silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Siti Fatimah
Nim : 855857196
UPBJJ : Medan
Prodi : PGSD
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Setelah saya menyaksikan video pembelajaran tersebut terdapat berbagai kelemahan dan kelebihan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut kepada siswa nya yaitu sebagai berikut :
1. Kelemahan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut yaitu :
a. Guru tidak mampu mengkondisikan siswa saat di dalam kelas
b. Tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar
c. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas
d. Guru kurang ekspresif atau kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran
2. Kelebihan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut yaitu :
a. Umpan balik antara guru dan siswa sangat baik
b. Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsun
c. Guru mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sangat menarik dan biasanya membuat anak-anak lebih senang serta bersemangat, sehingga lebih mudah dalam menerima materi tersebut
Adapun solusi yang bisa saya sampaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikut yaitu :
a. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran sebaiknya seorang guru harus memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) selama kegiatan pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup sehingga siswa lebih dapat memahami pelajaran yg diberikan.
b. Guru juga mampu dapat memberikan pertanyaan pemantik yang membuat siswa antusias untuk menjawab dan mau mencari tahu lebih mendalam tentang materi yang akan di pelajari.
Penggunaan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik, seperti pembelajaran berbasis proyek atau diskusi kelompok.
c. Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, misalnya dengan menggunakan aplikasi atau perangkat lunak untuk memperkuat pemahaman siswa tentang arah mata angin.
d. Menyediakan sumber belajar yang beragam dan mudah diakses, seperti buku, video pembelajaran, atau simulasi online.
e. Dalam menyampaikan materi setidaknya diberikan media pembelajaran berupa alat peraga seperti kompas atau gambar-gambar arah mata angin.
Itulah yang bisa saya sampaikan atas partisipasi diskusi dalam pembelajaran menganalisis video tersebut. Terimakasih
Nama : Siti Fatimah
Nim : 855857196
UPBJJ : Medan
Prodi : PGSD
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Setelah saya menyaksikan video pembelajaran tersebut terdapat berbagai kelemahan dan kelebihan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut kepada siswa nya yaitu sebagai berikut :
1. Kelemahan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut yaitu :
a. Guru tidak mampu mengkondisikan siswa saat di dalam kelas
b. Tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar
c. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas
d. Guru kurang ekspresif atau kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran
2. Kelebihan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut yaitu :
a. Umpan balik antara guru dan siswa sangat baik
b. Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsun
c. Guru mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sangat menarik dan biasanya membuat anak-anak lebih senang serta bersemangat, sehingga lebih mudah dalam menerima materi tersebut
Adapun solusi yang bisa saya sampaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikut yaitu :
a. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran sebaiknya seorang guru harus memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) selama kegiatan pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup sehingga siswa lebih dapat memahami pelajaran yg diberikan.
b. Guru juga mampu dapat memberikan pertanyaan pemantik yang membuat siswa antusias untuk menjawab dan mau mencari tahu lebih mendalam tentang materi yang akan di pelajari.
Penggunaan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik, seperti pembelajaran berbasis proyek atau diskusi kelompok.
c. Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, misalnya dengan menggunakan aplikasi atau perangkat lunak untuk memperkuat pemahaman siswa tentang arah mata angin.
d. Menyediakan sumber belajar yang beragam dan mudah diakses, seperti buku, video pembelajaran, atau simulasi online.
e. Dalam menyampaikan materi setidaknya diberikan media pembelajaran berupa alat peraga seperti kompas atau gambar-gambar arah mata angin.
Itulah yang bisa saya sampaikan atas partisipasi diskusi dalam pembelajaran menganalisis video tersebut. Terimakasih
Nama : Resti Hana Marinda
NIM : 855739651
Kelas : 6A
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
setelah melihat video pembelajaran diatas dapay saya simpulkan bahwa di setiap pembelajaran dan kelebihan dan kekuranganya salah satu kelebihan di video tersebut adalah :
1. Guru dalam menjelaskan arah mata angin langsung di luar ruangan kelas, sehingga siswa bisa langsung memahaminya
2. guru bisa mengondisikam siswa saat di luar ruangan
3. umpan balik dari guru dan siswa sangat baik
dan kekurangan di video tersebut adalah :
1. dalam kegiatan awal guru tidak menyampaikan salam dan tidak memberi semangat pada siswanya
2. guru tidak mengabsen siswa
3. seharusnya guru menjelaskan materi arah mata angin dengan jelas dulu baru menunjuk siswa untuk menetukan arah mata angin waktu di dalam kelas
4.guru waktu di dalam kelas kurang menguasai siswa
5. tidak ada refleksi sebelum mengakhiri pelajaran
6 dan tidak mengakhiri pelajaran dengan salam
Nama : Rina Mei Puji Asari
Nim : 858066089
Program studi : PGSD-S1
POKJAR : Sintang
Semester : 6
Kelas : A
Mata Pelajaran : Seri Pembelajaran IPS di SD
Judul video : Belajar Mudah Menentukan arah Mata Angin
Setelah saya melihat video di atas dapat di simpulkan bahwa kelemahan dari video tersebut yaitu :
1.Guru tidak membuka kelas dengan salam tidak membuka kelas dengan menarik tidak menguasaai proses pembukaan kelas
2.Guru tidak menjelaskan pelajaran yang akan dibahas hari ini
3.Seharusnya guru menjelaskan materi arah mata angin, apa manfaat mata angin, seharusnya dijelaskan dahulu dengan jelas baru menunjuk siswa untuk menetukan arah mata angin saat di praktekkan di luar kelas.
4.Saat di dalam kelas guru kurang menguasai siswa
5.Tidak ada refleksi sebelum mengakhiri Pelajaran dan tidak mengakhiri pelajaran dengan salam
Keunggulan vidio diatas yaitu :
1. Guru merubah metode pembelajaran menjadi praktek diluar kelas
2. Anak anak mampu memahami pertanyaan dari guru, karena mereka mempraktekkan nya langsung.
3. Guru memberikan apresiasi kepada anak anak yang sudah menjawab sebagai capaian pembelajaran
4. Memberikan pertanyaan dan umpan balik
NAMA : ARMY ANJELINA SIRAIT
NIM : 855867244
Kesimpulan yang dapat saya berikan setelah melihat video pembelajaran diatas sudah baik namun terdapat kekurangan yaitu seperti
-tidak adanya pembuka pelajaran seperti memberi salam , berdoa, dan mengabsen siswa
– tidak ada ice breaking untuk menunjang semangat siswa sebelum memulai pembelajran
padahal hal ini dapat membuat guru mengenal siswa nya dan membuat siswa lebih bersemangat dalam memulai pembelajaran yang akan diberikan guru
dan kelebihan dari video pembelajaran diatas ialah
guru menguasai materi tentang mata angin serta cara penyampaian guru sangat mudah dipahami siswa
Nama : Try Tara kathika
Nim : 856470766
Pokjar : Pelalawan
UPBJJ : Pekanbaru
Vidio yang diatas mempelajari tentang cara mengenalkan arah mata angin pada anak.
Setelah saya menyimak video di atas dapat disimpulkan bahwa kelemahan dari video tersebut yaitu Raut wajah kurang bersemangat, dan saat di dalam kelas guru kurang menjelaskan apa itu mata angin sehingga anak anak belum punya gambaran tentang mata angin.
salah satu kelebihan di video tersebut adalah :
1. Guru dalam menjelaskan arah mata angin langsung di luar ruangan kelas, sehingga siswa bisa langsung memahaminya
2. guru bisa mengondisikam siswa saat di luar ruangan
3. umpan balik dari guru dan siswa sangat baik
Nama : Rejasahputra Tambunan
Nim : 855856653
UPBJJ: MEDAN
Prodi : PGSD
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh setelah saya selesai melihat video di atas saya dapat menyimpulkan bahwa terdapat kelemahan dari video tersebut yaitu guru yang tidak menjelaskan terlebih dahulu apa itu mata angin, dan apa manfaat angin tersebut, seharusnya dijelaskan terlebih dahulu barulah dipraktekkan di luar.
Sedangkan terdapat kelebihan dari video di atas adalah guru mampu menguasai perhatian para peserta didik sehingga peserta didik bisa berpikir tentang arah mata angin tersebut, guru juga mampu mempraktekkan sehingga terdapat timbal balik antara peserta didik dan guru.
Nama : Rejasahputra Tambunan
Nim : 855856653
UPBJJ: MEDAN
Prodi : PGSD
Setelah saya menyimak video di atas dapat saya menyimpulkan bahwa terdapat kelemahan dari video tersebut yaitu raut wajah yang kurang bersemangat, dan saat di dalam kelas guru kurang menjelaskan apa itu tentang mata angin sehingga anak-anak atau peserta didik belum punya gambaran tentang mata angin. Kelebihan dari video di atas yaitu guru mampu menarik perhatian peserta didik dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsung. Terdapat hal unik dari biodata yaitu guru memberikan apresiasi kepada anak yang sudah menjawab, guru juga mampu memberikan dua tempat pembelajaran yaitu di dalam kelas dan di luar kelas.
NAMA : LILIK MUNDHARI
NIM : 858571199
TEMA “ Belajar Menentukan Arah Mata Angin”
1. Reaksi anak pada video adalah anak tertib belajar di dalam kelas maupun di luar kelas, tetapi anak lebih semangat waktu pembelajaran di luar kelas.
2. Kelemahan guru dalam video
– Guru tidak mengucapkan salam pembuka ataupun salam penutup
– Di bagian awal guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu
– Guru tidak menjelaskan tentang materi yang akan di bahas “apa kegunaan mata angin?”
– Guru tidak menggunkan alat peraga contohnya kompas atau gambar arah arah mata angina.
3. Keunggulan video
– Guru mengajak siswa belajar di luar kelas sehingga anak anak mudah memahami
– Guru memberikan umpan balik kepada siswa dan guru juga memberi apresiasi kepada siswa yang sudah menjawab dengan benar sehingga anak senang untuk menjawab.
4. Hal unik dalam video
Siswa mudah memahami apa yang dijelaskan siswa saat guru karena mempraktekkan langsung di luar kelas.
Guru bisa mengondisikan siswa saat di luar kelas
Nama: Mellyndha Widya Putri
Nim: 858571515
Assalamu’alaikum wr wb
Izin menanggapi video tersebut
Setelah saya melihat video diatas, dapat saya simpulkan bahwa setiap pembelajaran pasti ada kelebihan dan kekurangan. Dalam video pembelajaran diatas Materi dalam pembelajaran bagus untuk mengajak anak kelas tiga mengetahui arah mata angin. Adapun kelebihannya adalah:
1. Guru mengajak anak keluar kelas untuk belajar mengetahui arah mata angin langsung sehingga anak lebih mudah memahaminya
2. Guru memberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh siswa
3. Guru memberikan respon positif kepada siswa ketika siswa bisa menjawab pertanyaan dari guru
Kekurangan dari video tersebut adalah:
1. Pada saat kegiatan awal pembukaan tidak ada salam yang disampaikan oleh guru kepada siswa
2. Guru tidak mengabsen siswa
3. Guru tidak memberikan semangat kepada siswa
4. Pada saat pembelajaran guru langsung bertanya kepada siswa tentang arah mata angin
5. Pada saat kegiatan penutup guru tidak memberkan refleksi, dan tidak mengajak siswa berdoa dan menutup pembelajaran
Adapun hal unik yang saya dapatkan dari menonton video tersebut adalah ketika guru bertanya arah mata angin ada siswa yang sangat antusias menjawab meskipun sedikit ragu-ragu, ada yang menjawab dengan percaya diri, ada yang menjawab dengan malu-malu
Adapun saran perbaikan yang dapat saya sampaikan yaitu:
1. Ketika kegiatan awal memulai pembelajaran hendaknya guru membuka pembelajaran dengan berdoa, kemudian hendaknya guru mengabsen siswa
2. Sebelum memulai pembelajaran hendaknya guru memberikan semangat siswa untuk memulai pembelajaran
3. Sebelum kegiatan pembelajaran berakhir guru seharusnya memberikan refleksi agar siswa lebih paham
4. Ketika kegiatan berakhir guru seharusnya memberikan kata-kata penutup pembelajaran setelah itu mengajak anak berdoa
Sekian yang dapat saya sampaikan
kurang lebihnya mohon maaf
Wassalamualaikum wr wb