silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Trecia Cerry Haniel
NIM : 856979777
Program Studi : S1-PGSD
Pokjar : UT Banjar Agung (UPBJJ Bandar Lampung)
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawaban : siswa bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai menentukan arah mata angin.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban : dalam pembelajaran kali ini kurangnya media pembelajaran yang dapat digunakan secara langsung oleh siswa
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban : guru mencoba terus memberi motivasi bagaimana siswa dapat membedakan arah mata angin
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawaban : guru mengajak siswa menentukan arah mata angin dengan menggunakan alat seadanya
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikut?
Jawaban : guru sebaiknya dapat menyedikan media pembelajaran yang lebih alternatif lagi sehingga dapat mempermudah proses pembelajaran
Nama : Dewi Saptiana
Nim : 856943512
Pokjar : Sidomulyo
Menurut saya dari vidio tersebut guru terlihat kaku dan dalam penyampaiannya kurang menarik untuk membuat siswa semangat dan lebih aktif dalam mengikuti pelajaran tersebut.
Guru tidak menanyakan atau mengulas kembali materi yang disampaikan apabila ada murid yang belum benar benar paham dalam pelajaran tersebut.
Guru tidak menggunakan media sebagai alat praktik yang dapat membantu siswa mempermudah mengenal mata angin.
Akan tetapi guru ber inisiatif untuk mengajak siswa untuk belajar diluar kelas
terimakasih
Nama : Dewi Saptiana
Nim : 856943512
Pokjar : Sidomulyo
Menurut saya dari vidio tersebut guru terlihat kaku dan dalam penyampaiannya kurang menarik untuk membuat siswa semangat dan lebih aktif dalam mengikuti pelajaran tersebut.
Guru tidak menanyakan atau mengulas kembali materi yang disampaikan apabila ada murid yang belum benar benar paham dalam pelajaran tersebut.
Guru tidak menggunakan media sebagai alat praktik yang dapat membantu siswa mempermudah mengenal mata angin.
Akan tetapi guru ber inisiatif untuk mengajak siswa untuk belajar diluar kelas
terimakasih
Nama : VERONIKA R MANULLANG
Nim : 859884811
Program studi : S1 PGSD
Berdasarkan hasil pengamatan video pembelajaran belajar mudah menentukan arah mata angin di kelas 3 SD, permasalahan yang dapat di indetifikasi adalah sebagai berikut
1. Kurangnya persiapan guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran di kelas seperti cara membuka pembelajaran
2. Metode pembelajaran yang kurang menarik
3. Guru tidak ada menggunakan Media, guru bisa menggunakan kompas sebagai media pembelajaran
4. Pelaksanaan pembelajaran Yang terkesan membosankan, juga suara guru yang monoton.
Analisis masalah
Berdasarkan identifikasi masalah pada video pembelajaran mengenai arah mata angin di kelas III. Maka analisis masalah yang ditemukan adalah
1. Dalam pelaksanaan kegiatan pra pembelajaran tampak bahwa guru tidak mempersiapkan alat peraga pembelajaran
2. Guru juga tidak memperhatikan hal seperti mengatur ruangan, posisi tempat duduk sesuai dengan kegiatan pembelajaran, serta kerapihan pakaian siswa
3. Pada kegiatan awal proses pembelajaran terlihat bahwa guru tidak mengucapkan kalimat sapaan “selamat pagi”, tidak mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu. Selain itu tidak ada kegiatan yang dilakukan guru berupa pengecekan kehadiran siswa. Kegiatan literasu serta penyampaian tujuan pembelajaran juga tidak ada. Guru tersebut langsung membuat pertanyaan tanpa menjelaskan dulu materi yang dipelajari seperti arah mata angin itu apa, dan apa saja jenis arah mata angin.
4. Pada kegiatan ini pembelajaran, terlihat memang bahwa guru mengajak siswa ke lapangan untuk mempraktikan arah mata angin. Ini sudah baik, tapi alangkah baiknya jika guru juga menggunakan sebuah meida seperti kompas yang bisa menentukan arah mata angin. Guru juga bisa menggunakan metode atau model pembelajaran yang bisa menarik minat siswa untuk belajar arah mata angin. Karena penggunaan metode atau model pembelajaran yang kurang menarik dapat menurunkan perhatian siswa dan cenderung akan membosankan. Sehingga siswa tidak memperhatikan guru dan memperoleh hasil belajar yang rendah.
5. Pada kegiatan penutup, guru tidak memberikan penguatan dan kesimpulan pada kegiatan pembelajaran, serta tidak adanya kesempatan bagi siswa untuk bertanya mengenai materi pembelajaran yang sekiranya belum dipahami oleh siswa.
Alternatif pemecahan masalah
Tindakan perbaikan yang dapat dilakukan adalah penggunaan metode atau model pembelajaran yang tepat, dan pada saat pembelajaran dengan menerapkan Media pembelajaran yang tepat seperti kompas untuk memperbaiki keefektifan pembelajaran pada siswa kelas III SD.
Terimakasih
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran?
Menurut saya: siswa sangat bersemangat dalam proses pembelajaran dan tidak malu saat diminta memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan oleh guru.
2. Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya: kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut guru tidak memberikan media atau sumber belajar dalam materi tersebut serta guru tidak mengevaluasi kembali materi pembelajaran yang sudah diajarkan.
3. Apa saja kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut?
Menurut saya kelebihannya adalah guru mengajak siswa berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran dengan tanya jawab serta meminta siswa memperagakan arah mata angin dengan tubuhnya.
4. Hal unik apa yang ditemukan di dalam video pembelajaran tersebut?
Hal unik yang ditemukan adalah pembelajaran yang aktif.
5. Hal apa saja yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajar?
Menurut saya guru hendaknya menggunakan ekspresi wajah yang bersemangat dalam proses pembelajaran agar siswa lebih antusias lagi dalam belajar.
Nama : Arselia Cristianti
Nim : 856991545
Pokjar : Sidomulyo
Menurut hasil analisis saya setelah menonton vidio tersebut dapat saya jawab pertanyaan-pertanyaan berikut :
1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran :
Siswa sangat berantusias dan bersemangat saat pembelajaran
2. Kelemahan dalam vidio tersebut adalah :
Guru tidak melakukan pembukaan dalam pembelajaran/berdoa maupun salam. guru juga tidak melakukan absensi.
Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi arah mata angin, melainkan langsung mengajak siswa belajar di luar kelas.
3. Kelebihan dalam vidio tersebut adalah :
Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan.
4. Hal unik yang saya temukan dalam vidio tersebut adalah :
Guru menyuruh siswa maju kedepan untuk praktik menyebutkan arah mata angin.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru saat melakukan pembelajaran, hal yang harus dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar selanjutnya adalah :
1. Sebelum menyampaikan materi hendaknya guru melakukan salam, berdoa dan absensi siswa.
2. Sebelum praktik arah mata angin hendaknya guru menjelaskan terlebih dahulu kepada siswa.
Nama silviana nurul fauziah
Nim 857304646
Refkelasi terhadap video pembelajaran tersebut
Siswa di kelas 3 tidak bisa menentukan arah mata angin,lalu guru menjelaskan bagaimana cara mengetahui arah mata angin,tetapi dalam pembelajaran ini di awal pembelajaran guru tidak mengajak siswa untuk membaca doa,lalu di saat pembelajaran guru kurang menguasai kelas sehingga bagi siswa yang lambat berfikir akan kesulitan memahami jika gaya pembelajarannya seperti di video.
Nama : Latifah murniyati
Nim : 856987022
Pokjar : Sidomulyo ( Lampung Selatan )
Program studi : PGSD
Dari video yang telah diberikan tentang pembelajaran pengenalan Arah Mata Angin.Didapatkan menurut pendapat saya bahwa proses pembelajaran dikelas yang dilakukan oleh guru sangat kaku dan monoton terlihat dari penyampaian dari guru tersebut dan interaksi tanya jawab kurang maksimal dikarenakan setelah siswa memberikan jawaban guru tersebut memberikan jawaban yang kurang menarik dari segi bahasa agar lebih mudah dipahami oleh siswa Sekolah Dasa (SD).
Nama : FITRIA ALFIRA
NIM : 856024932
Pokjar : Sei Balai
Program Studi : PGSD-S1
Menurut pengamatan saya mengenai video pembelajaran tersebut, guru tidak mengucapkan salam pembuka dan penutup. Kemudian pada awal pembelajaran sebelum guru menjelaskan mengenai pembelajaran yang akan dipelajari, guru langsung memberikan pertanyaan kepada siswa. Seharusnya guru menjelaskan terlebih dahulu mengenai pembelajaran yang akan dipelajari, kemudian bertanya kepada siswa.
Guru kurang bersemangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
Guru juga tidak ada melakukan kesimpulan pada akhir pembelajaran.
NAMA : UTARI ARMADANI
NIM : 855977258
POKJAR : SEI BALAI BATU BARA
PROGRAM STUDI : S1 PGSD
Dari Video diatas
Menurut pendapat saya tentang Pembelajaran IPS di SD yang berjudul “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” yakni :
KELEMAHAN : Dalam video tersebut Guru tidak melakukan Kegiatan Awal Seperti Mengucapkan salam,Berdoa,dan Mengabsen Siswa, Guru juga tidak menjelaskan terlebih dahulu mengenai Materi tentang “Arah Mata Angin” kemudian guru tidak menggunakan Media sebagai alat praktik yang dapat membantu siswa mempermudah mengenal Arah Mata Angin, Dan proses pembelajaran dikelas yang dilakukan Guru sangat Kaku dan Monoton,sehingga interaksi tanya jawab kurang Maksimal dan tidak Menarik.
KELEBIHAN : Dalam video tersebut Guru berinisiatif mengejak siswa keluar kelas untuk mempraktekkan Arah Mata Angin,dan Guru menyuruh siswa maju kedepan untuk mempraktikkannnya, Guru juga memberikan Apresiasi tanya jawab kepada siswa untuk melihat apakah siswa sudah memahami materi tersebut atau tidak.
Saran : Tindakan perbaikan yang dapat saya sampaikan ialah, Guru sebaiknya dapat mnggunakan media pembelajaran yang lebih alternatif seperti Kompas dan lain-lain,sehingga dapat mempermudah proses pembelajaran di dalam kelas.
Terima kasih