silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

61 Comments

  1. Nama : Selvi Nuriyanti Manurung
    NIM : 858429756
    Matkul : PKP

    Kelebihan
    Guru dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih aktif dengan mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

    Kekurangan
    Guru tidak menjelaskan materi secara rinci kepada peserta didik terkait “bagaimana cara untuk dapat menjawab pertanyaan pada puisi”

    Saran/Masukkan
    Sebaiknya sebelum guru menyampai tugas/pertanyaan kepada peserta didik haruslah guru menjelaskan materi yang menjadi topik pembahasan tersebut dengan lebih rinci sehingga para peserta didik dapat lebih paham makna dari pembelajaran yang mereka lakukan dan maksud dari pertanyaan yang guru sampaikan.

    Sekian terima kasih

  2. Nama: Risqi Nurul Aini
    NiM:856791694
    Menurut saya setelah menganalisis video pembelajaran diatas guru belum bisa mengapresiasi siswa,serta kurangnya komunikasi tentang pembelajaran kepada siswa,sehingga siswa kurang bisa memahami pembelajaran yg berlangsung,tujuan pembelajaran tidak tersusun dan terarah.
    Adapun beberapa yg dapat dilakukan guru agar siswa lebih faham tentang pembelajaran:
    1.guru memberikan kesempatan kepada siswa
    2.guru memberikan apresiasi terhadap siswa
    3.guru memberikan pertanyaan dan menjelaskan dgn teliti tentang materi
    4.menjelaskan sesuai dengan kemampuan siswa
    5.memberitahu tentang tujuan pembelajaran kepada siswa.

  3. Saya kiki kisnawati ingin menanggapi video pembelajaran tersebut. Berdasarkan video yang saya amati bahwa diawal proses pembelajaran guru tidak melakukan kegitan awal pembelajaran yaitu berdoa sebelum belajar, mengabsen, dan tidak memberikan motivasi agar anak semangat untuk belajar. Namun kelas sangat kondusif dan guru menjelaskan materi yang di sampaikan dengan baik serta memberikan kesempatan kepada siswa agar secara berani tampil di depan dan membacakan puisi secara bergiliran.

  4. Nama : NANANG DHARMANSYAH
    NIM : 856938116
    POKJAR : KALIREJO

    LINK GPO : https://youtu.be/zFqzOQX283U?si=IevVtWQw3Sg9lzzU
    Judul : Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi

    Analisis Video
    Dalam video pembelajaran tentang cara menjawab isi puisi, guru tampak antusias saat menyampaikan materi kepada siswa. Proses pembelajaran dimulai dengan salam dan sapaan untuk menciptakan suasana yang hangat. Guru kemudian membacakan puisi dari buku teks. Meskipun proses pembelajaran berlangsung dengan baik, guru tampaknya kurang memberi ruang bagi siswa untuk berpartisipasi aktif. Baru setelah itu, siswa diminta membaca puisi yang sama dan menjawab beberapa pertanyaan dari guru secara lisan.

    Mengidentifikasi masalah
    Meskipun sekilas tidak terlihat adanya masalah dalam video pembelajaran tersebut, jika ditelaah lebih dalam, seharusnya guru dapat mendorong siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses belajar. Selain itu, guru juga sebaiknya memilih puisi lain di luar buku paket agar siswa bisa memahami makna puisi lebih mendalam dan memperluas wawasan mereka tentang sastra.
    Setelah melihat video tersebut saya melihat beberapa kelebihan dan kekurangan :
    Kelebihan :
    Seorang guru memberikan kesempatan untuk setiap siswa agar percaya diri dalam membaca puisi agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga kelas terasa hidup dan seluruh siswa dapat memahami yang telah dibaca dan di dengar secara berulang.
    Hal-hal unik yang terjadi di kelas dalam video adalah, siswa menjadi antusias dalam belajar, ketika mereka diajak untuk turut terlibat dalam pembelajaran, yaitu anak-anak begantian membacakan puisi dan guru memberikan reward atau pujian kepada siswanya.

    Kekurangan :
    Kurang nya interaksi dalam memulai pembelajaran salah satu nya tidak mengucapkan salam dan tidak membaca doa terlebih dahulu.
    Seorang guru tidak memberi tahu materi terlebih dahulu yang akan dipelajari.
    guru tersebut langsung membacakan puisi tanpa mengkondusifkan kelas terlebih dahulu.
    Video di awal ibu guru tersebut langsung masuk ke inti pelajaran, tanpa memberikan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

    Analisis penyebab permasalahan dalam video
    Metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat.
    Media pembelajaran tidak dimanfaatkan secara optimal.
    Sumber belajar yang digunakan kurang bervariasi.

    Menentukan alternatif pemecahan masalah:
    Guru sebaiknya memilih media pembelajaran yang sesuai, salah satunya dengan menerapkan metode yang mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah picture and picture, yang menggabungkan media visual secara menarik sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa.

    Menentukan tujuan perbaikan:
    Mendorong keterlibatan aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
    Meningkatkan pemahaman siswa terhadap isi dan makna puisi secara mendalam.
    Mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis puisi secara kreatif dan terarah.

    Merumuskan judul PKM:
    Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture.

  5. NAMA : ERZA RAHMAWATI
    NIM : 858433724
    PROGRAM STUDI : PGSD S1

    “Hasil dari analisis video pembelajaran tersebut, terdapat beberapa kekurangan seperti :
    1. Guru tidak melakukan pembukaan di awal pembelajaran seperti menyanyikan lagu nasional atau yel-yel.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan tidak memberikan contoh cara menjawab puisi yang baik dan benar.
    3. Alangkah baiknya jika memiliki media ajar seperti proyektor agar memudahkan peserta didik dalam memahami pembelajaran.
    Kelebihan : kelas berlangsung secara kondusif tidak ada peserta didik yang ribut.

  6. nama : dewi septiani
    nim: 857133456
    Dalam video guru memberikan tantangan pada siswa untuk mengasah rasa percaya dirinya melalui praktik membaca puisi.
    Dari praktek tersebut dapat pula membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa tidak merasa jenuh saat belajar.
    Tetapi media belajar yang digunakan terlalu sedikit sehingga siswa agak sulit untuk memahami makna puisi yang sedang dibaca.

  7. Nama: Suhartatik
    NIM: 857131563
    UPBJJ: 21 Jakarta

    Ringkasan Analisis Video Pembelajaran:
    Dalam video pembelajaran puisi, guru terlihat semangat mengajar namun kurang melibatkan siswa secara aktif. Guru membacakan puisi dari buku paket tanpa variasi media atau sumber. Siswa baru aktif setelah diminta membaca dan menjawab pertanyaan.

    Masalah yang Ditemukan:
    1. Siswa kurang aktif
    2. Metode dan media pembelajaran kurang variatif
    3. Hanya menggunakan buku paket

    Penyebab Masalah:
    1. Tidak menggunakan metode yang mendorong partisipasi siswa
    2. Tidak memakai media pendukung
    3. Kurangnya sumber belajar yang beragam

    Solusi yang Diusulkan:
    Menggunakan metode Picture and Picture untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dalam memahami dan menulis puisi.

    Tujuan Perbaikan:
    1. Meningkatkan keaktifan siswa
    2. Memperdalam pemahaman puisi
    3. Meningkatkan kemampuan menulis puisi

    Judul PKP:
    Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Picture and Picture

  8. Nama: IRHAM

    NIM: 856618988

    UPBJJ: UT JAMBI

    Pokjar: TANJUNG JABUNG TIMUR

    Menurut saya, Pada video tersebut, guru tidak melakukan pembukaan seperti salam dan membaca doa serta menanyakan kabar / absen dan memberi motivasi di awal pembelajaran. Sehingga siswa belum bersemangat untuk belajar. Guru tersebut juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan diberikan. Kemudian, materi yang diberikan guru tersebut bentuknya seperti cerita. Bahkan guru mencontohkannya pun seperti membaca cerita. Guru belum mencontohkan membaca puisi dengan tepat. Irama serta penekanan dalam membaca puisi belum ada. Guru tersebut pun tidak memberikan pemahaman isi puisi kepada siswanya. Dan tidak ada nya penutup seperti refleksi,doa dan salam penutup

    Demikianlah tanggapan saya

    Saya mohon maaf jika terdapat salah dalam tanggapan saya

    Saya akhiri
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  9. Nama : Difentri Hia
    Nim : 860106719
    UPBJJ: Medan
    Matkul: PKM

    Menurut saya setelah menganalisis video pembelajaran tersebut diatas
    Adapun kelemahan dan kelebihannya;

    •Kelemahan: Pembelajaran dalam Video
    Guru tidak menggunakan media visual atau alat bantu lain untuk memperkuat pemahaman isi puisi.
    Interaksi guru dan siswa masih bersifat satu arah dalam beberapa bagian pembelajaran.
    Tidak ada kegiatan refleksi atau penutup pembelajaran yang jelas.
    Kegiatan tidak terlihat disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa yang berbeda (belum diferensiatif).

    Kelebihan: Guru memiliki suara yang jelas dan intonasi yang baik saat membaca puisi.
    Guru menunjukkan sikap ramah dan membangun suasana yang nyaman.
    Siswa diberi kesempatan aktif membaca dan menjawab secara langsung.
    Fokus pada keterampilan literasi yang penting (memahami dan menafsirkan puisi).
    Penggunaan pertanyaan terbuka melatih daya pikir kritis siswa.

    Tujuan perbaikan:
    Mengintegrasikan media visual/audio (contohnya: menampilkan puisi dalam bentuk video atau gambar) agar siswa lebih tertarik.
    Menggunakan strategi pembelajaran kooperatif seperti diskusi kelompok kecil untuk menganalisis isi puisi.
    Meningkatkan aspek HOTS (Higher Order Thinking Skills) dengan mengajak siswa membuat pertanyaan sendiri dari puisi yang dibacakan.
    Memberikan LKPD yang memuat aktivitas beragam, seperti menggambar makna puisi, menyusun kembali bait puisi, dan membuat puisi sederhana.

    Sekian tanggapan saya
    Kurang lebih-nya mohon maaf🙏
    Terimakasih

  10. Saya Dini Atul Ngaliyah (857583398) dari UPBJJ Purwokerto

    Video ini merupakan bagian dari seri pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa Sekolah Dasar. Tujuannya adalah membantu siswa memahami cara menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi puisi. Dalam video tersebut, guru menyajikan pembelajaran dengan melibatkan siswa secara aktif melalui kegiatan membaca puisi dan diskusi untuk menginterpretasikan maknanya.

    Kelebihan Guru
    Menurut komentar dari pengguna situs, guru dalam video ini mampu menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dengan melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar.

    Kekurangan Guru
    – Kurangnya penjelasan materi secara rinci: Guru tidak memberikan penjelasan yang mendalam mengenai cara menjawab pertanyaan pada puisi, sehingga siswa kesulitan memahami materi.
    – Kurangnya apresiasi dan komunikasi: Guru belum memberikan apresiasi kepada siswa dan kurang berkomunikasi secara efektif, yang menyebabkan siswa kurang memahami pembelajaran yang berlangsung.
    – Tujuan pembelajaran tidak tersusun dan terarah: Tidak adanya penyampaian tujuan pembelajaran yang jelas membuat siswa bingung tentang apa yang diharapkan dari mereka.

    Saran Perbaikan
    1. Memberikan penjelasan materi secara rinci sebelum memberikan tugas atau pertanyaan kepada siswa, agar mereka memahami makna dari pembelajaran dan maksud dari pertanyaan yang diberikan.
    2. Memberikan apresiasi kepada siswa untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka dalam belajar.
    3. Meningkatkan komunikasi dengan siswa, termasuk menyampaikan tujuan pembelajaran secara jelas dan terarah, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi.

Leave a Reply