Similar Posts
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Nama : Indri Pebiyanti
NIM : 857365912
UPBJJ : BOGOR
Setelah melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa:
-Reaksi Peserta didik terlihat semangat dan senang belajar dengan guru. Mereka merasa nyaman di kelas dan berani bertanya. Mereka juga mengikuti semua perintah guru dengan baik
-kelemahan
*Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil dan berani untuk mencoba membaca pantun
*Penggunaan alat peraga atau media tidak maksimal
*Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa jadi membaca pantun tanpa aturan yang jelas
-kelebihan
*Guru meminta siswa berpasangan untuk mencoba membaca pantun dengan baik
*Guru mengamati siswa saat mereka membaca pantun
*Semua siswa fokus mendengarkan penjelasan guru
-Hal-hal unik
*guru menerangkan cara membaca pantun, seorang siswa memberanikan diri menyarankan agar guru memberikan contoh terlebih dahulu, namun sarannya tidak ditanggapi.
*ketika siswa tampil di depan kelas, mereka membaca pantun dengan nada seperti membaca puisi.
-Solusi
*Guru dapat memberikan contoh terlebih dahulu sebelum siswa maju kedepan untuk mempraktekkan cara membaca pantun dengan benar sehingga siswa tidak bingung dalam membaca sebuah pantun.
*Guru dapat menggunaan media atau alat peraga dengan maksimal.
*Guru bisa meningkatkan lagi suasana belajar supaya jadi lebih baik dan tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan bisa tercapai dengan mudah
*Guru juga sebaiknya menyediakan waktu untuk sesi tanya jawaab agar siswa mampu bertanya tentang materi yang sudah di jelaskan
NIM : 858946617
Kelemahan :
• Kurangnya penjelasan awal dan contoh membaca pantun,
• Kurang menekankan intonasi,
• Tidak memberikan solusi langsung saat siswa kesulitan, dan
• Kurang memberikan motivasi.
Kelebihan :
• Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri pantun dengan baik,
• Memberikan contoh pantun yang baik dan benar,
• Memberikan kesempatan siswa untuk membaca di depan kelas,
• Memberikan koreksi dan saran yang membangun, serta memberikan motivasi.
Hal Unik
• Guru menjelaskan struktur pantun,
• Memberikan contoh cara membaca pantun dengan intonasi yang tepat,
• Meminta siswa membaca pantun berpasangan, dan
• Menekankan pentingnya latihan.
Nama : DARLIYANA APRILIYANTINA
NIM : 857046851
Salut : Banjar Agung
UPBJJ-UT : Bandar Lampung
Pada awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak berdoa dan tidak mengabsen terlebih dahulu guru langsung masuk ke materi pembelajaran. Pendapat saya dalam video yang saya lihat videonya bagus penyampaiannya juga sederhana dan mudah dipahami, dengan membandingkan secara nyata dapat membuat siswa paham tentang bagaimana membaca pantun yang baik dan benar