silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah.
Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.
Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
- Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
- Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
- Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
- Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
Vidio ini sangat bermanfaat buat saya terapkan disekolah apalagi masih banyak anak -anak yang suka main gadged dibandingkan dengan permainan tradisional atau bermin bersama teman teman mereka atau melakukan kegitan lain yang lebih bermanfaat
Nama : Eka Ramadhana Manong
NIM : 859415521/PG PAUD (masukan S1)
Pokjar Makassar/UPBJJ Makassar
1. Pendapat saya mengenai video di atas, video microteaching tersebut sangat bagus. Pada kegiatan awal, guru mulai menstimulasi kemampuan berbahasa anak-anak melalui tahapan tanya jawab, yang menimbulkan anak terbangun kemampuan berbicaranya dengan mulai menyatakan pernyataannya dari pertanyaan yang diberikan oleh guru.
2. Cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget adalah:
– guru bisa mengajak anak mengamati video tentang akibat atau bahaya kecanduan gadget;
– mengajak anak beraktivitas diluar kelas agar dapat berbaur dengan teman-temannya;
– selalu mengajak anak komunikasi
3. Ya, project yang diberikan oleh guru dapat meredam keinginan anak bermain gadget. Karena, orangtua & anak dirumah bekerjasama untuk menyelesaikan project yang diberikan. Orang tua dan anak sambil ngobrol akan bahaya gadget berlebihan.
4. Dalam video ini guru sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini, tampak pendidik mengajak anak membangun komunikasi antara temannya, guru melakukan stimulasi-stimulasi perkembangan anaknya.
5. Tahapan dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang belum maksimal adalah guru belum menyampaikan aturan main dalam kegiatan bermain tracing gambar alat komunikasi yang guru sudah sembunyikan.
Nama : SHULFIYATUL ILMIYAH
Nim : 858820672
Menurut saya video tersebut sangat bagus untuk tahap anak usia dini . Dan bisa menambah pengetahuan anak – anak usia dini.
Bisa mengembangkan kemampuan berbicara anak dan mengembangkan fisik motorik nya. Guru bisa mengalihkan anak-anak untuk bermain tanpa menggunakan gadjet atau hp.
Memberikan komunikasi terhadap anak dan guru . Serta guru memberikan stimulasi yang tepat terhadap anak melalui video ini.
Mengajak anak beraktivitas diluar sekolah seperti bermain bola, dll.
Mohon izin memberikan pendapat pada vidio diatas :
1. pendapat kami tentang vidio diatas , pendidik sudah benar menjelaskan kepada anak anak tentang resiko penggunaan gadjet diantaranya terlalu lama menggunakan Hp akan menyebabkan sakit mata dan resiko lain belum ada aktifitas bermain bersama teman teman disekitarnya. bu guru juga bisa menunjukkan manfaat positif penggunaan gadjet .selain menggunakannya sebagai kegiatan bermain game , diantaranya praktek langsung menggunakan aplikasi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari sepeerti memesan makananminuman melalui aplikasi online . anak anak senang sekali melaksanakan kegiatan pembelajaran praktek langsung memesan pada aplikasi, selain itu guru juga bisa menyelipkan dengan mengenalkan literasi, aspek kognitif dalam menghitung uang dan memecahkan masalah yang ada ketika melakukan transaksi secara online , anak anak menunggu kedatangan pesanannya kemudian cara membayar yang benar kpd profesi jasa antar tersebut kemudian menikmati pesanan bersama teman temannya. kemudian ada evaluasi setelah pembelajaran membeli melalui aplikasi online.
2. cara lain agar anak tidak kecanduan HP, dengan menyediakan banyak alternatif kegiatan permainan outdoor seperti game seru dengan teman temannya, permainan tradisional juga dilakukan dirumah bersama keluarga tidak hanya disekolah dan game game seru lainnya yang memacu rasa semangat anak anak belajar dan bermain. kemudian mennyediakan banyak media menarik untuk membuat proyek secara langsung.
3. proyek bu guru di vidio diatas hanya sepintas saja, tingkat kesulitannya bisa ditambahkan agar anak anak semakin semnagat memainkannya , tidak sekilas sudah selesai kegiatannya.
4. guru sudah memerankan pengasuhan dalam pembelajaran namun perlu tambahan kegiatan yang bervariasi dalam pemberian tugas proyek anak.
5. yang belum maksimal proyek menyembunyikan mainannya , bisa diberikan dengan tingkat kesulitan yang lebih dan tidak hanya pada satu titik kelas, bisa dicoba dluar ruangan juga seperti berpetualang
Nama : Samuel Alfonsius Hasudungan Tampubolon
NIM : 856089073
1. Menurut saya vidio tersebut cukup bagus di mana anak – anak dilibatkan pada budaya baru terkait mengurangi penggunaan Hp melalui penjelasan dampak buruk Hp jika di pakai secara berlebihan, serta cara mendidik anak melalui bermain peran sehingga ketika anak mengalami situasi tersebut anak tidak terkejut dan menangis karna mereka memahami bahwa bermain HP secara berlebihan adalah salah. Pemberian tugas mnandiri bersama orang tua menjadikan anak dan orang tua bisa saling berkomunikasi dan saling memahami satu sama lain sehingga anak dan orang tua bsia menjadi lebih dekat.
2. guru bisa memberi aktifitas lain yang lebih menarik sehingga anak lebih tertarik, seperti membuat mainan dari kardus, game dari barang sederhana serta aktifitas bermain di luar ruangan seperti bermain APE Outdoor dan permainan fisik yang menyita waktu dan perhatian anak
3. menurut saya kurang, karna pada project anak di ajarkan membuat replika dari HP yang merupakan gambaran dari apa yang harus mereka jauhi. Menurut saya sebaiknya project yang mengarah pada media atau kegiatan yang membuat anak lebih tertarik melakukannya di bandingkan bermain Hp
4. cukup efektif, guru menerangkan dampak buruk penggunaan HP secara berlebihan dengan bahasa dan visualisasi yang mudah dipahami anak, guru juga mengedukasi anak jika main bersama teman lebih menyenangkan dibandingkan bermain Hp. guru juga memberikan kegiatan yang menarik dalam membuat gadget dari bahan dus yang akan dilakukan bersama orangtua, sehingga dapat memberikan quality time anak bersama orangtuanya.
5. Menurut saya seluruh tahapan sudah terlaksana dengan baik, mulai dari menjelasakan materi, mengajak anak berdiskusi dan memberikan contoh pengalaman langsung melalui bermain peran, namun akan lebih baik lagi jika anak diminta menceritakan kembali proses pembelajaran dan hala apa saja yang dia terima saat membuat replika Hp bersama orang tuanya, sehingga anak akan lebih mendalami dan memahami tugas yang di berikan
Nama : NOVI ARIANI
NIM : 857448183
PRODI :S1 PGPAUD
UPBJJ UT Bandung
Menurut saya dalam vidio tersebut seorang guru sangat lah tepat menjelaskan dampak bermain gedget pada anak usia dini dikarenakan pada jaman sekarang kebanyakan anak usia dini senang sekali bermain gedget tanpa batas waktu .mengenalkan IT pada anak usia dini perlu kita ajarkan sedini mungkin dengan melakukan tanya jawab kepada anak serta memberikan penjelasan agar anak mengetahui batasan dan dampak buruk penggunaan gadget bagi kesehatan dan mental anak .dengan penjelasan yang guru lakukan tentang dampak dari penggunaan gadget yaitu anak sering menyendiri dan dapat mengakibatkan mata menjadi bengkak dengan menggunakan media gambar yang dapat membuat anak paham tentang bahaya gadget .selain itu juga hal yang biasa dilakukan dengan melakukan edukasi bermain peran yang dilakukan agar anak bisa memberikan pahaman dan penjelasan kepada anak tentang pengaruh buruk gadget.selain itu juga guru memberikan saran untuk anak bahwa bermain lebih menyenangkan dari pada main gadget.untuk mengurangi kecanduan anak terhadap gadget kita bisa melakukan kegiatan yang menarik buat anak dengan membuat gambar sesuai imajinasi anak ,permainan yang bisa menarik minat anak dan puncaknya membuat gadget dari bahan bekas kardus untuk dikerjakan dirumah agar adanya komunikasi dan kerja sama antara anak dan orang tua.selain itu juga perlunya kerjasama guru dan orang tua sangat diharapkan agar dapat mengoptimalkan pemahaman anak terhadap kecanduan gadget pada anak .
Nama : Aqmarina Septiara Estinda
NIM : 858281867
Video tersebut menjelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Kasus yang terjadi yaitu anak yang tidak merespon orangtuanya ketika dipanggil karena keasyikan bermain gadget. lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning.
Pendapat saya di video ini, kegiatan yang diberikan oleh guru efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget. Guru menggunakan metode bercakap-cakap dengan anak tentang fungsi gadget, dan dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gadget. Guru mengajak anak untuk berdiskusi dan menanamkan materi pembelajaran dan tujuan yang ingin diterapkan melalui proses tanya jawab. Lalu guru memberikan kegiatan yang menarik minat anak yaitu bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan juga melatih kreatifitas anak dengan kegiatan membuat hasil karya bentuk handphone dari karton.
Selain cara yang ada dalam video, cara lain yang dapat dilakukan agar anak tidak kecanduan gadget adalah membacakan buku cerita edukatif yang disukai oleh anak, menonton video pembelajaran yang sesuai dengan tema pembelajaran, menonton video gerak dan lagu, mengajak anak untuk bermain project secara individual atau kelompok membuat mainan robot dari kaleng bekas kemasan.
NAMA ; NUR FITRIA MAULIDA
NIM : 859170388
PRODI : PGPAUD
Pada video yang sudah saya tonton bahwa bagaiman guru mengenalkan pembelajaran melalui teknologi yang ramah pada anak sehingga dengan model ini guru dapat mengenalkan model pembelajaran yang baik dan akan menghilangkan kecndrungan mereka keterlaluan dengan gadjet. dalam video tadi juga anak sudah dapat diajak berdiskusi tentang gadjet. guru menjelaskan bagaiman dampat negatif penggunaan gadjet yang berlebihan misalnya seperti mata sakit, mata kan bengkak dan akan menggunakan kaca mata tebal. proses pembelajaran dalam video tersebut sudah bagus karena anak langsg di ajak bermain peran agar anak-anak berani maju didepan kelas, anak-anak dapat belajar berkomunikasi temannya serta dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi mereka
1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
Menurut saya, guru dalam vidio tersebut memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang
gedget, dan memberikan pengetahuan tentang bahaya kalau sering bermain Gedget,dalam penyampaian
materi guru tersebut sangat mudah dipahami.
2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak
kecanduan gadget ?
cara lain yaitu dengan guru dan orangtua berkerjasama, yaitu orang tua membatasi waktu untuk
menggunakan gadget, ajak anak melakukan aktivitas lain, orang tua dan guru memberikan contoh yang
baik.
3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain
gadget?
menurut saya sudah efektif, tetapi harus ada peran orang tua juga karena anak lebih lama dirumah
dibandingkan disekolah, orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik dirumah. karena anak akan
melihat dan meniru apa yang orangtuanya lakukan.
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam
pembelajaran anak usia dini ?
menurut saya sudah, disini guru memberikan pengetahuan kepada anak dengan baik dan membimbing
mengelola pembelajaran dengan baik, sehingga anak bisa mengurangi penggunaan gadget.
5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda
belum maksimal ? menurut saya sudah maksimal, karena dalam pembelajaran tersebut sudah mencakup
semuanya, mdel pembelajarn yang sudah menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media
Jika saya sebagai guru dalam video seri pemebelajaran PAUD dengan judul Cara tepat mengenalkan IT pada Anak (literasi digital), maka saya akan melakukan strategi perbaikan pembelajaran tentang cara penggunaan teknologi yang tepat dalam pembelajaran untuk anak usia dini yaitu sebagai berikut :
1. Guru menyampaikan tema pembelajaran hari ini yaitu Telekomunikasi
2. Guru menunjukan gambar alat-alat telekomunikasi, kemudian guru menggali pemahaman anak dengan mengajukan beberapa pertanyaan.
3. Kemudian guru mengajak anak-anak menonton video yang menunjukan akibat buruk dari kecanduan gadget
4. Selesai menonton video selanjutnya guru mengajak anak untuk berdiskusi untuk menggali dan menguatkan pemahaman anak dalam mencapai tujuan pembelajaran hari ini.
5. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan juga melatih kreatifitas anak dengan kegiatan bermain projek secara individu dan kelompok membuat karya bentuk handphone dari karton dan kardus bekas.
6. Kreativitas pembuat gadget dilakukan disekolah dengan bimbingan guru dan masing-
masing anak mengikutinya, kemberikan di lanjutkan dengan pemberian tugas berupa project sederhana (membuat gadget dari kardus bekas) untuk di lakukan anak di rumah dengan bimbingan orang tua.
7. Menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua agar aktivitas di rumah sejalan dengan kegiatan yang guru berikan di sekolah.