silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Izin menjawab
Menurut saya, pada video diatas memiliki kelebihan dengan metode praktek Langsung. Dengan mengajak siswa keluar kelas untuk mempraktikkan cara menentukan arah mata angin dengan menggunakantubuh, seperti tangan kanan mengarah ke matahari terbit (timur), tangan kiri ke barat, wajah menghadap utara, dan punggung ke selatan. Metode ini membuat siswa lebih mudah memahami dan membedakan arah mata angin secara sederhana. Selain itu metode ini meningkatkan antusias siswa dengan melibatkan anggota tubuh sehingga mereka lebih aktif. Guru juga memberikan penghargaan kepada siswa yang menjawab dengan benar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Sedangkan kelemahan pada video diatas kurangnya kegiatan pembuka dan penutup pembelajaran. Video tidak menunjukkan adanya salam pembuka, doa sebelum belajar, absensi, penjelasan tujuan pembelajaran, maupun doa penutup. Hal ini membuat proses pembelajaran kurang terstruktur dan kurang kondusifif. Kurangnya variasi metode dan kreativitas dalam penyampaian materi pembelajaran yang didominasi oleh ceramah dan praktik sederhana tanpa variasi metode atau media yang menarik, sehingga siswa terlihat lambat dalam memahami materi. Kurangnya sikap tegas guru ketika terjadi sorakan atau ejekan dari teman ketika siswa menjawab salah, namun guru tidak menegur, yang dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri dan takut untuk berpartisipasi kembali.
Nama : Ricci Tania
Nim : 855869294
Semester : 8 (delapan)
menurut pendapat saya dalam video pembelajaran tersebut,video tidak adanya pembukaan seperti mengucap salam,membahas mata pelajaran pada minggu lalu,contohnya, apa materi kita minggu lalu ya anak-anak…
Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu apa itu mata angin.
Assalamualaikum Wr Wb
Nama : Ansar Rahman
NIM 859531507
Dari video pembelajaran diatas, menurut saya, penyampaian guru kepada siswa masih agak kaku, hal itu yang membuat beberapa siswa ketika ditanya akan merasa canggung bahkan takut karena penyampaian guru yang kurang santai. selain itu, ketika ada siswa yang kurang tepat menjawab mata arah angin, sebagai guru, sebisa mungkin memberitahu kepada siswa agar tidak saling meneriaki kepada siswa yang salah agar anak tersebut tidak merasa di bulli. kemudian guru tidak menggunakan media seperti kompas ataupun globe, agar siswa dapat mengetahui arah mata angin tanpa harus meraba-raba lagi.
Untuk pelajarannya sudah sangat baik. guru membawa siswa keluar ruangan agar mereka dapat mengetahui letak tata rumahnya ke sekolah. dapat mengetahui dimana terbitnya dan terbenamnya matahari serta yang lainnya.
NAMA : DEWI SINTA BELA
NIM : 877678626
PRODI : S1 PGSD
SEMESTER : 6
UPBJJ : UT BANDUNG
TUGAS MATKUL : PKM PDGK4209
HASIL ANALISIS VIDEO
Setelah saya menonton isi video pembelajaran tersebut, yang berjudul “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” di mana guru membawa siswa ke luar kelas untuk praktik langsung, berikut adalah kelebihan dan kekurangannya:
1. KELEBIHAN
1. Pembelajaran Kontekstual dan Nyata
Membawa siswa ke luar kelas dan mempraktikkan cara menentukan arah mata angin secara langsung memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan relevan dengan dunia nyata. Hal ini membantu siswa memahami konsep secara lebih mendalam dan tidak abstrak.
2. Pembelajaran Aktif dan Berpusat pada Siswa
Metode praktik langsung melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Mereka tidak hanya mendengarkan, tetapi juga bergerak, mengamati, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Ini meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.
3. Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
Video ini menunjukkan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang efektif dan murah. Hal ini mendorong kreativitas guru dalam memanfaatkan sumber daya yang ada.
4. Meningkatkan Pemahaman Konsep Spasial
Praktik langsung membantu siswa mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep spasial dan arah. Mereka dapat merasakan dan melihat langsung bagaimana arah mata angin bekerja.
5. Pembelajaran yang Menyenangkan dan Berkesan
Kegiatan di luar kelas dan praktik langsung cenderung lebih menyenangkan dan berkesan bagi siswa SD, sehingga meningkatkan motivasi belajar dan retensi materi.
6. Mengakomodasi Gaya Belajar Kinestetik
Metode ini sangat sesuai dengan gaya belajar kinestetik siswa yang belajar lebih baik melalui gerakan dan pengalaman fisik.
7. Memperkuat Ingatan Jangka Panjang
Pengalaman langsung cenderung lebih mudah diingat dalam jangka panjang dibandingkan dengan hanya mendengarkan penjelasan di dalam kelas.
2. KEKURANGAN
1. Ketergantungan pada Kondisi Cuaca
Pelaksanaan praktik di luar kelas sangat bergantung pada kondisi cuaca yang mendukung. Jika cuaca buruk, kegiatan ini tidak dapat dilakukan.
2. Potensi Gangguan dan Kurang Fokus
Lingkungan luar kelas mungkin memiliki banyak distraksi yang dapat mengganggu fokus siswa pada materi pembelajaran.
3. Membutuhkan Pengawasan Ekstra
Membawa siswa ke luar kelas memerlukan pengawasan yang lebih ketat dari guru untuk memastikan keamanan dan ketertiban.
4. Tidak Semua Konsep Bisa Diajarkan di Luar Kelas
Metode ini sangat cocok untuk materi seperti arah mata angin, tetapi tidak semua konsep dalam pembelajaran dapat diajarkan dengan cara yang sama.
5. Keterbatasan Waktu
Waktu pembelajaran di luar kelas mungkin terbatas, sehingga guru perlu merencanakan kegiatan dengan efisien.
6. Potensi Kurang Terstruktur (Jika Tidak Terencana dengan Baik)
Jika kegiatan praktik di luar kelas tidak terstruktur dengan baik, tujuan pembelajaran mungkin tidak tercapai secara efektif.
7. Tidak Memanfaatkan Media Visual (di dalam Video)
Meskipun praktik langsung adalah media yang sangat baik, video itu sendiri mungkin kurang memanfaatkan media visual tambahan seperti kompas, gambar arah mata angin, atau animasi sederhana untuk memperjelas konsep sebelum atau sesudah praktik di luar.
3. KESIMPULAN
Jadi, menurut pendapat saya, Video pembelajaran ini memiliki banyak kelebihan karena memanfaatkan metode praktik langsung yang sangat efektif untuk mengajarkan konsep arah mata angin kepada siswa SD. Pengalaman belajar yang kontekstual, aktif, dan menyenangkan akan membantu siswa memahami dan mengingat materi dengan lebih baik. Namun, guru perlu memperhatikan potensi kekurangan seperti ketergantungan pada cuaca dan potensi gangguan di luar kelas, serta memastikan kegiatan terencana dengan baik. Meskipun praktik langsung adalah media utama, penambahan sedikit elemen visual dalam video (sebelum atau sesudah kegiatan di luar) mungkin dapat semakin memperkuat pemahaman siswa.
Sekian ,Terimakasih
nama : anjuwita
nim : 856480728
dari awal video siswa sudah terlihat tertarik untuk pembelajaran ips di sd tersebut. guru juga sudah menguasai kelas dan siswa terlihat aktif menjawab pertanyaan yang di beri guru, guru juga lebih memahami krakter siswa dan bisa membuat suasana kelas lebih baik.
Nama : Desi Alfiani
NIM : 857139529
Prodi : PGSD
UPBJJ : Jakarta
komentar dalam video ini, siswa diajarkan untuk mengamati posisi matahari terbit dan terbenam sebagai metode dasar untuk menentukan arah. Jika cuaca mendung, mereka dianjurkan untuk menggunakan kompas. pendekatan ini cukup praktis dan relevan untuk anak-anak, karena menghubungkan konsep geografis dengan pengalaman sehari-hari.
Menurut saya, vidio tersebut sudah sangat baik, feedback yg diberikan guru dalam penyampaian materi sudah sangat bagus.
sehingga siswa bisa memahami materi dengan baik.
Tetapi sebaiknya guru menyapa siswa terlebih dahulu dengan memberikan kata kata motivasi mau pun kata semangat untuk belajar.
kedepannya guru harus memperhatikan setiap detail kecil yang menyangkut kenyamanan siswa dalam belajar.
Menurut saya pada video pembelajaran tersebut, kekurangannya yaitu guru tidak memiulai pelajaran dengan salam pembuka dan juga tidak mengabsen siswa, guru tidak memberikan motivasi yang cukup untuk memotivasi siswa dan meningkatkan semangat belajar, kurangnya alat peraga mata angin untuk membantu siswa agar lebih memahami materi, pada awal pembelajaran guru tidak mengingatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menghargai pendapat teman.
Kelebihannya yaitu guru berhasil menjelaskan materi dengan jelas dan mudah dipahami oleh siswa, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran praktik langsung di lapangan.
Nama : Kharis Zahrotul Inayah
Nim : 878188962
Menurut saya dlm vidio diatas memiliki beberapa kekurangan yaitu
Kegiatan Pembuka yang Kurang Lengkap,Kurangnya Penjelasan Teoritis Sebelum Praktik, Suasana Kelas yang Kurang Kondusif’ Keterbatasan Media Pembelajaran dll. sedangkan untuk kelebihannya yaitu Pendekatan Praktis dan Kontekstual, Penggunaan Metode Demonstrasi yang Efektif, Penerapan Solusi Praktis dalam Pembelajaran
Nama : Afif Fu’adur Rohman NIM : 877973039 Menurut sendapat saya setelah melihat video tersebut guru sudah menjelaskan bagaimana arah mata angin. Namun alangkah lebih baik lagi apabila menggunakan media, seperti Video tentang Arah mata angin, gambar, maupun media lainnya. Pada awal video guru hanya menyapa siswanya tanpa mengucakpan salam, kurangnya memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih semangat beljar