silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Ni Wayan Atik Hambarini
NIM. : 859043772
UPBJJ : Denpasar
Berdasarkan pengamatan video yang telah saya lihat. Menurut pendapat saya pada proses pembelajaran tersebut tidak adanya salam sapaan, bertanya kabar, absensi siswa, saat awal pembelajaran guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang mata angin dan kurangnya media belajar pendukung misalnya disediakannya kompas atau gambar-gambar.
Namun kelebihan dalam video tersebut siswa diajak eksplor secara langsung ke luar kelas untuk mempraktekkan arah mata angin sehingga siswa lebih mudah dan sederhara untuk mengetahui apa itu mata angin serta bisa membedakannya dengan baik. Dengan cara ini siswa paham cara menentukan arah mata angin dan membuat pembelajaran menjadi lebih aktif.
Nama : Riska Widya Suryani
NIM : 857997484
UPBJJ YOGYAKARTYA
Pembelajaran mengenai arah mata angin bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Sebelum memulai, penting untuk menanyakan kesiapan anak-anak agar mereka fokus dan siap menerima materi. Salah satu cara untuk menstimulasi proses pembelajaran adalah dengan mengajukan pertanyaan terkait, misalnya menanyakan posisi sekolah mereka dan menghubungkannya dengan arah mata angin. Selain itu, melibatkan anak-anak secara aktif dengan mengajak mereka berpartisipasi dalam praktik langsung di lapangan juga sangat efektif. Siswa dapat diajak untuk berbaris dengan teratur dan menggunakan tubuh mereka sendiri sebagai alat untuk menentukan arah mata angin. Praktik ini tidak hanya membuat siswa lebih memahami materi, tetapi juga memberi mereka kesempatan untuk melihat manfaat nyata dari apa yang dipelajari. Sebagai langkah evaluasi, beberapa siswa bisa ditunjuk untuk menjelaskan apa yang telah mereka pelajari mengenai arah mata angin, sehingga mereka dapat memperdalam pemahaman mereka dan merasa lebih percaya diri dalam menguasai konsep tersebut. Pembelajaran yang melibatkan praktik langsung dan partisipasi aktif dari siswa seperti ini terbukti efektif dalam membangun pemahaman yang mendalam dan pengalaman belajar yang bermakna.
Nama: Nanang Rianto
NIM: 501122535
UPBJ: Batam
Mohon izin menanggapi video di atas
Secara umum pembelajaran tentang arah mata angin yang dilaksanakan mencakup metode yang baik dan sederhana untuk membantu anak memahami konsep dasar arah. Guru menggunakan instruksi fisik (seperti tangan kanan dan kiri untuk menunjuk arah) yang efektif bagi anak-anak, terutama di tingkat dasar. Metode ini membantu siswa mengasosiasikan arah dengan orientasi tubuh mereka. Dengan melibatkan mereka langsung, anak-anak tidak hanya belajar arah, tetapi juga memahami manfaat praktisnya, seperti menentukan lokasi. Langkah ini dapat meningkatkan pemahaman spatial secara alami di usia dini. Namun sebagai bahan perbaikian sebaiknya disetiap pembelajaran dilaksaanakan dengan salam pembuka dan penutup, melihat kesiapan belajar peserta didik, serta memberikan pertanyaan pemantik terkait materi pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan peserta didik.
Nama : MALANURSEHA
NIM : 877801491
Semester : 6
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : UT Jakarta
TUGAS ANALISIS
Judul : Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
Link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/belajar-mudah-menentukan-arah-mata-angin/
Assalamualaikum Wr. Wb.
Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya simak dapat disimpulkan pendidik mengajarkan cara mudah menentukan arah mata angin dengan baik. Namun di awal pembelajaran pendidik tidak melakukan kegiatan pembelajaran dengan berdoa mengecek kehadiran, menanyakan kabar, memberikan motivasi, dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran serta manfaat pembelajaran. Serta belum memberikan semangat untuk memastikan peserta didik sudah siap mengikuti proses pembelajaran
Peserta didik yang tidak bisa menjawab pertanyaan guru mendapat sorakan atau ejekan dari teman kelasnya dan guru tidak menegur hal tersebut, bahwa hal tersebut merupakan bentuk tindakkan bullying secara verbal karena apabila hal tersebut secara terus menerus dilakukan akan berakibat munculnya rasa tidak percaya diri pada diri seseorang dan rasa takut untuk menjawab kembali.
Proses pembelajaran saat di dalam kelas terlihat kaku dan kurang interaktif, terlihat dari siswa yang masih kesulitan untuk menjawab pertanyaan dari guru. Penyampaian materi masih belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dan kurang kreatif, hanya menggunakan metode ceramah dan praktek, sehingga peserta didik terlihat lambat dalam memahami materi yang disampaikan pendidik. Pendidik tidak melakukan penutup pembelajaran seperti sesi tanya jawab, menyimpulkan pembelajaran, dan doa penutup.
Kelebihan pendidik yaitu memberikan apresiasi kepada peserta didik yang sudah memberikan jawaban dangan benar. Melakukan praktek secara langsung di luar kelas untuk menentukan arah mata angin, menggunakan tangan kanan kearah matahari terbit yaitu arah timur dan tangan kiri menunjukan kearah barat, wajah menunjukan arah utara dan punggung menunjukan arah selatan. Sehingga meningkatkan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan menambah pemahaman siswa.
Sehingga menurut saya solusi yang dapat dilakukan dari video tersebut yaitu guru harus melakukan evaluasi jangan tertinggal untuk melakukan kegiatan pendahuluan dan penutup saat pembelajaran. Serta menggunakan motode pembelajaran yang bervariasi dan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan kreatif untuk meningkatkan antusias peserta didik. Selain itu sebagai seorang pendidik perlunya menanamkan sikap saling menghargai dan menghormati pendapat orang lain kepada setiap peserta didik agar ketika ada peserta didik yang mau menjawab tidak mendapat tindakan bully seperti di “sorakin” ketika menjawab salah.
Sekian analisis yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.
Nama : MALANURSEHA
NIM : 877801491
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : UT Jakarta
Assalamualaikum Wr. Wb.
Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya simak dapat disimpulkan pendidik mengajarkan cara mudah menentukan arah mata angin dengan baik. Namun di awal pembelajaran pendidik tidak melakukan kegiatan pembelajaran dengan berdoa mengecek kehadiran, menanyakan kabar, memberikan motivasi, dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran serta manfaat pembelajaran. Serta belum memberikan semangat untuk memastikan peserta didik sudah siap mengikuti proses pembelajaran
Peserta didik yang tidak bisa menjawab pertanyaan guru mendapat sorakan atau ejekan dari teman kelasnya dan guru tidak menegur hal tersebut, bahwa hal tersebut merupakan bentuk tindakkan bullying secara verbal karena apabila hal tersebut secara terus menerus dilakukan akan berakibat munculnya rasa tidak percaya diri pada diri seseorang dan rasa takut untuk menjawab kembali.
Proses pembelajaran saat di dalam kelas terlihat kaku dan kurang interaktif, terlihat dari siswa yang masih kesulitan untuk menjawab pertanyaan dari guru. Penyampaian materi masih belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dan kurang kreatif, hanya menggunakan metode ceramah dan praktek, sehingga peserta didik terlihat lambat dalam memahami materi yang disampaikan pendidik. Pendidik tidak melakukan penutup pembelajaran seperti sesi tanya jawab, menyimpulkan pembelajaran, dan doa penutup.
Kelebihan pendidik yaitu memberikan apresiasi kepada peserta didik yang sudah memberikan jawaban dangan benar. Melakukan praktek secara langsung di luar kelas untuk menentukan arah mata angin, menggunakan tangan kanan kearah matahari terbit yaitu arah timur dan tangan kiri menunjukan kearah barat, wajah menunjukan arah utara dan punggung menunjukan arah selatan. Penjelasan guru disampaikan dengan ringan dan mudah dipahami peserta didik sehingga meningkatkan antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan menambah pemahaman siswa.
Sehingga menurut saya solusi yang dapat dilakukan dari video tersebut yaitu guru harus melakukan evaluasi jangan tertinggal untuk melakukan kegiatan pendahuluan dan penutup saat pembelajaran. Serta menggunakan motode pembelajaran yang bervariasi dan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan kreatif untuk meningkatkan antusias peserta didik. Selain itu sebagai seorang pendidik perlunya menanamkan sikap saling menghargai dan menghormati pendapat orang lain kepada setiap peserta didik agar ketika ada peserta didik yang mau menjawab tidak mendapat tindakan bully seperti di “sorakin” ketika menjawab salah.
Sekian analisis yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.
Nama : Farah Salsabila
NIM : 877694939
menanggapi video di atas, menurut pendapat saya
reaksi anak : Siswa sudah siap dalam mengikuti pembelajaran, siswa juga aktif dalam pembelajaran dan ketika guru bertanya langsung tanggap untuk menjawab.
kelemahan : Tidak ada salam pembuka dan penutup, tidak ada ice breaking, dan guru tidak mengabsen serta menanyakan kabar siswa.
kelebihan : Pembelajaran tidak monoton di dalam kelas, tetapi ada pembelajaran di luar kelas. Guru juga mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami materi yang disampaikan.
hal unik : Pembelajarannya di luar ruangan sehingga tidak monoton di kelas yang membuat anak jenuh.
upaya : Sebaiknya guru melakukan salam sebelum memulai dan sesudah pembelajaran. Strategi yang dipilih cukup tepat Ketika mengajak anak-anak ke luar ruangan dan mengajarkannya dari hal sederhana sehingga mudah dipahami oleh anak-anak.
Selamat pagi. Perkenalkan nama saya Cintia Kusumawati dengan NIM 857864617 UPBJJ UT Surakarta. Izinkan saya menanggapi video seri pembelajaran.
Menurut saya, pada kegiatan awal pembelajaran, guru harus membuat keadaan kegiatan pembelajaran menjadi ‘hidup’. Dalam artinya membuat anak merasa nyaman dan kondusif.
Pembelajaran di luar kelas cukup efektif dalam pembelajaran ini. Karena anak lebih memahami materi tentang arah angin.
Terimakasih.
NAMA : DJEFRIDUS KLAU, S.Pd.
NIM : 501372279
PRODI : MPDR
Judul Video 1, “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”.
Setelah menonton video pembelajaran yang berjudul, “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” dapat Saya komentari bahwa di video pembelajaran itu, Guru tidak menyiapkan alur pembelajaran dengan baik, termasuk penggunaan media belajar. Saran Saya adalah guru harus menyiapkan alur pembelajaran belajar arah mata angin, termasuk mempersiapkan media pembelajaran yang sesuai serta menentukan lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran. Di awal pembelajaran guru harus bisa menggunakan pertanyaan pemantik untuk menarik dan memicu antusias siswa. Sekian dan terima kasih (lampiran screen shoot).
Berdasarkan analisis video pembelajaran IPS SD dengan judul “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” maka terdapat beberapa masukan dan saran tentang video pembelajaran tersebut.
1) Proses pembelajaran diawali dengan guru masih kurang memberikan penjelasan materi secara spesifik, sehingga siswa masih mengalami kesulitan memahami arah mata angin
2) Inovasi metode mengajar dan pemanfaatan media pembelajaran masih belum diterapkan dan dikuasai oleh pendidik
3) Pada pembelajaran di luar kelas, guru telah memberikan contoh mengenai arah mata angin serta melibatkan peserta didik untuk mempraktikkan walaupun tidak menyeluruh
Saran yang dapat saya berikan adalah guru harus memiliki kemampuan memahami materi lebih baik agar pelaksanaan pembelajaran berjalan optimal, penggunaan media pembelajaran penunjang materi juga diperlukan, diakhir guru hendaknya melakukan evaluasi berupa tes tertulis ataupun tanya jawab agar mengetahui sejauh mana kemampuan siswa.