Similar Posts
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Citra Resmi Pitaloka
NIM : 856734581
Prodi : S1 – PGSD
Pokjar : Baturaja
UPBJJ : Palembang
Setelah saya menonton video “Belajar Membaca Pantun” izinkan saya menganalisis video tersebut. Dari video pembelajaran tersebut terdapat kekurangan dan kelebihan yang saya amati.
Kekurangan :
– Tidak ada doa yang dilakukan di awal dan di akhir pembelajaran.
– Guru tidak melakukan presensi peserta didik.
– Tidak ada evaluasi di akhir untuk peserta didik.
– Guru kurang dalam hal memberikan contoh membaca pantun dengan intonasi yang baik.
– Guru tidak memberikan contoh tertulis di papan tulis agar anak lebih paham mana bagian sampiran dan bagian isi pantun.
– Tidak menyebutkan tujuan pembelajaran.
Kelebihan :
– Guru mengapresiasi peserta didik setelah peserta didik maju di depan kelas.
– Metode ceramah dan tanya jawab sudah terlihat bagus untuk membuat umpan balik siswa.
– Pada proses kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti, sampai dengan kegiatan penutup guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
– Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cukup baik, singkat, padat, dan jelas.
Nama:Fauziah
Nim :856021951
Program studi:S1-PGSD
UPBJJ : 12 UT MEDAN
POKJAR :ASAHAN
JUDUL VIDEO:BELAJAR MEMBACA PANTUN
Menurut saya dari video ini anak anak murid sangat antusias dalam proses pembelajaran karena guru menjelaskan dengan gaya yg mudah di pahami dan sangat jelas dalam penyampaian nya.
Tetapi dari video ini terdapat beberapa kelemahan seperti:
•Guru tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu di tahap awal pembelajaran.
•Guru tidak mengabsen peserta didik.
•Guru tidak memberi apersepsi pada awal pembelajaran.
•Guru hanya mengatakan materi yang akan dipelajari hari itu tanpa menyampaikan tujuan yang diharapkan akan dicapai peserta didik setelah belajar materi tersebut.
•Guru seharusnya memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara membaca pantun yang baik sebelum meminta peserta didik membaca pantun.
•Tidak adanya evaluasi pada akhir pembelajaran.
•Guru tidak memberi tugas.kepada peserta didik sebagai latihan di rumah.
•Tidak ada doa penutup pada akhir pembelajaran.
Saran saya, guru lebih meningkatkan keterampilannya dalam membuka dan mengakhiri pembelajaran serta dapat mengajar peserta didik dengan tahapan pembelajaran yang baik dan benar.
Nama : Citra Resmi Pitaloka
NIM : 856734581
Prodi : S1 – PGSD
Pokjar : Baturaja
UBJJ : Palembang
Setelah saya menonton video “Belajar Membaca Pantun” izinkan saya menganalisis video tersebut. Dari video pembelajaran tersebut terdapat kekurangan dan kelebihan yang saya amati.
Kekurangan :
– Tidak ada doa yang dilakukan di awal dan di akhir pembelajaran.
– Guru tidak melakukan presensi peserta didik.
– Tidak ada evaluasi di akhir untuk peserta didik.
– Guru kurang dalam hal memberikan contoh membaca pantun dengan intonasi yang baik.
– Guru tidak memberikan contoh tertulis di papan tulis agar anak lebih paham mana bagian sampiran dan bagian isi pantun.
– Tidak menyebutkan tujuan pembelajaran.
Kelebihan :
– Guru mengapresiasi peserta didik setelah peserta didik maju di depan kelas.
– Metode ceramah dan tanya jawab sudah terlihat bagus untuk membuat umpan balik siswa.
– Pada proses kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti, sampai dengan kegiatan penutup guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
– Guru menyampaikan materi pembelajaran dengan cukup baik, singkat, padat, dan jelas.
Nama:Fauziah
Nim :856021951
Program studi:S1-PGSD
UPBJJ : 12 UT MEDAN
POKJAR :ASAHAN
SEMESTER : 6
JUDUL VIDEO:BELAJAR MEMBACA PANTUN
Menurut saya dari video ini anak anak murid sangat antusias dalam proses pembelajaran karena guru menjelaskan dengan gaya yg mudah di pahami dan sangat jelas dalam penyampaian nya.
Tetapi dari video ini terdapat beberapa kelemahan seperti:
•Guru tidak mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu di tahap awal pembelajaran.
•Guru tidak mengabsen peserta didik.
•Guru tidak memberi apersepsi pada awal pembelajaran.
•Guru hanya mengatakan materi yang akan dipelajari hari itu tanpa menyampaikan tujuan yang diharapkan akan dicapai peserta didik setelah belajar materi tersebut.
•Guru seharusnya memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara membaca pantun yang baik sebelum meminta peserta didik membaca pantun.
•Tidak adanya evaluasi pada akhir pembelajaran.
•Guru tidak memberi tugas.kepada peserta didik sebagai latihan di rumah.
•Tidak ada doa penutup pada akhir pembelajaran.
Saran saya, guru lebih meningkatkan keterampilannya dalam membuka dan mengakhiri pembelajaran serta dapat mengajar peserta didik dengan tahapan pembelajaran yang baik dan benar.
NAMA: STEPHANIE VEJA SINAGA
NIM:856023346
POKJAR: SERDANG BEDAGAI
UPBJJ: MEDAN
Membaca pantun merupakan materi yang pasti akan menyenangkan bagi peserta didik di jenjang sekolah dasar, karena pada materi ini peserta didik akan mendapatkan kesempatan untuk belajar lebih aktif melalui metode demonstrasi dan mencoba langsung untuk membacakan pantun di depan kelas.Untuk mengetahui kemampuan siswa guru dapat melakukan evaluasi pantun dengan memberikan LKS kepada siswa dan Guru Juga lebih dapat mengetahui dimana Letak kekurangpahaman pada siswa
Nama: Reni yuliana
Nim: 856022351
Pokjar : Asahan
Semester: 6
UPBJJ: 12 UT MEDAN
ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB
Berikut analisis saya tentang video pembelajaran mengenai “Belajar membaca pantun”. Pada saat menyimak video tersebut saya menemukan keunggulan dan kelemahan saat guru menyampaikan materi tersebut;
Keunggulannya:
1. Dalam video tersebut guru mengapresiasi siswa yang sudah berani tampil didepan kelas untuk mencoba mempraktekkan membaca pantun dengan memberikan apresiasi tepuk tangan.
2. Interaksi antara guru dan siswa sudah terjalin baik, dari video tersebut terlihat guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba mempraktekkan cara membaca pantun.
Kelemahannya:
-di video tersebut Guru tidak memberikan contoh praktek terlebih dahulu dalam membaca pantun yang baik dan benar. Karena pada dasarnya membaca pantun tidak sama seperti membaca teks biasa, dalam membaca pantun menggunakan intonasi yang tepat,dan lafal yang jelas.
-seharusnya guru mengucapkan salam, menanyakan kabar, berdoa dan melakukan ice breaking, selesai berdo’a menyanyikan lagu wajib,setelah itu baru Guru bisa mengabsen seluruh siswa siapa yang hadir dan siap yang tidak hadir. Jika sudah selesai baru masuk ke materi pembelajaran dan sampai lah di akhir pembelajaran di tutup dengan kesimpulan jika siswa tidak mengerti boleh bertanya, kalau semuanya sudah mengerti Alhamdulillah.
Sekian terimakasih
Wassalam…..
Nama : Raja Vira Andella Alita
NIM : 856075409
Jurusan : S1 PGSD
UPBJJ : Kota Batam
Assalamualaikum wr wb
Menurut pendapat saya berdasarkan pengamatan video yang telah saya lakukan, ada kelebihan dan kelemahan yang terdapat pada proses pembelajaran tersebut, yaitu :
Kelebihannya :
Proses pembelajaran yang dilakukan berpusat pada peserta didik, sehingga pembelajaran yang dilakukan terasa efektif karena terjadi komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik.
Kekurangannya :
Guru kurang melakukan kegiatan pembuka pembelajaran seperti berdoa, mengabsen peserta didik, atau memberi motivasi. Selain itu pada kegiatan inti, guru juga kurang memberi pemahaman atau contoh kepada peserta didik. Dan diakhir pembelajaran guru tidak membuat kesimpulan atau melakukan penilaian sebagai evaluasi dari pembelajaran.
Nama: Wildah Khoiriyah Siregar.
Nim:856037899
Pokjar:labusel
Upbjj:Medan
Menurut analisis saya dari Vidio tersebut sebenarnya sudah bagus tetapi salam pembuka nya kurang.biasanya seorang guru ketika awal pembelajaran di mulai itu biasanya pakai salam pembuka.dari Vidio tersebut saya tidak melihat salam pembukanya.itu lah kelemahan nya dari Vidio tersebut.
Dan kelebihan nya adalah sudah sangat bagus guru tersebut menyampaikan nya sudah sangat semangat sehingga anak anak sudah antusias dalam belajar.dan itu patut d contoh untuk kita sebagai seorang guru.
Dan cara penyampaian sudah jelas,tidak bertele tele.sehingga anak anak dapat memahami belajar dengan pantun.
Nama : NUR ROHMAH WULANDARI
NIM. : 858798338
PRODI/SEMESTER : S1-PGSD / 8
UPBJJ : UT – MALANG
POKJAR : PANDAAN
.
Assalamualaikum mohon izin menanggapi dari Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia tentang “Belajar membaca pantun”. Pada saat menyimak video tersebut saya menemukan kelebihan dan kekurangan saat guru menyampaikan materi tersebut.
Untuk kelebihannya:
1. Guru sudah bagus saat menyampaikan materi kepada siswa
2. Guru juga bisa mengkondisikan suasana kelas
3. Guru juga bisa membuat siswa aktif dalam pembelajaran
4. Interaksi antar guru dengan siswa juga aktif
5. Siswa berani mencoba maju kedepan untuk membacakan puisi
6. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah berani mencoba membaca pantun di depan
Selain kelebihan ada juga kekurangan yang saya temukan dalam Vidio tersebut.
Kekurangan :
1.Pada awal pembelajaran guru tidak menanyakan kabar kepada siswa
2. Guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa
3. Media pembelajaran juga kurang menarik jika berpatokan hanya pada buku
4. Guru tidak menyampaikan kesimpulan pada siswa di akhir pembelajaran.
.
Jadi disini guru juga harus bisa lebih aktif dan kreatif saat menyampaikan materi kepada siswa saat pembelajaran,selain itu guru juga harus memberikan contoh membaca pantun kepada siswa terlebih dahulu,karena kan kalau membaca pantun tidak seperti membaca cerita,jadi guru harus memberi contoh terlebih dahulu agar siswa mengerti bagaimana cara membaca pantun dengan intonasi dan pelafalan yang tepat. Disini juga guru harus menyampaikan kesimpulan saat di akhir pembelajaran kepada siswa. Untuk penyampaian materi juga sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang lain selain buku,karena terlihat di Vidio pembelajaran tersebut,siswa terlihat bosan karena hanya mendengar dan melihat materi dari guru saja. Tetapi disini juga interaksi antar siswa dan guru sudah aktif tidak pasif,siswa juga berani maju untuk membaca pantun di depan teman-temannya meskipun belum dicontohkan oleh gurunya,tetapi setelah dicontohkan oleh gurunya,siswa bisa membaca pantun dengan pelafalan dan intonasi yang tepat.
Terimakasih mohon maaf jika ada salah kata,semoga bermanfaat.
Mohon kritik dan sarannya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Nama : Lailatul Fahiyah
NIM : 857730983
Prodi : s1-PGSD
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Pada video materi belajar membaca pantun bahwa :
Kelemahan
1. Guru dalam memulai pelajaran sebaiknya ada kegiatan awal atau pendahuluan.
2. Guru sebaiknya memberikan contoh membaca pantun dengan benar.
Kelebihan
1. Guru memberikan apresiasi siswa dengan baik yakni dengan memberikan tepuk tangan kepada siswa agar lebih semangat dan senang dalam belajar membaca pantun, suasana kelas menjadi hidup, dan memberikan motivasi semangat siswa yang lain untuk berani membaca pantun.
2. Guru dalam menyampaikan materi juga mudah dipahami oleh siswa.