silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama: Muchdaliza Fitri Sirait
    Nim:855977075
    Kelemahan:Guru Tidak Melakukan Pembukaan dan Tidak Mengabsen Siswanya dan Juga Guru Tidak Menggunakan Media Pembelajaran
    Kelebihan:Guru Mengajak Siswanya Untuk Aktif Dalam Belajar Dengan Cara Praktek Langsung Kelapangan
    Saran: Sebaiknya Guru Melakukan Pembukaan dan Juga Menggunakan Media Pembelajaran Agar Siswa Menjadi Lebih Aktif Lagi.

  2. Nama : Rani Damayanti Siahaan
    Nim : 856025364
    Prodi : S1 – PGSD
    Dari video “BELAJAR MUDAH MENENTUKAN ARAH MATA ANGIN” adapun kesimpulan yang dapat saya simpulkan yaitu:
    Pembelajaran IPS adalah pembelajaran yang mungkin membosankan bagi siswa karena umumnya pembelajaran IPS hanya bercerita tentang materi dan jarang mempraktekkan nya secara langsung. Dalam video tersebut terlihat ketika guru menanyakan tentang arah mata angin di dalam kelas dalam posisi seperti bercerita semua siswa tampak kebingungan dan tidak tau. Lalu guru mengambil cara agar siswa dapat mengetahui materi mata angin dengan mudah yaitu dengan cara guru mengajak siswa keluar kelas lalu mempraktekkan langsung materi tentang mata angin. Terlihat siswa langsung tampak bersemangat dan dapat dengan mudah mengerti materi tersebut. Pembelajaran di luar kelas juga dapat meningkatkan semangat anak dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran diluar kelas juga sangat menarik dan penting untuk dilakukan kepada siswa dalam mengatasi kebosanan belajar di dalam kelas.

  3. Nama : Yeni Nurlizah
    Nim : 856025389
    Setelah saya mengamati Vidio di atas , yaitu Vidio pelajaran IPS untuk kelas III judulnya “Belajar Mudah untuk Menentukan Mata Angin”
    Kelemahan :
    1. Pada kegiatan awal guru tidak memberikan salam kepada siswa, berdoa, mengecek kehadiran siswa dan tidak memberikan motivasi kepada siswa agar siswa bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar.
    2. Pada kegiatan inti pembelajaran guru tidak menjelaskan materi pembelajaran kepada siswa dan langsung praktek di luar kelas.
    3. pada kegiatan akhir guru tidak memberikan evaluasi atau latihan soal, serta tidak berdoa dan mengucapkan salam.
    Kelebihan :
    Guru mengajak anak didik untuk belajar diluar kelas sehingga anak akan lebih faham karena belajar sembari memperagakan gerakan arah mata angin. Guru juga dapat menentukan metode pembelajaran dengan baik.
    Proses pembelajaran yang dilakukan tidak terpusat pada guru saja, dimana dapat dilihat siswa tidak hanya mendengarkan saja penjelasan yang disampaikan oleh guru tetapi aktif memberikan pendapat atau pengetahuan yang mereka miliki. Guru berperan aktif dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat atau pengetahuan mereka sehingga menyebabkan siswa berusaha untuk memahami materi dengan. Guru yang berperan aktif mengajak siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran akan mengakibatkan siswa tidak cepat jenuh, lebih bersemangat dan tidak mudah bosan. Guru yang memberikan kesempaan pada siswa untuk merespon apa yang disampaikan memperlihatan siswa sudah paham atau belum terhadap materi yang disampaikan. Guru memberikan reward kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dan hal tersebut berhasil membangun motivasi siswa.

  4. Nama : Putri Juraidah
    Nim : 856028266
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Sei Balai

    Setelah mengamati Video Seri Pembelajaran IPS SD dengan judul ” Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” saya menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dari video ini, yaitu sebagai berikut :
    1. Kekurangan dari video pembelajaran
    – Guru tidak melaksanakan kegiatan Pembuka (Mengucapkan Salam, Berdo’a, Absensi Siswa, Penguatan/Motivasi Belajar, Menyampaikan Kompetensi dasar dan Tujuan Pembelajaran, Mengingat kembali materi sebelumnya)
    – Guru langsung bertanya tanpa memberikan penjelasan apapun tentang mata angin yang membuat Siswa Kebingungan
    – Guru tidak menampilkan Media Pembelajaran
    – Guru menjelaskan materi dengan sangat singkat melalui praktik diluar kelas
    – Guru tidak melaksanakan kegiatan Penutup (melakukan Penilaian, Menarik Kesimpulan, Menjelaskan Sedikit Materi Berikutnya, Berdoa)
    2. Kelebihan dari Video Pembelajaran
    – Guru mengajak siswa keluar kelas untuk melakukan praktek langsung
    – Guru memberikan Tepuk tangan kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan secara baik dan tepat.
    3. Saran
    menurut pendapat saya video pembelajaran ini sudah sangat baik, dimana guru yang mengajar terlihat sudah mampu untuk mengelola kelas dan murid dengan sangat baik, adapun hal-hal yang perlu untuk ditambahkan pada video ini adalah guru sebaiknya melaksanakan kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup karena ketiga kegiatan ini harus dilaksanakan agar proses mengajar dan belajar dikelas dapat tercapai dengan baik dan sesuai harapan. untuk membantu anak memahami materi guru dapat membuat media pembelajaran yang unik dan menarik agar siswa dapat dengan fokus belajar dan kelaspun menjadi lebih aktif.

  5. Nama : Untung Katmiyati
    Nim : 858905399
    Program Studi : S1-PGSD
    Pokjar : Banyuwangi Kota

    Berikut ini adalah hasil analisis video GPO 2“Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
    – Siswa terlihat bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mengenai menentukan arah mata angin
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    – Dalam kegiatan pembuka pembelajaran, guru tidak memberi salam dan melakukan berdoa
    – Guru tidak melakukan kegiatan apersepsi
    – Guru tidak memaparkan mengenai tujuan pembelajaran
    – Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan intonasi dan gestur tubuh yang monoton dan kurang ekspresif serta tergesa-gesa
    – Guru juga tidak melakukan kegiatan penutup pembelajaran seperti aktivitas apa yang sudah mereka pelajari pada hari itu, dan manfaat apa yang sudah di dapat, serta kesimpulan dari materi pembelajaran, dan yang terakhir do’a menutup pembelajaran.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – Guru mencoba terus memberi motivasi bagaimana siswa dapat membedakan arah mata angina
    – Guru mengajak siswa berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran dengan tanya jawab serta meminta siswa memperagakan arah mata angin dengan tubuhnya.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    – Guru mengajak siswa belajar dengan memberikan contoh nyata dengan praktik di luar kelas yang dapat membuat siswa menjadi mudah mengerti dan lebih semangat akan pembelajaran yang dipelajari.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah guru dapat menggunakan metode atau model pembelajaran yang tepat.
    – Saat pembelajaran guru dapat menerapkan media pembelajaran yang tepat seperti kompas untuk memperbaiki keefektifan pembelajaran.

  6. Nama : Bernadeta Saunoah
    NIM : 837882072
    Prodi. : PGSD -S1
    UT : Kupang

    Judul Video : Belajar mudah menentukan arah mata angin

    Berdasarkan videonya, tujuan pembelajaran tercapai dengan pahamnya siswa dengan materi pembelajaran. Tapi secara alur kegiatan belajar , guru belum maksimal karena tidak adanya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang langsung . Disamping itu masih adanya siswa yang riuh /ricuh ketika menjawab , guru tidak memperhatikan hal ini , setidaknya bisa memberikan apresiasi walaupun jawabannya kurang tepat sehingga siswa tersebut tidak kecewa.
    Dengan menggunakan media yang nyata (matahari terbenam dan tenggelam) siswa mampu memahami materi arah mata angin. Dengan belajar di luar kelas , mempraktekan langsung siswa-siswa pun semangat dan mampu memahami materi tersebut karena siswa secara langsung merasakan dan melihat arah mata angin yang tepat di alam bebas
    Terima kasih 🙏

  7. Nama : Nadya Aulia Safitry
    NIM : 856075075
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Batam

    Analisis saya berdasarkan video diatas kegiatan pembelajaran yg dilakukan guru sudah cukup baik,diawal pembelajaran guru memberikan apersepsi dengan menanyai lokasi rumah siswa sehingga siswa mempunyai bayangan tentang pengalaman sehari-hari dan materi yg akan dipelajari yaitu arah mata angin.Selain itu guru juga mengajak anak berpraktik langsung di luar kelas.Memberikan pengalaman nyata dan pembelajaran melalui praktik langsung bagi anak membawa dampak positif bagi anak,anak dapat membangun pengetahuannya melalui kegiatan mengamati apa yang mereka lihat,mencoba apa yang mereka ingin ketahui,dan menyimpulkan informasi dari apa yang mereka peroleh dari kegiatan tersebut.Dengan pembelajaran praktik membuat anak merasa senang dan menikmati pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai.Namun terdapat kekurangan dalam video tersebut karena guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam,do’a dan memotivasi siswa.

  8. saat pembelajaran IPS di SD seringkali siswa merasa jenuh dan membuat siswa mengantuk. Oleh karena itu, solusi yang efektif adalah dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, baik melalui metode yang mengaitkan siswa maupun dengan mengadakan kegiatan di luar kelas. Dalam video tersebut, terlihat jelas bahwa melalui kegiatan yang melibatkan partisispasi siswa dan mengajak mereka keluar kelas untuk melakukan kegiatan konkret dan menyenangkan, pembelajaran menjadi lebih bermakna dan siswa lebih termotivasi.

  9. Menurut pendapat saya Pembelajaran luar ruanganl ebih menarik dan tidak membosankan, siswa dihadapkan pada kondisi yang sebenarnya sehingga bahan yang dapat dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga kebenarannya akurat. Siswa dapat memahami Arah mata angin, mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
    Vidio tadi dapat meningkatkan motifasi siswa dalam memahami materi yang diajarkan, Pembelajaran di luar ruangan dapat membuat anak merasa merasa senang dan menikmati pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

    Terima Kasih

  10. Nama: Muhammad Natsir
    NIM: 859158398
    UPBJJ: Mataram
    Analisis saya tentang video pembelajaran yang berjudul”Belajar mudah menentukan arah mata angin” adalah:
    1. Reaksi siswa yang kurang tertarik belajar arah mata angin saat guru mengajarkannya dengan menulis di papan tulis.
    2. Kelemahan pada video tersebut adalah guru belum maksimal dalam mengajar karena tidak adanya kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang langsung . Disamping itu masih adanya siswa yang riuh /ricuh ketika menjawab , guru tidak memperhatikan hal ini , setidaknya bisa memberikan apresiasi walaupun jawabannya kurang tepat sehingga siswa tersebut tidak kecewa.
    3. Kelebihan dari video tersebut yaitu:materi sudah sesuai dengan kurikulum. Menurut pendapat saya Pembelajaran luar ruangan ebih menarik dan tidak membosankan, siswa dihadapkan pada kondisi yang Sebenarnya Siswa
    dapat memahami Arah mata angin, mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
    Vidio tadi dapat meningkatkan motifasi siswa dalam memahami materi yang diajarkan, Pembelajaran di luar ruangan dapat membuat anak merasa merasa senang dan menikmati pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
    Saran saya, agar pembelajaran lebih menarik dan bermakna sebaiknya
    menggunakan media yang nyata (matahari terbit dan tenggelam).Untuk materi arah mata angin siswa mampu memahami materi dengan belajar di luar kelas , mempraktekan langsung siswa-siswa pun semangat dan mampu memahami materi tersebut karena siswa secara langsung merasakan dan melihat arah mata angin yang tepat di alam bebas

Leave a Reply