silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Assalamu’alaikum wr.wb.
NAMA : ANNISA
NIM : 856337935
JURUSAN : PGSD BI SEMESTER 02
JUDUL VIDEO : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
Kelebihan video pembelajaran :
1. Guru melakukan praktik pembelajaran di luar kelas. Hal ini tentu memberikan semangat dan menarik minat siswa untuk belajar menentukan arah mata angin secara langsung.
2. Guru memberikan apresiasi kepada siswa saat siswa menjawab pertanyaan guru tentang manfaaat kita mengetahui arah mata angin.
3. Guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan praktik menyebutkan arah mata angin.
Dari video pembelajaran di atas, saya mendapatkan pengetahuan bahwa dengan praktik belajar di luar kelas akan memberikan motivasi dan semangat kepada siswa untuk belajar . Siswa akan lebih tertarik dalam belajar.
Kekurangan Video Pembelajaran :
1. Pembukaan Pembelajaran
– Guru tidak membuka pembelajaran dengan salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
– Guru tidak mengaitkan pembelajaran hari ini dengan pembelajaran sebelumnya.
2. Inti Pembelajaran
-Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pembelajaran Arah Mata Angin kepada siswa, melainkan langsung praktik di luar kelas.
3. Penutupan Pembelajaran
– Guru tidak melakukan kegiatan penutup pembelajaran.
Pada video pembelajaran, tidak ada proses pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup pembelajaran. Hal ini menjadi pembelajaran hanya sebatas praktik saja. padahal dalam proses pembelajaran penting adanya kegiatan pembuka hingga penutup pembelajaran. sehingga siswa bisa mendapatkan pembelajaran yang utuh dan bermakna.
Solusi Pembelajaran :
Guru sebagai tenaga pendidik seharusnya melaksanakan setiap proses pembelajaran kepada siswa. Dari awal masuk kelas sampai keluar kelas. Hal ini supaya siswa bisa mendapatkan pembejaran yang utuh dan bermakna.
selain itu, praktik pembelajaran di luar kelas seperti yang dilakukan oleh guru di dalam video sudah sangat bagus sekali. karena memberikan kesan dan pengalaman berbeda bagi siswa. siswa terjun langsung dalam belajar arah mata angin. tapi, satu hal yang tidak boleh terlupakan oleh kita sebagai guru, yakni memberikan teori atau materi terlebih dahulu kepada siswa, agat siswa bisa memahami dengan baik tentang materi pembelajaran tersebut, teori dan praktik bisa dipahami oleh siswa dengan baik.
Demikianlah yang bisaa saya sampaikan. mohon maaf bila terdapat kesalahan.
saya ucapkan terima kasih.
Assalamu’alaikum wr.wb.
Nama : Diana wahyu Aristia
Nim : 858808865
Prodi : PGSD S-1
Pokjar : KAB KEDIRI
Berikut analisis saya tentang vidio diatas
Menurut saya metode yang dilakukan guru tersebut cukup baik dengan mengajak anak anak ke luar kelas dan menggunakan sebagian anggota tubuh yang dapat digunakkan untuk media arah mata angin hal ini dapat sebagai Bukti konkrit tentang mata angin namun terdapat kekurangan dalam pembelajaran seperti guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan di kegiatan awal guru tidak mengajak siswa siswi berdoa terlebih dahulu.
Terima kasih
Nama : Nira Merita
NIM : 857362995
Email : niramerita@gmail.com
Jurusan : FKIP
Pembelajaran IPS pada siswa SD cenderung membosankan dan membuat siswa mengantuk, maka pembelajaran yang mengaktifkan siswa dalam prosesnya menjadi solusi untuk memacu motivasi siswa dalam mengukuti pembelajaran, atau dengan membawa siswa ketempat lain (diluar kelas) membuat siswa lebih bersemangat, dengan motivasi itu membuat siswa lebih memahami pembelajaran lebih baik. pada video tadi sudah jelas mengaktifkan dan meningkatkan motovasi siswa dalam menguasai materi dengan mengaktifkan partisipasi siswa dan membawa siswa keluar dati kelas dan mencoba hal secara kongkrit dan menyenangkan.
Nama : Ebiana Yulianti
NIM : 858808761
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : UT MALANG Pokjar Kab.Kediri
Analisis saya berdasarkan video diatas kegiatan pembelajaran yg dilakukan guru sudah cukup baik,diawal pembelajaran guru memberikan apersepsi dengan menanyai lokasi rumah siswa sehingga siswa mempunyai bayangan tentang pengalaman sehari-hari dan materi yg akan dipelajari yaitu arah mata angin.Selain itu guru juga mengajak anak berpraktik langsung di luar kelas.Memberikan pengalaman nyata dan pembelajaran melalui praktik langsung bagi anak membawa dampak positif bagi anak,anak dapat membangun pengetahuannya melalui kegiatan mengamati apa yang mereka lihat,mencoba apa yang mereka ingin ketahui,dan menyimpulkan informasi dari apa yang mereka peroleh dari kegiatan tersebut.Dengan pembelajaran praktik membuat anak merasa senang dan menikmati pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai.Namun terdapat kekurangan dalam video tersebut karena guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam,do’a dan memotivasi siswa.
Sekian,terimakasih
setelah menyimak video pembelajaran Ips di SD
Menurut saya metode yang dilakukan guru tersebut sudah baik, guru mengajak anak- anak ke luar kelas dan menggunakan sebagian anggota tubuh yang dapat digunakkan untuk media arah mata angin.
hal ini dapat sebagai Bukti konkrit tentang mata angin,namun terdapat kekurangan dalam pembelajaran seperti guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan di kegiatan awal guru tidak mengajak siswa siswi berdoa terlebih dahulu.
Nama : Indah Dwi Astuti
NIM : 857493845
Prodi : PGSD S-1 FKIP
Judul Video : Belajar mudah menentukan arah mata angin
Berikut analisis video diatas menurut saya,
Kelemahan : Pada kegiatan awal, guru tidak membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, tidak ada pengecekan kondisi siswa terlebih dahulu sehingga siswa terlihat masih ada yang asik mengobrol dengan temannya, kondisi kelas belum terlalu kondusif. Guru tidak memberi tahu mengenai tujuan pembelajaran. Guru kurang menerangkan pelajaran hanya mencontohkan saja, hal itu menyebabkan beberapa siswa tidak aktif pada saat pelajaran. Pada kegiatan akhir, tidak ada evaluasi lebih lanjut seperti mengisi soal atau memberi pekerjaan rumah kepada siswa.
Lalu, untuk kelebihan pada video diatas yaitu : Guru mengajak siswa belajar diluar kelas sehingga anak akan lebih mudah mengerti karena belajar sambil melakukan Gerakan arah mata angin. Guru dapat menentukan metode pembelajaran dengan baik. Guru memberikan penghargaan kepada siswa karena dapat menjawab pertanyaan, hal itu dapat membangun motivasi dan semangat belajar siswa.
Terimakasih
Nama : Rita Panggabean
NIM : 857311706
Prodi : PGSD -S1
UT : Bogor Pokjar Bogor Utara
Judul Video : Belajar mudah menentukan arah mata angin
Secara keseluruhan , tujuan pembelajaran tercapai dengan pahamnya siswa dengan materi pembelajaran. Tetapi secara alur kegiatan belajar , guru belum maksimal karen tidak adanya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang lassung to the point . Disamping itu masih adanya siswa yang riuh /ricuh ketika menjawab , guru tidak memperhatikan ini , setidaknya bisa di apresiasi walaupu jawaban nya kurang tepat .
Dengan menggunakan media yang nyata ( matahari terbenam dan tenggelam) siswa mampu memahami materi arah mata angin . Dengan belajar di luar kelas , mempraktekan langsung siswa-siswa pun semangat dan mampu memahami materi tersebut .
Terima kasih
Nama : Fitria Novita Sari
Nim : 858816697
Jurusan : PGSD semester 6
bismillahirahmanirahi,
dari video yang telah saya lihat disitu terlihat guru pada awal pembelajaran tidak menyampaikan penjelasan tentang materi yang akan diberikan, Cuma menanyai apakah sudah siap belajar? Kemudian guru tidak memberikan waktu untuk anak membaca sekilas dari buku pegangan siswa, bahkan guru tersebut langsung memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai materi yang diberikan.
Setelah megunakan solusi mempercepat pemahaman anak tentang arah mata angin terlihat suasana kelas menjadi lebih hidup dan anak-anak terlihat lebih memahami materi yang akan dibahas pada pertemuan kali ini. Selain itu guru mencontohkan arah mata angin dengan anggota tubuhnya. Dan siswa diminta untuk mempraktekkan apa yang diajarkan gurunya, dengan meminta siswa mengamati telebih dahulu posisi matahari terbit atau terbenam, agar mudah menentukan arah mata angin.
Nama : Dimas Bayu Segara
NIM : 858821001
Program Studi : S1 PGSD
Pokjar : Kepanjen – UPBJJ Malang
Setelah mengamati video tersebut ada beberapa catatan yang bisa saya berikan, yaitu :
1. Dalam pembelajaran tersebut rekasi awalnya siswa tampak bingung dan tidak paham. Akan tetapi setelah siswa di ajak belajar di luar kelas siswa sangat memperhatikan apa yang di jelaskan oleh guru, siswa juga tampak senang dan aktif dalam bertanya maupun menjawab.
2. Kelemahan dalam pembelajaran tersebut tidak adanya pendahuluan yang dilakukan guru, sehingga siswa merasa bingung dan sulit untuk menjawab.
3. Kelebihan dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan lingkungan sekitar untuk mendukung pembelajarannya/menyampaikan materinya yaitu dengan belajar di luar kelas.
Nama : Nova Aprilia Nur Salamah
NIM : 857492678
Program Studi : S1 PGSD
Judul Video : Belajar mudah menentukan arah mata angin
Analisis Video Pembelajaran
Kelemahan :
Berdasarkan hasil pengamatan rekaman video pembelajaran, guru tidak melakukan pembukaan awal pembelajaran dengan kurang baik. Guru melewatkan banyak hal yaitu tidak melakukan kegiatan apersepsi seperti tidak ada pengecekan kondisi siswa, tidak membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa, sehingga dapat dilihat masih banyak siswa yang asik mengobrol dengan temannya sehingga terciptanya kondisi kelas yang tidak kondusif. Selain itu juga guru tidak memaparkan mengenai tujuan pembelajaran yang akan diberikan sehingga siswa akan sulit fokus terhadap materi yang diberikan. Padahal kegiatan apersepsi dilakukan untuk menarik perhatian peserta didik agar dapat lebih fokus terhadap materi yang nantinya akan disampaikan, terlewatnya apersepsi akan menyebabkan siswa tidak atau kurang fokus pada materi yang akan dibahas. Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan intonasi dan gestur tubuh yang monoton dan kurang ekspresif
Kelebihan :
Guru mengajak anak didik untuk belajar diluar kelas sehingga anak akan lebih faham karena belajar sembari memperagakan gerakan arah mata angin. Guru juga dapat menentukan metode pembelajaran dengan baik.
Proses pembelajaran yang dilakukan tidak terpusat pada guru saja, dimana dapat dilihat siswa tidak hanya mendengarkan saja penjelasan yang disampaikan oleh guru tetapi aktif memberikan pendapat atau pengetahuan yang mereka miliki. Guru berperan aktif dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat atau pengetahuan mereka sehingga menyebabkan siswa berusaha untuk memahami materi dengan. Guru yang berperan aktif mengajak siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran akan mengakibatkan siswa tidak cepat jenuh, lebih bersemangat dan tidak mudah bosan. Guru yang memberikan kesempaan pada siswa untuk merespon apa yang disampaikan memperlihatan siswa sudah paham atau belum terhadap materi yang disampaikan. Guru memberikan reward kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dan hal tersebut berhasil membangun motivasi siswa.