Similar Posts
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Nama : Indri Pebiyanti
NIM : 857365912
UPBJJ : BOGOR
Setelah melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa:
-Reaksi Peserta didik terlihat semangat dan senang belajar dengan guru. Mereka merasa nyaman di kelas dan berani bertanya. Mereka juga mengikuti semua perintah guru dengan baik
-kelemahan
*Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil dan berani untuk mencoba membaca pantun
*Penggunaan alat peraga atau media tidak maksimal
*Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa jadi membaca pantun tanpa aturan yang jelas
-kelebihan
*Guru meminta siswa berpasangan untuk mencoba membaca pantun dengan baik
*Guru mengamati siswa saat mereka membaca pantun
*Semua siswa fokus mendengarkan penjelasan guru
-Hal-hal unik
*guru menerangkan cara membaca pantun, seorang siswa memberanikan diri menyarankan agar guru memberikan contoh terlebih dahulu, namun sarannya tidak ditanggapi.
*ketika siswa tampil di depan kelas, mereka membaca pantun dengan nada seperti membaca puisi.
-Solusi
*Guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa tidak bingung dalam membaca sebuah pantun.
*Guru dapat menggunaan media atau alat peraga dengan maksimal.
*Guru bisa meningkatkan lagi suasana belajar supaya jadi lebih baik dan tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan bisa tercapai dengan mudah
*Guru juga sebaiknya menyediakan waktu untuk sesi tanya jawaab agar siswa mampu bertanya tentang materi yang sudah di jelaskan
NIM : 858946617
Kelemahan :
• Kurangnya penjelasan awal dan contoh membaca pantun,
• Kurang menekankan intonasi,
• Tidak memberikan solusi langsung saat siswa kesulitan, dan
• Kurang memberikan motivasi.
Kelebihan :
• Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri pantun dengan baik,
• Memberikan contoh pantun yang baik dan benar,
• Memberikan kesempatan siswa untuk membaca di depan kelas,
• Memberikan koreksi dan saran yang membangun, serta memberikan motivasi.
Hal Unik
• Guru menjelaskan struktur pantun,
• Memberikan contoh cara membaca pantun dengan intonasi yang tepat,
• Meminta siswa membaca pantun berpasangan, dan
• Menekankan pentingnya latihan.