silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama : Mariani Rahayu
Nim : 855991764
Prodi : PGSD-S1
Pokjar : Pematang Siantar
Menurut saya ada beberapa hal yang harus diperbaiki dari pembelajaran yang ada pada video tersebut antara lain :
Kegiatan pendahuluan
1. Guru memberi salam atau sapaan kepada siswa
2. Mengajak siswa berdoa bersama ( Religius)
3. Mengecek kehadiran siswa
4. Melihat karakteristik siswa
5. Menyampaikan materi yang akan disampaikan
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran
7. Melakukan Apersepsi tentang materi arah mata angin
Kegiatan inti
8.Guru menjelaskan materi dengan media pembelajaran agar siswa lebih memahami.
9. Melakukan tanya jawab kepada siswa
10. Mengajak siswa keluar ruangan untuk mempraktekkan
11. Meminta siswa yang sudah paham untuk mempraktekkan
12. Memberikan soal latihan di rumah terkait materi yang telah diberikan
Penutup
13. Mengajak semua siswa masuk kedalam kelas dan berdoa bersama
14. Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukannya.
Nama: Yulia Indah Nurcahya
NIM: 857149845
Prodi : 118/ S1 PGSD
tanggapan mengenai vidio IPS “Menentukan Arah Mata Angin”
Sebaiknya guru memasuki kelas, tidak langsung mulai pembelajaran. Baiknya guru memasuki kelas dengan memecah kekakuan yang biasa ada didalam kelas. Biasakan guru memasuki kelas dengan mengucapkan kata-kata semangat(yel-yel), menayakan kabar, cek absen, cek kelengkapan seragam dan buku, cek kebersihan dan berdoa sebelum memulai pembelajaran. Hal ini penting dilakukan agar susana belajar jadi nyaman dan menyenangkan.
Pada tayangan selanjutnya, guru memasuki kelas dengan menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa,. Sehingga siswa mengetahui akan belajar apa hari ini. Tetapi guru tidak membawa media pembelajaran sebagai alat bantu materi pemebelajaran. Hal ini penting dilakukan agar siswa bisa memahami kalimat yang disampaikan dengan melihat media yang di tampilkan guru dikelas.Sehingga siswa tidak salah paham antara kalimat yanga dijelaskan dengan media yang ditampilkan.
Pemahaman siswa yang diberikan guru langsung kepada praktik cara mengetahui arah mata angin di luar kelas, dan evaluasi juga langsung dilakukan di tempat. Hal ini sebaiknya siswa melakukan evaluasi di dalam kelas dengan menggunakan buku. Siswa dapat menggambarkan arah mata angin dari hasil praktik di lapangan tadi. Sebaiknay guru bisa menampilakan berbagai metode pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yanag akan di pelajari, guru juga harus bisa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai tambahan bahan ajar dikelas.
Terimakasih.
Nama :SRI BENI
Nim : 858158252
Prodi : S1 PGSD
Belajar mudah Menentukan Arah Mata Angin
Topik arah mata angin
Menurut saya pada kegiatan membuka pelajaran belum sepenuhnya dilakukan seperti mengajak siswa berdoa, mengabsen siswa, dan menyayikan lagu Indonesia raya sebagai sikap Nasionalisme dan suasana kelas masih sangat kaku, Berilah senyuman manis kepada siswa agar suasana kelas tidak tegang.
untuk proses pembelajaran siswa dan guru sudah terlibat secara aktif, dengan membawa siswa keluar ruangan untuk memahami materi saya sangat tertarik.
NAMA : SANTINURANI GULO
NIM : 856034252
PROGRAM STUDI: PGSD-S1
Vidio pembelajaran tersebut menyajikan kegiatan pembelajaran tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
Dalam Vidio pembelajaran diatas guru mengawali pembelajaran dengan menyapa siswa serta menyampaikan apa materi pembelajaran yang akan di pelajari.
Pada kegiatan inti guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara menentukan arah mata angin dengan cepat, mudah dan benar. Tujuan dari materi ini agar setiap kita mudah mengetahui letak dari suatu tempat, mengetahui lokasi dengan cepat dan lain-lain. Dalam penyampaian materi pembelajaran guru mengajak siswa melakukan kegiatan ini diluar kelas dengan tujuan siswa diajak untuk belajar sambil bermain.
Dalam kegiatan akhir guru meminta siswa mempraktekan bagaimana cara menentukan arah mata angin dengan cepat serta memberikan motivasi dan menyimpulkan hasil dari materi pembelajaran tersebut.
Hasil analisis video:
Kelemahan:
Dalam vidio pembelajaran diatas terdapat beberapa kelemahan sepanjang berlangsungnya kegiatan pembelajaran, dimana guru dalam melaksanakan pembelajaran kegiatan pembuka hanya beberapa saja yang terlihat yaitu menyapa siswa. Selain itu tidak ada dalam kegiatan pembuka seperti berdoa, memgabsen, bernyanyi, memberikan motivasi dan mengkondisikan suasana kelas sehingga dalam keberlangsungan kegiatan pembelajaran masih terdapat siswa yang kurang fokus serta lebih memilih untuk bertanya kepada temannya dari pada gurunya.
Kelebihan:
– Guru menyuruh siswa untuk keluar dan melaksanakan kegiatan pembelajaran diluar kelas dan melaksanakan kegiatan praktek bagaimana kita menentukan arah mata angin dengan benar sehingga siswa lebih semangat, mudah memahami dan mengerti akan materi.
– Guru menanyakan apa manfaat bagi siswa ketika mengetahui bagaimana cara menentukan arah mata angin. Dalam vidio tersebut kita mengetahui bahwa siswa telah mampu menentukan arah mata angin dengan mudah dan cepat dengan bantuan media pembelajaran yang digunakan. Strategi guru dalam menyampaikan materi tersebut bisa membuat siswa dari tidak tau menjadi tau sehingga keberhasilan tersebut merupakan suatu kelebihan yang dimiliki oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
TERIMAKASIH.
Nama : Novi Bonita
Nim : 856045248
Prodi : S1 PGSD
Tanggapan saya mengenai vidio IPS Menentukan Arah Mata Angin
Menurut saya dalam video tersebut pada saat kegiatan membuka pelajaran belum sepenuhnya dilakukanaya oleh guru tersebut seperti mengajak siswa berdoa,mengabsen siswa,di video tersebut juga kelas masih sangat kaku.seharusnya guru bisa memberikan senyuman kepada siswa sebelum memulai pelajaran agar siswa lebih semangat lagi dalam belajar. Tetapi disini juga kelebihannya pada saat proses pembelajaran siswa dan guru sudah terlihatt secara aktif, dengan membawa siswa keluar ruangan untuk siswa lebih mudah memahami materi tesebut.
Hal unik nya siswa sangat senang dan gembira pada saat proses belajar di luar ruangaan.
Nama : Dermawi Siagian
NIM : 856075724
Program Studi : PGSD-S1
Semester : VI (A)
Menurut saya, dalam video tersebut kegiatan pembelajaran sudah bagus terlihat saat menyampaikan inti dalam pembelajaran. Di saat pemaparan materi, guru mengajak anak-anak keluar untuk belajar dan interaksi guru dan anak-anak sangat baik.
Namun, terdapat beberapa kelemahan dalam kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup.
Dalam kegiatan pendahuluan, guru tidak terdengar interaksi salam kepada anak sedangkan di kegiatan penutup tidak terdapat refleksi berupa penguat, evaluasi kepada anak.
Terimakasih
Nama : Melisa Veriskila
NIM : 858422366
UPBJJ : SAMARINDA
Pokjar : Tunas Mandiri
Menurut pemahaman saya pribadi mengenai video diatas yaitu “Menentukan Arah Mata Angin”
Sebaiknya sebagai seorang guru kita memasuki kelas, tidak langsung mulai pembelajaran. sebaiknya guru memasuki kelas dengan menayakan kabar, berdoa memeriksa kehadiran, memeriksa kelengkapan seragam dan buku, dan kebersihan sebelum memulai pembelajaran. Hal ini penting dilakukan agar susana belajar jadi nyaman dan menyenangkan.
pada saat guru memulai pembelajaran hendaknya menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa,. Sehingga siswa mengetahui akan belajar apa hari ini. pada saat guru akan memulai kegiatan inti seorang guru harus membawa media pembelajaran sebagai alat bantu materi pemebelajaran. Hal ini penting dilakukan agar siswa bisa memahami kalimat yang disampaikan dengan melihat media yang di tampilkan guru dikelas.Sehingga siswa lebih mudah memahami dalam menentukan arah mata angin.
Pemahaman siswa yang diberikan guru langsung kepada praktik cara mengetahui arah mata angin di luar kelas, dan evaluasi juga langsung dilakukan di lapangan. sebaiknya siswa melakukan evaluasi di dalam kelas dengan menggunakan buku. Siswa dapat menggambarkan arah mata angin dari hasil praktik di lapangan. Sebaiknya guru bisa menampilakan berbagai media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan di pelajari, guru juga harus bisa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dikelas.
dilanjuti dengan kegiatan penutup yaitu guru mengevaluasi kegiatan belajar mengajar serta memberi penguatan tentang menentukan arah mata angin lalu dilanjuti dengan menyampaikan materi yang akan dipelajari pertemuan selanjutnya lalu ditutup dengan doa.
Terimakasih.
Nama : DIAH WULAN SARI
Nim : 856028757
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ-Ut: MEDAN
Pokjar :ASAHAN
Menurut pendapat saya,dari video mengajar diatas mengenai materi Menentukan Arah Mata Angin
Disini selama pembelajaran awal guru tidak memberikan pembukaan disaat awal pembelajaran guru hanya menyapa siswa saja, contoh nya guru dapat mengabsen kehadiran siswa,membaca doa serta melakukan ice breaking agar siswa tidak terlihat tegang atau monoton saat pembelajaran dimulai.Dan agar suasana tidak monoton guru dapat mengajak siswa bernyanyi misalnya menyanyikan arah mata angin sesuai materi yg akan diajarkan.
Disamping itu guru dapat membawa media mengajar seperti gambar mata angin agar siswa lebih mudah dalam memahami materi.selama pembelajaran berlangsung guru tidak membuka sesi tanya jawab kepada siswa terlihat tampak siswa yg bertanya kepada temannya
Akan tetapi didalam video ini guru sudah membawa Siswa keluar kelas untuk praktek menunjukkan arah mata angin,sehingga siswa mudah memahaminya .
Terimakasih
Nama : Vinta Ayuk Silviana
NIM : 837621382
Pokjar : Jenggawah
Analisis video yang berjudul Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
Dalam pembelajaran siswa SD. Peserta Didik sangat penting dalam memahami arah mata angin. Hal ini dikarenakan mata angin akan selalu muncul dalam masalah kehidupan sehari harinya. Oleh karena itu sangat penting memastikan masing – masing peserta didik sudah mampu dan paham tentang arah mata angin. Dan dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-harinya.
Dalam pembelajaran 2 siklus yang dilakukan dalam video di atas. Guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik. Karena sudah melakukan perbaikan. Di siklus pertama guru melakukan pembelajaran dengan metode ceramah dan tidak ada media pembelajaran. Akhirnya siswa cukup kesulitan dalam memahami pembelajaran arah mata angin. Tetapi di siklus kedua guru sudah mampu memperbaiki proses pembelajarannya. Dengan metode pembelajaran yang dilakukan di luar kelas. Memahami dimana matahari terbit dan tenggelam. Memberikan pengalaman belajar siswa yang menarik dan berkesan. Dan akhirnya siswa bisa menguasi materi arah mata angin dengan baik.
NAMA : IRVAN ARIA
NIM : 85988238
Prodi : PGSD S1 BIDANG ILMU
Vidio pembelajaran tersebut menyajikan pembelajaran tentang ” Belajar Mudah tentang Menentukan Arah mata angin”
Menurut saya pada kegiatan membuka pelajaran belum sepenuhnya dilakukan seperti mengajak siswa berdoa, mengabsen siswa, dan menyayikan lagu Indonesia raya sebagai sikap Nasionalisme dan suasana kelas masih sangat kaku, Berilah senyuman manis kepada siswa agar suasana kelas tidak tegang. dan guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang materi pembelajaran arah mata angin ke siswa dan langsung melakukan praktek. seharusnya guru tersebut harus melakukan proses pembelajaran dengan melakukan kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan di akhiri kegiatan penutup. agar pembelajaran tersebut tidak terkesan membosankan dan mengantuk.