silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Baik Terima kasih ya pak 🙏
    Nama : DARMAWAN HALAWA
    NIM : 856061489
    Mengenai pembelajaran tentang Vidio untuk menentukan arah mata angin.
    Jadi mohon izin ya pak berkomentar
    1. Menurut analis saya pada Vidio pembelajaran ini ada dua sifat keunikan dalam pembelajaran…
    1. Guru dapat mempermudah siswa dalam memberikan penjelasan dengan arah mata angin, sehingga guru dan siswa tidak hanya bersifat belajar di dalam kelas, bisa juga memberikan perhatian bagi siswa jika pelaksanaanya dalam praktek tentang untuk mengetahui arah mata angin dengan cara membawa siswa ke sebuah lapangan sekolah dengan memperaktekan dengan menggunakan media pergerakan badan untuk mengetahui arah mata angin seperti penjelasan ibu pada Vidio tersebu.
    2. Menurut penglihatan saya saya memberikan dampak keberanian kepada peserta didik untuk bisa saling berkomunikasi secara tanya jawab baik guru dan siswa, artinya guru penuh penguasaan terhadap sikap anak untuk menarik perhatian siswa dalam semangat belajar…. Terima kasih ya pak 🙏

  2. Nama : Uci Irma Sitorus
    NIM: 877528049
    UPBJJ: Medan
    Kelemahan dari video pembelajaran tersebut yaitu:
    1. Guru tidak memberi salam/menyapa siswa
    2.kegiatan awal dan kegiatan penutup tidak di akhiri dengan doa.
    3. Guru tidak mengabsen kehadiran siswa
    4. Guru tidak menyampaikan tujuan materi
    5. Guru tidak menjelaskan materi pembelajaran terlebih dahulu.
    6. Guru tidak menggunakan media.
    Adapun kelebihan dari video pembelajaran yaitu:
    1. Guru langsung membawa siswa praktik langsung, yaitu dengan keluar dari kelas. Sehingga anak-anak cepat memahami tentang arah mata angin.

  3. Nama : Susan Deliana
    NIM : 877669673
    Video ini memberikan penjelasan yang jelas dan praktis tentang cara menentukan arah mata angin. Dengan pendekatan yang sederhana, pembuat video berhasil membuat konsep yang mungkin terasa rumit menjadi mudah dipahami oleh semua kalangan.
    Salah satu hal yang sangat membantu adalah penggunaan alat-alat sederhana yang bisa ditemukan di sekitar kita, seperti kompas dan cara memanfaatkan sinar matahari. Penjelasan tentang cara menggunakan kompas dengan benar sangat informatif dan dapat langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
    Selain itu, penekanan pada pentingnya memahami arah mata angin dalam kegiatan sehari-hari, seperti navigasi dan berpetualang, memberikan konteks yang relevan dan menarik bagi penonton. Saya juga menghargai contoh-contoh praktis yang diberikan, yang membuat penjelasan lebih mudah diingat.
    Secara keseluruhan, video ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin meningkatkan keterampilan navigasi mereka. Terima kasih telah berbagi informasi berharga ini!

  4. Nama : AYU PEBRINURPINA
    NIM : 878211059
    POKJAR : SEKAYU
    UPBJJ : PALEMBANG

    Setelah saya mengamati vidio tersebut ada beberapa cara mengajar yg harus diperbaiki guru diantaranya Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar,cara berkomunikasi guru terlalu monoton sehingga anak-anak kurang termotivasi dalam belajar,Guru jg tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat untuk menarik perhatian siswa.

  5. Nama : AYU PEBRINURPINA
    NIM : 878211059
    POKJAR : SEKAYU
    UPBJJ : PALEMBANG

    Setelah saya mengamati vidio tersebut ada beberapa cara mengajar yg harus diperbaiki guru diantaranya Tidak ada berdoa sebelum belajar,cara berkomunikasi guru terlalu monoton sehingga anak-anak kurang termotivasi dalam belajar,Guru jg tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat untuk menarik perhatian siswa.

  6. Pembelajarannya bermakna sekali dimana kegiatan belajarnya di luar kelas dengan melibatkan praktek langsung dalam menentukan arah mata angin. Dengan melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan di alam terbuka, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang arah mata angin, tetapi juga mengembangkan keterampilan proses sains, seperti mengamati dan menarik kesimpulan. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi belajar, memfasilitasi pembelajaran sosial, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Untuk mengoptimalkan kegiatan ini, guru dapat memvariasikan metode penentuan arah mata angin, mengaitkannya arah mata angin dengan posisi atau lokasi bangunan tertentu, dan mendorong siswa agar merefleksikan pengalaman mereka. Dengan demikian, pembelajaran tentang arah mata angin tidak hanya menjadi pengetahuan teoritis, tetapi juga menjadi keterampilan hidup yang berguna dalam berbagai situasi.

  7. Nama : DIMAS MAULANA AFSAN
    NIM : 857576693

    Dari video pembelajaran berjudul “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin,” saya menganalisis beberapa kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran.

    Kelebihan:
    1. Praktik Lapangan: Guru mengajak siswa belajar di luar kelas, menggunakan posisi matahari untuk menentukan arah. Ini membantu siswa memahami konsep dengan cara yang praktis.
    2. Interaksi Aktif: Guru melakukan tanya jawab dengan siswa, yang membuat pembelajaran menjadi lebih aktif dan melibatkan partisipasi siswa.

    Kekurangan:
    1. Pendahuluan yang Kurang: Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan yang penting, seperti sapaan, doa, absen, ice breaking, apersepsi, dan motivasi. Kegiatan inti juga terkesan monoton dan kurang variatif. Selain itu, guru tidak melakukan penutup yang baik, seperti refleksi, kesimpulan, rencana pertemuan berikutnya, penilaian siswa, dan berdoa.
    2. Kurangnya Media Pembelajaran: Guru tidak menggunakan media pembelajaran, yang membuat proses belajar kurang efektif. Penggunaan media seperti kompas bisa membantu siswa lebih memahami cara menentukan arah mata angin.

    Meskipun terdapat kekurangan, usaha guru untuk melibatkan siswa melalui praktik langsung dan interaksi tanya jawab sangat positif. Dengan memperbaiki aspek yang kurang, pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

  8. Nama : Maya Rusmiyanti
    Nim : 957199373
    Dari video di atas menurut saya
    Guru tidak melakukan pembukaan/ pendahuluan dalam Belajar dan gurunya saya melihat lebih monoton dalam menyampaikan . guru juga tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang arah mata angin, tetapi langsung bertanya kepada siswa, sehingga siswanya tidak bisa menjawab dengan benar .

  9. Nama : Yasmin Ferhad
    NIM : 857126737
    UPBJJ : UT JAKARTA

    Yth. Bapak Aris Hadiyan Wjaksana, S.Pd, M.Pd.
    Tutor Mata Kuliah PKP (IDIK4501)

    Menurut pendapat saya, setelah mengamati video tersebut seorang guru sedang mengajarkan arah mata angin kepada siswa dan melakukan kegiatan praktik di luar kelas mengikuti gerakan arah matahari.
    Dalam kegiatan belajar mengajar, guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti membaca doa atau mengabsen kehadiran siswa. Guru langsung mengambil langkah pada kegiatan inti yaitu memberi intruksi kepada siswa untuk membuka buku IPS materi arah mata angin. Kemudian, langsung mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tanpa ada proses penjelasan materi. Setelah, melihat respons siswa yang belum menguasai materi, guru mengambil langkah untuk melakukan praktik di luar kelas.

    Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki guru tersebut, antara lain:
    • Guru memberikan alternatif yang memudahkan pola pikir siswa untuk memahami dan mempraktikkan arah mata angin dengan mengikuti gerakan dari matahari
    • Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dan memberikan tepuk tangan sebagai tanda apresiasi
    • Guru memberikan kesempatan untuk siswa dalam berpendapat mengenai arah mata angin

    Adapun kelemahan yang dimiliki guru tersebut, antara lain:
    • Dalam proses pembelajaran tidak diawali dengan sambutan hangat sebagai kegiatan pembuka, akan tetapi langsung pada kegiatan inti pembelajaran
    • Guru mengajukan pertanyaan mengenai arah mata angin, namun para siswa kesulitan tidak mengerti dikarenakan tidak terdapat penjelasan materi di awal pembelajaran
    • Belum tersedia media pembelajaran yang beragam. Hal tersebut, bisa diusulkan untuk pembelajaran selanjutnya menggunakan power point, atau media bergambar maupun video.

    Demikian tanggapan saya, Terima Kasih.

  10. Nama : Dian Pratiwi
    Nim : 878251353
    Dari video tersebut mempelajari mata angin berdasarkan pengalaman langsung lebih mudah dimengerti oleh peserta didik, namun alangkah lebih baiknya sebelum pembelajaran dimulai diberikan ice breaking seperti menyanyikan lagu arah mata angin dan pertanyaan yang memicu keingintahuan peserta didik serta materi dasar tentang arah mata angin.

Leave a Reply