silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

725 Comments

  1. Nama riko julianto
    Nim 858071643
    Ingin menjawab nurut pengamatan saya terhadap vidio pembelajaran belajar mudah menentukan arah mata angin ini memiliki kekurangan yaitu
    1. Tidak ada bagian pendahuluan : memberi salam, mengabsen kehadiran siswa dan berdoa .
    2. Guru tidak menjelaskan pembelajaran terlebih dahulu dan tidak menggunakan media pembelajaran yang bisa mendukung proses pembelajaras
    3. Bagian penutup tidak ada .
    Sebagai kelebihan dalam pembelajaran ini adalah guru mengajak siswa belajar di luar kelas sehingga siswa lebih mudah untuk memahami pembelajaran
    sebagai solusinya sebaiknya guru sebelum memulai pempelajaran perlu mempersiapkan bahan pembelajatan dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup supaya dalam proses pembelajaran tidak terlihat kaku melainkan membuat anak semangat dan termotivasi untuk belajar

  2. Nama : riko julianto
    Nim : 858071643
    ingin menjawab nurut pengamatan saya terhadap vidio pembelajaran belajar mudah menentukan arah mata angin ini memiliki kekurangan yaitu
    1. Tidak ada bagian pendahuluan : memberi salam, mengabsen kehadiran siswa dan berdoa .
    2. Guru tidak menjelaskan pembelajaran terlebih dahulu dan tidak menggunakan media pembelajaran yang bisa mendukung proses pembelajaras
    3. Bagian penutup tidak ada .
    Sebagai kelebihan dalam pembelajaran ini adalah guru mengajak siswa belajar di luar kelas sehingga siswa lebih mudah untuk memahami pembelajaran
    sebagai solusinya sebaiknya guru sebelum memulai pempelajaran perlu mempersiapkan bahan pembelajatan dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup supaya dalam proses pembelajaran tidak terlihat kaku melainkan membuat anak semangat dan termotivasi untuk belajar

  3. Nama : silvia khoiria
    Nim : 859885798
    Pokjar : medan

    menurut saya Ini masalah umum untuk anak-anak kelas III bukan hanya kelas III saja sangat banyak anak anak yang belum paham tentang arah mata angin dan yang belum terbiasa dengan konsep arah mata angin. Langkah-langkah seperti mengamati posisi matahari atau menggunakan tangan untuk menentukan arah adalah cara sederhana tapi efektif untuk membangun pemahaman dasar.

  4. Nama : Tesniman Hura
    Nim : 859883873
    Menurut pengamatan saya terhadap vidio pembelajaran belajar mudah menentukan arah mata angin ini memiliki beberapa kekurangan yaitu:
    – Tidak ada bagian pendahuluan : memberi salam, mengabsen kehadiran siswa dan berdoa
    – Bagian penutup tidak ada
    Kelebihannya juga memberikan solusi yang sangat baik saat guru mengajak siswa keluar dan mempraktikkan langsung, sehingga siswa dapat cepat memahami dan membuat siswa terpancing lewat pertanyaan yang diberikan lagi sehingga ada umpan balik yang bagus.

  5. Selamat Siang ,
    Nama : Dwi Erizka Harahap
    Nim : 855865258
    Menurut saya video tersebut memiliki kekurangan :
    – tidak adanya pengulangan mata pelajaran sebelumnya dan pemberian penjelasan awal terhadap materi yang kaan dipelajari.
    – guru langsung memberikan pertanyaan yang cukup sulit kepada siswa.

    adapun solusinya yaitu :
    sebaiknya guru menyusun dan merancang pembelajaran yang matang disertai dengan adanya alat peraga atau metode pembelajaran yang menyenangkan.

  6. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Nina Juwanda
    Nim : 859872689
    Asal : Upbjj Medan
    Prodi : S1 PGSD
    Dari vidio diatas, ada beberapa kekurangan yang dapat dilihat, yaitu :
    1. Tidak ada bagian pendahuluan : memberi salam, mengabsen kehadiran siswa dan berdoa .
    2. Guru tidak menjelaskan pembelajaran terlebih dahulu dan tidak menggunakan media pembelajaran yang bisa mendukung proses pembelajaras
    3. Bagian penutup tidak ada .
    Kelebihan dalam pembelajaran ini adalah guru mengajak siswa belajar di luar kelas sehingga siswa lebih mudah untuk memahami pembelajaran
    Solusi pada permasalahan vidio sebaiknya guru sebelum memulai pempelajaran perlu mempersiapkan bahan pembelajaran dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup supaya dalam proses pembelajaran tidak terlihat kaku sehingga dapat membuat anak semangat dan termotivasi untuk belajar.
    Sekian dari saya, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  7. Nama : Mei Indah Wati Halawa
    Nim. : 859869596
    Pokjar : Idanogawo

    Ijin menanggapi video yang telah di sediakan, nah saat ini saya telah menonton satu video ini yang mana judulnya “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”, sebelumnya cara penyampaiannya sangat jelas dan di mengerti oleh siswa, bahkan mengajak siswa keluar dari ruangan untuk menunjukkan arah mata angin, cara seperti ini juga dapat di gunakan sebagai bahan ajar buat siswa supaya lebih mudah menentukan arah mata angin di suatu tempat. Namun ada satu hal yang perlu di benahi menurut saya, siswa dengan melakukan hal tersebut misalkan kita berkata sebelah kiri adalah sebelah Utara maka di pemikiran mereka akan selalu berkata bahwa setiap tempat yang mereka tempati akan yang bersebelahan kiri itu adalah Utara, namun demikian kita perlu menjelaskan bahwasanya contoh yang kita lakukan itu adalah cara menunjukkan arah mata angin sesuai tempat yang ada mereka saat itu, tidak selamanya di gunakan hanya memperkenalkan cara cepat menentukan arah mata angin saat itu juga, kecuali anak-anak mengenal yang namanya peta daerah tersebut maka mereka bisa menentukan mana Utara,mana selatan, barat,timur dan arah mata angin lainnya.
    Alangkah baiknya kita juga memperkenalkan mereka alat-alat penentu arah mata angin, misalkan kompas, kita bisa mengajari mereka melihat kompas yang kita sediakan sehingga mereka lebih paham lagi,mana arah selatan,mana Utara,timur,barat .
    Kemudian kembali dari pembukaan video yang mana pembukaannya langsung langsung saja tanpa ada yang namanya refleksi, atau pembahasan tentang judul yang akan di pelajari oleh siswa. Seperti itu saja saran dari saya semoga bermanfaat dan mudah di mengerti, terimakasih.

  8. Nama: SASA BELATIA AMANDA
    NIM: 856480552
    Pokjar: Pelalawan
    UPBBJ: Pekanbaru
    Menurut saya, berdasarkan video yang saya lihat guru sudah bagus dalam menyampaikan materinya. Tetapi ada beberapa kelemahannya yaitu:
    1. Guru tidak melaksanakan kegiatan pendahuluan seperti tidak adanya kegiatan berdo’a, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
    2. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, sehingga peserta didik tidak tau apa tujuan yang akan mereka capai.
    3. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga peserta didik sulit mengerti.
    Solusinya menurut saya yaitu: Sebaiknya sebagai seorang guru harus menyiapkan perangkat pembelajaran dan media pembelajaran agar tercapainya suatu pembelajaran yang baik, dan bisa juga ditambahkan ice breaking supaya peserta didik tidak bosan saat jam pelajaran.

  9. Nama : BURJU D SILITONGA
    NIM : 856051692
    Pokjar : Humbahas

    Dari video pembelajaran ” Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” diatas, sesuai dengan analisis saya, siswa kurang memahami tentang aarah mata angin. Hal ini terlihat dari beberapa hal yaitu:
    1. Siswa kebingungan ketika menentukan posisi sekolah berada dimana dari tempat tinggal siswa menurut arah mata angin.
    2. Siswa tidak mampu menunujukkan arah mata angin, dimana timur , dimana tenggara, dan seterusnya.
    Akan tetapi, pembelajran dalam video tersebut juga memiliki kelebihan yaitu, metode yang dilakukan oleh guru dengan mengaitkan pembelajaran ke kehidupan nyata dengan membawa siswa keluar kelas dan menentukan arah mata angin secara bersama-sama. Sehingga siswa dapat lebih mudah memahami dan menentukan arah mata angin.

  10. Nama : Jeni Monika Panjaitan
    Nim: 855863136
    Pokjar : Humbahas
    Pada Video seri pembelajaran IPS di SD,Dimana guru melakukan proses belajar mengajar didalam kelas.Namun pada video pembelajaran tersebut masih terdapat ketidakefektifan dalam proses pembelajaran dimana terdapat kelemahan/kekurangan pada video tersebut

    Adapun kelemahannya adalah:
    1. Guru tidaka menyapa siswa,mengecek kehadiran siswa,berdoa,dan tidak membangkitkan semangat siswa dengan melakukan “ice breaking”.Jadi intinya,guru tidak melakukan Tahap Pendahuluan.Dimana guru tersebut langsung masuk ke tahap inti dengan memulai pembelajaran
    2. Pembelajaran tidak diakhiri dengan tahap penutup.Dimana gurj tersebut tidak menyimpulkan pembelajaran yg telah dijelaskan mulai dari awal sampai berakhirnya pembelajaran.
    3. Guru tidak membuat Lembar kerja siswa (LKS) untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yg disampaikan sehingga sebagian siswa kurang memahmi materi yg disampaikan mengenai arah mata angin.
    4. Ketidakefektifan metode dan asesmen pembelajaran yg digunakan sehingga guru cenderung monoton atau menggunakan metode ceramah.
    5. Ketidaksiapan guru dalam penyusunan RPP.

    Sekian tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut,Terimakasih.

Leave a Reply