silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Eka Dhinda Randisca
Nim : 856026398
Program Study : S-1 PGSD
Pokjar : Sei Balai Kab. Batu Bara
Dari video yang berjudul Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin yang saya tonton dan simak tadi, hasil analisis saya yaitu dalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan dari video tersebut guru mampu mempraktikkan secara langsung di lapangan dengan mengajak siswa keluar kelas untuk mengetahui arah mata angin sehingga siswa mampu mengingat dengan mudah arah mata angin.
Dan kekurangan dari video tersebut guru tidak melakukan kegiatan awal proses pembelajaran seperti berdoa mengabsen atau membuat siswa bersemangat dalam memulai pelajaran dan guru juga tidak memberikan kesimpulan dalam akhir pembelajaran. Guru juga kurang mampu menguasai kelas dan materi seakan menjadikan suasana menjadi monoton dan proses pembelajaran kurang maksimal.
Saran dari saya sebaiknya guru dapat menggunakan media pembelajaran sehingga membuat siswa lebih memahami materi dan suasana pembelajaran lebih menarik.
Nama : Antonia Oraplean
Nim : 856026209
Upbjj : UT MEDAN
program Studi : FKIP
dari Refleksi Video Diatas
Menurut pendapat saya, kita sebagai guru harus bisa menentukan langkah langkah yang mudah, agar materi pembelajaran cepat dimengerti oleh para peserta didik. cara yang mudah untuk diajarkan kepada anak anak sekolah dasar yaitu bagaimana cara peserta didik belajar dengan mudah untuk menentukan arah mata angin.
matahari merupakan cara yang paling mudah dan pasti lebih mudah untuk menentukan arah mata angin. kita sebagai guru menyampaikan kepada peserta didik dengan cara perhatikan dimana matahari terbit dan tengelam,itu untuk menentukan arah timur dan barat. sedangkan jika kita berdiri menghadap matahari terbit, sudah pasti kanan dan kiri kita adalah selatan dan utara.
Terimakasih
Nama : Mega Margianti
NIM : 856944539
Pokjar : Sidomulyo
Tutor : Dr. Ade Imelda Frimayanti, M.Pd
Menurut pendapat saya video yang telah saya lihat di atas reaksi siswa pada saat pembelajaran tidak bisa memahami materi dengan baik, akan tetapi setelah guru mengajak belajar di luar kelas dan langsung mengamatinya siswa tampak aktif dalam tanya jawab, serta pada saat guru menjelaskan materi siswa dapat memahami dengan baik.
Kelebihan : Dalam pembelajaran tersebut guru mengajak siswa untuk belajar diluar kelas, dan melakukan pengamatan. Hal ini membuat siswa lebih paham serta aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
Kekurangan : Guru dalam menjelaskan materi kurang jelas, ekpresi terlihat monoton, serta dalam pembelajaran tersebut tidak ada kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru, sehingga siswa merasa sulit untuk menangkap materi yang disampaikan guru dan sulit untuk bertanya jawab.
Solusi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu sebaiknya guru memberi penjelasan mengenai tujuan pembelajaran, guru menerangkan materi harus jelas, memberikan motivasi kepada siswa, serta mencoba hal yang baru misalnya menggunakan alat peraga contohnya memberi video diyoutube mengenai arah mata angin. Hal ini menjadikan siswa lebih bersemangat dan lebih giat dalam belajar.
Nama : Febri Lestari
NIM : 859889455
Prodi : PGSD – Masukan Sarjana
UPBJJ : Medan
Pokjar : Langkat
Menurut saya, video pembelajaran tersebut cukup baik, tetapi terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan.
Kelebihannya adalah :
1. Guru menguasai kelas cukup baik.
2. Guru memvariasikan cara belajar tidak hanya di dalam kelas saja, tetapi juga membawa siswa belajar di luar kelas / ruang terbuka.
3. Guru melibatkan siswa dalam kegiatan belajar.
Dan kekurangannya adalah :
1. Tidak ada kegiatan pembuka, seperti salam, doa, absensi siswa dan menanyakan kesiapan belajar siswa.
2. Materi yang disampaikan langsung pada inti, tidak ada penjelasan di awal.
3. Tidak ada kegiatan penutup seperti kesimpulan dan salam penutup.
4. Guru membawakan pembelajaran dengan wajah datar, harusnya lebih ceria agar kelas terasa menyenangkan.
Nama : Ria Cahyani
Nim : 858053867
Prodi : PGSD-S1
Berdasarkan pengamatan saya pada video tersebut Mengenai pemahaman menentukan arah angin sudah cukup baik terutama pada saat guru bertanya penting nya arah mata angin dalam kehidupan sehari-hari, secara materi dan penguasaan yang di lakukan oleh guru tersebut sudah sangat baik hanya saja penyampaian materi dan cara penyampaian tidak menarik dan terkesan monoton, metode yang di lakukan guru sudah benar saat turun langsung untuk memperaktekkan materi tersebut tetapi kurang semangat, dan kurang menarik. Walaupun begitu pembelajaran tersebut sudah mudah untuk di pahami siswa.
Nama : Rina Agustin
NIM : 857325428
Prodi : PGSD – S1
Bismillah…
Menanggapi video diatas, menurut saya guru terlihat kurang berekspresi, sehingga dari awal pembawaan sudah kurang menyenangkan.
Namun guru sudah cukup melakukan variasi belajar dengan baik karena membawa anak-anak belajar diluar kelas. Hanya saja mungkin bisa di tambahkan dengan bernyanyi sambil menghafal arah mata angin nya. Agar kelas lebih hidup dan anak-anak bisa lebih bersemangat.
Sekian, dan terimakasih.
Nama : Rina Agustin
NIM : 857325428
Prodi : PGSD – S1
Bismillah…
Menanggapi video diatas, menurut saya guru terlihat kurang berekspresi, sehingga dari awal pembawaan sudah kurang menyenangkan.
Namun guru sudah cukup melakukan variasi belajar dengan baik karena membawa anak-anak belajar diluar kelas. Hanya saja mungkin bisa di tambahkan dengan bernyanyi sambil menghafal arah mata angin nya. Agar kelas lebih hidup dan anak-anak bisa lebih bersemangat.
Sekian, dan terimakasih. Nama : Rina Agustin
NIM : 857325428
Prodi : PGSD – S1
Bismillah…
Menanggapi video diatas, menurut saya guru terlihat kurang berekspresi, sehingga dari awal pembawaan sudah kurang menyenangkan.
Namun guru sudah cukup melakukan variasi belajar dengan baik karena membawa anak-anak belajar diluar kelas. Hanya saja mungkin bisa di tambahkan dengan bernyanyi sambil menghafal arah mata angin nya. Agar kelas lebih hidup dan anak-anak bisa lebih bersemangat.
Sekian, dan terimakasih.
Berdasarkan pengamatan saya pada vidio tersebut bahwa guru tersebut tidak melakukan kegiatan awal seperti salam, menanyakan kabar, mengecek kehadiran siswa, mengajak siswa untuk berdoa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru tersebut kelihatan kurang ekspresi sehingga anak siswa kurang memahami materi pembelajaran tersebut. Namaun, guru tersebut sudah melakukan variasi belajar dengan baik karena guru tersebut membawa anak – anak belajar di luar kelas, sehingga anak – anak tersebut dapat memahami pembelajaran mengenai pemahaman menentukan arah mata angin. sebagai usul untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran, anak – anak diajak bernyanyi sambil menghafal arah mata angin. Agar anak – anak lebih bersemangat untuk belajar.
Nama : Siti Rahmah
NIM : 856075376
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Batam
setelah mengamati video pembelajaran tersebut, proses belajar mengajar sudah berjalan dengan baik. siswa pun begitu antusias mengikuti pembelajaran. akan tetapi sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru memulainya dengan pendahuluan dengan mengucap salam, berdoa, mengisi absen kehadiran siswa kemudian baru masuk ke inti pembelajaran. dan saran dari saya sebaiknya saat memasuki kelas ekspresi guru juga harus ceria, agar suasana kelas tidak terlalu kaku dan tegang.
sekian, terimakasih
Nama : Cindy Adinda Putri
Nim : 856026373
Prodi : PGSD – S1
Pokjar : Sei Balai, Batu Bara
Pengamatan video pembelajaran IPS di SD
“Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
Menurut dari pendapat saya mengenai video diatas yang telah saya lihat/tonton ialah, masih banyak siswa yang belum pahan tentang dimana letak arah mata angin, tetapi sebagai seorang guru kita harus siap mengajarkan tentang arah mata angin, seperti yang saya lihat di video, seorang guru yang sudah bagus mengajarkan siswanya dengan cara mengajak siswa belajar diluar kelas untuk memperaktekkan petunjuk arah mata angin dan memaparkan tentang arah mata angin
Dan ketika siswa sudah paham tentang arah mata angin, guru memberikan sebuah pertanyaan agar siswa dapat mengingat kembali pentingnya mengetahui arah mata angin.