silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Slamet Riyadi
NIM : 857007108
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Kotaagung
Prodi : PGSD Semester 6
Setelah saya menonton vidio pembelajaran tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” dari laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya terhadap vidio tersebut adalah:
– Guru belum melajukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar, ice breaking, mengabsen, menanyakan kabar, apersepsi dan motivasi. Setelah itu guru juga belum melakukan proses penutup dalam pembelajaran seperti berdoa dan evaluasi pembelajaran.
– Dalam kegiatan inti pembelajaran guru sudah baik dan benar, guru mengajak siswa mengamati secara langsung arah mata angin dari halam sekolah, dan melakukan tanya jawab kepada siswa sehingga membuat pembelajaran menjadi interaktif. Dalam menjelaskan juga guru sudah baik, siswa terlihat faham terhadap materi, terlebih guru mengajak siswa untuk keluar ruangan dan mengajak siswa secaraa langsung untuk mempraktekkan bagaimana cara menentukan arah mata angin yang benar.
Pembelajaran sebaiknya diawali dengan kegiatan awal terlebih dahulu seperti menyaa siswa, presensi dan doa serta apersepsi. pada pembelajaran hendaknya lebih dijelaskan lagi konsep arah mata angin. sehingga anak-anak lebih memahami lebih mendalam. Sehingga ketika dipraktikkan anak-anak bisa belajar secara efektif. kemudian di akhir pembelajaran hendaknya ada evaluasi secara individu sehingga guru bisa mengetahui pemahaman anak-anak secara menyeluruh.
Nama : OBRIN SITORUS
NIM : 855859365
Video ini sangat bermanfaat untuk pemahaman dasar menentukan arah mata angin. Namun, saya pikir akan lebih menarik jika ada sedikit ‘ice breaking’ di awal untuk memancing minat siswa sebelum memasuki materi inti. Mungkin dengan memulai dengan anekdot atau pertanyaan menarik terkait arah mata angin, itu bisa membuat siswa lebih terlibat sejak awal. Terima kasih atas konten yang bermanfaat!.
Terima kasih sudah berbagi pengetahuan guru-guru hebat.
Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdoa, sebaiknya guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang mungkin siswa belum mengerti tentang materi yang diajarkan. Guru hanya memberi evaluasi pada saat diluar sekolah
Guru tidak melakukan kegiatan berdoa. Sebaiknya guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang mungkin siswa belum mengerti tentang materi yang diajarkan. Guru hanya memberi evaluasi pada saat diluar sekolah
Nama :Rizka Maulida Tanjung
Nim. : 856054831
Upbjj. : UT Medan
Pokjar : Labuhan batu Utara
Prodi. : PGSD semester 6
Tentang video “belajar mudah menggunakan arah mata angin”
menurut saya tentang video tersebut yaitu saya melihat ibu guru tidak melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran yaitu tidak ada kegiatan berdo’a sebelum belajar,mengabsen nya pun tidak ada, menanyakan kabar dan memberi motivasi sebelum belajar juga tidak ada.Nah,pada kegiatan inti menurut saya reaksi anak murid terhadap pembelajaran yang diajarkan oleh ibu guru sangat semangat.Sebab guru mengajak siswa mengamati secara langsung arah mata angin dari halaman sekolah.serta ibu guru mengajak siswa melakukan tanya jawab,sehingga membuat pembelajaran menjadi interaktif. Dalam menjelaskan juga ibu guru sudah baik, siswa terlihat faham terhadap materi, terlebih guru mengajak siswa untuk keluar ruangan dan mengajak siswa secara langsung untuk mempraktekkan bagaimana cara menentukan arah mata angin yang benar.
Nama : Yuni Sitorus
Nim : 855865691
Pokjar : Salut Permata Labura
Setelah melihat video yang berjudul “Belajar mudah menentukan arah mata angin” di atas, hendaknya kita memakai alat peraga, seperti peta, globe, dll. Setelah melihat dari alat peraga alangkah baiknya kita menggambarkan di papan tulis agar siswa semkin mengerti. Kemudian mengajak seluruh siswa untuk menggambarkan juga arah mata angin tersebut agar mudah di ingat dan di hafal kan.
Nama : Nadia Luthfi
NIM : 857105091
UPBJJ : Jakarta
Pokjar : Taruma jaya
Prodi : PGSD Semester 8
Setelah saya menonton vidio pembelajaran tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” dari laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya terhadap vidio tersebut adalah:
Guru belum melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti kegiatan berdoa sebelum belajar, menanyakan kabar atau ice breaking, mengabsen.
Setelah itu guru juga belum melakukan proses penutup dalam pembelajaran seperti berdoa dan evaluasi pembelajaran.
Dalam kegiatan inti pembelajaran guru sudah baik dan benar, guru mengajak siswa mengamati secara langsung arah mata angin dari halaman sekolah, dan melakukan tanya jawab kepada siswa sehingga membuat pembelajaran menjadi interaktif dan menyenangkan. Dalam menjelaskan juga guru sudah baik, siswa terlihat faham terhadap materi, terlebih guru mengajak siswa untuk keluar ruangan dan mengajak siswa secaraa langsung untuk mempraktekkan bagaimana cara menentukan arah mata angin yang benar.
Nama Mahasiswa : Aryati
Nomor Induk Mahasiswa/ NIM : 857812292
Kode/Nama Mata Kuliah : PDGK4501/PEMANTAFAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
Kode/Nama UPBJJ : 44/Surakarta
Masa Ujian : 2023/2024 Ganjil (2024.1)
Nama : Iin Yunanda marya ulfa
Nim : 855736591
Upbjj : bandar Lampung
Pokjar : Kotaagung
Pada video pembelajaran di SD tentang “belajar mudah menentukan arah mata angin” sebaiknya guru melakukan pendahuluan seperti berdoa sebelum belajar, absensi, ice breaking, apersepsi, dan memotivasi siswa terlebih dahulu. Agar siswa dapat belajar secara efektif dan memahami lebih mendalam.
Dalam materi yang disampaikan guru sudah baik dan benar, siswa terlihat paham terhadap materi, dan guru melakukan tanya jawab kepada siswa sehingga membuat pembelajaran menjadi aktif, terlebih guru mengajak siswa untuk keluar ruangan secara langsung untuk mempraktekan bagaimana cara menentukan arah mata angin yang baik dan benar.