silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Lasma panjaitan
Nim 877527126
Setelah menonton video pembelajaran tentang arah mata angin, guru belum menyapa siswa dan masuk ke materi pembelajaran. Menurut pendapat saya seharusnya guru dapat membuat siswa lebih semangat belajar dan termotivasi dengan melakukan ice breaking ataupun menyanyikan arah mata angin ( Timur, Tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, Utara, timur laut). setelah itu guru dapat menyampaikan materinya yang berkaitan dengan arah mata angin dan memberikan contohnya berupa video, gambar, atau gerakan, setelah materinya di sampaikan guru dapat bertanya kepada siswa tentang pelajaran yang telah di sampaikan, ataupun dapat membawa siswa keluar agar pola pikir siswa lebih leluasa untuk mengetahui arah mata angin
Nama:IKRAMULLAH
NIM: 856082095
Pogjar: Batam
Upbjj: kota Batam
Dari pengamatan yg saya pelajari dari vidio tersebut, kegiatan belajar mengajar cukup baik dan sangat mudah di pahami oleh anak didik, Namaun dalam sebuah praktek pembelajaran dalam kls juga sangat di perlukan media yang mendukung lebih mudahnya anak anak dalam melaksanakan pembelajaran, kemudian juga dalam sebuah ruang kls memulai awal dari pembelajaran penting juga memulai dg sama sma berdoa agar suasana tenang dalam kls terjalin baik.
Nama : Anitanur
NIM :856082221
Prodi : S1- PGSD semester 6
UPBJJ : Batam
Bismillah
izin kan saya untuk memberikan tanggapan atas video tentang menunjukan arah mata angin, dalam video tersebut sebagai seorang pendidik guru sudah melakukan hal yang menunjang pemebelajaran, dan berikut sedikit tanggapan dari saya akan keunggulan/ kelebihan dan kelemahan pada video tersebut
keunggulan ;
pada video tersebut guru sudah cukup baik dalam memberikan pembelajaran tentang arah mata angin dengan berinteraksi langsung dengan siswa dan mengajak ikut serta berpartisipasi dalam menentukan arah mata angin,seperti mengajak salah satu siswa menentukan mana arah mata angin sesuai dengan apa yang sudah guru tersebut ajarkan. sehingga siswa lebih paham, dan juga lebih menyenagkan.
kelemahan :
dalam kelemahan pada video menentukan arah mata angin ada sedikit saja yang mungkin bisa di tambahkan dalm pemebeljaran seperti sebelum keluar kelas guru memeberikan sedikit pengarahan dengan menulis di papan tulis mana yang utara,selata,timur dan barat dengan memberikan contoh dan gambar di papan tulis.
demikian tanggapan dari saya,mohon maaf jika ada salah kata.
Teriakasih
Nama :Nurtang
Nim :859642963
Pokjar :luwuk banggai
UPJJ :Palu
Bismilahirahmanirahim
menurut pendapat saya dalam vidio tersebut ,pembalajaran tersebut mempunyai kelebihan yaitu adanya pembelajaran di luar kelas guru menjelaskan dengan konkret , sehingga siswa lebih paham. pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru Di akhir pembelajaran adanya evaluasi dari guru sehingga bisa mengukur kepahaman siswa tentang materi yang di pelajari.tetapi ada siswa yang ditanya namun jawabannya salah.
Tetapi video juga memiliki kekurangan yaitu, tidak ada pembukaan dan penutupan pada pembelajaran, guru kurang memerhatikan konsisi siswa. evaluasi pembelajaran hanya dilakukan di luar kelas . Lalu guru juga tidak menjelaskan tentang materi pembelajaran secara menyeluruh.
terima kasih
Nama : NAZAWITA ARIANI
NIM : 856021399
POKJAR : BINJAI
TEMA “ Belajar Menentukan Arah Mata Angin”
1. Reaksi anak pada video adalah anak tertib belajar di dalam kelas maupun di luar kelas, tetapi anak lebih semangat waktu pembelajaran di luar kelas.
2. Kelemahan guru dalam video
a. Guru tidak mengucapkan salam pembuka ataupun salam penutup
b. Di bagian awal guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu
c. Guru tidak menjelaskan tentang materi yang akan di bahas “apa kegunaan mata angin?”
d. Guru tidak menggunkan alat peraga contohnya kompas atau gambar arah arah mata angina.
3. Keunggulan video
a. Guru mengajak siswa belajar di luar kelas sehingga anak anak mudah memahami
b. Guru memberikan umpan balik kepada siswa dan guru juga memberi apresiasi kepada siswa yang sudah menjawab dengan benar sehingga anak senang untuk menjawab.
4. Hal unik dalam video
Siswa mudah memahami apa yang dijelaskan siswa saat guru karena mempraktekkan langsung di luar kelas.
Guru bisa mengondisikan siswa saat di luar kelas
Nama: Fitri Andini
Nim : 856024878
Dari video pembelajaran diatas beberapa analisa yang dapat saya peroleh; tidak mengucapkan salam dan berdoa sebelum belajar guru langsung memulai pelajaran. Tetapi anak-anak lebih bersemangat ketika belajar diluar kelas. Evaluasi hanya ada saat diluar kelas. Sebelum menjelaskan mengenai materi yang dipelajari guru langsung bertanya kepada siswa, seharusnya guru menjelaskan terlebih dahulu kemudian baru bertanya kepada siswa.
Keunggulan:
1. Guru mengajak siswa belajar diluar kelas sehingga siswa lebih mudah untuk memahami materi.
2. Guru memberikan umpan balik terhadap jawaban yang diberikan oleh siswa.
3. Guru juga mengapresiasi siswa yang menjawab dengan benar.
Kelemahan :
1. Guru tidak mengucapkan salam pembuka dan penutup.
2. Guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu.
Nama : Pani Wijaya
Nim : 859407699
Upbjj. : UT Makassar
Pokjar. : Luwu Timur
Bismillah
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa terhadap kegiatan belajar, yaitu ketika kegiatan belajar berlangsung di dalam kelas siswa tersa kaku dan gugup kerena tekanan/Sorakan dari temannya dan kurang apresiasi dari guru.
Akan tetapi ketika pembelajaran mulai dilakukan di luar kelas/lapang siswa menjadi lebih bersemangat kerena mendapatkan suasan yang baru.
2 Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu, tidak memulai dan menutup pelajaran dengan salam, kurangnya gesture semangat dalam mengajar, dan kurangnya adanya alat perga dalam proses pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam hal pembelajaran tersebut adalah, sangguru mampu merubah suasana yang kaku di dalam kelas menjadi suasana yang menyenangkan ketika beralih di luar kelas/lapangan
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal unik dalam peroses pembelajaran tersebut yaitu, ketika menggunakan anggota tubuh siswa sebagai alat peraga penentuan arah mata angin.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Yang saya bisa usulkan agar kegiatan belajar semakin berkualitas yaitu, lebih memperbanyak alat perga, lebih meningkatkan apresiasi kepada siswa ketika menjawab, dan lebih meningkatkan kualitas komunikasi.
Nama: Pani Wijaya
Nim:859407302
Prodi:PGSD S1
UPBJJ: UT Makassar
Pokjar : Luwu Timur
Matkul :PKM-Semseter 6
Bismillah
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa terhadap kegiatan belajar, yaitu ketika kegiatan belajar berlangsung di dalam kelas siswa tersa kaku dan gugup kerena tekanan/Sorakan dari temannya dan kurang apresiasi dari guru.
Akan tetapi ketika pembelajaran mulai dilakukan di luar kelas/lapang siswa menjadi lebih bersemangat kerena mendapatkan suasan yang baru.
2 Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu, tidak memulai dan menutup pelajaran dengan salam, kurangnya gesture semangat dalam mengajar, dan kurangnya adanya alat perga dalam proses pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam hal pembelajaran tersebut adalah, sangguru mampu merubah suasana yang kaku di dalam kelas menjadi suasana yang menyenangkan ketika beralih di luar kelas/lapangan
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal unik dalam peroses pembelajaran tersebut yaitu, ketika menggunakan anggota tubuh siswa sebagai alat peraga penentuan arah mata angin.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Yang saya bisa usulkan agar kegiatan belajar semakin berkualitas yaitu, lebih memperbanyak alat perga, lebih meningkatkan apresiasi kepada siswa ketika menjawab, dan lebih meningkatkan kualitas komunikasi.
Nama : BINA PUTRI HATI WARUWU
Pokjar : Idanogawo
Upbjj : Medan
Menurut saya ,Dari video tersebut proses
belajar dan mengajar tersebut sudah berjalan dengan cukup baik, sehingga siswa sangat antusias untuk melakukan praktek diluar kelas sehingga lebih memahami tentang arah mata angin.
1). Kelemahan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran:
a. Guru tidak mampu mengkondisikan siswa saat di dalam kelas
b. Tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar
c. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas
d. Guru kurang ekspresif atau kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran
2). Kelebihan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran:
a. Umpan balik antara guru dan siswa sangat baik
b. Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsun
c. Guru mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sangat menarik dan biasanya membuat anak-anak lebih senang serta bersemangat, sehingga lebih mudah dalam menerima materi tersebut.
hal menarik yang ditemukan dari video pembelajaran tersebut yaitu guru mampu mengkondisikan siswa siswi nya untuk mendengarkan melihat serta sekaligus mempraktekkan materi yang di ajarkan.
Maka upaya untuk bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar, menurut saya yaitu alangkah baiknya jika pada awal pembelajaran guru menambahkan pendahulunya seperti salam maupun kabar dan apersepsi dan ice breaking pada awal pembelajaran serta menambahkan media alat peraga dalam pembelajaran yg beragam, misalnya dengan menayangkan video/ audio, dan mengupayakan kenyamanan di dalam kelas.
Nama : Nine Juliana Kristine Daeli
NIM : 859807257
Dari Pengamatan saya, guru sudah mengajar dengan baik, menyampaikan materi dengan baik dan mencapai pembelajaran yang akan disampaikan. dengan stimulus yang diberikan guru saat diluar ruangan mempermudah siswa mengerti materi yang disampaikan dengan cepat, guru mampu berinteraksi baik dengan siswa dengan mengajak aktif siswa memberi pendapat dan mengevaluasi pembelajaran dengan memastikan kepada siswa apakah siswa/i tersebut sudah paham dengan materinya. Namun beberapa hal ada beberapa yang harus bisa menambah kualitas dalam proses mengajar seperti membuka pembelajaran, guru dapat menambahkan apersepsi dan ice breaking serta menambahkan media pembelajaran yg beragam, misalnya dengan menayangkan video/ audio, memberikan alat peraga, dan mengupayakan kenyamanan di dalam kelas.