silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama : NURHALIMAH
    NIM : 856444452
    Pokjar Pelalawan
    Upbjj pekanbaru

    Kelebihan video pembelajaran :
    1. Guru melakukan praktik pembelajaran di luar kelas. Hal ini tentu memberikan semangat dan menarik minat siswa untuk belajar menentukan arah mata angin secara langsung.
    2. Guru memberikan apresiasi kepada siswa saat siswa menjawab pertanyaan guru tentang manfaaat kita mengetahui arah mata angin.
    3. Guru meminta salah satu siswa untuk maju ke depan praktik menyebutkan arah mata angin.

    Dari video pembelajaran di atas, saya mendapatkan pengetahuan bahwa dengan praktik belajar di luar kelas akan memberikan motivasi dan semangat kepada siswa untuk belajar . Siswa akan lebih tertarik dalam belajar.

    Kekurangan Video Pembelajaran :
    1. Pembukaan Pembelajaran Guru tidak membuka pembelajaran dengan salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
    Guru tidak mengaitkan pembelajaran hari ini dengan pembelajaran sebelumnya.
    2. Inti PembelajaranGuru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pembelajaran Arah Mata Angin kepada siswa, melainkan langsung praktik di luar kelas.
    3. Penutupan PembelajaranGuru tidak melakukan kegiatan penutup pembelajaran.

    Solusi Pembelajaran :
    Guru sebagai tenaga pendidik seharusnya melaksanakan setiap proses pembelajaran kepada siswa. Dari awal masuk kelas sampai keluar kelas. Hal ini supaya siswa bisa mendapatkan pembejaran yang utuh dan bermakna.
    selain itu, praktik pembelajaran di luar kelas seperti yang dilakukan oleh guru di dalam video sudah sangat bagus sekali. karena memberikan kesan dan pengalaman berbeda bagi siswa. siswa terjun langsung dalam belajar arah mata angin. tapi, satu hal yang tidak boleh terlupakan oleh kita sebagai guru, yakni memberikan teori atau materi terlebih dahulu kepada siswa, agat siswa bisa memahami dengan baik tentang materi pembelajaran tersebut, teori dan praktik bisa dipahami oleh siswa dengan baik.

  2. Nama: Ni Ketut Sukerti
    NIM: 859012642
    Prodi: PGSD-S1
    UPBJJ: 77/ Denpasar

    Menurut pendapat saya setelah menyimak vedio pembelajaran “Belajar Mudah menentukan arah mata angin terdapat kelebihan dan kelemahan dalam pembelajaran.

    Kelebihannya:
    1. Guru mengajak siswa melaksanakan pembelajaran diruang terbuka atau halaman sekolah untuk sarana belajar.
    2. Guru meminta siswa dan menunjuk beberapa siswa untuk mempraktekkan langsung menggunakan tangan dan badannya, sehingga siswa cepat paham tentang materi arah mata angin.
    3. Guru meminta siswa untuk memberikan apresiasi tepuk tangan kepada siswa sebagai bentuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.

    Kelemahannya:
    1. Pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak melakukan apersepsi yaitu menyapa siswa, mengecek kehadiran siswa, berdoa serta memberikan semangat belajar kepada siswa.
    2. Guru dalam memberikan materi pembelajaran terlihat kurang tersenyum, dan tidak menegur siswa yang menyoraki siswa yang salah menjawab pertanyaan.
    3. Di akhir pembelajaran guru tidak melakukan evaluasi.

    Demikian analisis terhadap vedio pembelajaran ini
    Terima kasih

  3. Pembelajaran diawali dengan guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pengertian dan pemahaman mengenai materi pelajaran menentukan arah mata angin yang akan dipelajari. ternyata mereka belum mengerti, terlihat dari jawaban beberapa siswa yang tidak tepat/benar.
    Agar siswa dapat dengan mudah memahaminya, guru mengajak siswa untuk mengamati secara langsung diruang terbuka/halaman sekolah dengan mempraktekan/menunjukan arah mata angin melalui media tubuh anak-anak itu sendiri dengan terlebih dahulu menentukan arah matahari terbit. kemudian guru memperagakan gerakan menggunakan tangan kiri-kanan, muka dan punggung sebagai petunjuk arah angin timur barat, utara dan selatan. dengan melakukan kegiatan tersebut barulah siswa dapat mengerti dan memahami tentang materi yang dipelajarinya. Proses pembelajaran berlangsung dengan baik,meskipun terdapat kekurangan dimana guru kurang menguasai apersepsi dalam membuka suatu pelajaran secara baik.

  4. Nama : ANNISA NURBAYANTI
    NIM : 857428024
    Program Studi : S1 PGSD
    UPBJJ : BANDUNG

    Repleksi terhadap Penerapan Pembelajaran yang telah dilakukan

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Siswa masih bingung tentang pemahaman arah mata angin yang ditanyakan oleh guru

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Pembawaannya yang langsung to the point materi penentuan arah mata angin pada anak sehingga anak tampak kebingungan dan tidak mengerti waktu pembelajaran berlangsung.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru itu dengan sigap mengalihkan pembelajaran dengan metode observasi dengan memanfaatkan tempat yang terbuka yaitu halaman sekolah, sehingga memudahkan siswa dalam memahaminya.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran.
    Kekreatifan guru dalam memperagakan arah mata angin

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Seharusnya ketika pembelajaran dimulai guru melakukan sedikit pemahaman kepada siswa dibantu dengan alat peraga seperti gambar yang ada diproyektor sehingga siswa mudah memahami materi tersebut dan bisa mempraktikannya.

  5. Nama : Ni Putu Julianti
    Nim : 859030697
    Prodi : PGSD – Si
    UPBJJ : 77/Denpasar

    Setelah menyimak video pembelajaran tentang menentukan arah mata angin di atas dapat saya informasikan bahwa terdapat kelebihan dan kelemahan dalam pembelajaran tersebut.

    Kelebihannya adalah :
    1. Guru melakukan praktek pembelajaran di luar kelas, yang tentu saja akan memberikan semangat dan menari perhatian siswa untuk belajar menentukan arah mata angin secara langsung. hal ini sangat berguna untuk pembekalan kehidupan mereka dimasa depan.
    2. Guru meminta beberapa siswa untuk menunjuk arah mata angin dengan menggunakan tangan dan badannya, sehingga siswa dapat memahami materi dengan cepat.
    3. Guru memberikan apresiasi dengan cara meminta siswa lain untuk bertepuk tangan sebagai bentuk penghargaan. hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri kepada siswa.
    4. Guru memanggil nama siswa menandakan kedekatan emosional guru dengan siswa sangat baik

    Kekurangannya adalah:
    1. Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
    2. Guru kelihatan tidak atraktive dalam menyampaikan materi ( terlihat datar )
    3. Guru tidak menegur siswa yang menyoraki temannya yang kurang tepat menjawab pertanyaan guru.
    4. Guru kelihatan kurang ramah dan tersenyum pada saat proses pembelajaran.
    5. Guru tidak berusaha mendapatkan perhatian murid dalam proses penyampaian materi sehingga siswa kelihatan tidak antusias pada awal pemberian materi pembelajaran
    6. pada sesi penutupan akhir pembelajaran guru tidak melaksanakannya

    Demikanlah analisis terhadap video pembelajaran ini. Terima kasih

  6. GPO 2
    Nama: Luh Made Risma Prahastini
    Nim : 859012628
    Prodi : S1 PGSD
    MK : PDGK4501

    Seri Pembelajaran IPS SD
    Judul Video : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin

    Kekurangan
    diawal pembelajaran guru langsung memberikan materi tanpa mengucapkan salam, menyapa siswa ataupun menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik sehingga minat belajar siswa berkurang. Materi yang disampaikan dengan metode ceramah membuat siswa kurang memahami pembelajaran tersebut, sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran seperti gambar arah mata angin agar siswa bisa lebih memahami materi yang diberikan

    Kelebihan:
    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video tersebut adalah guru menguasai materi arah mata angin. Guru mengajak siswa keluar kelas untuk belajar menentukan arah mata angin, hal tersebut membuat siswa lebih cepat memahami materi yang diberikan. Dan guru melibatkan siswa secara aktif dalam melakukan pembelajaran seperti melakukan tanya jawab kepada siswa agar mengetahui sampai dimana siswa memahami materi yang diberikan

    Saran :
    Menurut saya sebelum pembelajaran dimulai sebaiknya guru menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan berlangsung. Guru juga perlu menyampaikan materi-materi apa saja yang akan dipelajari pada hari itu. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut siswa akan lebih tertarik jika di sediakan media atau alat peraga yang bisa digunakan untuk mudahkan siswa memahami materi tersebut sehingga dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.

  7. Nama: Muhammad Khairun Hajir Z.A
    NIM : 856442165
    Prodi : S1 PGSD
    Mata Kuliah : PDGK4501

    Seri Pembelajaran IPS SD
    Judul Video : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin

    Kekurangan:
    Dalam tayangan video pembelajaran tersebut ada beberapa kegiatan tidak dilaksanakan oleh guru baik di awal pembelajaran ataupun di akhir pembelajaran, antara lain:
    1. Di awal kegiatan pembelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak menanyakan kabar dan tidak mengecek kehadiran siswa serta tidak melakukan apersepsi lainya seperti bersama – sama, membacakan do’a sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, dan bersama-sama melakukan Tepuk Semangat agar pelaksanaan pembelajaran lebih semangat.
    2. Pada video pertama guru hanya menyampaikan materi menggunakan metode ceramah dan terlalu singkat sehingga membuat siswa belum memahami materi yang disampaikan, tanpa menggunakan media pembelajaran misalnya gambar arah mata angina atau denah suatu wilayah.
    3. Di akhir pembelajaran guru tidak menutup pembelajaran dengan mereview kembali materi yang sudah disampaikan, serta menutup kegiatan dengan membaca do’a bersama dan mengucapkan salam.

    Kelebihan:
    Dalam video tersebut penyampaian materi yang dilakukan diluar kelas cukup baik karena membuat siswa lebih cepat memahami materi yang di sampaikan. Guru melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.

    Saran:
    Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran guru sebaiknya di awal dan akhir pembelajaran guru melakuka apersepsi, dan sebelum memperagakan pembelajaran di luar kelas sebaiknya siswa dibekali dulu materi yang lebih luas dengan menggunakan media gambar atau bisa juga menggunakan media alat seperti kompas.

  8. Nama : Lenny Setyowati
    NIM : 858809448
    Jurusan : PGSD-S1
    UPBJJ : Malang
    Pokjar : Kota Kediri

    Hasil analisis saya terhadap video simulasi pembelajaran materi “Menentukan Arah Mata Angin” di atas, yaitu sebagai berikut :
    A. Kelebihan
    1) Guru telah menguasai materi pembelajaran dengan baik, terbukti dari cara penyampaian yang diberikan menggunakan kata yang lugas, dan mudah dipahami.
    2) Metode Pembelajaran yang digunakan inovatif, yaitu dengan cara eksplorasi atau melakukan pengamatan langsung di sekitar lingkungan sekolah. Hal ini sangat memudahkan siswa dalam memahami materi mata angin.
    3) Guru melibatkan siswa secara aktif selama proses pembelajaran dengan tanya-jawab.

    B. Kekurangan
    1) Pada awal pembelajaran, Guru tidak mengucapkan salam, tidak menyapa siswa, ataupun menciiptakan suasana kelas yang nyaman dan kondusif terlebih dahulu.
    2) Ada beberapa siswa yang kurang semangat dan fokus selama proses pembelajaran.
    3) Media pembelajaran yang digunakan perlu dibuat semenarik mungkin lagi.

    C. Saran
    Menurut pendapat saya, sebelum memulai pembelajaran Guru perlu mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa, dan melakukan penguatan terhadapmotivasi siswa dalam melakukan pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran sebaiknya dibuat menjadi semenarik mungkin dengan memberikan media pembelajaran berupa gambar maupun video interaktif yang berwarna sehingga siswa akan menjadi lebih tertarik lagi.

  9. Nama : Lenny Setyowati
    NIM : 858809448
    Jurusan : PGSD-S1
    UPBJJ : Malang
    Pokjar : Kota Kediri

    Hasil analisis saya terhadap video simulasi pembelajaran materi “Menentukan Arah Mata Angin” di atas, yaitu sebagai berikut :
    A. Kelebihan
    1) Guru telah menguasai materi pembelajaran dengan baik, terbukti dari cara penyampaian yang diberikan menggunakan kata yang lugas, dan mudah dipahami.
    2) Metode Pembelajaran yang digunakan inovatif, yaitu dengan cara eksplorasi atau melakukan pengamatan langsung di sekitar lingkungan sekolah. Hal ini sangat memudahkan siswa dalam memahami materi mata angin.
    3) Guru melibatkan siswa secara aktif selama proses pembelajaran dengan tanya-jawab.

    B. Kekurangan
    1) Pada awal pembelajaran, Guru tidak mengucapkan salam, tidak menyapa siswa, ataupun menciiptakan suasana kelas yang nyaman dan kondusif terlebih dahulu.
    2) Ada beberapa siswa yang kurang semangat dan fokus selama proses pembelajaran.
    3) Media pembelajaran yang digunakan perlu dibuat semenarik mungkin lagi.

    C. Saran
    Menurut pendapat saya, sebelum memulai pembelajaran Guru perlu mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa, dan melakukan penguatan terhadapmotivasi siswa dalam melakukan pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran sebaiknya dibuat menjadi semenarik mungkin dengan memberikan media pembelajaran berupa gambar maupun video interaktif yang berwarna sehingga siswa akan menjadi lebih tertarik lagi.

  10. Nama : Sariwulan
    NIM : 857442627
    PRODI : S 1 PGSD

    Izin menanggapi video tersebut:
    • Pada kegiatan awal tidak melakukan hal-hal yang wajib dilakukan seperti berdoa dan absensi.
    • Pada kegiatan inti membawa media pembalajaran yang lebih interaktif
    • Pada kegiatan penutup melaksanakan penilaian dan tindak lanjut
    Hal-hal tersebut mengacu pada RPP yang sudah dibuat tentang arah mata angin
    Terimakasih

Leave a Reply