silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
NAMA : RONALDO DWI RAHARJO
NIM : 858685454
POKJAR : JOMBANG
Menurut saya tidak mengucapkan salam dan berdoa sebelum belajar guru langsung memulai pelajaran. Tetapi anak-anak lebih bersemangat ketika belajar diluar kelas. Evaluasi hanya ada saat diluar kelas.
kelemahan
a. Guru tidak mampu mengkondisikan siswa saat di dalam kelas
b. Guru tidak mengucapkan salam pembuka dan penutup.
c. Guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu.
kelebihan
a. Umpan balik antara guru dan siswa sangat baik
b. Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsung
Nama : APRIYANA
Nim : 857012156
Upbjj : Bandar Lampung
Pokjar : Kotaagung
setelah saya lihat dan saya amati vidio diatas memanag ada keleman dan kelebihan nya tersendiri
-kelemahannya
1. saat mulai pembelajaran guru tidak mengucapkan salam
2. guru tidak mengabsen siswa
3. guru tidak melakukan do’a sebelum mulai pembelajaran
4. saat menutup pelajaran pun guru tidak mengucapkan salam
– kelebihannya
1. guru mengajak siswa nya untuk belajar diluar kelas sehingga siswanya lebih cepat memahami dan pelajaran pun tidak monoton
2. umpan balik antara siswa dengan guru sangatlah bagus
3. Guru mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sangat bagus dan biasanya membuat anak-anak lebih senang serta bersemangat, sehingga lebih mudah dalam menerima dan memahami materi tersebut.
NAMA : TRI INDRIYANI
NIM : 858071636
UPBJJ : PONTIANAK
POKJAR : MEMPAWAH
Menurut pendapat saya, dalam proses pembelajaran pada video tersebut sudah baik. Sebab adanya umpan balik antara guru dan siswa, dan melakukan kegiatan menentukan arah mata angin di luar kelas yang dapat membuat anak lebih semangat belajar. Akan tetapi, ada yang harus di perhatikan dan di perbaiki dalam prosesnya, yaitu tidak ada kegiatan pembuka dan penutup, tidak melakukan absensi, kurangnya media belajar seperti kompas, dan dalam mengkondisikan anak atau sikap anak kepada teman yang salah dalam menjawab pertanyaan dari guru sebaiknya tidak diteriaki dan diberi pengertian.
Nama : Jeslin Zebua
Nim : 855853626
1).Kelemahan yang ada dalam pembelajaran tersebut yaitu guru tidak mengajarkan tentang teori atau tidak memanfaatkan media buku agar murid dapat memahami secara keseluruhan tentang materi yang diberikan, serta kurangnya media atau alat peraga yang sesuai dengan materi yang di ajarkan.
2).Kelebihan dari pembelajaran tersebut guru mampu untuk mengajak anak didik lebih aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar, anak didik diberikan kesempatan untuk menjawab atau memberikan pendapat tentang materi yang belum ia ketahui sama sekali, guru mampu mengondisikan anak didik untuk melakukan praktek secara langsung tentang materi yang diberikan.
3).Hal unik yang ditemukan dari video pembelajaran tersebut yaitu guru mampu mengondisikan siswa siswi nya untuk mendengarkan melihat serta sekaligus mempraktekkan materi yang di ajarkan.
4).Upaya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar
menurut saya akan alangkah baiknya jika pada awal pembelajaran guru menambahkan apersepsi dan ice breaking pada awal pembelajaran serta menambahkan media pembelajaran yg beragam, misalnya dengan menayangkan video/ audio, memberikan alat peraga, dan mengupayakan kenyamanan di dalam kelas.
NAMA :PENIELI LAHAGU
NIM: 855854603
POKJAR : MANDREHE
MASALAH YANG DI TRMUI DISAAT MENONTON VIDEO TERSEBUT:
1.Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
TERIMAKASIH
Nama : Elisabet ernawati Gulo
Nim : 855852735
Pokjar: mandrehe
penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan dalam mengajar dan membantu siswa belajar untuk menentukan arah mata angin, berikut adalah penjelasannya:
Penyebab masalah:
1. Kurangnya pemahaman guru tentang konsep dasar penentuan arah mata angin.
2. Keterbatasan pengalaman guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan penentuan arah mata angin.
3. Kurangnya ketersediaan alat bantu pembelajaran, seperti kompas atau aplikasi penunjuk arah, di sekolah.
4. Kesulitan guru dalam menghubungkan materi penentuan arah mata angin dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Kelemahan guru:
1. Guru kurang kreatif dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan melibatkan siswa secara aktif.
2. Guru kesulitan dalam memberikan umpan balik dan bimbingan yang tepat kepada siswa.
3. Guru kurang terampil dalam mengoperasikan dan memanfaatkan alat bantu pembelajaran terkait penentuan arah mata angin.
4. Guru kurang percaya diri dalam menerapkan metode pembelajaran yang belum familiar.
Kelebihan guru:
1. Guru memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya kemampuan menentukan arah mata angin bagi siswa.
2. Guru mampu memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang kaya dan relevan dengan materi pembelajaran.
3. Guru memiliki kreativitas dalam merancang kegiatan pembelajaran yang melibatkan pengalaman langsung siswa.
4. Guru memiliki motivasi untuk meningkatkan kemampuan mengajar penentuan arah mata angin.
Dengan memahami penyebab masalah, kelemahan, dan kelebihan guru, diharapkan guru dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mengajarkan penentuan arah mata angin kepada siswa. Guru dapat memanfaatkan kelebihan yang dimiliki untuk mengatasi kelemahan dan menyelesaikan masalah yang ada.
Untuk mempermudah pemahaman, sudah sangat baik menggunakan praktik secara langsung. Namun hal yang kurang dalam pembelajaran tersebut menurut saya adalah penjelasan pengantar terkait arah mata angin tidak disampaikan secara utuh.
Nama : Revina Dionita Ardianti
NIM : 858571049
Kelas : 6 A
Pokjar : Al-huda Kediri
Mohon ijin menanggapi menurut saya dari video pembelajaran IPS di atas :
1. Siswa tampak bersemangat saat proses pembelajaran, karena guru mengajak siswa belajar diluar ruangan untuk menciptakan suasana belajar baru agar siswa lebih bersemangat.
2. – Guru tampak tidak melakukan kegiatan pendahuluan dan penutup.
– Guru hanya melakukan evaluasi secara lisan tanpa memberikan tes tulis kepada siswa.
– Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu sebelum mengecek kemampuan siswa.
3. – Metode yang digunakan oleh guru tersebut sangat menarik dan mudah dipahami siswa.
– Guru tersebut mengajar sesuai dengan kurikulum.
4. Hal unik yang dilakukan guru adalah dengan mencipatakan suasana belajar baru yaitu diluar ruangan dan memberikan cara mudah atau trik untuk mengingat atau memahami arah mata angin dengan tepat.
5.Saran saya,
1. Harusnya melaksanakan apersepsi dengan melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam pembuka,berdoa,absensi.
2. Guru memancing pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
3. Setelah menyampaikan materi alangkah baiknya guru melakukan evaluasi tidak hanya secara lisan,namun juga memberikan tes tulis untuk menambah pemahaman siswa.
4. Guru sebaiknya menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup ataupun Hamdallah bagi yang beragama Islam.
nama : Galuh Viranuari
nim. : 858571128
prodi. : PGSD
pokjar.: Al-Huda
Setelah saya menonton video pembelajaran tentang belajar menentukan arah mata angin yang dibawakan oleh ibu Rini fatmasari s.p.d. M.pd ini mempunyai kelebihan, kekurangan, dan ke unika
1. Kelebihan
guru yang menyampaikan sangat bagus dan langsung menggunakan alat peraga yang langsung terjun kelapangan dan siswa-siswi sehingga siswa lebih cepat mengerti menentukan arah mata angin dan langsung bisa dipraktekkan di lapangan
2. Kekurangan
dalam video ini tidak ada kegiatan pembukaan dalam memulai pembelajaran dan langsung ke materi inti seharusnya kegiatan pembukaan dalam pembelajaran seperti mengucap salam berdoa terlebih dahulu dan menanyakan kabar
3. Keunikan
dan menciptakan suasana belajar baru yaitu di luar ruangan dan memberikan cara mudah atau trik untuk mengingat atau memahami arah mata angin dengan tepat
Nama : Galih Agustina Widyaningtyas
NIM : 856814096
Pokjar : Mukomuko
Saya izin menanggapi video di atas.
Setelah saya menonton video di atas, saya bisa menarik beberapa kesimpulan yaitu kelebihan dan kelemahan dari pembelajaran yang sedang berlangsung.
Kelebihan dari pembelajaran tersebut :
1. Guru menguasai materi pembelajaran yang disampaikan kepada murid
2. Guru menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan sangat baik, sehingga siswa mampu memahami materi yang disampaikan
3. Guru mengapresiasi siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar
4. Guru mengajak siswa untuk mempraktekkan materi yang disampaikan di luar kelas untuk memperkuat pemahaman siswa
Kelemahan dari pembelajaran tersebut :
1. Guru tidak membuka kelas dengan salam dan absen
2. Guru tidak melakukan apersepsi, mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran hari ini
3. Guru tidak memperhatikan kesiapan kelas dan siswa sebelum memulai pembelajaran
4. Guru tidak menegur siswa yang menyoraki temannya ketika temannya salah menjawab pertanyaan dari guru
5. Guru kurang memberi semangat kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran