silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru sering merasa kewalahan karena pada saat proses belajar mengajar dengan materi belajar memainkan alat musik recorder, ternyata banyak siswa yang tidak membawa / mempunyai recorder sehingga mengakibatkan tidak tercapai tujuan pembelajaran dari materi tersebut.

Rusdianto

Bagus untuk tahap awal. Tinggal pembelajarannya dimatangkan kembali sesuai judul pembelajaran.

Arfan Santoso, S.S.

Similar Posts

21 Comments

  1. Nama : Desi Susanti
    Nim : 856827196
    Pokjar : Ketahun
    Program Studi : S1-PGSD

    Izin menanggapi video diatas:
    1. Pembelajaran yang dilakukan pada video sudah bagus, tetapi pada awal kegiatan guru tidak mengecek kehadiran siswa, tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar

    2. Tindakan yang dilakukan guru dengan memisahkan antara anak yang mebawa recorder dengan yang tidak membawa sudah tepat sehingga mereka tidak saling mengganggu dan bisa mempraktekkan sendiri walaupun dengan media yang berbeda. Penegasan guru terhadap anak-anak yang tidak membawa recorder agar tidak diulang lagi pun sudah sesuai untuk dilakukan

    3. Guru sudah menyampaikan materi dengan baik dan penuh semangat sehingga tampak semua siswa tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh bu guru

    4. Setelah diakhir pembelajaran guru dan siswa belum melakukan tindakan yaitu menyimpulkan kegiatan pembelajaran saat itu, sehingga seharusnya yang dilakukan adalah guru mengajak siswa menyimpulkan pembelajaran pada hari itu

  2. Nama : Desi Susanti
    Nim : 856827196
    Pokjar : Ketahun
    Program Studi : S1-PGSD

    Izin menanggapi video diatas:
    1. Pembelajaran yang dilakukan pada video sudah bagus, tetapi pada awal kegiatan guru tidak mengecek kehadiran siswa, tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar

    2. Tindakan yang dilakukan guru dengan memisahkan antara anak yang mebawa recorder dengan yang tidak membawa sudah tepat sehingga mereka tidak saling mengganggu dan bisa mempraktekkan sendiri walaupun dengan media yang berbeda. Penegasan guru terhadap anak-anak yang tidak membawa recorder agar tidak diulang lagi pun sudah sesuai untuk dilakukan

    3. Guru sudah menyampaikan materi dengan baik dan penuh semangat sehingga tampak semua siswa tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh bu guru

    4. Setelah diakhir pembelajaran guru dan siswa belum melakukan tindakan yaitu menyimpulkan kegiatan pembelajaran saat itu, sehingga seharusnya yang dilakukan adalah guru mengajak siswa menyimpulkan pembelajaran pada hari itu

  3. Nama : Nurul Hasanah
    Nim : 855860915
    Pokjar: Asahan
    Program Studi: S1-PGSD
    UPBJJ : 12/Medan

    Izin menanggapi video diatas:
    1. Pembelajaran pada video di atas sudah bagus, hanya saja guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum belajar, guru juga tidak mengecek kehadiran siswa dan kesiapan siswa sebelum belajar

    2. Tindakan yang dilakukan guru dengan memisahkan antara anak yang mebawa recorder dengan yang tidak membawa sudah tepat sehingga mereka tidak saling mengganggu dan bisa mempraktekkan sendiri walaupun dengan media yang berbeda. Penegasan guru terhadap anak-anak yang tidak membawa recorder agar tidak diulang lagi pun sudah sesuai untuk dilakukan

    3. Guru sudah menyampaikan materi dengan baik dan penuh semangat sehingga tampak semua siswa tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh bu guru

    4. Setelah diakhir pembelajaran guru dan siswa belum melakukan tindakan yaitu menyimpulkan kegiatan pembelajaran saat itu, sehingga seharusnya yang dilakukan adalah guru mengajak siswa menyimpulkan pembelajaran pada hari itu

  4. Nama : Nurul Hasanah
    Nim : 855860915
    Pokjar: Asahan
    Program Studi: S1-PGSD
    UPBJJ : 12/Medan

    Izin menanggapi video diatas:
    1. Pembelajaran pada video di atas sudah bagus, hanya saja guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum belajar, guru juga tidak mengecek kehadiran siswa dan kesiapan siswa sebelum belajar

    2. Tindakan yang dilakukan guru dengan memisahkan antara anak yang mebawa recorder dengan yang tidak membawa sudah tepat sehingga mereka tidak saling mengganggu dan bisa mempraktekkan sendiri walaupun dengan media yang berbeda. Penegasan guru terhadap anak-anak yang tidak membawa recorder agar tidak diulang lagi pun sudah sesuai untuk dilakukan

    3. Guru sudah menyampaikan materi dengan baik dan penuh semangat sehingga tampak semua siswa tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh bu guru

    4. Setelah diakhir pembelajaran guru dan siswa belum melakukan tindakan yaitu menyimpulkan kegiatan pembelajaran saat itu, sehingga seharusnya yang dilakukan adalah guru mengajak siswa menyimpulkan pembelajaran pada hari itu

  5. Nama : ria Adisty gemilang
    Nim : 855860298
    Pokjar : Asahan

    Tindakan yang dilakukan guru dengan memisahkan antara anak yang mebawa recorder dengan yang tidak membawa sudah tepat sehingga mereka tidak saling mengganggu dan bisa mempraktekkan sendiri walaupun dengan media yang berbeda. Penegasan guru terhadap anak-anak yang tidak membawa recorder agar tidak diulang lagi pun sudah sesuai untuk dilakukan. Guru sudah menyampaikan materi dengan baik dan penuh semangat sehingga tampak semua siswa tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh bu guru.
    Setelah diakhir pembelajaran guru dan siswa belum melakukan tindakan yaitu menyimpulkan kegiatan pembelajaran saat itu, sehingga seharusnya yang dilakukan adalah guru mengajak siswa menyimpulkan pembelajaran pada hari itu

  6. Nama : Mella syafyu
    Nim : 856276891
    Pokjar : Pariaman
    Upbjj : Padang
    Bidang studi : pgsd-s1

    Baiklah saya akan menanggapi tentang vidio tersebut

    Judul: Mempelajari Teknik Bermain Recorder untuk Siswa Kelas 4 SD Ringkasan: Video ini menggambarkan kegiatan pembelajaran anak-anak dalam mempelajari teknik bermain recorder, khususnya tangga nada 1 = C, di kelas 4 SD. Pada awal pertemuan, guru memberikan apersepsi dengan menjelaskan cara memainkan alat musik sederhana, yaitu recorder. Namun, guru sering menghadapi kesulitan karena banyak siswa yang tidak membawa atau memiliki recorder, sehingga tujuan pembelajaran dari materi tersebut tidak tercapai.
    Poin Penting:
    Guru memberikan penjelasan tentang cara memainkan recorder sebagai alat musik sederhana.
    Pembelajaran difokuskan pada teknik memainkan nada C pada recorder.
    Banyak siswa yang tidak membawa atau memiliki recorder, menyulitkan guru dan menghambat pencapaian tujuan pembelajaran.

    Kesimpulan: Video ini menyoroti pentingnya memastikan siswa memiliki peralatan yang diperlukan untuk belajar secara efektif. Dalam kasus ini, ketiadaan recorder di antara siswa menghambat kemampuan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dari materi tersebut.

    Alternatif Alat Musik untuk Guru:
    Guru dapat menggunakan berbagai alat musik tradisional dan modern sebagai alternatif jika siswa tidak memiliki recorder. Beberapa contoh alat musik harmonis tradisional yang dapat digunakan adalah sasando, kecapi, dan rebab. Untuk alat musik harmonis modern, gitar dan pianika dapat digunakan. Selain itu, guru juga dapat menggunakan alat musik ritmis seperti angklung. Dalam beberapa kasus, guru dapat membuat alat musik sederhana bersama siswa untuk meningkatkan kreativitas dan mengembangkan kemampuan motorik anak.

  7. NAMA : INKHA TANIA MULINGGAR
    NIM : 855860843
    UPBJJ ASAHAN

    Pembelajaran yang dilakukan di video telah rupawan, tetapi pada awal aktivitas pengajar tak mengecek kehadiran siswa, tidak ada aktivitas berdoa sebelum belajar. Tindakan yang dilakukan guru dengan memisahkan antara anak yg mebawa recorder dengan yang tak membawa telah tepat sehingga mereka tidak saling merusak serta mampu mempraktekkan sendiri walaupun dengan media yg tidak selaras. Penegasan guru terhadap anak-anak yang tidak membawa recorder supaya tidak diulang lagi pun telah sesuai buat dilakukan. pengajar sudah memberikan materi menggunakan baik dan penuh semangat sebagai akibatnya tampak seluruh siswa tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh bu pengajar. setelah diakhir pembelajaran guru serta siswa belum melakukan tindakan yaitu menyimpulkan kegiatan pembelajaran saat itu, sebagai akibatnya seharusnya yang dilakukan adalah pengajar mengajak siswa menyimpulkan pembelajaran pada hari itu

  8. Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder.

    Menurut saya pembelajaran di atas sudah sangat baik, dilihat dari tindakan guru dan cara menyampaikan nya sangat baik, murid nya terlihat antusias dan senang.
    Tindakan guru memisahkan siswa yang membawa recorder dan yang tidak membawa recorder, juga baik karena gurunya tetap tetap memperhatikan semua siswanyanya.
    Dan juga diakhir pembelajaran guru menutup nya dengan baik

  9. Nama : Tiara
    NIM : 858071191
    UPBJJ : UT Pontianak
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Opu Daeng Manambon (Mempawah)

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Menurut pengamatan saya berdasarkan video tersebut yaitu:
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sebagian sangat senang mengikuti pelajaran dan sebagian lainnya tidak mendengarkan atau asyik sendiri dan hanya bisa terdiam karena siswa ada yang tidak membawa alat musik yaitu suling sehingga anak yang tidak membawa suling atau recorder tersebut hanya terdiam dan mengganggu teman lainnya yang lagi belajar.
    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut tidak diawali dengan salam, tidak melakukan absensi, tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar. Tidak adanya pertanyaan – pertanyaan pembuka diawal pembelajaran dan banyak siswa yang tidak membawa atau memiliki recorder sehingga menyulitkan guru dan menghambat pencapaian tujuan pembelajaran.
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru sudah menyampaikan materi dengan baik dan penuh semangat. Guru memberikan penjelasan tentang cara memainkan recorder sebagai alat musik sederhana dan adanya penegasan guru terhadap anak-anak yang tidak membawa recorder supaya tidak diulang lagi kejadian tersebut. Tindakan guru memisahkan siswa yang membawa recorder dengan yang tidak membawa juga baik karena gurunya tetap memperhatikan semua siswanya.
    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah guru tersebut mempunyai solusi yang bagus disaat siswa yang tidak membawa recorder guru tersebut melakukan tindakan dengan memisahkan antara anak yang membawa recorder dengan yang tidak membawa recorder. Untuk anak yang tidak membawa recorder guru menyuruh anak menggunakan media alat tulis seperti pensil, spidol, pulpen sehingga anak tersebut ikut bermain dan berlatih sendiri sehingga mereka tidak saling menganggu dan tetap melaksanakan pembelajaran walaupun dengan media yang berbeda.
    5. Menurut pendapat saya upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu guru dapat menggunakan alat harmonis modern seperti gitar dan pianika sebagai alternatif jika siswa tidak memiliki recorder dan guru dapat membuat alat musik sederhana bersama siswa untuk meningkatkan kreativitas dan mengembangkan kemampuan motorik anak.

  10. Nama : Aprilia Nurrahma
    NIM : 857027719
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Natar

    Setelah mengamati video di atas, berikut tanggapan saya:
    1. Reaksi anak : Pada saat mulai pelajaran, anak yang tidak membawa recorder terlihat kebingungan, namun setelah guru memisahkan tempat duduk murid yang membawa dan tidak, murid mulai tenang dan mengikuti pelajaran. Pada saat di akhir pelajaran, murid merasa senang karena mendapatkan apresiasi dari guru.

    2. Kelemahan : Secara keseluruhan, kegiatan pembelajaran sudah baik, namun ada beberapa hal yang guru lewatkan seperti pembukaan, senyum salam sapa, absensi dan berdoa sebelum belajar. Guru juga tidak mengenalkan bagian bagian dari alat musik yang digunakan, seperti urutan Do Re Mi Fa Sol La Si Do ditunjukan dengan bagaimana. Kegiatan ini penting untuk memulai kegiatan belajar mengajar, agar anak dapat focus pada kegiatan pembelajaran.

    3. Kelebihan : Guru mengajar dengan semangat, meski ada anak-anak yang tidak membawa recorder, guru tetap mengajarkan mereka dengan menggunakan alat tulis agar anak tidak merasa tertinggal. Kegiatan memisahkan tempat duduk anak yang membawa alat music dan tidak merupakan tindakan yang tepat. Guru juga mengingatkan agar anak-anak tidak lupa lagi untuk membawa alat musik.

    4. Hal Unik : Guru menggunakan metode simulasi dengan alat tulis bagi murid yang tidak membawa recorder, hal ini membuat murid tetap dapat mengikuti kegiatan belajar tanpa harus merasa tersisih dan tertinggal.

    5. Dalam upaya meningkatkan pembelajaran, guru dapat menggunakan berbagai macam alat music yang terjangkau dan mudah dipelajari. Guru juga dapat membuat harmonisasi music sederhana dengan membawakan lagu nasional atau lagu kebangsaan. Hal ini dapat menumbuhkan minat dan bakat siswa, serta meningkatkan kemampuan motorik dan sensorik anak.

Leave a Reply