silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. nama : YETIELI LASE
    NIM : 856047725

    Menurut pengamatan saya dari video yang saya amati diatas yaitu memiliiki beberapa kekurangan :
    1. Ekspresi Ibu guru kurang menyemangati siswa.
    2. kegiatan apersepsi ibu guru untuk menarik perhatian siswa tidak kelihatan bahkan mulai menyapa siswa dengan tidak dilakukan.
    3. Ibu Guru langsung pada Pokok matri Materi pembelajaran.
    4. Ibu Guru tidak menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran seperti gambar.
    beberapa kelebihan :
    1. Ibu guru memiliki inisiatif yang baik ketika mengajak siswa keluar menuju halaman sekolah untuk melihat secara langsung arah mata angin baik Timur, barat, utara dan selatan.
    2. Ibu guru memberikan semangat dengan memmuji siswa ketika mampu menunjukkan mampu menunjukkan arah mata angin dengan benar, tentu hal ini siswa merasa semanagt dan senang.

    Terima kasih…

  2. Nama : Penatarina Gultom
    Nim : 855838125

    Menurut pengamatan saya dari video di atas :
    Guru tersebut tidak melakukan kegiatan pendahuluan dan langsung masuk kedalam pembelajaran, di saat melakukan pembelajaran guru langsung menanyakan tentang arah mata angin kepada murid tanpa melakukan penjelasan kepada murid terlebih dahulu sehingga murid kurang faham saat guru menanyakan tentang arah mata angin.
    Tetapi guru tersebut dapat memperbaiki kesalahannya dalam menjelaskan dengan cara mengajak siswa keluar dari dalam kelas dan memperagakan langsung menggunakan anggota tubu untuk menunjukkan arah mata angin.

  3. Nama : Yuliana Anisa Lestari
    NIM : 857696121
    Prodi : S1-PGSD (POKJAR BOJA A)

    Analisis dari video mengenai materi Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
    1. Reaksi siswa pada video tersebut terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru menurut saya berawal dari tegang dimana siswa akan sulit menerima penjelasan guru serta masih pada bingung dengan materi yang disampaikan, karena cara dalam penyampaiannya yang kurang tepat. Namun setelah diubah pola mengajar menyesuaikan dengan kebutuhan belajar yaitu dengan keluar kelas dan lebih dekat dengan alam malah membuat siswa menjadi paham dengan materi yang diajarkan.
    2. Kelemahan guru dari video tersebut yaitu guru saat mengajar masih datar dan akan membuat siswa tidak bersemangat dalam belajar. Juga kurangnya media yang digunakan, karena dengan menggunakan media atau alat akan lebih menambah pemahaman siswa.
    3. Kelebihan guru dari video tersebut yaitu bisa mengondisikan kelas yang tertib. Dengan begitu siswa menjadi patuh dengan perintah guru. Serta guru juga berinisiatif mengajak siswanya belajar dialam/luar kelas, sehingga menambah daya tarik siswa untuk belajar.
    4. Hal unik yang dilakukan guru dalam video tersebut adalah saat guru memulai pelajaran hanya menyebutkan judul materinya saja lalu langsung menanyakan kepada siswa dimana arah mata angin tempat sekolah dari rumah mereka, menurut saya itu adalah pertanyaan yang menyulitkan bahkan membingungkan siswa.
    5. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu dengan memulai pembelajaran yang menyenangkan dahulu untuk pendinginan agar siswa tidak tegang dan kaget dalam memulai pembelajaran, lalu guru harus menjelaskan apa tujuan pembelajarannya terlebih dahulu dengan menggukana cara pemantik agar siswa mempunyai bayangan akan hal materi yang akan disampaikan. Dengan begitu siswa akan lebih aktif belajar apalagi ditambah dengan media atau alat peraga yang dimanfaatkam guru dalam proses belajar agar mudah dalam pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan. Tidak lupa guru juga harus mengapresiasikan setiap hasil belajar siswanya.

  4. Nama : Rindu sehati
    Nim : 856020143

    Menurut pendapat saya setelah melihat video tersebut kita sebagai guru harus tampil dan menetukan modul pembelajaran.
    Guru tidak memaparkan mengenai tujuan pembelajaran yang akan di berikan sehingga siswa akan sulit fokus terhadap materi yang di terima.
    Guru terlihat menguasai pembelajaran dengan baik, dan menyampaikan pembelajaran siswa dengan keadaan siswa.
    Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
    Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
    Sesuai peserta didik.
    Sesuai kurikulum.

  5. Nama : Dedek Darmadi
    Nim : 858034036
    Program studi: PGSD-S1

    Menurut pendapat saya, dalam penyampaian ibu guru sudah baik dengan mengajak siswa menentukan arah mata angin dengan keluar dari dalam kelas, dalam penyampaian ibu guru agak kurang semangat dalam menjelaskan arah mata angin sehingga dapat membuat anak cepat bosan dan ngantuk.

  6. NIM:856976678
    NAMA:RIA LARAS SATI
    PRODI:PGSD SI
    SEMESTER:6
    POKJAR:KOTAAGUNG
    UPBBJ:BANDAR LAMPUNG
    MAPEL: PDGK4209
    GPO I
    SERI PEMBELAJARAN IPS DISD
    Judul vidio
    Belajar mudah menentukan arah mata angin
    Alamat vidio
    https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/belajar-mudah-menentukan-arah-mata-angin/
    Nama tokoh dalam vidio
    Guru, dan anak-anak
    Nama sekolah:SD29
    Nama penulis
    Penelaah materi:rhitni fatmasari spd. M. Pd
    Penelaah media: Dra, suryo prabowo, mpd.
    Kelemahan dalam video tersebut adalah
    Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan baik guru langsung tanya jawab kepada siswa tanpa menjelaskan pembelajaran terlebih dahulu sehingga banyak siswa yang belum paham tentang arah mata angin guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang memahami.
    Kelebihan pembelajaran dalam vidio tersebut adalah
    Guru menguasai materi pembelajaran guru menguasai kelas sehingga tidak terlihat siswa yang bermain-main di dalam kelas,
    Hal yang unik dalam vidio pembelajaran adalah
    Terdapat beberapa siswa bisa menjawab pertanyaan dari guru dengan benar padahal guru belum menjelaskan manfaat arah mata angin,
    Rencana perbaikan dalam video pembelajaran tersebut adalah
    Guru membuat pembukaan kelas dengan salam menyapa siswa dan menyanyi tentang arah mata angin guru menjelaskan arah mata angin kepada siswa dengan jelas dan gunakan media gambar arah mata angin sehingga Siswa lebih memahaminya ajak siswa mempraktekkan arah mata angin sesuai dengan gambar beri pertanyaan kepada siswa tentang letak Kantin Sekolah ruang kelas dan yang lainnya Setelah siswa memahami pembelajaran berikan tugas kepada siswa.

  7. Nama :Asna Makruf
    NIM : 856316773
    Prodi : S1 PGSD

    Pada video diatas materi yang diajarkan adalah ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi tentang Belajar Mudah menentukan arah mata angin, setelah mengamati video tersebut dari awal sampai video pembelajaran tersebut selesai saya akan mencoba menjelaskan pendapat probadi saya serta solusi yang dapat saya berikan dalam video kali ini.
    Yamg pertama, dalam video guru (pendidik) memberitahukan kepada siswa materi apa yang akan diajarkan oleh guru pada saat ini dan itu sudah bagus, kita sebagai seorang pendidik memang harus menjelaskan serta memberitahu siswa tentang materi apa yang akan kita bawakan atau kita berikan kepada mereka (siswa).
    Namun dalam video diatas guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran serta tidak adanya pemberian apersepsi dan motivasi dari guru sebelum masuk dalam inti pembelajaran.
    Pembelajaran mata angin memang sangat perlu dengan menggunakan metode maupun strategi yang tepat sehingga tujuan pembelajaran akan benar-benar tercapai. Dengan guru mengajak siswa untuk belajar di luar kelas dapat membantu cara berfikir siswa sehingga pembelajaran tidak akan membosankan dan monoton serta pembelajaran tidak hanya berfokus pada guru. Jika tidak ada media pembelajaran berupa alat seperti kompas dan benda lainnya yang dapat menunjukkan arah mata angin maka dengan metode sederhana melalui pembelajaran di luar kelas sangatlah membantu siswa dalam menganalisa, serta berikir kritis.

  8. Nama : Yosefina Kob Nope
    NIM : 859268054
    UPBJJ : Kupang
    Pokjar : Kefamenanu
    Program Studi: S1_PGSD

    Menurut saya, pembelajaran yang dilakukan ibu guru sudah baik.
    Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan ibu guru, mereka merespon dengan baik. Meskipun mereka jawab salah, namun mereka percaya diri, dan berani untuk menjawab pertanyaan dari ibu guru. Anak-anak yang aktif.
    Kelemahan guru dalam video tersebut bahwa ekspresi ibu guru kurang menyemangati siswa dan guru tidak ada interaksi salam kepada siswa.
    Kelebihan guru dalam video tersebut bahwa penyampaian materi yang dilakukan di luar kelas cukup baik karena membuat siswa lebih cepat memahami materi yang di sampaikan. Guru memberi apresiasi kepada siswanya dalam pembelajaran.
    Hal_hal unik yang ditemukan dalam video tersebut adalah bahwa cara penyampaian materi yang dilakukan dengan contoh badan atau tubuh diri sendiri.
    Hal yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah memberikan motivasi kepada siswa, serta mencoba hal yang baru misalnya menggunakan alat peraga.

    Terima kasih🙏

  9. Nama : Nur Zulaili
    NIM : 858171932
    Program Studi : PGSD BI
    POKJAR: Lamongan

    ANALISIS VIDEO MENGENAI PEMBELAJARAN IPS DENGAN JUDUL BELAJAR MUDAH MENENTUKAN ARAH MATA ANGIN

    Dalam video pembelajaran diatas pada awal pembelajaran memuat guru menyapa siswa dan selanjutnya menyampaikan materi yang akan disampaikan pada hari itu. Kasus pada video diatas adalah peserta didik kurang menguasai materi mengenai arah mata angin, kemudian guru mengajak siswa untuk mempelajari arah mata angin.
    Memasuki pembelajaran inti, guru menjelaskan kepada siswa mengenai arah mata angin dan bagaimana cara menentukan arah mata angin dengan cepat dan benar. Dalam kegiatan inti tersebut guru mengajak siswa untuk pembelajaran outdoor, peserta didik diajak untuk berbaris dengan merentangkan kedua tangannya dan guru memberikan contoh di depan bahwa tangan kanan menunjukkan arah barat dan tangan kiri menunjukkan arah timur dan muka menunjukkan arah utara dan pungguh menghadap ke arah selatan. Setelah guru memberikan contoh secara bergantian siswa disuruh untuk maju ke depan untuk mempraktikkan seperti yang sudah dicontohkan oleh guru. Dan akhirnya setiap siswa memahami dan bisa menentukan arah mata angin dengan cepat dan benar.
    Dalam pembelajaran akhir guru memberikan motivasi dan menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai arah mata angin.

    Menurut saya dari video di atas perlakuan guru untuk memberikan penjelasan kepada peserta didik sudah benar karena peserta didik diajak langsung untuk mempraktekkan sehingga tidak hanya mengandalkan teori saja. Karema dengan cara dipraktikkan secara langsung akan lebih mudah untuk dipahami peserta didik.

  10. Nama : Cindy Syasvina Damayanti Sibuea
    NIM : 855977186
    POKJAR Batubara

    Assalamualaikum. izinkan saya untuk mengomentari video di atas

    Kelemahan Pembelajaran Dalam Video :
    Beberapa kelemahan yang terdapat pada video tersebut :
    a. Sebelum sesi perbaikan, guru hanya menggunakan dua metode yakni, metode ceramah dan metode tanya jawab. Disini menjadikan pembelajaran tersebut memiliki kelemahan, dimana kelemahannya adalah siswa diberikan pertanyaan tetapi salah menjawabnya. Hal ini dikarenakan guru tidak mengadakan metode yang khusus untuk membuat peserta didik aktif dalam menemukan konsep pelajaran itu sendiri. Seharusnya guru mengadakan metode kelompok/metode diskusi agar siswa menjadi aktif belajarnya.
    b. Guru kurang memperhatikan suasana dan situasi siswa yang menyebabkan beberapa siswa tidak semangat dan serentak.
    c. Guru tidak melaksanakan awal kegiatan berupa memberi motivasi dan tidak melakukan apersepsi dengan materi yang akan diajarkan.
    d. Dalam memberikan materi pelajaran, guru tidak mendahulukan penjelasan mengenai arah mata angin secar rinci dan jelas tetapi guru langsung memberikan pertanyaan kepada siswa yang membuat siswa salah memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.
    e. Guru tidak menjalankan kegiatan inti berupa penjelasan konsep dan penggunaan ilustrasi dengan benar. Selanjutnya guru kurang memberikan penguatan terhadap siswanya, guru tidak mengadakan pemberian tugas maupun latihan, guru juga tidak mengadakan umpan balik kepada siswa. Guru tidak menjalankan kegiatan penutup berupa meringkas ataupun merangkum pelajaran yang sudah diajarkan, guru tidak melaksanakan evaluasi dari siswanya, guru tidak memberikan tugas di akhir pembelajaran kepada siswanya.
    4. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video :
    Beberapa kelebihan yang terdapat pada video tersebut :
    a. Dalam sesi perbaikan, guru mampu memahami dengan baik bagaimana pemahaman siswanya dan sampai dimana kemampuan siswanya tentang pelajaran tersebut sehingga mendorong guru untuk memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran dan membawa siswa ke halaman sekolah yang membuat siswa merasa semangat dan aktif.
    b. Dalam sesi perbaikan, guru mampu membuat siswanya berhasil menjawab manfaat arah mata angin dan guru juga mampu membuat siswa memahami posisi dari sekolah menyesuaikan dengan arah mata angin melalui perantaraan salah satu siswa yang diminta untuk maju ke depan.
    5. Hal Unik Yang Terdapat Dalam Video :
    Penggunaan media pembelajaran yang sesuai akan membuat pembelajaran lebih bermakna dan selalu diingat oleh siswa dengan jangka panjang seperti contoh pada video GPO tersebut yang menggunakan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran dengan meminta siswa berbaris rapi dan melibatkan badan siswa sebagai kode dari arah mata angin sehingga siswa cepat memahami pembelajaran tersebut.
    Pengalaman belajar seperti ini dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam berbicara, berinteraksi dengan guru maupun siswa yang lain dan meningkatkan keberanian pada mental siswa serta mengembangkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari dimulai dari lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran.

    sekian komentar saya dan saya ucapkan terimakasih

Leave a Reply