silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

725 Comments

  1. IPS
    1 Arah angin
    menurut saya, dengan video diatas, ada kelebihan serta kekurangannya.
    kelebihan dari metode ini, guru dapat mengajak siswa secara langsung belajar diluar, sehingga mudah memahami. dan kekurangannya adalah siswa biasanya tidak fokus atau bercabang pembelajarannya karena kurangnya fokus dilingkungan terbuka dan lebih fokus

  2. Nama : Nur Hotimah
    Nim : 859774592
    Prodi : S1 PGSD

    Menurut saya, video di atas memiliki kelebihan dan kekurangan.
    Kelebihan dari pembelajaran tersebut yaitu; guru mengajak siswa untuk praktik secara langsung dalam menentukan arah mata angin dengan mengajak siswa keluar kelas. Dengan adanya praktik secara langsung dapat membuat peserta didik lebih mudah memahami materi.
    Kekurangan dari pembelajaran yaitu; pada awal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, mengecek kehadiran, berdo’a. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, di akhir pembelajaran guru tidak menanyakan/ memberi kesimpulan dari pembelajaran tersebut dan tidak menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdo’a.

  3. Nama : Putu Sri Suci Ningsih
    NIM : 859046137
    UPBJJ : UT Denpasar
    Berdasarkan video pembelajaran yang saya lihat, terdapat beberapa kelebihan dalam kegiatan belajar-mengajar seperti:
    1. Materi yang diajarkan yaitu arah mata angin yang mana siswa diajak untuk mempraktikkan langsung posisi arah mata angin sehingga memudahkan siswa untuk memahami arah mata angin serta fungsinya untu kehidupan sehari-hari
    2. Guru menanyakan langsung dengan metode tanya jawab mengenai pemahaman siswa tentang arah mata angin di awal pembelajaran
    Namun, ada beberapa kekurangan yang dapat menjadi saran saya terhadap video tersebut, yaitu:
    1. Sebaiknya pada saat membuka pembelajaran, guru terlebih dahulu mengajak siswa untuk berdoa. Lalu, mengabsen siswa dilanjutkan menanyakan kabar siswa.
    2. Guru dapat meminta siswa untuk ice breaking seperti bernyanyi ataupun pemutaran video menarik untuk membangkitkan semangat siswa untuk belajar
    3. Guru sebaiknya menegur saat siswa diejek karena tidak dapat menjawab dengan benar hal ini untuk menghindari agar siswa percaya diri untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dan aktif berpartisipasi
    4. Setelah praktik langsung di luar kelas, guru dapat mengajak siswa kembali masuk ke kelas lalu dapat berkelompok (Metode diskusi) memberikan LKPD ke siswa mengenai suatu denah dan siswa dapat mengidentifikasi letak lokasi menggunakan arah mata angin. Hal ini bertujuan untuk siswa aktif berpartisipasi dengan teman kelompoknya, mudah memahami materi, dan tidak mudah bosan dalam pembelajaran. Guru juga sebagai fasilitator dan membimbing siswa, biarkan siswa yang mengeksplor dan aktif berpartisipasi sehingga terciptanya pembelajaran bermakna yang berpusat pada siswa

    Demikian analisis dari saya. Terima kasih

  4. Nama : Putu Sri Suci Ningsih
    NIM : 859046137
    UPBJJ : UT Denpasar

    Berdasarkan video pembelajaran yang saya lihat, terdapat beberapa kelebihan dalam kegiatan belajar-mengajar seperti:
    1. Materi yang diajarkan yaitu arah mata angin yang mana siswa diajak untuk mempraktikkan langsung posisi arah mata angin sehingga memudahkan siswa untuk memahami arah mata angin serta fungsinya untu kehidupan sehari-hari
    2. Guru menanyakan langsung dengan metode tanya jawab mengenai pemahaman siswa tentang arah mata angin di awal pembelajaran
    Namun, ada beberapa kekurangan yang dapat menjadi saran saya terhadap video tersebut, yaitu:
    1. Sebaiknya pada saat membuka pembelajaran, guru terlebih dahulu mengajak siswa untuk berdoa. Lalu, mengabsen siswa dilanjutkan menanyakan kabar siswa.
    2. Guru dapat meminta siswa untuk ice breaking seperti bernyanyi ataupun pemutaran video menarik untuk membangkitkan semangat siswa untuk belajar
    3. Guru sebaiknya menegur saat siswa diejek karena tidak dapat menjawab dengan benar hal ini untuk menghindari agar siswa percaya diri untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru dan aktif berpartisipasi
    4. Setelah praktik langsung di luar kelas, guru dapat mengajak siswa kembali masuk ke kelas lalu dapat berkelompok (Metode diskusi) memberikan LKPD ke siswa mengenai suatu denah dan siswa dapat mengidentifikasi letak lokasi menggunakan arah mata angin. Hal ini bertujuan untuk siswa aktif berpartisipasi dengan teman kelompoknya, mudah memahami materi, dan tidak mudah bosan dalam pembelajaran. Guru juga sebagai fasilitator dan membimbing siswa, biarkan siswa yang mengeksplor dan aktif berpartisipasi sehingga terciptanya pembelajaran bermakna yang berpusat pada siswa

    Demikian analisis dari saya. Terima kasih

  5. Nama : IKANI
    NIM : 858161702
    Prodi : PGSD

    Video ini merupakan bagian dari seri pembelajaran SD yang membahas cara menentukan arah mata angin. Video tersebut menunjukkan seorang anak kelas III SD yang kesulitan menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya.

    Menurut analisis/pengamatan saya, Tujuan video ini adalah untuk membantu siswa mempelajari cara menentukan arah mata angin dengan mudah. Video ini menunjukkan beberapa metode untuk membantu siswa memahami konsep arah mata angin, seperti :
    – Mengamati posisi matahari terbit atau terbenam
    – Menunjukkan tangan kanan ke arah matahari terbit sebagai arah timur, dan tangan kiri menunjuk ke arah barat

    Adapun menurut saya Kelebihan Video ini adalah :
    – Metode Pembelajaran yang Praktis.
    Video ini menggunakan metode pembelajaran yang praktis dan mudah diikuti, seperti mengamati matahari dan menggunakan tangan sebagai penunjuk arah.
    – Visualisasi yang Jelas.
    Video ini menggunakan visualisasi yang jelas untuk membantu siswa memahami konsep arah mata angin.

    Terima kasih.

  6. Nama : IKANI
    NIM : 858161702
    Prodi : PGSD
    UPBJJ-UT Palangka Raya

    Video ini merupakan bagian dari seri pembelajaran SD yang membahas cara menentukan arah mata angin. Video tersebut menunjukkan seorang anak kelas III SD yang kesulitan menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya.

    Menurut analisis/pengamatan saya, Tujuan video ini adalah untuk membantu siswa mempelajari cara menentukan arah mata angin dengan mudah. Video ini menunjukkan beberapa metode untuk membantu siswa memahami konsep arah mata angin, seperti :
    – Mengamati posisi matahari terbit atau terbenam
    – Menunjukkan tangan kanan ke arah matahari terbit sebagai arah timur, dan tangan kiri menunjuk ke arah barat

    Adapun menurut saya Kelebihan Video ini adalah :
    – Metode Pembelajaran yang Praktis. Video ini menggunakan metode pembelajaran yang praktis dan mudah diikuti, seperti mengamati matahari dan menggunakan tangan sebagai penunjuk arah.
    – Visualisasi yang Jelas. Video ini menggunakan visualisasi yang jelas untuk membantu siswa memahami konsep arah mata angin.

    Terima kasih.

  7. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Perkenalkan
    Nama; Nurul Fausiah
    NIM; 859448662
    UPBJJ; Makassar
    Matkul; PKM (PDGK4209)
    B. VIDEO PEMBELAJARAN II
    1. Judul Video
    Berdasarkan video yang saya amati di laman GPO https://gurupintar.ut.ac.id, atau https://drive.google.com/file/d/1yiC0XHECnK9zgDZysJeDNkY4RzA4_hY4/view?usp=sharing
    2. Ringkasan isi Video
    Video ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya.
    3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
    Terlihat jelas dalam video bahwa disini guru hanya wal pembelajaran dimana Guru hanya menyapa siswanya dan langsung masuk menyampaikan pembelajaran, Guru tidak memberikan motivasi siswa pada awal pembelajaran siswa tidak tertib dan guru juga kurang perhatian, terdapat saat siswa menyampaikan pendapat dan diejek oleh siswa lain guru tidak memperingatkan siswa untuk tidak saling mengejek saat siswa lain memberikan pendapat. Alhasil, pembelajaran menjadi tidak maksimal, monoton, terkesan hanya komunikasi satu arah saja karena semua perhatian terpusat pada guru. Apalagi jika diterapkan di kelas bawah yang harus sering dikaitkan dengan benda konkret, tentu saja tidak sesuai dengan usia perkembangan anak.
    4. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
    Memberi kan penjelasannya yang sesuai dengan kemampuan pemahaman siswa dengan mengistilahkan anggota tubuh sebagai arah mata angin, serta mengikut sertakan siswa dalam pembelajaran seperti siswa bersama ” menyebut kan apa manfaat pembelajaran yang di lakukan, serta guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan arah mata angin nya hal ini akan membuat siswa lebih memahami tentang materi pembelajaran yang di ajarkan oleh gurunya.
    5. Hal unik yang terdapat dalam Video Pembelajaran
    Guru mengajak siswa keluar untuk belajar secara langsung tentang menentukan arah mata angin.Guru dapat memanfaatkan kondisi lingkungan sekitar untuk dijadikan sumber dan media belajar seperti video tersebut dimana guru langsung mempraktekkan dengan anggota tubuh sebagai alat peraga dalam pembelajaran.
    6. Rencana pembelajaran yang dilakukan.
    Secara umum media pembelajaran membantu guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada siswanya, agar pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik, dan lebih menyenangkan kepada siswa. Media itu sendiri merupakan alat yang digunakan guru untuk memperjelas penyajian pesan dan informasi kepada peserta didik. Media pembelajaran dapat berupa alat grafik, visual, audio, video dan elektronik. Pemilihan media itu sendiri tidak harus membeli dengan harga yang mahal. Kita sebagai guru dapat memanfaatkan kondisi lingkungan sekitar untuk dijadikan sumber dan media belajar.
    Salah satu media pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan saat proses belajar mengajar ialah menggunakan media audio visual. Pasalnya media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik untuk para siswa. Namun, Tidak ada media yang paling baik dan tepat kecuali media itu sendiri disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran akan berjalan dengan asyik, penuh antusias, bermakna dan menyenangkan. Setelah menggunakan media yang tepat sesuai kebutuhan, diharapkan pula dapat mempertajam pemahaman siswa dan berimbas pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

  8. Nama : Siti Hajar Utami
    NIM : 877822202
    Program Studi : PGSD
    Semester : 6 – B
    UPBJJ : Kota Bogor

    Berdasarkan pengamatan saya, video ini hanya dibagian isi saja, mengingat durasi video ini hanya 4:19 menit. Apabila secara keseluruhan mulai dari pendahuluan, isi, dan penutup durasi video ini akan lebih lama.

    Pada video ini dapat digaris bawahi bahwa metode yang dilakukan dapat dengan mudah dipahami dan diingat oleh peserta didik karena menggunakan gerakan tubuh yang dapat memperkuat visualisasi materi tersebut terutama peserta didik yang termasuk dalam kategori short-term memory.
    Namun semakin berkembangnya zaman, guru bisa memodifikasi atau menambahkan media dan alat peraga yang ada seperti teknologi digital yang sesuai dengan materi pembelajaran tersebut.

  9. Nama : Mastulen Siregar
    Nim : 859883304
    Pokjar : Rantau prapat

    Menurut tanggapan saya mengenai video yang saya tonton terdapat sisi positif yang dilakukan guru saat belajar mengenai arah mata angin yang mudah untuk di pahami .
    Dimana guru mengajarkan sekaligus mempraktikkan bagaimana cara mengetahui arah mata angin dengan mudah dengan cara guru mengajak siswa langsung mempraktikkannya,dan siswa jugak sekaligus memahaminya dengan mudah.

  10. Nama : Syahriah
    NIM : 859944347
    Pokjar : UT Jakarta
    Semester : 8

    izin memberikan tanggapan pada video.

    setelah melihat video di atas, maka terlihat bahwa ada kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada video.

    kekurangan:
    1. Guru belum memulai pelajaran dengan kegiatan pembuka seperti salam, doa dan afirmasi positif agar anak semangat dalam belajar.
    2. Guru tidak menjelaskan lebih rinci tentang cara menentukan arah mata angin.
    3. Guru tidak membawa media.
    4. Siswa tidak aktif karena kebingungan dengan materi.
    kelebihannya:
    1. Guru mampu mengkondisikan suasana kelas dengan baik, sehingga tidak ada anak-anak yang bermain saat belajar.
    2. Guru melakukan kegiatan belajar secara berurutan.
    3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan belajar di luar kelas agar lebih memahami materi cara menentukan arah mata angin.

    saran:
    Guru harus lebih belajar menguasai materi, lebih bersemangat dan memberikan contoh nyata kepada siswa agar lebih memahami materi.

Leave a Reply