, seharusnya untuk mengurangi kebosanan siswa membuat permainan sederhana untuk melatih konsentrasi siswa.

    Sekian dari saya terima kasih

  5. Nama : Trikvide Akhirman Jaya Lawolo
    Nim : 856021295
    Pokjar : Idanogawo
    UPBJJJ : Medan

    Menurut saya, ada beberapa kelemahan dan kelebihan guru tersebut dalam mengajar.
    Untung kelebihannya, yaitu:

    1. Guru mengajak siswa untuk melihat benda-benda di sekitar yg berkaitan dengan materi pembelajaran pada saat itu.

    2. Metode pembelajaran sederhana dan mudah di pahami oleh siswa, terlihat siswa langsung bisa menjawab ketika guru memberi pertanyaan

    Kelemahannya,
    1. Guru tidak mengajak siswa mengawali pembelajaran dengan berdoa,

    2. Tidak ada media yg lebih konkret sebagai pelengkap dalam pembelajaran

  6. Nama : Rabiatun Nikmah
    NIM : 877315066
    Setelah saya mengamati video tersebut, menurut saya :
    1. Reaksi anak/siswa tehadap kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung
    Anak-anak masih terlihat bingung dan tegang saat diberi perintah untuk membaca buku. Karena anak- anak kelas 1 SD masih belum bisa membaca semua.6
    2. Kelemahan Guru.
    Guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti melalukan absensi dan berdo’a sebelum
    melakukan pembelajaran. Anak-anak tidak diajari untuk membaca, sehingga kebingungan saat disuruh untuk membaca buku.
    3. Kelebihan Guru.
    Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka dan menanyakan kesiapan siswa untuk memulai pembelajaran. Guru menggunakan media pembelajaran yang ada dikelas dan lebih konkret. 9Guru memberikan apresiasi berupa tepuk tangan kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar. Guru menjelaskan pembelajaran dengan bagus.
    4. Hal yang ditemukan
    Anak-anak mengamati secara langsung tentang benda-benda yang ada di sekitarnya. Sehingga
    anak-anak bisa mempelajarinya secara langsung.
    5. Hal yang harus dilakukan dalam pembelajaran berikutnya adalah guru mengajarkan anak-anak
    membaca terlebih dahulu. Kemudian melakukan kegiatan pembuka sesuai dengan tahapan
    yang harus dilakukan. Yaitu dengan mengecek kehadiran siswa, dan melakukan apersepsi.
    Setelah itu baru masuk ke kegiatan inti pembelajaran. Selain itu Guru juga bisa menggunakan
    media pembelajaran berupa gambar yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas proses
    pembelajaran dan menarik perhatian siswa.

  7. Nama : Ririn Septiani
    Nim : 855856685
    Pokjar : Labura
    UPBJJ : Medan

    Yakni menurut saya Untuk membantu siswa kelas 1 SD dalam memahami deskripsi tentang benda dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia, ada beberapa pendekatan yang bisa dilakukan:

    1. **Pendekatan Visual**: Gunakan gambar atau ilustrasi yang menarik untuk mendukung deskripsi teks. Ini membantu siswa memvisualisasikan benda yang dijelaskan.

    2. **Pendekatan Interaktif**: Ajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Misalnya, gunakan permainan peran di mana mereka dapat berpura-pura menjadi benda yang dijelaskan.

    3. **Pendekatan Multisensori**: Libatkan berbagai indera siswa dalam pembelajaran, misalnya dengan mendengarkan deskripsi benda, melihat gambar, dan menyentuh atau merasakan benda tersebut jika memungkinkan.

    4. **Pendekatan Kontekstual**: Hubungkan deskripsi benda dengan pengalaman nyata siswa. Misalnya, jika benda yang dijelaskan adalah sebuah buah, minta siswa untuk berbagi pengalaman mereka dengan buah tersebut.

    5. **Pendekatan Kolaboratif**: Dorong kerja sama antara siswa. Misalnya, mereka dapat berdiskusi dalam kelompok kecil untuk saling membantu memahami deskripsi benda.

    Penting juga untuk memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk memproses informasi dan mengajukan pertanyaan jika mereka mengalami kesulitan. Jika ada siswa yang masih mengalami kesulitan, berikan bantuan tambahan secara individual atau dengan bantuan dari rekan sekelas yang lebih mahir.

  8. Nama: YETTY
    NIM. 856644256
    Berdasarkan video yang sudah saya tonton, Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru terlihat sangat positif, Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan menjawab pertanyaan guru dan mengulangi penjelasannya, mengikuti instruksi guru, dan melakukan aktivitas yang diminta seperti membaca buku. Mereka juga menyambut positif pengakuan guru terhadap teman sekelasnya yang pandai mengulang-ulang penjelasan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka mengevaluasi kemampuan teman sekelasnya dan terlibat dengan baik dalam proses pembelajaran

  9. Nama : Puryani
    Nim : 857105353
    Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut ada beberapa kelemahan yang terdapat dalam video tersebut :
    1. Pada awal pembelajaran tidak dimulai dengan doa dan absensi terhadap siswa
    2. Pada awal pembelajaran juga tidak diberikan ice breaking untuk memberikan semangat siswa
    3. Pada awal pembelajaran harusnya ditanyakan siswa yang sudah bisa membaca dan siswa yang belum bisa membaca untuk mengetahui kemampuan membaca siswa
    5. Saat akan pulang tidak diberikan tugas atau pekerjaan rumah sebagai bahan evaluasi siswa
    Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut ada beberapa kelebihan yang terdapat dalam video tersebut :
    1. Siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran
    2. Guru memberikan penjelasan terhadap siswa dengan cara yang menyenangkan
    3. Siswa tertib mengikuti pembelajaran

  10. Nama : Sinta Pusvita
    Nim : 857317699

    Setelah saya menonton video tentang “Belajar membaca tentang Benda” terdapat kelemahan dan kelebihan yang saya amati. Diantara kelemahannya adalah Guru tidak melakukan kegiatan apersepsi/pendahuluan seperti berdo’a, mengabsen siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, Guru langsung menunjuk salah satu siswa untuk membaca tanpa melatih siswa terkebih dahulu karena tidak semua siswa kelas tersebut dapat membaca lancar, sehingga tampak siswa hanya diam dan terlihat bingung, Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang lancar dalam membaca, Guru tidak menampilkan media yang dapat menunjang pembelajaran sehingga siswa tertarik dan memahami Pelajaran, Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pelajaran, refleksi. Adapun kelebihan yang saya amati diantaranya adalah guru tampak bersemangat dalam membangkitkan semangat siswa dengan menggali informasi sehingga siswa antusias menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar mereka, Guru mengajak siswa untuk melihat benda di dalam buku,kemudian guru membimbing siswa dengan latihan membaca yang dimulai dengan guru yang membaca terlebih dahulu dan diikuti ulang oleh siswa dan Setelah guru melatih siswa,guru meminta salah satu siswa untuk membaca,terlihat siswa sudah lancar membaca.

Leave a Reply