silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

725 Comments

  1. Nama : Bangun cimtara sabka
    NIM : 856664272
    izinkan saya menanggapi video tersebut
    Setelah menganalisis video tsb ada beberapa hal yang ingin saya tanggapi
    Mungkin dari kekurangannya terlebih dahulu
    1. Guru tersebut tidak membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam ataupun berdoa
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran tersebut
    3. Guru tidak memicu motivasi siswa untuk belajar
    4. Guru tidak menggunakan media belajar seperti memberi contoh kompas kepada siswa
    Kelebihannya
    1. Guru mengajak siswa praktik tentang menentukan arah mata angin dengan menggunakan bagian tubuh
    2. Guru melakukan umpan balik kepada siswa
    3. Guru mengajarkan siswa untuk tampil kedepan untuk mempraktikan menentukan arah mata angin

  2. Nama: Nirawana Zebua
    Nim:823205822

    Setelah saya melihat video tersebut saya melihat beberapa kekurangan:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, memeriksa kehadiran, berdoa, dan lain sebagainya.
    2. Guru tidak memberikan apa tujuan pembelajaran dari pembelajaran yang dilakukan.
    3. Dan guru tidak membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang dilakukan bersama siswanya.

    Kelebihan yang terdapat dalam Video tersebut:
    1. Guru sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran berlangsung dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran yaitu tentang mata angin.
    2. Guru telah memberikan pembelajaran yang bermakna seperti guru mengajak siswa keluar untuk belajar secara langsung tentang menetukan arah mata angin.
    3. Guru memberi kan penjelasannya yang sesuai dengan kemampuan pemahaman siswa dengan mengistilahkan anggota tubuh sebagai arah mata angin, serta mengikut sertakan siswa dalam pembelajaran seperti siswa bersama ” menyebut kan apa manfaat pembelajaran yang di lakukan, serta guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan arah mata angin nya hal ini akan membuat siswa lebih memahami tentang

  3. Nama : Kinasih Wijayanti
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ-UT Surakarta

    Berdasarkan video tersebut, kita ketahui bahwa menentukan arah mata angin dalam pembelajaran IPS merupakan materi yang perlu dipahami siswa. Sebagai contoh kecil, siswa perlu mengetahui letak rumahnya terhadap arah mata angin, misalnya menghadap ke arah mana dan sebagainya. Namun, terkadang siswa masih kesulitan memahami konsep arah mata angin tersebut. Sehingga guru perlu memberikan metode pembelajaran yang sesuai dan efektif agar siswa mudah memahami materi tersebut.

    Salah satu metode pembelajaran yang digunakan adalah melalui pembelajaran di luar kelas. Siswa diminta untuk menghadap arah matahari terbit, berarti arah itu merupakan arah timur. Arah sebaliknya adalah arah barat, sebelah kanan adalah arah selatan dan sebelah kiri adalah arah utara. Setelah dapat mengetahui patokan arah mata angin tersebut, guru menyampaikan manfaat dari pengetahuan arah mata angin tersebut. Kemudian siswa diminta menjelaskan secara sederhana letak suatu benda di sekitar, misalnya gedung kelas 1 mengahadap ke arah mana? Dan sebagainya, sehingga siswa dapat benar-benar memahami materi arah mata angin tersebut.

  4. Nama : Shafira Berlina Putri
    NIM : 877330076
    UPBJJ / POKJAR : UT Jember / Bondowoso
    Menurut pendapat saya ada beberapa kekurangan dan kelebihan dari video diatas :
    Kelebihan :
    1. Guru mengajak siswa keluar kelas untuk memahami dan mempelajari secara langsung materi yang disampaikan sehingga siswa lebih paham dalam menerima materi.
    2. Guru selalu memberikan apresiasi kepada siswa yang berani menjawab.
    Kekurangan :
    1. Guru tidak memberikan pendahuluan, seperti salam, menyakan kabar, memeriksa kehadiran, berdoa dan sebagainya diawal pembelajaran.
    2. Guru tidak memberikan tujuan awal pembelajaran, sehingga siswa tidak tahu apa yang akan dipelajari.
    3. Guru tidak memberikan kesimpulan diakhir pembelajaran.

  5. Nama ;Ribka indah Setiawan zai
    Nim:834925395

    Setelah saya melihat video tersebut saya melihat beberapa kekurangan:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, memeriksa kehadiran, berdoa, dan lain sebagainya.
    2. Guru tidak memberikan apa tujuan pembelajaran dari pembelajaran yang dilakukan.
    3. Dan guru tidak membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang dilakukan bersama siswanya.
    Kelebihan yang terdapat dalam Video tersebut:
    1. Guru sudah melibatkan siswa dalam pembelajaran berlangsung dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran yaitu tentang mata angin.
    2. Guru telah memberikan pembelajaran yang bermakna seperti guru mengajak siswa keluar untuk belajar secara langsung tentang menetukan arah mata angin.

  6. Nama : Putri Ramadhani
    Nim : 859773727

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya simak yang berjudul “Belajar Mudah Menemukan Arah Mata Angin” dapat disimpulkan pendidik mengajarkan cara mudah menentukan arah mata angin dengan baik. Adapun kelemahan dari video tersebut adalah:
    Ketidaklengkapan Pembukaan Pembelajaran : Terlihat bahwa pendidik langsung menyampaikan materi inti tanpa melaksanakan tahapan awal yang krusial. Kegiatan seperti berdoa bersama, mengecek kehadiran siswa, menanyakan kabar mereka, memberikan motivasi, serta menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran terlewatkan. Hal ini berpotensi membuat siswa kurang siap secara mental dan tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai arah pembelajaran titik selain itu, kurangnya penyemangat di awal sesi bisa mengurangi kesiapan peserta didik untuk terlibat aktif.
    Kurangnya Intervensi Terhadap Perilaku Negatif Siswa : Situasi di mana siswa yang memberikan jawaban kurang tepat justru mendapatkan respon negatif berupa sorokan atau ejekan dari teman-temannya, dan pendidik tidak memberikan teguran merupakan hal yang perlu diperhatikan titik tindakan ini yang termasuk dalam kategori bullying verbal, jika dibiarkan berlarut-larut dapat merusak rasa percaya diri siswa dan menimbulkan ketakutan untuk berpartisipasi di masa mendatang.
    Suasana Pembelajaran yang Kurang Dinamis: Proses belajar di dalam kelas tanpa kurang hidup dan interaktif. Hal ini tercermin dari kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diajukan guru titik metode penyampaian materi yang dominan berupa ceramah dan praktik tanpa variasi media pembelajaran yang menarik dan kreatif. Diduga menjadi salah satu faktor lambatnya pemahaman siswa terhadap materi.
    Tidak ada Penutup Pembelajaran yang Sistematis : Sesi pembelajaran berakhir tanpa adanya kegiatan penutup yang terstruktur, seperti sesi tanya jawab untuk mengklarifikasi pemahaman, merangkum poin-poin penting pembelajaran, dan mengakhiri kegiatan dengan doa.

  7. Nama : Beziduhu Telaumbanua
    Nim : 859893606
    UPBJJ : UT-Medan
    Jurusan : PGSD

    Setelah saya melihat video tersebut saya melihat beberapa kekurangan:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, memeriksa kehadiran, berdoa, dan lain sebagainya.
    2. Guru tidak memberikan apa tujuan pembelajaran dari pembelajaran yang dilakukan.
    3. Dan guru tidak membuat kesimpulan tentang pembelajaran yang dilakukan bersama siswanya.
    4. Guru dalam membuat rpp ips ini tidak memperhatikan tingkat kemampuan siswa,serta alat peraga yang diberikan
    5. dalam rpp yang dibuat seorang guru harus bisa melihat sejauh mana materi itu apakah bisa di pahami oleh siswa atau tidak.

  8. NAMA : VIVI NOVIANTY
    NIM : 856036865
    UPBJJ: MEDAN
    Berdasarkan pengamatan video yang telah saya lihat, Menurut pendapat saya pada proses pembelajaran tersebut tidak adanya salam sapaan, bertanya kabar, absensi siswa, saat awal pembelajaran guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang mata angin dan kurangnya media belajar pendukung misalnya disediakannya kompas atau gambar-gambar.
    tidak adanya kegiatan pendahuluan (berdoa,absen / kehadiran, menanyakan kabar, atau menjelaskan tujuan pembelajaran) dan penutupan (sesi tanya jawab atau doa penutup).
    pembelajaran tampak kurang interaktif dengan dominasi metode ceramah tanpa media kreatif. Hal ini membuat siswa lambat memahami materi. Guru juga tidak menegur perilaku siswa yang mengejek teman yang salah menjawab, yang dapat memicu rasa tidak percaya diri.

    Kelebihan guru dalam video tersebut adalah guru mengajak siswa untuk belajar di luar ruangan dimaria siswa dapat melihat posisi matahari sehingga siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran dengan cepat. Kemudian guru memberi umpan balik kepada siswa seperti memberikan penghargaan kepada siswa yang telah melakukan latihan di depan kawan-kawannya.

  9. NAMA : VIVI NOVIANTY
    NIM : 856036865
    UPBJJ: MEDAN

    Berdasarkan pengamatan video yang telah saya lihat, Menurut pendapat saya pada proses pembelajaran tersebut tidak adanya salam sapaan, bertanya kabar, absensi siswa, saat awal pembelajaran guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi tentang mata angin dan kurangnya media belajar pendukung misalnya disediakannya kompas atau gambar-gambar.
    tidak adanya kegiatan pendahuluan (berdoa,absen / kehadiran, menanyakan kabar, atau menjelaskan tujuan pembelajaran) dan penutupan (sesi tanya jawab atau doa penutup).
    pembelajaran tampak kurang interaktif dengan dominasi metode ceramah tanpa media kreatif. Hal ini membuat siswa lambat memahami materi. Guru juga tidak menegur perilaku siswa yang mengejek teman yang salah menjawab, yang dapat memicu rasa tidak percaya diri.

    Kelebihan guru dalam video tersebut adalah guru mengajak siswa untuk belajar di luar ruangan dimaria siswa dapat melihat posisi matahari sehingga siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran dengan cepat. Kemudian guru memberi umpan balik kepada siswa seperti memberikan penghargaan kepada siswa yang telah melakukan latihan di depan teman temananya.

  10. IPS
    1 Arah angin
    menurut saya, dengan video diatas, ada kelebihan serta kekurangannya.
    kelebihan dari metode ini, guru dapat mengajak siswa secara langsung belajar diluar, sehingga mudah memahami. dan kekurangannya adalah siswa biasanya tidak fokus atau bercabang pembelajarannya karena kurangnya fokus dilingkungan terbuka

Leave a Reply