silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : AMY YUSNITASARI
NIM : 857972902
PRODI : S I PGSD- BI
UPBJJ : JOGJAKARTA
Dari video yang saya amati kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah cukup baik tetapi terdapat beberapa kelemahan dan kekurangan, diantaranya adalah :
Kelemahan :
1. Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan salam dan mengecek kehadiran siswa
2. Guru belum memberikan penjelasan tentang materi arah mata angin tetapi guru sudah memberikan pertanyaan kepada siswanya.
3. Guru kurang tepat dalam memberikan contoh tentang arah mata angin kepada siswanya.
Kelebihannya :
1. Guru memberikan simulasi tentang arah mata angin dengaan cara mengajak siswanya keluar ruangan dan mempraktekan tentang arah mata angin.
2. Dengan memberikan simulasi arah mata angin, siswa lebih mudah memahami tentang arah mata angin.
3. Guru tidak langsung menyalahkan siswanya, meskipun siswanya kurang tepat dalam menjawab pertanyaan
4. Guru memberikan pembelajaran yang aktual
Nama: Juni Wardani
NIM: 856056978
Program Studi: S-1 PGSD AKPMM
Judul: Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab: pada awal pembelajaran siswa kelihatan bingung, namun ketika guru bertanya siswa mau menjawab. Pada saat siswa diajak belajar di luar kelas, siswa sangat bersemangat dalam mendengarkan penjelasan guru dan aktif dalam kegiatan tanya-jawab.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, berdoa, mengecek kehadiran siswa, menanyakan materi minggu lalu, menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran. Guru juga tidak menjelaskan materi pelajaran tentang arah mata angin serta tidak melakukan kegiatan penutup.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: guru mengajak siswa belajar di luar kelas yang mana membuat siswa bersemangat dalam belajar, guru memberi apresiasi saat siswa dapat menjawab pertanyaan, guru meminta salah satu siswa maju kedepan untuk praktik menyebutkan arah mata angin, guru menggunakan lingkungan sekitar untuk mendukung pembelajaran yang dilakukan.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab: guru membuat sesi tanya jawab dengan siswa
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda lihat dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab: sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru melakukan kegiatan pendahuluan yang mana tujuannya untuk membuat siswa siap untuk memulai pelajaran, menyampaikan materi pelajaran agar siswa paham akan materi yang di sampaikan dan tidak bingung, serta melakukan kegiatan penutup sehingga proses pembelajaran yang di lakukan bermakna.
Nama: R.YOSWITA LASE
NIM : 822842773
Program studi: S-1 PGSD
UPBJJ: MEDAN
Dalam pembelajaran yang saya amati dari video diatas, Guru selalu melakukan yang terbaik tetapi tetap mempunyai kelemahan dan kelebihan:
1. Kelemahan
a. pada awal pembelajaran guru belum mengajak siswa bernyanyi dan berdoa.
b. Guru belum melakukan absen terhadap siswanya.
2. kelebihan
a. Guru memberikan contoh arah mata angi melalui tubuh siswa sehingga mudah dipahami
b. guru mengajak siswa di luar ruangan untuk mudah mengetahui letak dan arah-arah mata angin
Nama : Nazwa St Noour Syahara
Nim : 857361463
Prodi : S1- PGSD
UPBBJ : BOGOR
Video yang saya lihat di atas mengenai Arah Mata Angin.
Dalam penyempaian Materi guru sudah bagus menyampaikan materinya karena telah membangkitkan semngat anak untuk mempelajari inti dari materi arah mata angin.
hanya dalam menyampaikan materi arah mata angin guru dalam video tidak menyampaikan apersepsi sebulum melanjutkan pembelajaran dengan tidak : Berdoa, salam serta tidak menanyakan kehadiran siswa untuk memberikan penguatan serta motivasi belajar siswa unuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.
uru mengajak siswa belajar di luar kelas dan melakukan praktik. Hal ini sangat bagus untuk membuat siswa lebih mengerti dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar tentang menentukan arah mata angin.
Nama : FITRIMAN HONDRO
NIM : 855850939
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Nias Selatan
UPBBJ : Medan
Vidio yang saya lihat pada mata pelajaran IPS tentang bagaimana menentukan arah mata angin, ibu guru sudah dapat menjelaskan dengan sederhana sehingga peserta didik mudah memahami, sedangkan kelemahan, yaitu kegiatan awal langsung pada pokok bahasan, tidak ada sapaan semangat buat anak, selanjutnya langsung bertanya pada anak-anak tanpa menjelaskan terlebih dahulu bagaimana menentukan arah mata angin.
Nama : Betman Charis Hia
Nim : 835350532
Programstudi : S1 PGSD
Dari Vidio diatas yang saya lihat/Simak pada pembelajaran IPS tentang menentukan arah mata angin pada anak kelas III, penjelasan ibu guru sudah menjelaskan dengan benar sehingga peserta didik mudah memahami dan mengerti sedangkan kelemahan video yaitu kegiatan awal langsung pada pokok pembahasan, tidak ada sapaan dan mengecek kehadiranbagi peserta didik, selanjutnya langsung pada ruang bertanya pada siswa tanpa menjelaskan tata cara bagaimana menentukan arah mata angin yang benar.
Nama : Eni Susanti
NIM : 856949054
Program Studi S1_PGSD
Ringkasan video dari video menentukan arah mata angin adalah pada video ini menggambarkan menggambarkan anak kelas III SD yang tidak dapat menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak dapat membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya kearah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri menunjuk kearah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan.
Kelemahan yang terdapat dalam video pembelajaran belajar mudah menentukan arah mata angin sebagai berikut.
a. Guru tidak melakukan apersepsi di awal kegiatan pembelajaran.
b. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di bahas.
c. Siswa langsung menunjuk dan bertanya kepada siswa, sehingga siswa nampak
bingung ketika guru bertanya letak arah sekolah.
Kelebihan yang terdapat dalam video pembelajaran belajar menentukan arah mata angin sebagai berikut.
a. Membawa siswa melakukan pembelajaran keluar ruangan pembelajaran lebih mudah dipahami, lebih menarik dan siswa akan lebih aktif mengenai materi yang di pelajari dan dapat mengetahui arah mata angin yang nyata.
b. Siswa dapat mengetahui manfaat arah mata angin setelah guru menjelaskan dan mempragakan arah mata angin.
Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran belajar menentukan arah mata angin sebagai berikut.
a. Secara tidak langsung guru menggunakan lingkungan sekitar sebagai media untuk menentukan arah mata angin sehingga anak terlihat bersemangat karena dapat mencoba secara langsung dan konsep pembelajaran seperti ini akan selalu di ingat dalam ingatan anak-anak.
b. Siswa mampu menentukan arah mata angin dengan benar dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam.
c. Secara tidak langsung siswa mampu berbicara dan maju kedepan untuk memeragakan di mana arah mata angin yg di jelaskan oleh guru sebelumnya.
Perbaikan dalam video pembelajaran tersebut menurut penulis sebelum guru memulai kegiatan pembelajaran guru telah menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan terlebih dahulu, selanjutnya ketika memulai pembelajaran harus didahului dengan kegiatan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran kemudian barulah menyampaikan materi dengan menggunkan media pembelajaran yang ada walaupun menggunakan media pembelajaran sederhana dan yang terakhir pembelajaran diakhiri dengan kegiatan penutup seperti kesimpulan. Berdasarkan kelebihan dan kelemahan yang ditemukan dalam video pembelajaran maka dibuat RPP perbaikan.
Nama : Eni Susanti
NIM : 856949054
Program Studi S1_PGSD
Ringkasan video dari video menentukan arah mata angin adalah pada video ini menggambarkan menggambarkan anak kelas III SD yang tidak dapat menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak dapat membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya kearah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri menunjuk kearah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan.
Kelemahan yang terdapat dalam video pembelajaran belajar mudah menentukan arah mata angin sebagai berikut.
a. Guru tidak melakukan apersepsi di awal kegiatan pembelajaran. b. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di bahas.
c. Siswa langsung menunjuk dan bertanya kepada siswa, sehingga siswa nampak bingung ketika guru bertanya letak arah sekolah.
Kelebihan yang terdapat dalam video pembelajaran belajar menentukan arah mata angin sebagai berikut.
a. Membawa siswa melakukan pembelajaran keluar ruangan pembelajaran lebih mudah dipahami, lebih menarik dan siswa akan lebih aktif mengenai materi yang di pelajari dan dapat mengetahui arah mata angin yang nyata.
b. Siswa dapat mengetahui manfaat arah mata angin setelah guru menjelaskan dan mempragakan arah mata angin.
Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran belajar menentukan arah mata angin sebagai beriku
a. Secara tidak langsung guru menggunakan lingkungan sekitar sebagai media untuk menentukan arah mata angin sehingga anak terlihat bersemangat karena dapat mencoba secara langsung dan konsep pembelajaran seperti ini akan selalu di ingat dalam ingatan anak-anak.
b. Siswa mampu menentukan arah mata angin dengan benar dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam.
c. Secara tidak langsung siswa mampu berbicara dan maju kedepan untuk memeragakan di mana arah mata angin yg di jelaskan oleh guru sebelumnya.
Perbaikan dalam video pembelajaran tersebut menurut penulis sebelum guru memulai kegiatan pembelajaran guru telah menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan terlebih dahulu, selanjutnya ketika memulai pembelajaran harus didahului dengan kegiatan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran kemudian barulah menyampaikan materi dengan menggunkan media pembelajaran yang ada walaupun menggunakan media pembelajaran sederhana dan yang terakhir pembelajaran diakhiri dengan kegiatan penutup seperti kesimpulan. Berdasarkan kelebihan dan kelemahan yang ditemukan dalam video pembelajaran maka dibuat RPP perbaikan.
Nama : Eni Susanti
Nim : 856949054
Program Studi : S1_PGSD
Ringkasan video dari video menentukan arah mata angin adalah pada video ini menggambarkan menggambarkan anak kelas III SD yang tidak dapat menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak dapat membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya kearah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri menunjuk kearah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan.
Kelemahan yang terdapat dalam video pembelajaran belajar mudah menentukan arah mata angin sebagai berikut.
a. Guru tidak melakukan apersepsi di awal kegiatan pembelajaran.
b. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di bahas.
c. Siswa langsung menunjuk dan bertanya kepada siswa, sehingga siswa nampak bingung ketika guru bertanya letak arah sekolah.
Kelebihan yang terdapat dalam video pembelajaran belajar menentukan arah mata angin sebagai berikut.
a. Membawa siswa melakukan pembelajaran keluar ruangan pembelajaran lebih mudah dipahami, lebih menarik dan siswa akan lebih aktif mengenai materi yang di pelajari dan dapat mengetahui arah mata angin yang nyata.
b. Siswa dapat mengetahui manfaat arah mata angin setelah guru menjelaskan dan mempragakan arah mata angin.
Hal unik yang terdapat dalam video pembelajaran belajar menentukan arah mata angin sebagai berikut.
a. Secara tidak langsung guru menggunakan lingkungan sekitar sebagai media untuk menentukan arah mata angin sehingga anak terlihat bersemangat karena dapat mencoba secara langsung dan konsep pembelajaran seperti ini akan selalu di ingat dalam ingatan anak-anak.
b. Siswa mampu menentukan arah mata angin dengan benar dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam.
c. Secara tidak langsung siswa mampu berbicara dan maju kedepan untuk memeragakan di mana arah mata angin yg di jelaskan oleh guru sebelumnya.
Perbaikan dalam video pembelajaran tersebut menurut penulis sebelum guru memulai kegiatan pembelajaran guru telah menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan terlebih dahulu, selanjutnya ketika memulai pembelajaran harus didahului dengan kegiatan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran kemudian barulah menyampaikan materi dengan menggunkan media pembelajaran yang ada walaupun menggunakan media pembelajaran sederhana dan yang terakhir pembelajaran diakhiri dengan kegiatan penutup seperti kesimpulan. Berdasarkan kelebihan dan kelemahan yang ditemukan dalam video pembelajaran maka dibuat RPP perbaikan.
Nama : Eni Susanti
Nim : 856949054
Ringkasan video dari video menentukan arah mata angin adalah pada video ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak dapat menunjukan arah mata angin dengan tepat dan tidak dapat membaca peta lokasi sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat di lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, meminta siswa menunjukan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri menunjuk ke barat, dihadapan siswa terbentang arah utara dan di belakang siswa arah selatan.
Kelemahan video :
1. Guru tidak melakukan apersepsi di awal kegiatan pembelajaran
2. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di bahas
3.Guru langsung menunjuk dan bertanya kepada siswa, sehingga siswa nampak bingung ketika guru bertanya letak arah sekolah.
Kelebihan video :
1. Membawa siswa melakukan pembelajaran keluar ruangan pembelajaran lebih mudah di pahami, lebih menarik dan siswa akan lebih aktif mengenai materi yang di pelajari dan dapat mengetahui arah mata angin yang nyata.
2. Siswa dapat mengetahui manfaat arah mata angin setelah guru menjelaskan dan memperagakan arah mata angin.
Hal unik dari video :
1. Secara tidak langsung guru menggunakan lingkungan sekitar sebagai media untuk menentukan arah mata angin
2. Siswa mampu menentukan arah mata angin dengan benar dengan mengamati posisi matahari terbit dan terbenam
3. Secara tidak langsung siswa mampu berbicara dan maju kedepan untuk memperagakan dimana arah mata angin
Perbaikan dalam video pembelajaran tersebut yaitu sebelum guru memulai kegiatan pembelajaran guru telah menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan terlebih dahulu, selanjutnya ketika memulai pembelajaran harus didahului dengan kegiatan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran kemudian barulah menyampaikan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang ada walaupun menggunakan menggunakan media pembelajaran sederhana dan kegiatan di akhiri dengan penutup.
Berdasarkan kelemahan dan kelebihan vidwo tersebut maka dibuat RPP untuk rencana perbaikan pembelajaran.