silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

725 Comments

  1. Nama : KIKI FATMALA
    NIM : 856113143
    UPBJJ: BATAM
    Guru memiliki kelebihan dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh peserta didik , serta mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari agar mudah dipahami oleh siswa. Pembelajaran yang disampaikan guru tentang menentukan arah mata angin dengan menggunakan posisi matahari menunjukkan pendekatan yang sederhana namun efektif. Guru mengajak siswa belajar di luar kelas untuk menentukan arah mata angin dengan menggunakan benda yang nyata sehingga siswa lebih mudah dipahami oleh siswa. Siswa terlihat antusias dan aktif mengikuti instruksi guru, menunjukkan bahwa metode yang digunakan cukup tepat.
    kekurangan: Namun, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti kurangnya penggunaan alat bantu visual seperti video pemelajaran ataupun mennyayikan lagu menentukan aah mata angin sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh ibu guru dan kesempatan siswa untuk mencoba secara langsung.
    Metode unik yang digunakan: seperti meminta siswa menunjukkan arah mata angin dengan posisi tubuh, efektif dan mudah diingat oleh anak-anak. Penggunaan kompas secara langsung juga membantu memperkuat pemahaman siswa.
    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran: guru dapat menambahkan alat bantu visual seperti peta arah mata angin, memberi kesempatan siswa untuk berlatih dalam kelompok kecil, dan menyisipkan sesi refleksi atau tanya jawab di akhir kegiatan untuk mengukur pemahaman siswa. Dengan demikian, pembelajaran dapat menjadi lebih interaktif dan efektif

  2. Vidio diatas dilaksanakan di SD29 dimana dalam vidio pembelajaran tersebut menyajikan kegiatan pembelajaran tentang Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin yang di sutradarai oleh Pudji Setyo DJ. dan dikembangkan oleh “SME, Sony Music Entertainment (Japan) Inc. (on behalf of Sony Music Labels Inc.); Muserk Rights Management, and 8 Music Rights Societies”.
    Pada kegiatan awal pembelajaran dibuka tidak berlangsung lama, guru menyapa siswa dan menanyakan kabar, dan menyampaikan materi pembelajaran. Pada kegiatan inti guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara menentukan arah mata angin dengan cepat, mudah dan benar. Dalam kegiatan akhir guru meminta siswa mempraktekan bagaimana cara menentukan arah mata angin dengan cepat serta memberikan motivasi dan menyimpulkan hasil dari materi pembelajaran tersebut.

  3. Nama : Nobertus Nofatouosa Gulo
    Nim : 859871198
    Vidio diatas dilaksanakan di SD29 dimana dalam vidio pembelajaran tersebut menyajikan kegiatan pembelajaran tentang Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin yang di sutradarai oleh Pudji Setyo DJ. dan dikembangkan oleh “SME, Sony Music Entertainment (Japan) Inc. (on behalf of Sony Music Labels Inc.); Muserk Rights Management, and 8 Music Rights Societies”.
    Pada kegiatan awal pembelajaran dibuka tidak berlangsung lama, guru menyapa siswa dan menanyakan kabar, dan menyampaikan materi pembelajaran. Pada kegiatan inti guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara menentukan arah mata angin dengan cepat, mudah dan benar. Dalam kegiatan akhir guru meminta siswa mempraktekan bagaimana cara menentukan arah mata angin dengan cepat serta memberikan motivasi dan menyimpulkan hasil dari materi pembelajaran tersebut.

  4. Nama : Agung grafika surbakti
    Nim : 860178797
    Pokjar : binjai
    Guru memiliki kelebihan dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh peserta didik , serta mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari agar mudah dipahami oleh siswa. Pembelajaran yang disampaikan guru tentang menentukan arah mata angin dengan menggunakan posisi matahari menunjukkan pendekatan yang sederhana namun efektif.

  5. NAMA MAHASISWA : SRI KUMALA DEWI
    NIM : 855988505
    POKJAR : TAPANULI TENGAH
    Menurut pendpaat saya tentang video diatas video tersebut mempunyai kelemahan yaitu guru tidak membuat salam pembuka, memeriksa kelengkapan siswa, melakukan absensi dan tidak berdoa saat memulai pelajaran namun langsung memulai pelejaran, guru tidak terlebih dahulu menjelaskan materi pelajaran dan tujuan pembelajaran yang tidak jelas namun langsung bertanya kepada siswa tentang arah mata angin sehingga membuat siswa kewalahan untuk menjawab karena mereka belum mengerti dan tidak tau tentang topik pembahasan tentang mat aangin
    guru tidak mencontohkan gerakan arah mata angin malah menyuruh siswa untuk mencontohkan guru tidak memberikan peringatan kepada siswa yang mengejek temannya apabila salah dalam memberikan pendapat sehingga membuat siswa lain untuk menjawab tidak percaya diri sehingga membuat suasa ruangan kelas menjadi kurang kondusif, guru tidak mempersiapkan bahan/alat sebagai media pembelajaran sehingga siswa sulit untuk mengerti materi yang sedang diajarkan dan guru kurang menguasai kelas sehingga kelas tersbut kurangnya interkasi anatara siswa dan guru padahal sebenarnya topik yang disampkan sayang menarik untuk dibahas dan dipelajari.

Leave a Reply