silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama : Ridhani Saadah Samosir
    NIM : 859872286
    Program Study : PGSD-S1
    Pokjar : Simalungun

    Setelah saya melihat video “ Belajar mudah menentukan arah mata angin “ terdapat kelebihan dan kelemahan yang didalamnya.

    Kelemahan video:
    Pada saat guru masuk kedalam ruang kelas, hendaknya memberikan salam, berdoa, sapa dan mengecek kehadiran peserta didik sebelum kegiatan belajar dimulai. Guru tidak menjelaskan tujuan pelajaran yang akan diberikan, serta guru tidak ada mengaitkan materi pelajaran yang dipelajari sebelumnya. Selanjutnya guru menjelaskan dengan intonasi dan gestur tubuh yang monoton dan kurangnya ekspresif atau semangat, pada saat guru mengajar hendaklah adanya persiapan bahan ajar berupa media yang bervariasi digunakan untuk mendukung materi yang dipelajari.

    Kelebihan video:
    Pada saat guru mengajar metode yang digunakan yaitu metode tanya jawab dengan memancing pertanyaan kepada peserta didik dengan tujuan dapat menarik dan memusatkan perhatian peserta didik merangsang untuk melatih dan mengembangkan daya pikir atau ingatan. Selain itu guru juga memberikan apresiasi dengan peserta didik dengan kata “ bagus “ dan “ tepuk tangan “ bagi peserta didik yang berani menunjukkan arah mata angin dengan benar hal ini meningkatkan rasa percaya diri dan beranian peserta didik. Guru menggunakan media tubuh dengan mengajak peserta didik secara langsung untuk mempraktikan materi menentukan arah mata angin diluar kelas, hal ini bertujuan agar peserta didik lebih aktif, kreatif dan menyenangkan.

  2. Nama : Putri Purnama Sari
    NIM : 856201857
    Prodi : PGSD S-1 FKIP
    Judul Video : Belajar mudah menentukan arah mata angin

    Berikut analisis video diatas menurut saya
    Instrumen refleksi sebagai berikut :
    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
    Jawab : Menurut saya reaksi anak/siswa dalam video adalah bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran mengenai mata angin karena menggunakan metode observasi atau terjun langsung di tempat terbuka (halaman sekolah)

    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawab : Menurut saya kelemahan guru dalam pembelajaran ini adalah :
    a. Tidak ada kegiatan apersepsi untuk mengawali pembelajaran
    b. Penjelasan guru terlalu langsung atau cepat, tidak diawali dengan fungsi arah mata angin untuk kegunaan sehari-hari
    c. Tidak menyediakan ataupun menggunakan alat peraga yang dapat dijadikan bahan bantu dalam pembelajaran seperti kompas.

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawab : menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran ini adalah :
    a. penjelasan yang dilakukan oleh guru tersebut mudah dipahami siswa karena bahasanya mudah dipahami dan guru mempraktekkannya langsung diikuti oleh siswa.
    b. Guru bisa kreatif mensiasati ketidaktersediaan media dalam pembelajaran dengan terjun langsung ke lapangan sekolah.
    c. Selain itu siswa juga lebih bersemangat karena dapat belajar diluar ruangan.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru dalam melaksanakan pembelajaran ?
    Jawab : Menurut saya video pembelajaran ini menarik dan efektif bagi kelas lll SD dengan langsung mempraktekkan sambil menunjukan arah mata angin dengan organ tubuh.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
    Jawab : menurut saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah dari video diatas guru sudah menggunakan metode yang cukup baik, dengan mengajak siswa keluar kelas sehingga bisa mengamati secara langsung arah mata angin. Akan tetapi, untuk pembelajaran selanjutnya guru melakukan apersepsi sebelum pembelajaran dimulai dan mengguanakan alat peraga atau media penunjang lain yang bisa mempemudah pemahaman.

    sekian dan terimakasih 🙂

  3. Nama: Ade Dian Fitria
    Nim: 856057837
    Prodi: PGSD – BI
    Pokjar: UPBJJ MEDAN

    Menurut saya:
    Dalam awal pembelajaran mata angin ada banyak hal yang memudahkan siswa dalam mengingat nama-nama Arah mata angin seperti bernyanyi lagu arah mata angin.
    Kemudian menjelaskan tujuan belajar mata angin untuk apa, dalam kehidupan kita penggunaan nyata kompas/ mata angin itu bagaimana.
    Agar kegiatan belajar lebih menarik
    Ditambah lagi pengguna media, seperti penggunaan kompas digital yang terdapat di Hp. Sehingga siswa lebih mengetahui letak letak mata angin secara akurat

    Guru harus bisa berinovasi agar daya tarik siswa dan penalaran siswa berkembang dengan pemanfaatan media belajar. Sehingga siswa lebih antusias dalam proses belajarnya.

  4. Nama: Feniman Ndruru
    Nim: 856020981
    Prodi: PGSD-S1
    Pokjar/Upbjj: Idanogawo/Medan

    Judul Video : Belajar mudah menentukan arah mata angin

    Berikut analisis video diatas menurut saya
    Instrumen refleksi sebagai berikut :
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran
    Di awal kegiatan pembelajaran reaksi siswa menunjukkan rasa kebingungan yang teramat sangat dan betul-betul tidak memahami arah mta angin yang diajarkan. Namun, ketika metode pembelajaran diganti reaksi siswa begitu bersemangat dan sangat mudah memahami materi yang disampaikan.

    2. Kelemahan pembelajaran dalam video
    Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut ialah guru tidak menerapkan metode pembelajaran yang pas dan menarik bagi siswa agar siswa mudah memahami materi yang diajarkan, guru kurang interaktif dan komunikatif dengan siswa, guru tidak memberikan media atau sumber belajar sebagai contoh pemahaman materi kepada siswa, guru tidak menjelaskan secara spesifik penjelasan mengenai arah mata angin, guru kurang menampilkan ekspresi yang bersahabat kepada siswa, serta guru tidak mengevaluasi kembali materi pembelajaran yang sudah diajarkan.

    3. Kelebihan pembelajaran dalam video
    Guru sering memberikan bentuk apresiasi kepada siswanya dalam pembelajaran, selanjutnya guru dapat memberikan metode yang lebih relevan dan menarik yang nantinya dapat memberikan pengalaman serta pengetahuan kepada siswa yaitu dengan praktek secara langsung diluar kelas serta mencoba meakukan praktek ersebut secara bersama-sama, guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk uji kebolehannya dalam memahami materi.

    4. Hal unik dalam pembelajaran video
    Cara penyampaian materi yang dilakukan dengan contoh badan atau tubuh diri sendiri.

    5. Usulan dalam meningkatkan pembelajaran selanjutnya
    Guru hendaknya menggunakan ekspresi wajah yang lebih bersahabat dengan siswa, metode yang dilakukan guru sebaiknya tidak hanya satu tetapi dengan diambil beberapa contoh, dan guru seharusnya menegur siswa untuk menghormati jawaban yang diberikan oleh teman-temannya.

    Sekian dan Terimakasih 🙏😊

  5. Nama : Depirman Gulo
    NIM : 859890815
    Pokjar Disdik Nias Barat

    Analisis saya pada video “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
    Kelemahan: Seorang guru harusnya menyapa siswa dan menanyakan kabar. Lalu membuka mata pelajaran dengan menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dibahas serta perlu adanya alat peraga atau objek yang menjadi patokan misalnya arah timur (objeknya Matahari) sehingga anak-anak tidak bingung dalam menentukan arah mata angin.

    Kelebihan: Guru dan siswa adanya interaksi jadi tidak monoton, penjelasan yang disampaikan guru mudah dipahami siswa

  6. Nama : Maryati
    NIM : 857311319
    Program Studi : PGSD – S1

    Awal pembelajaran guru tidak melakukan pendahuluan terlebih dahulu.
    kegiatan yang dilakukan oleh guru langsung ke inti pembelajaran yang membuat anak bingung, seharusnya guru menggunakan media atau alat peraga yang bisa merangsang pengetahuan anak untuk bisa menyebutkan arah mata angin yang ditanyakan oleh guru. pembelajaran yang dilakukan terlalu kaku tidak asyik sehingga terlihat canggung dan anak akan sulit untuk memahami pembelajaran tersebut.
    seharusnya guru bisa menggunakan media yang bisa dijadikan untuk pembelajaran arah mata angin tersebut sehingga pembelajaran lebih asyik tapi anak mengerti dengan apa yang disampaikan guru.

  7. Nama : Happy Wanrahyun Gulo
    Nim. : 856034965
    Program studi : PGSD-S1

    Setelah Saya Menganalisis video mengenai “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” , Didalam Video tersebut dapat saya simpulkan bahwa sistem pembelajaran yang di lakukan oleh Ibu Guru Tersebut, Mampu Mengajari siswa dengan sangat Baik. Dimana Dengan adanya Pratek dalam menentukan Arah Mata angin maka para Siswa pun Belajar Bukan Hanya sekedar Materi tapi mampu mengetahui secara nyata atau Pratek Secara langsung , sehingga siswa mampu mengetahui cara Menentukan Arah mata angin.

    Namun dibalik itu perlu kita ketahui bahwa dalam menentukan Arah mata angin Bukan Hanya Sebatas Materi , artinya kita bisa atau harus bisa mengenal adanya Berbagai alat dan cara dalam menentukan Arah Mata Angin Salah Satunya KOMPAS, dimana Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Arah mata angin yang ditunjuknya adalah utara, selatan, timur, dan barat.

    Demikian Tanggapan dari saya, Sekian dan Terimakasih.

  8. Nama : Hermanto

    Nim : 856077008

    Program Studi : S1 PGSD

    Dari video yang telah diberikan tentang pembelajaran pengenalan Arah Mata Angin.Didapatkan menurut pendapat saya bahwa proses pembelajaran dikelas yang dilakukan oleh guru sangat kaku dan monoton terlihat dari penyampaian dari guru tersebut dan interaksi tanya jawab kurang maksimal dikarenakan setelah siswa memberikan jawaban guru tersebut memberikan jawaban yang kurang menarik dari segi bahasa agar lebih mudah dipahami oleh siswa Sekolah Dasa (SD).

  9. Nama : Putri Dewi Sinaga
    Nim. 859878929

    Menurut pendapat saya setelah saya melihat video pembelajaran arah mata angin tersebut ada kelemahan dan kelebihan dari video pembelajaran tersebut
    Kelemahan:
    – Pada saat guru hendak menyampaikan pembelajaran tersebut hendaknya guru menyapa siswa terlebih dahulu megucap Salaam,doa,absensi dan lain sebagainya untuk mengajak siswa mau berbicara dan saling terbuka satu sama lain sehingga pembelajaran memiliki suasana yang menyenangkan dan hidup.
    – menggunakan atau mengenalkan media gambar ataupun alat seperti kompas pada pembelajaran tersebut sehingga siswa menjadi ingin tau apa itu arah mata angin,dan apa kegunaan dari dia mempelajarinya.
    Kelebihan :
    – guru sudah memberikan penjelasan tentang pembelajaran arah mata angin
    – guru membawa siswa keluar ruangan dan memperaktekkan langsung kepada siswa tentang pembelajaran arah mata angin sebagai kesimpulan dari pembelajaran. Terima kasih

  10. Nama: Rike Afidha
    Nim: 857056583
    Prodi: PGSD S1
    UPBJJ : Jakarta
    Pokjar : Kalideres

    (1.) Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran.
    Menurut saya siswa sangat berantusias serta tidak malu menjawab walaupun seringkali jawaban mereka belum tepat.

    (2.) Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran.
    Menurut saya kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut terlalu cepat dan kurang penjelasan bagi murid yang belum paham akan arah mata angin.

    (3.) Apa saja kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut.
    Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu guru mempersilahkan muridnya untuk antisipasi dalam tanya jawab serta memperagakan arah mata angin dengan tubuhnya.

    (4.) Hal unik apa yang di temukan di dalam video pembelajaran tersebut.
    Yang saya temukan dalam video tersebut adalah wajah ceria dari para murid serta pembelajaran yang aktif. Dalam video ini beberapa tahun mendatang para murid yang sudah dewasa akan melihat dirinya Kembali dan tersenyum lagi mengenang memori pembelajaran ini.

    (5. ) Hal apa saja yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajar
    Menurut saya guru dapat memberikan waktu lebih bagi murid yang belum paham,
    Bukan hanya 1 atau 2 murid yang dapat ikut antisipasi untuk memastikan bahwa semua murid sudah paham harus diikut sertakan semua murid untuk mempragakan.

    Sekian analisis video pemelajaran ini menurut pengamatan saya,
    Terimakaish.

Leave a Reply